Vignet Kamera: Pengertian, Penyebab, Solusi dan Cara Mengatasi

Ada yang menyebutnya Vignet, vinyet sampai Vignette. Apapun penyebutannya, semua merujuk pada batas efek yang ada pada hasil foto atau video.

Penyebabnya ada banyak mulai dari kualitas layar, pemakaian yang berlebihan, kualitas baterai dan lain sebagainya.

Tapi, apa sih yang dimaksud dengan vignet pada layar kamera? Mengapa Vignette ini bisa muncul? Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Termasuk juga untuk menjelaskan pengertian vignette serta contoh, harga service kamera vignet, penyebab layar vignet, penyebab layar kamera DSLR menghitam sampai cara memperbaiki LCD vignet.

Penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Apa itu Vignet pada layar kamera?

Vignette atau Vignetting, yang kadang juga disebut Vinyet adalah kondisi umum pada perangkat optik dan perangkat fotografi.

Kondisi ini mengacu pada penggelapan di satu sudut gambar, yang kontrasnya berbeda dengan bagian lainnya.

Penyebab vignetting ada banyak. Mayoritas disebabkan oleh masalah optik atau masalah yang disengaja pasca pemrosesan untuk meningkatkan visibilitas gambar.

Artinya, jika dibuat secara sengaja, maka biasanya bertujuan untuk mengarahkan audiens untuk fokus ke posisi tertentu pada gambar.

Disisi lain, jika disebabkan karena masalah optik biasanya terjadi secara bertahap. Apabila karena masalah ada pada alat atau perangkat, kondisinya tiba-tiba.

FYI, jika penyebab utamanya karena masalah optik maka kondisi ini disebut vinyet optik atau optical vignetting.

Vignette optik atau Vinyet optik terjadi secara alami di semua lensa dan kondisinya dapat meningkat signifikan karena penggunaan alat eksternal.

Alat eksternal itu termasuk filter, penahan filter [filter holders] sampai dengan tudung lensa [lens hoods].

Intinya, vignette adalah batas gelap, yang kadang juga dianggap sebagai kondisi buram atau bayangan di pinggiran foto.

Disisi lain, dalam kamus besar bahasa Indonesia, vinyet merupakan bentuk tidak baku dari vinyet. Dan vinyet punya dua pengertian dasar, yakni:

  • Bentuk hiasan dalam seni grafika dan arsitektur yang diambil dari bentuk tumbuhan merambat, daun dan sebagainya
  • Goresan atau potret kecil pada bidang tepi sekeliling halaman buku

Dua pengertian diatas tidak secara jelas menjelaskan apa itu vinyet. Tapi ada definisi yang mendekati yakni goresan atau potret kecil pada definisi yang kedua.

Lantas, penyebutan untuk goresan dan potret manakah yang benar? Apakah vignette, vignetting, vignet dan vinyet?

Empat istilah diatas sebenarnya merujuk pada kondisi yang sama. Hanya saja, istilah tersebut digunakan untuk kondisi berbeda.

Misalnya, vinyet atau vignette yang merujuk pada kondisi umum efek atau goresan pada foto sementara vinyet lebih condong ke layar kamera atau perangkat digital.

Macam-Macam Jenis Vignette atau Vinyet

Diatas sudah saya singgung beberapa penyebab vinyet mulai dari masalah optik, kualitas layar sampai dengan penggunaan aksesori pihak ketiga, berikut penjelasannya:

1. Vignetting Optik

Vignetting optik atau optical vignetting adalah vinyet yang umum terjadi pada lensa dan sifatnya alami yang disebabkan karena desain optik dan konstruksi lensa itu sendiri.

Karena itu, kualitas lensa sangat berpengaruh. Jadi, ada kemungkinan bisa dapat lensa yang mudah sekali muncul vinyet sementara yang lainnya tidak.

Vinyet juga muncul pada sebagian besar lensa modern terlebih pada lensa tipe Prime atau Fixed yang aperturenya besar.

Lantas, apakah Vinyet ini punya korelasi dengan aperture kamera? Secara teknis ya. Apa penyebabnya? Ada dua, diantaranya:

a. Cahaya terhalang lensa

Pada aperture yang lebar, cahaya yang masuk ke lensa sebagian besar terhalang oleh laras lensa seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

Vignet pada Layar Kamera
Gambar via photographylife.com

Artinya, karena panjang laras lensa dan ukurannya relatif dari bingkai depan dan belakang, sinar cahaya periferal yang bergerak ke sudut akan terhalang.

Akibatnya, cahaya yang mencapai bidang gambar pada sudut tersebut secara almi jatuh menuju sudut ekstremnya.

Kemungkinan makin besar muncul vignetting pada lensa Prime karena Aperture atau bukaannya yang besar.

b. Sinyal cahaya yang lambat

Masih dari kasus yang sama yakni aperture kamera yang besar sehingga mempengaruhi arus cahaya yang masuk.

Kondisi ini terjadi saat cahaya merambat melewati lensa apapun yang mengakibatkan sinar matahari di pinggiran lensa berjalan lebih lambat dibanding cahaya ditengahnya.

Baca Juga:

Kondisi ini biasa terjadi pada beberapa tipe lensa seperti lensa sudut lebar atau wide angle dan lensa sudut super lebar atau super wide angle lenses.

Dengan demikian, pada kasus ini, hukum kosinus keempat yang muncul karena ilumninasi cahaya akan berlaku. Soal ini akan saya bahas di postingan berikutnya agar jelas.

2. Vignet Piksel

Vignet pada Layar Kamera
Gambar via photographylife.com

Kamera digital juga mengalami vignetting piksel, yang agak berbeda dengan vinyet optik sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas.

Artinya, vinyet piksel atau pixel vignetting ini hanya muncul pada sensor kamera. Penyebabnya apa? Karena bentuk sensor digital yang datar.

Karenanya, piseklnya dibuat dengan cara yang sama dan mengahadap ke arah yang sama pula. Dan ini mempengaruhi paparan cahaya secara langsung.

Maksudnya gimana? Maksudnya, piksel yang ada ditengah sensor menerima cahaya langsung 90 derajat, sementara, dipinggirannya menerima cahaya dengan kondisi agak miring.

Karena itu, sensor di sudut akan menerima lebih sedikit cahaya dibanding yang ada di tengahnya dan pada akhirnya akan membentuk vinyet piksel.

Yang biking kesal dari Vignette jenis ini adalah kondisinya yang tidak bisa dihilangkan karena ini datang langsung dari perangkat.

3. Vinyet Mekanik

Vignet pada Layar Kamera
Gambar via photographylife.com

Mechanical vignetting atau vinyet mekanik yang kadang juga disebut Vinyet aksesori atau accessory vignetting adalah kondisi yang mengacu pada sudut ekstrim pada lensa.

Mayoritas kondisi ini dialami oleh lensa super wide-angle karena baisanya produsen baut desainnya agak kendur untuk memungkinkan penambahan aksesori tambahan.

Artinya, penggunaan aksesoris seperti filter dan lens hood juga bisa memicu munculnya vinyet. Hanya saja, dalam kasus lens hood ini kemungkinannya kecil.

Dengan demikian, mayoritas vignette pada kamera disebabkan oleh filter termasuk perangkat serupa seperti penahan filter dan sejenisnya.

4. Vignet Buatan

Vignet pada Layar Kamera
Gambar via photographylife.com

Vignet buatan adalah jenis vignette yang sengaja dibuat untuk meningkatkan visibilitas atau untuk mendorong agar audiens fokus ke subjek paling penting dalam foto.

Artinya, vignetting tidak selalu disebabkan oleh masalah perangkat seperti optik, piksel atau mungkin filter pada lensa.

Bahkan, dalam beberapa kasus, efek sejenis bisa meningkatkan daya tarik foto, mengalihkan sudut pandang serta mendorong fokus.

Karena itu, beberapa fotografer juga lebih senang menggunakan vinyet ini juga secara alami tanpa koreksi sedikitpun.

Tujuannya agar menghasilkan karya yang benar-benar unik. Dari yang sebelumnya dianggap sebagai gangguan, menjadi seni yang bernilai tinggi.

Disisi lain, untuk menghasilkan vignette yang cocok, beberapa fotografer menggunakan efek tambahan pakai aplikasi seperti Photoshop atau Lightroom.

Solusi dan Cara Mengatasi Vignet Kamera

Setiap masalah vinyet diatas bisa diselesaikan dengan cara yang berbeda. Dan secara umum, ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi vinyet pada layar kamera, diantaranya:

1. Solusi Vignet pada layar kamera

Jika vinyet ini terjadi pada kamera yang kanda gjuga disebut vinyet layar kamera dan tidak mempengaruhi hasil foto, ada beberapa solusi yang bisa di coba, yakni:

  • Pertama silahkan bersihkan kotoran atau jamur yang ada di layar kamera. Sebisa mungkin untuk rutin membersihkannya sebagai bentuk antisipasi untuk meminimalisir munculnya vinyet. Sementara, apabila sudah muncul vinyet dan setelah dibesihkan tetap ada atau malah tambah parah, ikuti cara lain.
  • Jika vinyet disebabkan karena LCD tertekan, solusi paling jitu adalah ganti dengan yang baru. Sebelum itu, bisa cek dulu apakah masih bisa diperbaiki. Jika bisa, langsung perbaiki
  • Sadar atau tidak, baterai yang terpasang lama bisa membuat vinyet muncul di layar. Artinya, opsi ini bisa dicoba sebelum mengikuti cara lain seperti diatas atau dibawah
  • Ganti LCD kamera dengan yang baru dan pastikan LCD yang digunakan itu ORI. Atau, bisa siapkan cadangannya karena biasanya vinyet akan muncul pada LCD kamera setelah digunakan lebih dari 4 tahun. Atau, pada beberapa merk, mungkin kurang dari itu. Tergantung intensitas pemakaian dan cara menjaga LCD

2. Solusi Vinyet karena masalah optik dan aksesoris

Jika vinyet disebabkan karena masalah optik kamera atau karena masalah aksesoris yang digunakan seperti dalam kasus penggunaan filter, solusinya adalah dengan mengganti kamera.

Karena, sejauh ini, tidak ada cara yang efektif untuk menghilangkan Vinyet pada kamera karena masalah mekanis atau karena masalah sensor.

Kalaupun bisa diperbaiki, harganya cenderung lebih mahal. Yang mungkin saja hampir menyerupai harga kamera itu sendiri.

Ada sih harga yang murah, tapi barangnya bisa saja dari barang hand copy draw [HDC] alias barangnya KW, abal-abal atau replika dari aslinya.

Penutup

Seperti yang sudah di ulas diatas dimana ada banyak sekali penyebab Vinyet dengan kasus dan solusi yang berbeda-beda.

Misalnya, jika vinyet hanya muncul pada layar kamera, solusinya bisa bersihkan, lepas baterai atau mungkin ganti dengan LCD baru.

Sementara, jika masalahnya dari perangkat mekanis seperti karena penggunaan filter, baiknya ganti saja kamera yang baru.

Demikian artikel tentang vignet kamera: pengertian, penyebab, solusi dan cara mengatasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar