10 Search Engine Terbaik dan Terpopuler Di Dunia

9 Likes Comment

Sebenarnya, ada banyak sekali search engine yang ada di dunia. Salah satu yang paling populer adalah Google.

Beberapa pakar dan peneliti menyebut bahwa Google mendominasi pangsa pasar mesin pencari dunia sebesar 65-75%.

Sisanya kemudian terbagi pada beberapa mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo, Dogpile dan lain sebagainya.

Lalu, menurut anda apa mesin terbaik terbaik di dunia? Mengapa mesin pencari rersebut populer? Jika anda penasaran jawaban atas pertanyaan ini, baca artikel ini sampai habis.

10 Search engine terbaik di dunia

Search engine atau mesin pencari adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mencari sebuah informasi berdasarkan frasa atau kata tertentu.

Sementara, hasil pencarian pada search engine disebut search engine results page [SERPs] atau halaman hasil pencarian di mesin pencari.

Fungsi mesin pencari sangat penting sekarang ini. Selain digunakan untuk menemukan informasi yang tepat, juga digunakan sebagai media untuk menyimpan database file dan data-data lain.

Lalu apa mesin pencari paling populer di dunia? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan daftar 10 search engine paling populer di dunia. Berikut artikelnya:

1. Google search

Search engine terbaik di dunia
via komando.com

Google adalah king of search engine yang menawarkan layanan pencarian sederhana dan paling banyak digunakan di dunia.

Meskipun tidak menawarkan layanan lain seperti belanja online langsung, Google memiliki beberapa kelebihan tersendiri.

Mulai dari akses situs yang cepat, informasi yang disiapkan banyak, katalog yang user friendly serta hasil pencarian yang relevan.

Hingga kini, Google search diakses oleh hampir 3,5 miliar orang setiap harinya. Presentase ini terus meningkat seiring dengan bertambahnya pengguna internet global.

Google sendiri di dirikan oleh Larry page dan Sergey Brin pada 4 September 1998. Sebagian besar pendapatan Google berasal dari iklan AdWords.

2. DuckDuckGo

via shutterstock.com

Sekilas Duckduckgo terlihat seperti Google. Namun ada banyak perbedaan dari mesin pencari yang satu ini.

Mesin pencari ini menawarkan berbagai fitur apik, seperti informasi tanpa klik dimana semua jawaban yang diinginkan pengguna tersedia di hasil pencarian utama.

Baca Juga : Kirim Tulisan Di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Duckduckgo juga menawarkan permintaan disambiguasi yang membantu untuk mengklarifikasi frasa yang digunakan untuk mencari informasi.

Plus, iklan yang ditampilkan tidak berdasarkan informasi pribadi. Paling penting, informasi pribadi dan riwayat pencarian anda tidak akan dilacak oleh search engine yang satu ini.

Duckduckgo didirikan oleh Gabriel Weinberg pada bulan april 2017 lalu. Meski tergolong baru, namun mesin pencari ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

3. Bing

via dailymail.co.uk

Bing adalah salah satu search engine yang dibuat Microsoft untuk memutus ketergantungan pengguna terhadap Google.

Dan Bing bisa disebut sebagai mesin pencari terbaik dan populer saat ini. Bing dulunya adalah bagian dari MSN search sebelum dipisahkan keberadaannya pada 2009 lalu.

4. Dogpile Search

via lifewire.com

Sebelum Google populer, Dogpile sudah mendominasi pangsa pasar pencarian di internet, yang pencariannya dilakukan dengan cepat dan efisien.

Namun, semuanya berubah pada tahun 1990-an. Dogpile mengalami penurunan penggunaan, yang membuat banyak pengguna mencari alternatif mesin pencari.  Alterantif ini akhirnya jatuh ke tangan Google dan terus bertahan hingga kini.

Baca Juga : 10 Cara Membuka Situs Yang Terblokir Internet Positif

Hari ini, Dogpile kembali dengan indeks dan pencarian yang telah diperbaharui, plus tampilan yang bersih dan cepat.

Jika anda ingin melakukan pencarian menggunakan Dogpile, anda akan mendapatkah result dengan crosslink yang akurat.

Dogpile sendiri dibuat oleh Aaron Flin dan secara resmi mengudara pada bulan november 1996 lalu.

5. Yippi Search

via fossmint.com

Yippi sebenarnya adalah search engine deep web yang digunakan untuk mencari informasi yang tidak ditampilkan oleh search engine lainnya.

Tidak seperti situs web biasa, yang diindeks oleh robot spider, halaman deep web Yippi lebih sulit ditemukan dengan pencarian konvensional.

Disinilah alasan Yippi masuk dalam daftar ini. Jika anda mencari blog yang berisikan informasi yang tidak jelas, informasi tentang pemerintah yang sulit di cari kantornya atau berita offbeat, penelitian akdemisi aneh dan konten serupa, silahkan gunakan Yippi.

6. Google cendekia [Google scholar]

via bungkul.com

Selanjutnya adalah Google scholar yang merupakan versi khusus dari Google search. Mesin pencari ini membantu anda untuk menemukan berbagai ulasan ilmiah, artikel dan penelitian terpopuler.

Google cendekia fokus pada materi akademik ilmiah dan penelitian yang telah dipublikasi oleh di internet.

Contohnya seperti tesis pascasarjana, pendapat hukum atau pengadilan, penelitian terbaru, laporan medis, makalah fisika, ekonomi, politik dan lain sebagainya.

Jika anda mencari informasi yang khusus dengan pro dan kontra secara akademik yang terus berlanjut, Google scholar adalah tempatnya.

7. Webopedia

via webopedia.com

Menurut saya pribadi, WQebopedia adalah salah satu search engine paling berguna dan paling bermanfaat di internet.

Webopedia adalah mesin pencari ensiklopedia gratis yang didedikasikan untuk mencari terminologi teknologi dan definsi tentang komputer.

Baca Juga : 10 Situs Paling Populer Di Dunia

Disini anda bisa menemukan tools nama domain, fungsi DDRAM komputer atau mungkin manfaat jenggot saat mengetik.

Woobpediua adalah sumber informasi non-teknis untuk orang-orang yang ingin lebih memahami komputer.

8. Yahoo

via wikimedia.org

Situs ini mengumpulkan berita, pusat belanja, email, direktori, horoskop, permainan dan paling terakhir adalah search engine.

Yahoo! pernah populer di tahun 95-an, sebelum akhirnya redup akibat tersandera berbagai masalah dan kalah bersaing dengan Google.

Search engine ini didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan maret 1995 lalu dan terus eksis hingga sekarang.

9. Ask

search engine paling populer di dunia
via ask.com

Ask.com merupakan salah satu mesin pencari yang juga cukup populer digunakan. Dulunya, mesin pencari ini bernama Ask Jeeves yang fokus untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Beberapa tahun terakhir situs ini mengalami penurunan penggunaan akibat peramban yang digunakan dituduh berbentuk malware.

Ask sendiri didirikan oleh Garrett Gruener, Doug Leeds dan David Warthen pada juli 1996 lalu.

10. Internet Archive search

via blog.archive.org

Ini search engine apa bukan sih? Menurut saya ini search engine yang dibuat khusus untuk mencari data-data lama atau arsip yang pernah terindeks di mesin pencari.

Archive sudah mengambil peran penting dalam dunia internet, dulu dan sekarang. Dengan situs ini anda bisa feedback kembali untuk melihat tampilan halaman web tahun 1990-an atau berita tentang Tsunami aceh tahun 2004.

Situs ini merupakan sebuah organisasi perpustakaan digital yang didirikan tahun 1996 lalu dan bermarkas di California AS.

Penutup

Pasti ada beberapa dari anda yang bertanya-tanya, kok Yandex dan Baidu gak masuk dalam daftar ini? Jawabannya ada pada alih bahasa.

Dua search engine tersebut memang populer, namun hanya di wilayah tertentu dan belum ada dukungan untuk bahasa Inggris.

Yandex adalah mesin pencari dengan bahasa utama Rusia begitu juga dengan baidu yang hanya support bahasa Cina saja.

Jika dua search engine tersebut dapat dialihbahasakan ke Inggris untuk pengguna luar negeri, akan dimasukkan dalam list ini. Sayangnya tidak.

Demikian artikel tentang 10 search engine atau mesin pencari terpopuler di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *