Perbedaan Starter Pack dan Starter Kit serta Contohnya

Dua istilah di atas yakni starter pack dan starter kit sering digunakan secara bergantian untuk menunjukkan kumpulan barang yang dibawa saat beraktivitas.

Misalnya, saat hendak membersihkan sepatu maka bisa gunakan starter pack pembersih sepatu yang terdiri dari foam, brush standar, soft microfiber towel, dan lain sebagainya.

Nah kumpulan barang diatas biasanya dijual atau dibeli dalam bentuk paket, yang berkontribusi membuat istilah tersebut makin populer.

Arti yang sama juga berlaku untuk starter kit meski lebih merujuk pada distribusi barang dalam jumlah yang sedikit dari starter pack tadi.

Contohnya nih, starter pack pembersih sepatu terdiri dari paket lengkap maka starter kit hanya terdiri dari satu dua barang saja dari paket dimaksud.

Pada akhirnya, starter pack dan starter kit jadi populer yang memicu lahirnya istilah lain seperti starter pack new normal, starter pack instagram, starter pack tiktok, starter kit skincare, starter kit new normal dan lain sebagainya.

Lantas, apa sih arti starter kit? Starter pack artinya apa? Apa perbedaan starter kit dan starter pack? Apakah ada contoh starter pack dan starter kit?

Jika penasaran jawaban dari berbagai pertanyaan diatas, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Apa itu Starter Pack?

Perbedaan Starter Pack dan Starter Kit
Gambar via 9gag.com

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana starter pack mengacu pada sekumpulan barang yang saling terkait satu dengan yang lain.

Barang tersebut bisa berbentuk apa saja misalnya peralatan memasak, tata rias wajah atau skincare, t-shirt atau baju, dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Indonesia, starter pack dapat diartikan sebagai paket awal atau kumpulan barang yang didapatkan di awal.

Lantas, kapan istilah starter pack muncul? Dari beberapa sumber, disebutkan kalau istilah ini pertama kali muncul dalam bentuk meme yang di posting di Twitter.

Postingan tersebut dibuat oleh akun @ItsLadinaPls pada 27 September 2014 yang berbunyi, I date black guys starter pack.

Pada tweet tersebut terdapat tiga gambar kolase yang memperlihatkan hair bun, anting melingkar berukuran besar serta warna bibir ciri khas Madonna.

Baca Juga:

Jadi, pada awalnya, kata tersebut dianggap sebagai stereotip bagi wanita yang ingin kencan sama pria berkulit hitam.

Yang kemudian viral sampai-sampai di liput beberapa media ternama seperti The Atlantic, BuzzFeed, MTV dan lain sebagainya.

Satu hal yang pasti, istilah tersebut bertahan sampai hari ini, terlebih di kalangan anak muda, meski sudah ada pergeseran makna dan arti.

Karena saat ini starter pack dipahami sebagai kumpulan barang yang saling terkait satu dengan yang lain dan merupakan satu kebutuhan.

Misalnya, jika berangkat kerja dan menggunakan barang-barang seperti laptop, headset dan tas ransel maka bisa disebut starter pack.

Yang kemudian diadopsi jadi lebih spesifik lagi seperti starter pack untuk anak IT, starter pack untuk anak sekolah, starter pack untuk mahasiswa dan lain sebagainya.

2. Apa itu Starter Kit?

Perbedaan Starter Pack dan Starter Kit
Gambar via timesmedia.co.id

Baik starter pack dan starter kit adalah dua istilah yang sama meski yang terakhir ini lebih merujuk pada kebiasaan membawa barang.

Dengan demikian, jika ke kampus sering membawa tas, tumbler dan laptop sekaligus, maka ia bisa disebut starter kit.

Hanya saja, tidak jelas kapan istilah ini pertama kali muncul, siapa yang menggunakannya dan untuk apa.

Satu hal yang pasti, starter kit juga sering digunakan sebagai stereotip untuk menggambarkan tentang kebiasaan, kebudayaan, tempat dan juga orang.

Tapi, secara awam, starter kit dimengerti sebagai daftar paket lengkap suatu barang yang dibawa dan digunakan seseorang saat beraktivitas.

Yang kemudian melahirkan beberapa istilah seperti starter kit anak IT, starter kit dosen, starter kit dokter dan lain sebagainya.

Misalnya, starter kit dokter yang terdiri dari perban, stetoskop, suntik, obat, perban dan kebutuhan lain yang diperlukan.

Perbedaan Starter Pack dan Starter Kit

Lantas, apa sih perbedaan starter pack dan starter kit? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak tabel dibawah ini:

PerbedaanStarter packStarter Kit
Arti kataStarter pack adalah kumpulan perlengkapan yang jadi kebutuhan saat beraktivitas indoor atau outdoorStarter kit adalah kumpulan barang yang diterima atau didapatkan sebagai paket awal dalam penjualan produk
FungsiPerlengkapanBagian perlengkapan
ContohStarter pack anak IT, Starter pack New Normal dan lain sebagainyaStarter kit sekolah, starter kit kampus dan lain sebagainya

Meski ada sedikit perbedaan antara starter pack dan starter kit tapi dalam praktiknya, dua istilah tersebut sering digunakan secara bergantian.

Mengapa demikian? Karena starter pack dan starter kit ini merujuk pada kumpulan barang yang digunakan saat beraktivitas.

Hanya saja, starter pack lebih merujuk pada paket barang lengkap sementara starter kit pada bagian dari perlengkapan tersebut.

Misalnya, starter pack new-normal yang umumnya terdiri dari masker, hand sanitizer, tumblr dan lain sebagainya.

Tapi tidak dengan starter kit dimana biasanya hanya terdiri dari kumpulan barang dengan jumlah yang lebih sedikit, hand sanitizer dan masker misalnya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal diulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa yang dimaksud dengan starter pack ke sekolah?

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana starter pack dan starter kit adalah kumpulan barang yang digunakan saat beraktivitas.

Dengan demikian, bisa disebut sebagai starter kit anak sekolah juga. Lantas, apa saja starter pack ke sekolah?

Starter kit anak sekolah adalah daftar kebutuhan diperlukan saat ke sekolah selain buku dan alat tulis yang sifatnya wajib.

Apa saja perlengkapan tersebut? Ada banyak mulai dari handphone, headset, tumblr, dompet, charger dan lain sebagainya.

2. Apa yang dimaksud dengan starter pack ke kampus?

Sama seperti saat ke sekolah dimana berangkat ke kampus pun membutuhkan beberapa barang baik yang sifatnya wajib atau tidak.

Misalnya, buku dan alat tulis yang sifatnya wajib termasuk laptop, handphone, bahan presentasi dan lain sebagainya.

Agar terlihat kekinian, maka mahasiswa atau mahasiswi tersebut bisa mengenakan pakaian yang lagi trend agar terlihat modis.

3. Apa yang dimaksud dengan starter pack ke Mall?

Biasanya, selain perlengkapan dasar seperti handphone, outfit yang dikenakan pun menjadi bagian dari starter pack.

Biar tetap eksis, biasanya dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dokumentasi untuk update instastory atau akun TikTok.

4. Apa saja starter pack New Normal?

Pandemi Covid-19 memang belum benar-benar berakhir. Dan setiap orang pun harus menyesuaikan dengan kehidupan normal yang baru.

Keadaan ini pun mengharuskan seseorang mempersiapkan berbagai perlengkapan dan kebutuhan yang diperlukan selama beraktivitas diluar rumah.

Lantas, apa saja starter pack new normal? Ada banyak, diantaranya:

  • Pertama tentu saja masker. Jika sering beraktivitas di luar ruangan, memiliki lebih dari satu masker adalah hal wajib
  • Hand sanitizer yang berfungsi sebagai antiseptik agar terhindar dari virus saat bersentuhan dengan berbagai produk yang mungkin saja sudah menempel bakteri di permukaannya dan ini merupakan pengganti sementara jika tidak ada tempat cuci tangan saat beraktivitas, ke Mall misalnya
  • Jika memungkinkan, bisa siapkan juga peralatan makan dan minum sendiri. Selain untuk hemat, juga bisa membantu anda menghindari kerumumanan
  • Vitamin yang bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh saat melakukan aktivitas seharian. Ini penting terlebih anda yang sering beraktivitas di luar ruangan

Selain daftar di atas, anda juga bisa siapkan starter pack tambahan seperti tumblr atau alat minum sendiri dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Penutup

Sekalipun sering digunakan secara bergantian, dua istilah diatas pada dasarnya merujuk pada arti dan makna yang sama.

Selain itu, istilah tersebut umumnya dipakai oleh kalangan milenial atau anak muda dengan tujuan untuk mengganti istilah yang lebih lama.

Istilah yang lebih lama itu apa saja? Ada banyak. Misalnya, perlengkapan yang dibawa, paket dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang perbedaan starter pack dan starter kit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar