Perbedaan Photoshoot, Photo Session dan Photo Studio

Ada tiga istilah teknis yang sering diucapkan fotografer yang merujuk pada aktivitas fotografi yakni photoshoot, photo session dan photo studio.

Sebenarnya, ketiganya merujuk pada proses mengambil foto atau gambar. Artinya, ada proses fotografis yang terjadi.

Meski demikian, banyak orang bingung apa sih maksud dari kata tersebut? Mengapa sering diucapkan fotografer? Maksudnya apa?

Penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Apa itu Photoshoot?

Perbedaan Photoshoot, Photo Session dan Photo Studio
via digitalcameraworld.com

Photo shoot atau photoshoot adalah istilah majemuk yang digunakan untuk menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pengambilan foto.

Jika di artikan dalam bahasa Indonesia, photoshoot berarti pemotretan. Dan biasanya, untuk sesi pemotretan harus dilakukan tatap muka secara fisik dengan subjek foto.

Tapi, ada juga photoshoot virtual yang baru-baru ini berkembang seiring dengan pembatasan aktivitas masyarakat akibat Covid-19.

Baca Juga:

Intinya, photoshoot adalah sesi dimana seorang model atau klien yang menggunakan jasa fotografer, berpose didalam studio atau lokasi lain.

Contoh paling sederhana bisa lihat sesi pengambilan foto wisuda, pernikahan, liburan, acara keluarga dan lain sebagainya.

Termasuk juga kegiatan photoshoot untuk objek lain seperti bayi yang baru lahir atau baby born photography, hewan peliharaan, makanan dan lain sebagainya.

Ciri lain dari photoshoot ini ada pada biaya. Artinya, klien atau pengguna jasa harus mengeluarkan sejumlah uang agar photoshoot bisa dilakukan.

Perhatikan, diatas ada dua istilah yang saya gunakan secara bergantian yakni Photo shoot dan photoshoot.

Sekalipun penggunaan katanya berbeda dimana yang satu pakai spasi dan satunya lagi tidak, tapi dua-duanya diterima sebagai istilah yang majemuk.

2. Apa itu Photo Session?

Perbedaan Photoshoot, Photo Session dan Photo Studio
via bidunart.com

Photo session juga punya kaitan erat dengan photoshoot diatas. Hanya saja, istilah ini lebih condong digunakan dari sisi fotografer.

Untuk contoh saja, misalnya ada klien yang menggunakan jasa anda untuk foto di acara tunangan atau prewedding.

Intinya, photo session adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan fotografer saat sesi pengambilan foto sedang berlangsung.

Jadi, ia tidak punya kaitan sama model, biaya, harga, studio atau yang lainnya. Mengapa? Karena istilah ini lebih condong ke konsep fotografi.

Dengan demikian, apabila istilah ini lebih fokus ke sudut pandang fotografer, maka harus ada kesesuaian sama konsep dan hasil foto.

Bicara soal konsep, maka fotografer harus bisa menyampaikan bagiamana nantinya photo session akan dilakukan sehingga klien bisa tahu apa yang harus dilakukan pra-photoshoot.

Dalam praktinya kemudian, konsep dalam sesi foto harus melibatkan beberapa komponen dibawah ini, seperti:

  • Pakaian yang akan digunakan oleh subjek foto saat sesi foto berlangsung
  • Make up seperti apa yang diinginkan agar hasil foto sesuai harapan. Apakah dengan menggunakan jasa make up artist yang sudah bekerja sama dengan fotografer atau tidak
  • Properti berupa barang atau benda lain yang dilibatkan dan aksesoris itu muncul didalam foto
  • Venue mengacu pada tempat dimana foto tersebut akan terlihat sehingga klien dan fotografer bisa membicarakan apakah sudah sesuai dengan konsep yang diinginkan atau tidak.

Tiap konsep diatas berkontribusi secara langsung pada foto. Dengan demikian, keahlian fotografer adalah hal lain.

Artinya, jika klien sudah menggunakan jasa fotografer maka ia tahu resiko seperti apa yang muncul termasuk hasil foto yang tidak sesuai ekspektasi karena fotografer.

Meski demikian, fotografer harus sebisa mungkin menghasilkan foto yang barus karena ini berkaitan dengan nama baik, kelangsungan bisnis fotografi dan profesionalisme.

3. Apa itu Photo studio?

Perbedaan Photoshoot, Photo Session dan Photo Studio
via vitecimagingsolutions.com

Baik photoshoot dan photo session bisa dilakukan di dalam ruangan atau luar ruangan. Jika dilakukan didalam ruangan, maka bentuknya berupa studio.

Dalam fotografi, studio adalah ruang khusus yang digunakan sebagai tempat bekerja bagi fotografer.

Didalam studio ini tersedia berbagai peralatan dan perlengkapan fotografi mulai dari lampu, backlight, backdrop, background foto dan settingan penunjang lainnya.

Artinya, photo studio adalah ruangan yang dirancang khusus untuk sesi pemotretan dan digunakan sebagai tempat kerjanya fotografer.

Agar sebuah studio foto layak, maka ia harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya:

  • Studio tersebut harus tertutup. Artinya, tidak ada sinar matahari yang masuk dan sebagai pengganti cahaya maka digunakan lampu studio foto
  • Ada peralatan utama dan perlengkapan pendukung didalam studio foto mulai dari kamera, backdrop, lighstand Backdrop, light stand flash, print foto dan lain sebagainya
  • Kesehatan dan kebersihan studio termasuk tingkat kelembapan yang cukup untuk menjaga peralatan didalamnya tetap bekerja seperti biasa

Dan lain sebagainya seperti peralatan dan material pendukung didalam studio mulai dari material, lantai, dinding dan lain sebagainya.

Perbedaan Photoshoot, Photo Session dan Photo Studio

Lantas, apa sih perbedaan photoshoot, photo session dan photo studio? Pasti penasaran, kan? Lihat tabel dibawah ini:

PerbedaanPhotoshootPhoto SessionPhoto Studio
DefinisiPhotoshoot adalah proses pengambilan foto dari awal sampai akhirPhoto session adalah sesi foto yang dilakukan fotograferPhoto studio adalah tempat dimana photo session berlangsung
FungsiMerencanakan, membicarakan dan mengambil fotoMengambil fotoTempat foto
KonsepIndoor dan outdoorPose, pakaian dan aksesorisPerlengkapan
ContohFoto wisuda, foto pernikahan dan lain sebagainyaFashion fotography, foto produk dan lain sebagainyaStudio foto di rumah, backdrop, back wall dan stand back wall

Perhatikan, sekalipun ada punya beberapa perbedaan, baik photoshoot dan photo session bisa dilakukan dimana saja.

Baik itu didalam ruangan seperti didalam studio foto, di luar ruangan dengan menggunakan backdrop, di studio, di ruangan kecil dan lain sebagainya.

Artinya, jika photoshoot dan photosession merujuk pada proses pengambilan foto maka photo studio atau studio foto mengacu pada lokasi pemotretan.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa itu Virtual Photoshoot?

Virtual photoshoot adalah istilah yang digunakan dalam proses pengambilan foto tanpa bertemu secara fisik dengan fotografer.

Istilah ini mulai populer setelah pendemi COVID-19. Di Indonesia misalnya, pada waktu PPKM, banyak fotografer yang harus putar otak agar bisnisnya tetap jalan.

Salah satu solusinya adalah dengan membuka jasa atau melakukan virtual photoshoot. Agar jelas, topik ini akan saya bahas di postingan berikutnya.

2. Siapa saja yang terlibat dalam photoshoot dan photo session?

Siapa saja yang terlibat sebenarnya bergantung sama pembicaraan awal antara fotografer dan klien atau orang yang menggunakan jasa fotografi.

Pertimbangan lain mungkin pada biaya. Artinya, jika fotografer hanya bekerja sendirian, maka yang terlibat hanyalah fotografer itu sendiri.

Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Sementara, jika fotografer bekerjasama dengan agensi lain, maka biasanya ada tim yang terlibat.

Tim itu mulai dari make up artist, digital retoucher, model, klien dan tentu saja fotografer itu sendiri. Dan tentu saja, biaya yang dikeluarkan untuk photoshoot dan sesi fotonya lebih besar.

3. Berapa biaya buat photo studio sendiri?

BIaya photo studio sendiri bergantung sama budget yang dimiliki. Hanya saja, ada harga ada juga kualitas.

Dengan demikian, jika punya modal lebih, bisa beli barang-barang berkualitas, tahan lama dan paling dibutuhkan.

Hanya saja, jika budget kecil, bisa buat photo studio sendiri di rumah. Untuk perlengkapan, bisa disesuaikan yang penting punya kamera dan laptop dulu.

Dua peralatan tersebutlah yang paling penting. Sementara, untuk estimasi biaya buat studio foto sendiri di rumah sudah saya bahas disini.

Penutup

Dalam dunia fotografi, ada banyak sekali istilah-istilah penting yang wajib diketahui. Baik istilah yang merupakan pendanan resmi atau serapan dari bahasa lain.

Contoh paling sederhana ada pada tiga istilah diatas. Jadi, penting untuk mengetahui makna dan arti katanya agar tidak disalah artikan.

Demikian artikel tentang perbedaan Photoshoot, Photo Session dan Photo Studio. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar