Perbedaan Totebag, Tas Jinjing, Goodie Bag, Hand Bag dan Duffel Bag

Kadang, totebag sering disebut secara bergantian dengan tas jinjing, goodie bag, Handbag sampai Duffel Bag. Lantas, apakah semuanya sama? Ataukah ada perbedaanya?

Umumnya, tas digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Semakin besar tas tersebut, semakin banyak barang yang bisa disimpan.

Hanya saja, akibat aktivitas manusia yang semakin tinggi, banyak tas dirancang agar fleksibel dan mudah digunakan.

Inilah yang kemudian melahirkan beberapa model tas tanpa resleting atau penutup yang kemudian dikenal dengan istilah totebag.

Di beberapa tempat, totebag sering disebut juga dengan tas jinjing atau goodie bag. Lantas, apakah ada perbedaan antara totebag, tas jinjing dan goodie bag?

Jika ada, letak perbedaannya dimana? Apakah ada persamaannya? Kalau penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas, simak artikel ini sampai habis.

1. Apa itu Totebag?

Pengertian Totebag
Gambar via bpando.org

Tote bag adalah jenis tas fleksibel yang desain umumnya berbentuk kotak dan tak memiliki resleting di permukaannya.

Artinya, penutup kantong tidak memiliki penutup dan umumnya dibiarkan terbuka karena itulah cukup mudah untuk menyimpan atau mengeluarkan barang yang ada didalamnya.

Sama seperti tas pada umumnya yang memiliki tali pegangan di dua sisi kantong dengan posisi dan panjang pegangan yang sejajar satu sama lain.

Hanya saja, pada umumnya, tali pegangan pada tas tote ini cenderung tipis dan pendek dengan bahan serta dibuat dari bahan yang sama.

Di Indonesia, totebag umumnya digunakan sebagai tas untuk berbelanja termasuk juga untuk melakukan aktivitas lain.

Baca Juga:

Entah itu berwisata ke pantai, pergi ke gym, peri kantor, sekolah, kampus dan lain sebagainya.

Karena alasan lingkungan, bahkan pemerintah saat ini menyarankan tas jenis ini untuk digunakan saat beraktivitas.

Mengapa demikian? Karena bisa digunakan berkali-kali sehingga bisa mengurangi penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan.

Inilah yang jadi alasan mengapa tas tote jadi populer. Sehingga, banyak yang menggunakan tas tote ini sebagai souvenir, oleh-oleh hingga doorprize untuk beberapa acara.

Misalnya, anda ikut suatu acara seminar atau peluncuran produk baru dari satu perusahaan, pihak penyelenggara biasanya membagikannya kepada seluruh peserta.

Selain sebagai hadiah, jika dibagikan oleh perusahaan, maka hal ini termasuk salah satu bentuk promosi dari mereka.

Bahan pembuatan totebag cukup variatif ada yang dibuat dari kanvas, nylon, mori dan polyester dan lain sebagainya.

Ulasan lebih lengkap soal totebag termasuk jenis, fungsi, manfaat dan contoh penggunaan, bisa baca postingan sebelumnya disini.

2. Apa itu Tas Jinjing?

Perbedaan Totebag, Tas Jinjing, Goodie Bag, Hand Bag dan Duffel Bag
Gambar via yunru-bag.com

Seperti juga namanya dimana tas jinjing adalah salah satu jenis tas yang cara penggunaanya adalah dengan dijinjing.

Artinya, tas jinjing adalah jenis tas yang saat digunakan atau dibawa dengan posisi tangan ke bawah.

Dan tas jinjing termasuk salah satu jenis tas populer di kalangan wanita karena efisiensi dan kemudahan penggunaannya.

Selain itu, pilihannya lebih variatif begitu juga dengan warna dan modelnya. Meski harganya cenderung lebih mahal dibanding totebag atau goodie bag.

Dengan demikian, tas jinjing ini termasuk istilah general yang bisa mengacu pada jenis tas yang bisa atau yang dalam penggunaanya dilakukan dengan cara dijinjing.

3. Apa itu Goodie Bag?

Perbedaan Totebag, Tas Jinjing, Goodie Bag, Hand Bag dan Duffel Bag
Gambar via shopify.com

Goodie Bag, yang kadang juga disebut goody bag, adalah tas serupa totebag diatas dan umumnya digunakan sebagai kantong untuk menyimpan barang belanjaan.

Awalnya, goodie bag digunakan sebagai kantong yang berisikan hadiah atau kantong permen yang diberikan kepada anak-anak di pesta ulang tahun.

Praktik ini kemudian berkembang sehingga goodie bag mulai digunakan untuk aktivitas lain oleh individu atau perusahaan.

Contoh sederhana misalnya saat anda beli HP atau peralatan elektronik. Setelah pembelian dilakukan, biasanya barang yang dibeli itu akan dibungkus pakai tas kantong terbuka.

Tas kantong terbuka itu mirip dengan tas tote tapi, dari segi penyebutannya, lebih tepat disebut sebagai tas goodie.

Artinya, tas goode ini dirancang sebagai bagian dari koleksi yang diberikan kepada pelanggan yang sudah melakukan pembelian.

Praktik macam ini umumnya digunakan untuk pembelian produk kosmetik dan sering disebut sebagai hadiah yang gratis karena pembelian.

Dan banyak perusahaan kosmetik yang menawarkan hadiah seperti ini kepada pelanggan setiap tahun setelah penjualan terjadi.

4. Apa itu Handbag?

Perbedaan Totebag, Tas Jinjing, Goodie Bag, Hand Bag dan Duffel Bag
Gambar via wired.com

Jika ditelusuri lebih jauh, handbag juga termasuk tas jinjing meningkat karena umumnya dirancang agar bisa dijinjing atau dipegang dengan tangan.

Karena itu, jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Handbag berarti tas tangan. Tapi, dari segi penggunaanya, tas jenis ini khusus dipakai untuk fashion saja.

Ciri utama dari handbag adalah mayoritas ukurannya yang cenderung kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Karena itu, beberapa orang sering menyebut tas jenis ini sebagai tas dompet dengan pilihan dan warna yang variatif.

Karena umumnya digunakan untuk fashion atau gaya, tas jenis ini cukup mahal harganya dibanding tas jenis lain dalam daftar ini

5. Apa itu Duffel Bag?

Perbedaan Totebag, Tas Jinjing, Goodie Bag, Hand Bag dan Duffel Bag
Gambar via wired.com

Duffel bag juga termasuk tas jinjing namun dirancang khusus agar bisa menyimpan barang dalam jumlah banyak.

Dengan demikian, tas ini punya ukuran yang lebih besar dan biasanya digunakan untuk bepergian jarak jauh atau travelling.

Beberapa orang juga menggunakan tas jenis ini untuk bepergian ke Gym karena bisa menyimpan berbagai perlengkapan yang diperlukan.

Perbedaan Totebag, Tas Jinjing, Goodie Bag, Hand Bag dan Duffel Bag

Lantas, apa sih perbedaan totebag, tas jinjing, goodie bag, hand bag dan duffel bag? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak tabel dibawah ini.

PerbedaanTotebagTas JinjingGoodie BagHand BagDuffel Bag
ArtiTas tote adalah jenis tas dengan satu kantong yang tak memiliki penutupTas jinjing adalah tas yang penggunaanya dilakukan dengan cara menjinjing atau memegang dengan tanganGoodie bag adalah jenis tas dengan satu kantong yang memiliki pegangan di setiap sisi kantongHand bag atau tas tangan adalah jenis tas seperti dompet tapi ukurannya lebih besarDuffel bag adalah tas berukuran besar yang umumnya terbuat dari kain untuk menyimpan berbagai perlengkapan
UkuranCukup besarVariatifCukup besarKecilBesar
BentukPersegi empatVariatifPersegi empatPersegi empat kecilVariatif
KegunaanUntuk menyimpan barangUntuk melindungi barangSebagai tempat penyimpanan barangUntuk menyimpan barang berharga seperti perhiasanSebagai tempat penyimpanan perlengkapan pribadi

Lewat tabel di ata bisa diketahui kalau tak ada perbedaan signifikan antara totebag, tas jinjing, goodie bag, hand bag dan duffel bag.

Perbedaan paling mencolok hanya bisa dilihat dari bentuk dan ukurannya. Misalnya, Totebag, goodie bag dan handbag yang umumnya berbentuk persegi empat.

Meski dari segi ukuran cenderung berbeda. Misalnya, Hand bag yang cenderung lebih kecil, seperti dompet, tapi lebih besar.

Hanya saja, apabila diklasifikasikan lebih jauh, lima jenis tas diatas bisa dikategorikan dalam satu bagian saja yakni tas jinjing.

Mengapa demikian? Karena semua jenis tas diatas memiliki tali sehingga bisa dipegang dengan tangan atau mungkin digantung ke bahu.

Meski demikian, khusus untuk hand bag atau tas tangan, saat ini ada yang tak memiliki tali. Artinya, ia tetap dipegang.

Selain perbedaan, semua jenis tas diatas juga punya persamaan satu sama lain yakni sebagai kantong untuk menyimpan barang.

Penutup

Mengetahui perbedaan jenis tas diatas bisa membantu anda mengetahui situasi mana tas tersebut cocok digunakan.

Misalnya, jika hendak berangkat ke undangan, tentu tidak efisien jika harus bawa tas dafel atau duffel karena ukurannya yang cenderung besar.

Atau mungkin, saat mau dinner barang kolega, tentu lebih efisien menggunakan handbag karena mudah dibawa kemana-mana.

Demikian artikel tentang perbedaan totebag, tas jinjing, goodie bag, hand bag dan duffel bag. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

2 pemikiran pada “Perbedaan Totebag, Tas Jinjing, Goodie Bag, Hand Bag dan Duffel Bag”

  1. bagus nih tipsnya. eniwei ada rekomendasi tempat cari gambar? thanks

    Balas

Tinggalkan komentar