14+ Tipe Ketebalan Goresan Pensil dari 2B, HB sampai 6H

Ada banyak cara membedakan jenis pensil yang anda gunakan sekarang ini salah satunya dari ukuran ketebalan goresan pensil itu sendiri.

Artinya, jenis pensil bisa dibedakan dari nilai tebal terangnya goresan yang dihasilkan oleh pensil saat digunakan.

Ketebalannya diidentifikasi berdasarkan kombinasi huruf dan angka sehingga lahirlah pensil 9H, 8H, 7H, 6H, 5H, 4H, 3H, 2H, H, HB, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B dan 9B.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari tipe ketebalan goresan pensil atau macam-macam pensil berdasarkan ketebalan goresan.

Termasuk juga jenis ketebalan pensil, urutan ketebalan pensil dan lain sebagainya, simak artikel ini sampai habis.

Apa itu ketebalan goresan pensil?

Ketebalan goresan pensil adalah salah satu cara mengidentifikasi material inti pensil dan level goresan yang dihasilkan berdasarkan empat tingkatan dasar.

Artinya, setiap pensil yang di produksi akan mencakup satu dari beberapa nilai ketebalan yang ada meski standar bakunya tidak jelas sampai hari ini.

Macam-macam ketebalan pensil ini pada akhirnya akan mempengaruhi fungsi dan kegunaan pensil itu sendiri.

Oh iya, pemberian label urutan ketebalan goresan pensil ini dimulai dari huruf kemudian diikuti dengan angka seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini:

Tingkat ketebalanLevel goresanAkronimArtinya
B8-2BlackSangat tebal
HBHalf BlackCukup tebal
FFirmAgak tebal
H6-2HardTebal

Dari tabel diatas bisa disimpulkan kalau pensil dengan goresan sangat tebal berkode B yang merupakan akronim dari Black dengan nuansa warna hitam pekat.

Sementara, pensil dengan kode H goresannya cukup tipis. Makanya, lebih cocok digunakan untuk gambar sketsa atau pola bangunan.

Ada juga kode H dengan tingkat ketebalan tidak terlalu tipis, agak abu-abu sih tepatnya, seperti H, Hb, F, 2H sampai 3H.

Dengan demikian, apabila nilai ketebalan pensil di ukur dari yang paling tebal sampai tipis akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Jika diperhatikan dengan seksama gambar diatas, nilai ketebalan goresan pensil hanya terbagi dalam dua bentuk dominan saja yakni:

  • Ketebalan goresan pensil tipe H, yang merujuk pada level kekerasan mata pensil dimana makin besar nilai Hnya maka makin keras inti pensil. Jika inti pensil keras maka bobot pensil makin ringan. Artinya apa? Artinya, pensil tipe H ujungnya sangat keras sehingga cocok digunakan untuk kegiatan mencatat atau menggambar dengan presisi yang baik. Hasil goresannya juga tipis dan bisa di hapus dengan mudah
  • Kedua ada ketebalan goresan pensil tipe B dengan goresan yang lebih tebal dan gelap dibanding H dan F. Meski tebal, goresan pensil jenis ini lebih mudah dihapus. Mayoritas digunakan untuk kegiatan mencatat, termasuk juga untuk coret-coret seperti saat buat sketsa. Dengan karakter goresan yang dihasilkan bisa dipastikan kalau mata pensil cukup lembut dan saat mencatat, akan ada banyak sekali sisa-sisa grafit atau arang di atas buku

Karena itu, sebelum beli pensil, pertimbangkan dulu nilai goresan atau ukuran ketebalannya yang disesuaikan sama tujuan penggunaan pensil itu sendiri.

14+ Tipe Ketebalan Goresan Pensil dari 2B, HB sampai 6H

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 14+ jenis ketebalan goresan pensil dari yang paling tebal sampai tipis, diantaranya:

1. 8B

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Pertama adalah pensil 8B yang merupakan tipe pensil dengan goresan paling tebal atau paling tinggi dari semua tipe yang ada.

Hasil goresan pensil tipe ini terlihat sangat gelap alias sangat tebal meski warnanya agak keabu-abuan.

Baca Juga:

Mayoritas pensil 8 Black digunakan saat menggambar atau melukis. Termasuk juga dalam proses pembuatan sketsa.

Dengan demikian, hasil goresannya bakal lebih mudah terlihat, meski dalam beberapa kasus, bisa mengotori permukaan kertas karena sisa-sisa bubuk material dari inti pensil.

Apakah bisa digunakan untuk menulis? Dari ukuran ketebalannya yang ada, dipastikan kalau pensil tipe ini sama sekali tidak cocok digunakan sebagai alat tulis menulis.

2. 7B

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Berikutnya ada tipe goresan pensil 7B yang tak jauh beda dengan 8B sebagaimana yang sudah saya jelaskan diatas begitu pula dengan kegunaannya.

Artinya, pensil 7B banyak digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan seni, menggambar atau melukis misalnya.

Untuk tekstur warnanya agak pekat keabu-abuan sehingga pola gambar akan terlihat jelas terlebih jika digunakan di atas kertas putih tanpa corak.

3. 6B

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Seperti juga pensil 8B dan 7B dimana pensil 6B juga banyak dipakai untuk mereka yang suka gambar, terlebih yang ingin tambahkan detail penting pada gambar.

Detail penting itu seperti apa? Misalnya, ingin tambahkan efek gelap pada gambar secara langsung pakai pensil seperti dalam gambar realism.

4. 5B

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Karakteristik pensil ini agak lebih gelap dibanding pensil tipe lain tapi ujungnya cukup lembut dibanding pensil 2B.

Ini kembali ke prinsip atau penamaan pensil itu sendiri dimana semakin tinggi nilai Bnya maka makin lembut mata pensilnya.

Lantas, kegunaan pensil 5B ini untuk apa? Bisa digunakan untuk kegiatan mencatat termasuk juga saat melukis atau buat sketsa.

5. 4B

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Bagi saya pribadi, pensil 4B adalah tipe pensil paling cocok saat digunakan untuk mengggambar atau buat sketsa.

Mengapa demikian? Karena goresannya terlihat lebih merata. Tidak terlalu gelap, tidak terlalu terang. Ujung pensilnya juga agak keras.

Karana itu, disarankan untuk pakai pensil dengan ketebalan goresan 4B terlebih untuk yang suka gambar atau melukis.

6. 3B

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Pensil 3B dikenal sebagai kombinasi antara pensil dengan level goresan gelap dan terang meski hasilnya cenderung keabu-abuan.

Cocoknya digunakan untuk yang suka gambar tapi tidak ingin hasil gambarnya terlalu gelap atau ingin ada nuansa abu-abu pada gambar atau lukisan.

7. 2B

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Dulu, saat ujian nasional di sekolah, pensil tipe inilah yang digunakan untuk mengisi lembar jawaban ujian nasional.

Ketebalannya proporsional karena itu, selain bisa digunakan untuk mengisi LJUN juga bisa dipakai untuk keperluan lain termasuk untuk menulis dan menggambar.

8. HB

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

HB termasuk salah satu tipe pensil bermata keras begitu berdasarkan campuran bahan pembentuk inti pensil. Sehingga, cocok digunakan untuk buat gambar berpola.

H mengacu pada kekerasan pensil yang merupakan akronim dari Hard. Dan huruf B merujuk pada ketebelan goresan untuk tipe pensil tersebut.

9. F

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana F merupakan akronim dari Firm yang bisa diartikan sebagai titik halus.

Dibandingkan dengan pensil tipe lain diatas, ujung pensil jenis ini sedikit lebih keras dan agak tajam. Artinya, goresan yang dihasilkan pensil tipe ini tidak terlalu tebal.

Dengan demikian, pensil F lebih cocok digunakan untuk catatan atau saat mengerjakan tugas matematika ketimbang menggambar.

10. 2H

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Tipe pensil yang cocok digunakan berbagai aktivitas seperti menulis, mencatat sampai menggambar dengan goresan halus proporsional adalah 2H.

Hal ini disebabkan oleh jumlah grafit atau material pada inti pensil yang tidak terlalu banyak atau dominan.

Jika dipakai untuk menggambar, disarankan untuk digunakan saat menambahkan nuansa tertentu berupa efek bayangan pada gambar secara langsung.

11. 3H

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Tentu saja, tipe warna 3H ini cenderung lebih ke abu-abu dengan tipe goresan yang sedikit lebih terang dibanding 2H.

Cocok digunakan untuk berbagai keperluan seperti saat buat sketsa atau saat menulis dan mencatat bagi siswa TK dan Sekolah Dasar.

12. 4H

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Pensil tipe 4H lebih cocok digunakan saat proses pembuatan sketsa atau lukisan dengan tambahan efek cahaya halus dan bayangan.

Ini berkat ujung pensil yang cukup tajam. Karena itu, jika sedang buat shading, disarankan untuk pakai pensil satu ini.

13. 5H

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Kalau mau buat sketsa atau lukisan realism dengan pola atau nuansa gelap ke terang atau gelap tipis, bisa pakai tipe 5H.

Tentu saja, tingkat kekerasan mata pensil lebih lagi di banding 4H dengan demikian, hasil goresannya lebih terang.

14. 6H

Tipe Goresan Ketebalan Pensil

Terakhir adalah tipe ketebalan goresan pensil 6H dengan komponen atau bahan dasar grafit berkualitas tinggi.

Materialnya dirancang khusus agar bisa digunakan oleh pembuat sketsa, termasuk untuk menulis dan menggambar.

Dengan demikian, sangat cocok digunakan untuk tujuan artistik meski ujung pensilnya sangat keras karena nilai H merupakan yang terakhir.

Penutup

Memilih satu dari beberapa tipe ketebalan pensil diatas sangat penting karena bisa mempengaruhi pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan.

Artinya, ada ketebalan yang cocok untuk kegiatan menggambar, kegiatan melukis, mewarnai sampai untuk menulis.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 14+ Tipe goresan ketebalan pensil dari 2B, HB sampai 6H. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar