Perbedaan Mosaik, Kolase dan Montase, Sudah Tahu Belum?

Pernah dengar tiga istilah diatas? Jika pernah, tahu gak apa pengertian termasuk perbedaan mosaik, kolase dan montase?

Ada yang bilang ketiganya sama. Ada juga yang bilang kalau tiga istilah diatas berbeda. Kalau sama, dimana letak persamaannya? Kalau beda, dimana letak perbedaannya?

Itulah yang kemudian jadi alasan mengapa artikel ini saya buat. Perlu diketahui, tiga istilah diatas erat kaitannya dengan seni rupa teknik tempel.

Penerapannya pun tidak terbatas pada seni dalam ruangan, untuk interior atau desain rumah misalnya, tetapi juga untuk desain eksterior atau seni luar ruangan.

Karena itu mozaik, kolase dan montase merupakan gabungan dari berbagai teknik seni rupa, seni gambar, seni kriya dan seni dekorasi.

Tapi, kembali ke pertanyaan awal. Apa sih pengertian dari mozaik, Kolase dan Montase? Apa perbedaan Mosaik dan Kolase?

Termasuk pertanyaan terkait seperti perbedaan kolase dan montase serta persamaannya. Penasaran jawabannya apa? Simak artikel ini sampai habis.

1. Apa itu Mosaik?

Perbedaan Mosaik, Kolase dan Montase

Pertama yang akan saya bahas adalah Mozaik. Tahu gak apa itu Mozaik? Apa yang dimaksud dengan kerajinan mozaik?

Secara teknis, definisi istilah ini bisa dijabarkan dari penerapannya seni tempel ini sendiri. Apakah dalam satu lukisan, foto digital dan lain sebagainya.

Dalam seni, Mosaik diartikan sebagai dekorasi permukaan yang desainnya dibuat dari susunan antar komponen dan terdiri dari banyak warna.

Susunan itu dari potongan-potongan kecil berbagai bahan seperti batu, mineral, kaca, ubin, cangkang sampai dalam beberapa kasus, kayu.

Setiap potongan ditempatkan di satu permukaan yang sudah disiapkan secara khusus pakai perekat atau lem.

Baca Juga:

Potongan kecil mozaik disebut friksi anonim dari satu desain karena itu dalam mosaik jarang pakai potongan intarsia.

Intinya begini, mozaik adalah suatu teknik artistik yang menggunakan potongan-potongan kecil untuk membentuk gambar atau objek tertentu.

Bahannya bisa ubin kecil dari kaca, batu atau bahan lainnya dan bentuknya berupa persegi dan bukan bulat atau bentuk lain, segitiga misalnya.

Ubin yang bentuknya persegi lebih dikenal sebagai tesserae dan ubit bulat lebih dikenal sebagai gravel atau kerikil.

Secara umum, ada dua cara untuk buat mozaik. Pertama dengan menggunakan metode langsung dimana setiap ubin ditempatkan di permukaan.

Permukaannya bisa dinding, meja atau benda-benda lain yang digunakan sebagai tempat dimana mozaik akan ditaruh.

Kedua dengan menggunakan metode tidak langsung dimana ubin disusun dulu diatas kertas dengan detail yang lebih rumit.

Nantinya, kertas itu akan diangkat lalu dipindahkan di permukaan tempat ubin akan ditempatkan dan mozaik sudah selesai dibuat.

Perhatikan, di postingan ini saya menggunakan dua istilah mozaik secara bergantian untuk menggambarkan seni tempel dua dimensi ini.

Pertama, mozaik dan kedua mosaik. Mozaik adalah bentuk tidak baku dari Mosaik. Jadi keduanya punya arti atau definisi yang sama.

Ulasan lebih lengkap soal mozaik, atau yang bisa juga disebut mosaik, sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Untuk membacanya, langsung klik tautan ini.

2. Apa itu Kolase?

Perbedaan Mosaik, Kolase dan Montase

Yang kedua adalah Kolase. Tahu gak apa pengertian kolase? Mengapa ini sering diartikan sama dengan montase atau mozaik?

Sebenarnya, definisi kolase sudah saya bahas disini. Termasuk jenis, fungsi, contoh dan penerapannya.

Intinya begini, kolase adalah bentuk karya seni yang dibuat dengan cara menyusun berbagai potongan dari bahan berbeda untuk membentuk satu karya seni.

Kolase ini bisa dibuat dari kertas, kain atau dari karya seniman lain sehingga membentuk seni abstrak yang baru.

Yang punya cerita sendiri atau menceritakan suatu kisah yang sudah ada dengan sudut pandang atau latar belakang berbeda.

Dalam perkembangannya kemudian, kolase ini melahirkan berbagai teknik yang diambil dari cara seniman menyusun kolase.

Termasuk juga bahan apa yang digunakan, bagaimana proses perketannya, ditempatkan di mana dan jenis potongannya.

Hanya saja, mayoritas kolase dibuat dengan cara memotong objek yang berbeda dari suatu foto atau majalah untuk kemudian direkatkan secara bersamaan.

Bisa juga buat kolase abstrak dengan cara merobek atau memotong kertas yang ada untuk membentuk lanskap abstrak.

Intinya, asah kreativitas anda untuk buat kolase yang benar-benar unik. Kalau buat digital, bisa ikuti atau pakai template kolase yang banyak tersedia sekarang ini.

3. Apa itu Montase?

Perbedaan Mosaik, Kolase dan Montase

Selanjutnya ada Montase. Lantas, apa sih montase itu? Apa perbedaannya dengan kolase dan mozaik? Mengapa istilah ini kadang disebut kolase?

Sebenarnya, definisi kolase sudah saya bahas di postingan sebelumnya disini, sekaligus untuk menjawab secara singkat tiga pertanyaan dasar diatas.

Intinya begini, montase adalah rangkaian gambar terpisah, bergerak atau diam, yang diedit secara bersamaan untuk menciptakan urutan gambar yang kontinue.

Pada akhirnya, montase ini memungkinkan seseorang mengkomunikasikan sejumlah besar informasi kepada orang lain lewat gambar dalam waktu singkat.

Mayoritas montase diterapkan dalam film. Itulah yang jadi alasan mengapa istilah ini lebih erat kaitannya dengan dunia sinematografi.

Meski demikian, ia bisa juga diterapkan pada musik, narasi sulih suara, proses pengambilan video berulang dan lain sebagainya.

Perbedaan Mosaik, Kolase dan Montase

Setelah mengetahui pengertiannya tiga definisi diatas lantas apa sih yang membedakan seni Mosaik, Kolase dan Montase?

Pasti penasaran kan dimana letak perbedaannya? Jika iya, lihat tabel dibawah ini:

Dasar perbedaanMozaikKolaseMontase
DefinisiMozaik adalah seni dekorasi bidang berbahan keras berwarna yang ditempelkan di satu permukaan pakai perekatKolase adalah seni dekorasi artistik yang dibuat dari gabungan bahan berbeda seperti kain, kertas dan kayuKolase adalah kumpulan gambar yang diatur sedemikain rupa untuk membentuk gambar baru
Asal kataBerasal dari Bahasa Yunani, MousaBerasal dari bahasa Prancis, collérBerasal dari bahasa Prancis, Monter
BentukDua dimensi Dua dimensi Dua dimensi
Bahan atau materialMaterial sejenis seperti keramik, kaca, logam dan lain sebagainyaMaterial berbeda seperti kertas, koran, kain dan biji-bijianBeberapa potongan gambar yang dibuat jadi satu
TeksturKerasAgak kerasLunak
PersamaanMenggunakan teknik tempelMenggunakan teknik tempelMenggunakan teknik tempel

Meskipun tiga seni diatas bentuknya sama-sama dua dimensi begitu juga dengan teknik yang digunakan yakni tempel tapi ada perbedaan mencolok satu dengan yang lain.

Perbedaan paling terlihat ada pada bahan atau material yang digunakan. Kalau mozaik, mayoritas materialnya satu jenis.

Jika material pertamanya kaca, material lainnya pun demikian. Tentu saja berbeda dengan kolase, yang materialnya di campur-campur.

Jadi, bisa pakai kertas koran, kain, biji-bijian dan lain sebagainya yang ketika ditempelkan secara bersamaan akan membentuk gambar atau pola baru.

Montase juga demikian, yang mirip dengan mozaik. Hanya saja, bahan dasar seni mosaik itu keras dan ini berbeda dengan montase.

Material montase dari potongan kertas yang berisikan gambar yang ditempelkan secara bersamaan untuk membentuk gambar baru dan bahan dasarnya lunak.

Sampai disini sudah paham kan dimana perbedaan mosaik, kolase dan montase? Mudah-mudahan sudah.

Penutup

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana tiga istilah diatas merupakan seni tempel gambar dua dimensi dengan material yang berbeda-beda.

Hasil karya seni jenis ini ada yang keras, agak keras sampai lunak yang kembali ke bahan dasar pembuatannya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini silahkan sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang perbedaan Mosaik, Kolase dan Montase. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar