9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera Handphone

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dicoba jika ingin dapat hasil karya fotografi keren bermodalkan HP. Mau tahu apa saja tips dan triknya? Simak artikel dibawah ini sampai habis.

Salah satu aliran fotografi yang lagi naik daun adalah fotografi HP. Karena itu, banyak produsen berbondong-bondong memproduksi kamera ponsel berkualitas tinggi.

Dengan megapiksel yang tak kalah dari kamera DSLR terbaru. Kualitas fotonya gimana? Tak jauh beda juga.

Artinya, ga perlu pakai kamera mahal untuk dapat foto yang bagus. Dari HP pun bisa asalkan tahu caranya gimana.

FYI, fotografi HP pun harus belajar dasar-dasar fotografi, termasuk angle, komposisi dan aspek-aspek teknis lain. Jagi ga sembarangan ambil foto.

Oleh karena itu, jika sedang cari trik trik fotografi smartphone, hasil fotografi dengan kamera hp, teknik photography handphone dan cara mengatur shutter speed di hp.

Termasuk juga cara memfoto hujan dengan android, trik fotografi keren dengan kamera handphone, trik fotografi smartphone sampai cara mengambil foto yang bagus modal HP, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

9+ Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera Handphone

Lantas, apa saja tips dan trik fotografi keren pakai kamera Handphone? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Manfaatkan cahaya alami

Cahaya adalah produk utama dari foto karena kinerja lensa kamera bergantung sepenuhnya pada cahaya.

Dengan kata lain, memanfaatkan cahaya yang ada bisa membantu anda dapat hasil foto yang bagus.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan cahaya alami tersebut? Ada banyak. Salah satunya dengan menghindari penggunaan lampu kilat atau blitz.

Artinya, sebisa mungkin gunakan cahaya alami yang ada dengan harapan hasil foto bakal lebih kaya dan cerah.

Memang sih, lampu blitz [flash] dapat membuat pencahayaan pada objek terlihat merata meskipun sebenarnya itu membuat subjek agak buram.

Jika tempat mengambil foto anda berada di luar ruangan, coba ambil foto dari dekat jendela atau di kamar yang terang.

Jika mengambil foto di malam hari, lebih baik untuk menemukan sumber cahaya sekitar, seperti lampu jalan dan jendela toko.

Menyalakan lampu Blitz juga memungkinkan mata subjek yang di foto terlihat memerah karena pantulan.

2. Jangan terlalu ekspos gambar

Anda memang bisa mencerahkan foto yang terlihat gelap dengan cara mengeditnya, namun untuk memperbaiki foto yang terlalu terang nampaknya susah.

Apalagi untuk kasus seperti mata yang terlihat memerah dalam foto. Untuk itu, ada baiknya anda mencegah paparan cahaya yang berlebihan dengan menyesuaikan pencahayaan dari layar ponsel anda.

Cara lain untuk mencegah paparan cahaya yang berlebihan dari kamera anda adalah dengan mengetuk bagian paling terang sebelum mengambil foto guna menyesuaikan pencahayaan sebelum mengambil gambar [jika kamera ponsel anda sudah mendukungunya].

3. Timing yang tepat

Ada beberapa waktu emas bagi para fotografer, sebagian besar saat matahari mulai terbenam di cakrawala.

Waktu emas ini membuat setiap foto terlihat berbeda dan jauh lebih indah. Dan tanpa anda sadari ini adalah filter alami sebuah foto.

Kalau anda mengambil foto saat matahari sedang terik-teriknya, awan bisa menjadi teman anda.

Tapi perlu anda ketahui, sangat sulit untuk mendapatkan gambar yang baik di bawah sinar matahari langsung.

Karena itu, ada baiknya anda memperhatikan cuaca sekitar. Cuaca berawan sangat bagus karena mampu meredakan cahaya matahari dan menciptakan efek lembut pada foto.

4. Terapkan aturan pertiga

Udah pernah dengar ini belum? Jika belum, saya akan jelaskan. Aturan pertiga mengacu pada komposisi dalam fotografi.

Komposisi ini mengacu pada susunan foto yang terdiri dari bentuk, tekstur, warna dan elemen lain yang ikut membentuk gambar.

Aturan pertiga sebenarnya adalah sebuah prinsip komposisi paling terkenal dan merujuk pada metode sederhana untuk menyeimbangkan foto.


Baca Juga:


Ini membagi gambar menjadi kisi 3×3 dan menyelaraskan subjek atau objek foto di sepanjang garis kisi untuk menciptakan keseimbangan.

Tetapi, anda juga bisa mencapai efek yang berbeda setelah aturan pertiga ini, yakni asimetri seimbang. Dimana subjek berada di luar pusat tetapi diimbangi oleh objek lain.

Jika anda menggunakan kamera ponsel terapkan aturan pertiga ini yakni: hidupkan garis kisi-kisi dari kamera ponsel anda di pengaturan.

Gunakan hal itu untuk berlatih menyelaraskan foto anda. [Sebagian besar kamera ponsel punya garis kisi-kisi ini].

5. Perhatikan sudut pandang

Saat mengambil foto dari ponsel, anda mungkin memegangnya setinggi mata dan memotret. Sebagian besar pengguna melakukan ini.

Tahan kecenderungan alami ini jika anda ingin menghasilkan foto yang bagus hanya dari ponsel anda.

Mengambil foto dari sudut pandang yang berbeda akan memberikan perspektif baru, bahkan ketika subjek yang diambil itu sudah sangat akrab.

Cobalah untuk memotret dari atas atau dari bawah, merunduk rendah ke tanah atau memanjat dinding.

6. Bingkai subjek anda

Menciptakan ruang di sekitar titik fokus dapat menambahkan lebih banyak minat visual dari pada memperbesarnya dan menyisahkan objek semata.

Dalam kasus ini, terkadang anda mendapatkan objek yang tidak anda duga ada di dalam gambar yang anda hasilkan, seperti misalnya foto bulan sabit.

Tidak seperti kamera lain dengan lensa yang dapat di sesuaikan. Kamera ponsel biasanya hanya bertindak untuk memperbesar atau mengecilkan bidang dan pandangan.

Akibatnya, anda harus memotong gambar yang anda ambil. Hal ini justru membatasi opsi pengeditan nanti, yang membuat anda kehilangan detail lain. Untuk itu, usahakan agar menghindarinya.

Sebagai gantinya, cukup ketuk pada subjek foto atau titik fokus untuk memfokuskan kamera. Untuk hasil yang lebih bagus anda bisa membeli lensa eksternal yang cocok untuk kamera ponsel anda.

7. Aturan garis depan

Dalam dunia fotografi, ada satu istilah keren lain yang mungkin anda belum tahu. Yakni subjek garis depan.

Ini adalah garis yang berjalan melalui gambar yang mampu menarik perhatian anda dan mata orang-orang yang melihatnya.

Garis ini bisa saja jalan, bangunan, atau elemen alami lain seperti pohon dan ombak. Dan garis ini mampu menambah kedalaman foto anda.

Untuk itu, upayakan untuk menambah hal ini dalam foto anda sehingga membuat foto anda menjadi lebih menarik.

8. Tambah kedalaman foto

Memang sih, sangat mudah untuk fokus hanya subjek, entah itu orang ataupun sepotong donat.

Tetapi foto yang melibatkan lapisan [berupa pola atau objek latar belakag serta latar depan] secara alami mampu menarik perhatian seseorang secara visual. Ini memberi nilai tambah bagi foto anda.

9. Asah kreativitas

Jika tujuan anda mengambil foto tersebut untuk di posting di Instagram, facebook atau Twitter, maka anda baiknya anda kreatif.

Maksudnya adalah anda melihat tren fotografi yang paling populer saat ini sehingga gambar yang anda hasilkan tidak terkesan klise.

Penutup

Membuat foto yang baik dan benar tidaklah mudah. Apalagi hanya bermodalkan kamera seadanya seperti kamera ponsel.

Namun jika mengetahui teknik pengambilan gambar dan bagaimana memainkan komposisi, maka tentu saja akan menghasilkan gambar yang lebih baik dari sebelumnya.

Demikian artikel tentang Tips dan Trik Fotografi Keren Pakai Kamera Handphone. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar