7+ Platform Tempat Download Footage Gratis Murah Terbaik 2022

Sebenarnya, ada banyak sekali situs atau platform tempat download footage baik yang gratis atau berbayar.

Untuk yang versi gratis, pengguna bisa dapatkan stock footage tak terbatas dengan dua lisensi utama yakni CC0 dan CC3.0.

Sementara, untuk yang berbayar, lisensinya terbagi menjadi dua bagian yakni personal use dan commercial use.

Jadi kembali ke pribadi masing-masing, mau pilih yang mana. Untuk kualitas video yang ditawarkan standar.

Kualitas paling rendah yang tersedia adalah 720p sementara yang paling tinggi adalah HD, 4k dan format RAW.

Hanya saja, dari segi fleksibilitas, keunikan dan kategori konten, tentu saja yang berbayar lebih banyak pilihannya dibanding versi gratis.

Dan untuk anda yang sedang cari platform tempat download video footage gratis atau sedang cari situs free footage, simak artikel dibawah ini sampai habis.

7+ Platform Tempat Download Footage Gratis Murah Terbaik 2022

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana, ada dua kategori platform tempat download footage gratis murah terbaik, diantaranya:

A. Situs penyedia footage gratis terbaik tanpa hak cipta

Jika cari footage yang gratisan, bisa kunjungi salah satu situs dibawah ini lalu download video footagenya, seperti:

1. Pexels

Platform Tempat Download Footage Gratis Murah Terbaik

Dulunya, Pexels hanya dikenal sebagai situs atau platform yang menyediakan foto no-copyright terbaik berkualitas tinggi.

Seiring berkembangnya waktu, ternyata sudah tersedia juga footage yang bisa didapatkan dengan gratis juga.

Format video yang ditawarkan pun tak kalah menarik dengan footage berbayar dimana anda bisa download direktori file dengan kualitas yang beragam mulai dari MP4, HD sampai 4K.

Baca Juga:

Sayangnya, untuk versi 4K ini jumlahnya masih sedikit. Dalam hal lisensi, sama seperti tipe file lain yang tersedia di platform.

Dimana, Pexels menggunakan CC-Zero (CC0) atau licence creative commons zero, yang berarti file yang diunduh bebas digunakan untuk keperluan apa saja entah itu personal atau komersial.

Selain itu, jika di posting di platform berbagi video seperti YouTube, DailyMotion atau Facebook Watch, pengguna tidak perlu sertakan atribusinya.

2. Pixabay

Platform Tempat Download Footage Gratis Murah Terbaik

Pixabay juga menawarkan stock footage gratis, yang saat ini, jumlah diklaim telah mencapai 1,5 juta lebih video dan akan terus bertambah.

Dengan demikian, pilihannya ada banyak. Tinggal cari yang sesuai, unduh lalu masukkan kedalam video buatan anda.

Lantas, bagaimana dengan lisensinya? Sama seperti Pexels yang mana Pixabay juga pakai CC0 atau Creative commons zero.

Mayoritas footage di Pixabay durasinya kurang dari 60 detik dengan kualitas dan format yang beragam mulai dari motion graphic, looping clips, HD sampai 4K.

3. Videvo

Platform Tempat Download Footage Gratis Murah Terbaik

Videvo juga termasuk situs atau platform yang memungkinkan anda mendownload video footage gratis dengan kualitas yang beragam.

Kualitas minimal adalah 720p, diikuti dengan 1080p, HD dan 4K. Yang membedakan dengan platform lain ada pada pengkategorian konten.

Dengan demikian, anda bisa cari berdasarkan kategori video apakah itu drone footage, bisnis, alam, covid-19 sampai gaya hidup.

Perbedaan berikutnya ada pada lisensi dimana Videvo pakai CC3.0 yang berarti footage bisa di download dengan gratis lalu digunakan sesuai keperluan, entah itu personal atau komersial.

Hanya saja, saat proses editing, harus sertiakan informasi seperti tulisan, musik atau efek tersebut berasal dari Videvo.

Jadi harus ada kredit pada footage. Tapi, kredit yang diberikan standar. Sepanjang ada informasi kredit tersebut, maka anda tak perlu takut lagi terkena teguran hak cipta.

Selain tiga platform diatas, anda juga bisa kunjungi beberapa platform penyedia footage gratis lainnya seperti Life of Vids atau Splitshire.

Hanya saja, sebelum unduh, baca dengan teliti soal soal lisensinya. Karena bisa saja, ia dapat diunduh dengan gratis, tapi hanya boleh digunakan untuk keperluan pribadi.

Jika tak mau memasukkan atribusi, anda bisa berlangganan footage premium. Dimana, pengguna bisa bayar sekali untuk download semua footage.

B. Situs penyedia footage murah berkualitas

Jika poin sebelumnya memungkinkan anda mendownload dengan gratis, dengan atau tanpa menyertakan link atribusi, maka berbeda dengan poin kedua ini.

Dimana, untuk bisa unduh footage, anda harus bayar. Biayanya bergantung sama jenis dan harga yang ditetapkan masing-masing creator.

Ada juga yang metode pembayarannya bukan per single video, melainkan metode langganan apakah itu bulanan atau tahunan.

Agar jelas, berikut disajikan situs penyedia footage murah berkualitas, diantaranya:

1. Shutterstock

Situs Tempat Jual Desain Icon Terbaik

Salah satu situs agensi microstock paling populer yang juga menyediakan video footage berkualitas tinggi adalah Shutterstock.

Di platform ini ada jutaan stock video footage HD dan 4K free-royalti yang bisa dibeli la carte atau per video dan pembelian paket.

Lebih untung sih jika beli yang paketan karena lebih murah dibanding beli klip individu yang cenderung mahal.

Kategori footage yang tersedia di platform ini pun cukup banyak mulai dari aerial, selang waktu, teknologi, editorial, orang, efek video, animasi dan lain sebagainya.

Menariknya, anda juga bisa dapatkan video yang lagi tren dalam berbagai subkategori entah itu fraktal, festival, pesta masak, musim panas, berperahu, bendera dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan harga? Apakah mahal atau murah? Tergantung jenis paket yang dipilih termasuk item-item lainnya.

Mulai dari kualitas video, format, kontributornya siapa dan elemen apa yang ada di dalam video. Jika terdapat musik, tentu harganya lebih mahal.

2. iStock

Platform Tempat Download Footage Gratis Murah Terbaik

iStock juga termasuk platform yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan stock video terbaik dan berkualitas tinggi.

Untuk listnya kurang lebih sama seperti yang ada di Getty Images karena keduanya merupakan platform yang dikelola oleh perusahan yang sama.

Sementara, pilihan pembeliannya terbagi dalam dua jenis yakni non-eksklusif dan eksklusif tapi dari segi kualitas, ada opsi HD dan 4K.

Video-video yang diposting di platform ini telah mengalami kurasi yang ketat, sehingga anda, sebagai klien, bisa mendapatkan video-video yang berkualitas tinggi.

Bagaimana dengan kategori video? Untuk kategorinya standar, serupa Shutterstock diatas dimana anda bisa dapat video mulai dari selang waktu, latar belakang, close-up, aerial dan lain sebagianya.

Untuk pembelian, ada dua opsi yang bisa dipilih yakni footage esensial dan klip signature. Jenis paket pertama memungkinkan anda dapat hingga 6 kredit video per pembelian.

Disisi lain, jenis paket kedua memungkinkan anda dapat hingga 18 kredit video footage per pembelian yang berhasil.

Ada juga bonus tambahan pembelian berupa aset file lain entah itu gambar, sampai dengan musik, jika metode pembelian berdasarkan paket.

3. Pond5

Platform Tempat Download Footage Gratis Murah Terbaik

Pond5 umumnya dikenal sebagai situs yang menyediakan stock musik gratis meski platform juga juga menyediakan file jenis lain.

Artinya, jika anda sedang cari situs video footage berkualitas premium dan bebas royalti, boleh unduh di platform ini.

Ada beberapa opsi langganan yang tersedia di platform ini salah satunya adalah pembayaran tahunan yang memungkinkan anda mengakses jutaan stock.

Yang menarik adalah filter kategori file yang sangat spesifik. Tapi, kategori utamanya hanya ada enam mulai dari animation, 5K, aerial, green screen, 3D sampai dengan background.

Sementara, untuk subkategori footage sangat banyak mulai dari animals, city, celebration, sports, nature, space, meditation, water, cooking, medical, business dan seterusnya.

Anda juga bisa pilih segmen footage entah itu political, marquee, editorial hingga memorial seperti perang dunia II memorial dan seterusnya.

4. Adobe Stock

Platform Tempat Download Footage Gratis Murah Terbaik

Terakhir ada Adobe Stock, yang mayoritas konten videonya berasal dari Fotolia, sebelum diintegrasikan ke Adobe Creative Cloud.

Koleksi video footage di platform ini cukup banyak dengan dua pilihan kualitas yakni HD dan 4K.

Untuk jenis paketnya hanya ada satu yakni la carte atau sekali bayar per video. Yang memang cenderung mahal.

Tapi ada tawaran lebih menguntungkan untuk pengguna dimana jika paket tersebut dirasa sangat mahal, bisa tambahkan paket lain dari Adobe Photoshop atau Premiere.

Dengan membeli paket premium tersebut, anda bisa dapatkan akses ke berbagai stock video langsung, sekali bayar.

Ada beberapa kategori menarik jika unduh footage di platform ini mulai dari motion graphics, video loops, 5K clips, HD clips, nature scenes, motion backgrounds dan lain sebagainya.

Penutup

Ada banyak manfaat menambahkan footage ke video salah satunya adalah meningkatkan visibilitas dari isi video yang disampaikan.

Umumnya, footage hanya ditambahkan sebagai transisi dari satu scene ke scene lain atau untuk tujuan khusus, yakni digunakan sebagai preset.

Bahkan, lebih jauh lagi, jika punya stock footage sendiri, bisa daftar jadi kontributor di beberapa situs di atas, lalu dapatkan uang dari situ.

Demikian artikel tentang platform tempat download Footage gratis murah terbaik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar