5+ Situs Tempat Jual Audio dan Backsound Musik Terbaik 2021

Salah satu cara yang cukup populer untuk dapat uang dari hobi adalah dengan memanfaatkan situs tempat jual audio dan backsound musik di internet.

Dan ada banyak sekali platform yang memungkinkan anda melakukan kegiatan tersebut. Caranya sama seperti saat jual foto atau video footage di situs microstock.

Bahkan, ada beberapa platform yang awalnya merupakan situs jual foto saja namun karena tingginya permintaan akhirnya mereka pun ikut jualan audio dan video.

Dan semua file yang dijual di platform tersebut berasal dari pengguna atau pihak ketiga seperti anda.

Dengan demikian, musik atau instrumen yang anda buat sendiri, dalam berbagai format standar, bisa di upload di platform tersebut.

Bukan sembarang upload ya, karena anda bisa dapat uang dari situ. Caranya gimana? Apabila ada orang yang mengunduh audio lagu tersebut.

Dalam praktiknya, untuk mengunduh lagu atau instrumen, mereka harus berlangganan versi pro atau membeli secara terpisah.

Pasarnya pun besar, terlebih di era digital sekarang ini. Dimana, sebagian besar video dan film butuh musik atau backsound yang unik dan menarik.

Tujuan pembelian musik pun ada beragam entah itu untuk iklan, untuk video di Youtube, untuk efek, untuk film dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jika anda sedang cari situs tempat jual lagu, tempat jual instrumen, tempat jual backsound musik terbaik termasuk juga tempat dapat uang dari instrument dan backsound musik, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

5+ Situs Tempat Jual Audio dan Backsound Musik Terbaik 2021

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 5+ situs tempat jual Audio dan Backsound Musik terbaik.

Lantas, situs apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Pond5: Free Stock Video and Music Library

Situs Tempat Jual Audio dan Backsound Musik

Selain foto dan video footage, anda juga bisa jual file audio di platform ini. Pond5 sendiri selalu jadi pilihan pertama kontributor untuk jualan audio dan backsound musik.

Dalam hal royalti, bisa disebut kalau Pond5 adalah yang terbaik. Selain video, anda bisa dapat 50% dari total penjualan dengan tarif royalti mulai dari 40%-60%.

Anda juga bisa tentukan sendiri harga media yang mau di jual di platform ini untuk file apa saja mulai dari efek musik, foto hingga audio.

Dengan demikian, jika rasa video anda bagus, menarik dan merupakan mahakarya tiada duanya, dan hanya ingin jual dengan harga yang mahal, silahkan.


Baca Juga:


Satu-satunya kelemahan dari platform ini adalah banyak produsen audio yang menetapkan harga seminimal mungkin dengan harapan bakalan banyak yang beli.

Artinya apa? Persaingan antar kontributor sangat tinggi dan kompetitif. Anda juga harus siap dengan perubahan kebutuhan audio yang terjadi setiap saat.

Untuk tipe pembelian di platform ini terbagi dalam tiga bentuk yakni langganan [On Demand], kedit langganan [Credit packs] dan pembelian skala besar untuk korporasi [High-volume corporate rates].

Cara daftarnya gimana? Untuk daftar jadi kontributor di Pond5 akan saya ulas di artikel berikutnya.

2. Storyblocks: Free Stock Images, Video & Audio

Situs Tempat Jual Audio dan Backsound Musik

Di Storyblocks anda bisa jual apa saja mulai dari video entah itu Footage, backgrounds dan after effects.

Selain video, juga bisa jual gambar entah itu foto, gambar vektor dan gambar ilustrasi hingga Animated backgrounds.

Bagaimana dengan audio? Ya, anda juga bisa jual audio di platform ini entah itu musik instrumental atau efek suara.

Stock audio itu bisa dijual dalam berbagai lisensi mulai dari royalty free music [bebas hak cipta] dan loops .

Ada tiga kelebihan jika jual audio di platform ini yakni:

  • Model langganan yang memungkinkan kontributor dapat penghasilan dari karya yang di unggah. Penghasilan juga akan meningkat karena paket fleksibel yang memungkinkan anda tetap dapat royalti dengan sistem bagi hasil yang adil
  • Musik free-royalti yang bisa dibeli dan digunakan kali-kali untuk proyek komersial atau pribadi

Salah satu kelebihan dari platform ini adalah pricing plannya yang lumayan murah. Dan setiap kontributor akan dapat 15-54% dari total penjualan.

Tertarik jual audio di storyblocks? Jika tertarik, langsung daftar jadi kontributor di situsnya langsung.

Untuk cara daftar jadi kontributor di Storyblocks akan saya ulas di lain kesempatan. Sering-seringlah mampir di blog ini untuk dapat update baru.

3. AudioJungle: Royalty Free Music & Audio

Situs Tempat Jual Audio dan Backsound Musik

AudioJungle adalah bagian dari Envato Market, salah satu perusahaan aset digital dan service terbesar saat ini.

Dengan envato anda bisa jual tema wordpress, logo, gambar vektor, ilustrasi, 3D file, video footage, efek suara dan audio itu sendiri.

Jenis media apa saja yang bisa di jual di AudioJungle? Ada banyak. Mulai dari suara burung, deru aliran air, musik yang enak didengar sampai backsound untuk video dan film.

Koleksinya juga banyak dimana selain jual audio, anda juga bisa dapatkan logo dan idents untuk memperkuat brand, musik kits, hingga audio untuk cubase, logic pro dan FL Studio.

Jadi ada banyak pilihan atau jenis file audio yang bisa dijual. Kalau bisa jual format musik lebih spesifik lagi, lebih bagus.

Lantas, bagaimana cara jual audio dan musik di AudioJungle? Sebelum jual, baiknya daftar dulu sebagai kontributor.

Untuk caranya akan saya bahas di artikel berikutnya. Jadi sering-seringlah mampir di blog sederhana ini.

4. Dreamstime: Stock Photos & Royalty Free Photos

Situs Tempat Jual Audio dan Backsound Musik

Salah satu situs microstock yang juga memungkinkan anda jual audio dan backsound musik terbaik adalah Dreamstime.

Jika mau jual foto atau video footage, bisa baca ulasan di postingan saya sebelumnya disini.

Salah satu kelebihan dari platform ini adalah sistem penetapan harga yang memungkinkan anda menetapkan rate card yang sesuai.

Jadi, anda bisa atur harga sendiri sehingga bisa dapat hasil yang sesuai. Dengan demikian, penghasilan anda semakin meningkat.

Jika ingin upload audio di platform ini, caranya sama seperti saat mau unggah foto dan sudah saya bahas di postingan ini.

5. Depositphotos: Royalty-free Images, Photo Stock, Video & Music

Situs Tempat Jual Audio dan Backsound Musik

Mungkin ada dari anda yang belum tahu kalau depositphotos sudah mulai menerima berkas musik dan efek suara awal tahun 2020 kemarin.

Alasan mengapa platform ini pantas di coba adalah promosi dan agresivitas dalam pasar penjualan foto, gambar vektor dan juga video.

Apabila di tambah audio dengan sistem royalti yang pas, ada kemungkinan platform ini akan menyamai atau melampaui pemain besar lain seperti Poind5.

Platform ini juga punya basis penjualan yang besar dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Artinya, audio anda mungkin bakal laris manis jika dijual disini.

Lantas, bagaimana cara daftar jadi kontributor di Depositphotos? Sudah saya bahas disini.


FAQ

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh anda terkait dengan postingan ini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Format file audio apa yang bisa dijual pada platform diatas?

Sebagian besar platform menerima format audio standar seperti MP3, WAV dan AIFF. Jadi pastikan audio yang di unggah pakai wadah diatas.

2. Apa saja syarat agar bisa jualan audio?

Syaratnya tidak terlalu banyak. Paling pertama, harus daftar dulu sebagai kontributor. Yang caranya akan saya ulas di lain kesempatan.

Setelah daftar, langkah berikutnya adalah mulai rekam audio sendiri. Jika stock sudah ada, tinggal upload.

Perhatikan juga minimal durasi audio dan musik yang bisa di upload termasuk rasio sampel serta syarat teknis lain.

Untuk durasinya berapa? Kebanyakan sih minimal harus upload audio lebih dari 5 detik dengan kecepatan bit 320 kbps.

Bagaimana dengan rasio sampel? Sample ratenya adalah 16-Bit Stereo, 44.1 khz dengan jenis file WAV atau MP3 [bisa keduanya].

Beberapa platform, AudioJungle misalnya, mengharuskan anda menambahkan gambar thumbail audio pakai format JPG.

Sesuaikan saja karena kebanyakan platform hanya mensyaratkan anda menjual file dengan format dan ketentuan teknis seperti diatas.

3. File audio apa yang laris manis saat ini? Setidaknya di tahun 2021?

Tidak ada jawaban pasti karena kebutuhan atas audio itu sendiri sering berubah dan tergantung siapa yang beli.

Jadi bisa riset dulu. Namun dari berbagai ualasan para kontributor, ada beberapa trek musik paling dicari.

Pertama, terk musik sinematik yang bisa digunakan unuk backsound video dan film, termasuk juga ambient, drum & bass, instrumen, folk, akoustik dan urban.

4. Efek suara apa yang bisa dijual dan kemungkinan laku banyak?

Sama sih seperti trek musik. Jadi tergantung si konsumen mau beli yang mana. Apakah trek musik atau efek suara.

Untuk efek suara sih ada banyak. Beberapa yang paling populer adalah suara game [Game sounds], transisi atau mutasi [Transitions and movement], suara tombol [Buttons], suara alam [Nature sounds] dan suara industri [Industrial sounds].

Penutup

Selain daftar diatas, beberapa situs microstock juga memungkinkan anda jualan audio dan backsound musik.

Seperti di 123RF, Adobe Stock dan Shutterstcok. Hanya saja, untuk dua daftar terakhir hanya kontribuor yang di undang saja [currently invite only].

Jadi bisa manfaatkan satu, sebagian atau mungkin seluruh platform diatas. Siapa tahu, anda bisa dapat ratusan dollar tiap bulan dari kegiatan tersebut.

Jika tambahan, masukkan atau mungkin pertanyaan terkait dengan postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 5+ situs tempat jual audio dan backsound musik terbaik 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar