6+ Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik 2020

3 Likes Comment
Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Desain icon adalah salah satu karya grafis yang paling banyak dicari di internet. Dan anda bisa manfaatkan peluang ini untuk tambah-tambah penghasilan dari situs microstock.

Pada dasarnya, jualan icon sama seperti jualan karya grafis lain entah itu gambar vector, video footage, foto atau mungkin sticker.

Dan ada banyak sekali situs microstock yang memungkinkan anda menjual desain icon buatan anda, entah yang sudah saya bahas sebelumnya seperti Freepik dan Shutterstock atau yang belum.

Artinya, sebagai desainer grafis, anda punya keluwesan untuk memilih dimana akan menjual icon buatan anda.

Jika pengen jual di situs microstock yang khusus jual beli icon, silahkan. Jika tidak, anda bisa jual di situs microstock lain yang cukup populer.

Hanya saja, di platform microstock yang sudah populer, persaingannya sangat sengit. Jika anda masih pemula, jangan harap bisa payout setiap bulan.

Apa itu icon?

Anda punya ponsel? Atau komputer? Saya yakin ada. Nah, di dalam ponsel atau laptop itu pasti terinstal beberapa aplikasi entah yang default atau yang bukan.

Biasanya, aplikasi-aplikasi tersebut dapat dengan mudah dikenali tanpa harus melihat namanya, Microsoft Office Word adalah contohnya.

Nah MS. Word ini punya ikon dengan tulisan W kecil didalamnya, yang menunjukan kalau itu adalah aplikasi Microsoft Word yang bisa digunakan untuk mengetik.

Untuk ponsel, anda pasti menginstal aplikasi entah itu media sosial seperti Facebook atau Instagram, forum tanya jawab macam Quora hingga aplikasi Chat seperti WhatsApp atau Telegram.

Semua aplikasi yang saya sebutkan diatas punya icon yang terus diperbaharui UX dan UInya agar lebih disukai pengguna.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], icon atau ikon dipahami sebagai gambar atau simbol kecil pada layar komputer yang melambangkan sesuatu.

Entah itu program komputer atau ponsel, piranti perangkat lunak dan lain sebagainya. Dan anda bisa mengaktifkan program atau piranti tersebut hanya dengan mengklik iconnya.

Kadang, ada yang mengartikan icon ini sebagai sebuah mascot, logo, favicon, identitas merk atau brand dan lain sebagainya.

Arti tersebut tidak salah, karena icon mencakup segala hal yang berkaitan komunikasi visual dan memang tujuannya untuk itu.

Lantas, apa fungsi icon ini? Icon sebenarnya punya banyak sekali fungsi. Berikut beberapa diantaranya:

  • Paling pertama sudah saya jelaskan diatas yakni untuk melambangkan sesuatu
  • Selain untuk lambang, icon juga berfungsi sebagai branding atas suatu peranti atau perangkat lunak, software dan aplikasi
  • Sebagai media komunikasi instan dengan pengguna
  • Sebagai tanda atau lambang kepopuleran suatu perangkat, perusahaan, aplikasi atau mungkin peranti perangkat lunak
  • Sebagai bagian dari suatu desain komunikasi visual yang sederhana
  • Dan lain sebagainya

Intinya, ikon adalah gambar yang menampilkan suatu objek sebagai representasi atas sesuatu, yang kebanyakan digunakan untuk gambar pada produk digital dan elektronik.

Misalnya, icon photoshop yang menampilkan tulisan Ps atau mungkin ikon aplikasi Facebook yang ada tulisan f didalamnya.

Patut diketahui, icon ini juga bisa diartikan sebagai Favicon namun teknis penggunaannya saja yang berbeda.

Favicon kebanyakan digunakan untuk icon situs web di browser sementara icon diperuntukan untuk produk digital dan elektronik, termasuk situs web itu sendiri.

6 Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 6 situs tempat jual desain icon terbaik 2020. Situs apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. IconFinder

Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Seperti juga namanya, IconFinder adalah salah satu situs yang memungkinkan anda mencari icon terbaik yang bisa digunakan untuk tujuan apa saja.

Disisi lain, anda juga bisa memanfaatkan platform ini untuk jualan icon buatan anda. Salah satu alasan mengapa saya memasukkan IconFinder dalam list awal karena pelanggannnya yang cukup banyak.

Setiap tahun, ada jutaan icon yang berhasil terjual di platform ini dengan berbagai bentuk, ukuran dan tujuan pembelian.

Jika anda pengen jual icon di IconFinder, ada dua jenis biaya yang ditetapkan oleh pihak platform, yakni:

  • Harga download regular dengan biaya $1,20 per icon [lumayan besar sih]
  • Harga download untuk para subscriber atau pelanggan tetap di situs ini atau para pengguna versi pro berkisar $0,14 sampai $0,47

Selain itu, anda juga bisa bergabung sama referral program IconFinder yang memungkinkan anda mendapatkan penghasilan yang lebih sebagai kontributor.

Program ini memungkinkan anda mendapatkan penghasilan hingga $100 per bulan terlebih jika anda berhasil merujuk orang untuk melakukan pembelian atau menjadi pelanggan tetap di situs ini.

2. The Noun Project

Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Selanjutnya adalah thenounproject, yang merupakan salah satu situs tempat jual beli icon terbaik untuk saat ini.

Jika anda daftar sebagai user, anda bisa mendapatkan stock icon yang bisa di download dengan gratis di situs ini.

Sementara, untuk anda pengen jual icon di situs ini, icon tersebut harus berwarna hitam putih saja. Begitu juga dengan icon lain yang ada di platform ini.

Jadi icon yang warna gak bisa dijual, ya? Tentu saja enggak bisa. Untuk diketahui, harga per download icon di situs ini adalah $1,80.

Cukup gede sih menurut saya, terlebih jika di download per single icon. Sementara, untuk subscriber, harganya berkisar 0,09 dan 0,01 untuk yang menggunakan Icon API.

3. Flaticon

Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Flaticon adalah salah satu situs yang memungkinkan anda menjual gambar vektor icon dalam format apa saja.

Oh iya, platform ini adalah bagian dari FreepikCompany, yang sudah saya ulas sebelumnya disini, namun produk didalamnya spesifik pada icon saja.

Harga per download item di Flaticon cukup kecil sih, hanya $0,04 per download. Meski kecil, pelanggannya cukup banyak loh.

Dengan demikian, peluang anda untuk menghasilkan uang dari situs ini terbuka lebar. Dengan kata lain, anda tidak perlu ragu lagi jual icon di Flaticon.

4. Graphicriver.net

Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Graphicriver.net adalah salah platform tempat jual beli font, logo dan icon dibawah kendali Envato Markets.

Dan anda bisa memanfaatkan platform ini untuk menjual karya-karya grafis milik anda, langsung ataupun tidak langsung.

Khusus icon, anda bisa jual dalam bentuk paket free royalti atau berbayar. Jika ingin menghasilkan uang tentu saja anda harus jual dalam paket berbayar.

Dan untuk menjual karya di platform ini, anda harus punya akun Envato dulu. Perlu diketahui, envato market ini adalah situs jual beli produk digital terbesar di dunia.

Dan dengan satu akun Envato, anda bisa jualan berbagai produk digital entah itu template WordPress yang akan muncul di Theme Forest, Font, gambar vektor, Power Point PPT, music free-royalti dan lain sebagainya.

5. Iconscout

Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Iconscout adalah salah satu platform yang memungkinkan anda mendownload icon gratis atau menjual icon buatan anda.

Meski awalnya situs ini fokus pada icon, namun ternyata anda bisa memanfaatkannya untuk jualan gambar ilustrasi dan juga foto.

Untuk bergabung ke situs ini, anda harus jadi kontributornya terlebih dahulu. Setelah jadi kontributor barulah anda menjual karya-karya desain buatan anda.

Selain jualan foto, gambar ilustrasi dan icon, anda juga bisa menghasilkan uang dari platform ini dengan merujuk orang untuk bergabung sebagai kontributor atau pelanggan tetap.

Dengan tautan rujukan ini, anda bisa memperoleh komisi hingga 20% dari total biaya pembelian yang dilakukan pelanggan.

6. Shutterstock

Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Di Shutterstock anda bisa menjual karya digital apa saja entah itu instrumen musik bebas royalti, video footage, gambar vektor, foto, icon dan lain sebagainya.

Dan untuk panduan lengkap tentang cara daftar ke situs ini sudah saya ulas di artikel sebelumnya yang berjudul cara daftar jadi kontributor di Shutterstock.

Perlu saya ingatkan juga, karena situs ini adalah situs microstock yang cukup besar, persaingan yang ada didalamnya tentu sangat kompetitif.

Karena ada ratusan ribu kontributor yang menjual karyanya di situs ini. Termasuk juga para desainer icon.

Dengan kata lain, peluang icon anda akan dibeli konsumen sangat kecil. Karena itu, saran saya, terlebih jika anda masih pemula, baiknya manfaatkan beberapa situs yang sudah saya jelaskan di poin sebelumnya.

Penutup

Dengan memaksimalkan kemampuan pada satu bidang saja, desain grafis misalnya, seseorang bisa meraup pendapatan pasif yang lumayan besar.

Jika anda suka desain, anda bisa memanfaatkan beberapa platform diatas untuk menghasilkan uang baik langsung ataupun tidak langsung.

Selain jualan icon, anda juga bisa dapatkan penghasilan yang lebih besar dengan bergabung ke program referral atau affiliasi.

Demikian artikel tentang 6+ situs tempat jual icon desain terbaik 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *