Postingan Pertama Saya di Bungkul.com

17 Likes Comment
postingan pertama

POSTINGAN PERTAMA saya di bungkul.com yang sedang anda baca sekarang ini hanyalah unek-unek pribadi saya sendiri.

Karena jujur, saya tidak tahu mau menulis apa di blog ini sekarang. Mau tulis tutorial, pusing. Mau tulis opini juga sama, pengetahuan saya belum mendalam.

Dengan kata lain, saya sulit menentukan niche yang akan saya angkat di blog ini. Selain itu, saya juga punya blog lain yang juga berantakan.

Itu belum lagi dengan aktivitas offline yang saya lakukan dimana saat ini saya masih sibuk ngurus tugas akhir [skripsi] yang sudah mendek beberapa bulan.

Saya memang mengelola 3 blog, satu blog mengangkat niche windows dan blogging sementara satunya lagi nichenya gado-gado.

Dua blog pertama saya buat dengan platform blogger. Namun, pada tanggal 27 maret 2019 lalu, secara resmi saya sudah memindahkan blog tersebut ke WordPress karena hadiah ikutan lomba.

Hosting dan domain gratis ini saya dapatkan setelah tulisan saya berhasil nongol sebagai finalis pada lomba revolusi industri 4.0 yang diselenggarakan oleh Niagahoster.

Mungkin ada beberapa dari anda yang juga ikut lomba tersebut dan mungkin andalah yang berhasil menjadi jawaranya.

Saya sendiri hanya duduk di peringkat belasan keatas, dan hanya mendapatkan beberapa hadiah berupa souvenir dan juga hosting bayi+domain.

Tapi lumayanlah. Setidaknya impian saya sudah tercapai, yakni migrasi dari blogger ke wordpress.

Postingan Pertama Saya di Bungkul.com

Karena saya punya banyak blog, maka saya kemudian jadi bingung mau angkat apa di blog ini. Sampai saat ini, saya belum memutuskan niche apa yang hendak saya angkat.

Daripada blog ini kosong melompong akhirnya saya buat postingan ini. Postingan ini juga menjadi postingan pertama saya di blog bungkul.com

Sebenarnya, ada tiga yang membuat saya bingung memilih topik blog. Tiga hal itu antara lain:

1. Masih pemula dalam dunia blogging

Saya pertama kali terjun ke dunia blogging kira-kira tahun 2015 lalu, namun mulai fokus di dunia blogging sejak tahun 2017 kemarin.

Pada waktu itu, saya masih numpang domain di blogger. Sampai akhirnya, pada bulan agustus 2018 saya memberanikan diri untuk membeli domain sendiri.

Pada intinya, semua uang yang saya keluarkan dalam dunia perbloggingan adalah uang yang saya peroleh saat ikutan lomba, ikut survey berbayar dari YouGov dan beberapa sumber penghasilan lain.

Intinya, tidak ada sepeserpun uang yang saya keluarkan itu dari kantong pribadi apalagi untuk membeli hosting dan domain.

Satu-satunya uang yang saya keluarkan dari kantong pribadi hanyalah saat saya membeli template blogger mirip detik.com.

Meski pada akhirnya saya kecewa sendiri, support yang diberikan memprihatinkan dan juga masih ada link kredit footer yang nempel disana.

Setelah saya migrasi ke WordPress, ternyata ada banyak sekali perbedaannya. Mulai dari tampilan dashboard, cara buat postingan dan lain sebagainya.

Setelah migrasi, saya juga harus edit postingan satu per satu, karena gambar yang tidak tampil dan juga karena permalink blog yang saya ganti.

Saya juga harus mengedit postingan itu lagi, karena ternyata, masih banyak style font dari blogger yang nempel di postingan WordPress.

Meski begitu, makin lama saya makin nyaman menggunakan WordPress. Karena optimasi SEO jauh lebih mudah, juga ada perhitungan jumlah karakter postingan seperti di Word dan banyak keuntungan lain.

2. Waktu yang sedikit

Saya sendiri memang tidak fokus dalam dunia blogging dan banyak menghabiskan waktu di luar. Makannya, jika anda sering mampir di blog ini [ngarep] mungkin jarang lihat anda melihat update postingan baru.

Kalau anda anda ingin meramaikan postingan didalam blog ini, anda bisa mengirimkan artikel ke saya melalui laman kontak. Dan anda bisa mendapatkan upah berupa backlink yang mengarah ke blog anda.

3. Niche yang ingin diangkat

Nah ini yang paling penting. Ini adalah alasan yang paling vital menurut saya. Saya pengennya mengangkat ceruk yang unik dan masih sedikit blogger yang mengangkatnya.

Namun tetap saja, saya masih bingung niche seperti apa yang saya maksud. Sampai sekarang saya masih bingung soal ini.

Dilematis memang. Tapi, mau bagaimana lagi, sudah demikian adanya. Untuk itu, saya menyarankan kepada anda, baiknya mengelola satu blog saya.

Itu sudah lebih dari cukup. Kalau Anda ingin mempunyai banyak blog, silahkan saja, asalkan anda mampu mengelolahnya. Saya sendiri sebenarnya mampu mengelola banyak blog hanya waktu saja yang tidak cukup.

Penutup

Nah seperti inilah postingan pertama saya di blog ini. Tidak ada yang spesial disini, jika kebetulan anda membaca postingan ini, usahakan jangan di share ya.

Oh iya, kalau ada dari anda yang punya saran kepada saya tentang niche atau topik blog yang anda sukai, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Sekian ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *