Pengertian & Perbedaan Komik, Kartun, Anime dan Manga

Beberapa dari anda mungkin sudah sering dengar empat istilah diatas. Tapi tahukah anda perbedaan Komik, Kartun, Anime dan Manga? Jika tidak, baca artikel ini sampai habis.

Semuanya adalah hasil karya seni unik yang dibuat dengan tujuan untuk mempresentasikan dunia lain dari realitas.

Realitas ini berasal dari gagasan, ide, kepercayaan atau spiritualitas termasuk budaya, politik, patriotisme dan aspek lainnya.

Makanya tak usah heran kalau banyak orang, entah itu muda-mudi dan orang tua, suka sama karya seni macam ini.

Bahkan jadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan apabila dimanfaatkan dengan baik.

Tapi ada satu hal penting yang sering bikin pening kepala yakni penggunaan atau penempatan istilahnya dalam kehidupan sehari-hari.

Alasan itulah yang memotivasi saya untuk buat artikel ini. Sebelum lanjut, baiknya saya bahas dulu definisi komik, kartun, anime dan manga.

Apa itu Komik?

Di KBBI, Komik adalah cerita bergambar yang ada di Majalah, Surat Kabar atau berbentuk Buku yang umumnya mudah di cerna dan lucu.

Istilah ini kemudian melahirkan beberapa kata turunan, seperti:

  • Komik anak-anak adalah komik yang menceritakan suatu kisah dan ditujukkan untuk anak-anak
  • Komik Dewasa adalah komik yang berdasarkan isi cerita ditujukan untuk orang dewasa
  • Komik Jepang adalah komik yang sumber cerita dan pembuatannya berasal dari Jepang a.k.a manga
  • Komik wayang adalah komik yang berisi cerita dan tokoh pewayangan klasik

Intinya, komik adalah media artistik yang didalamnya berisikan gambar disertai narasi [kata-kata] dan punya banyak bentuk.

Bisa berupa komik web [komik yang diposting di situs atau blog], poster, komik strip di Koran atau majalah, kartun politik dan lain sebagainya.

Ada beberapa contoh komik yang mungkin beberapa dari anda sudah pernah membacanya, seperti:

  • Si Juki, salah satu komik karya anak bangsa yang dibuat oleh Faza Ibnu Ubaidillah
  • Komik One Piece karya Eichiiro Oda
  • Death Note, yang lebih ke manga, karya Tsugumi Ohba
  • DC Universe, Justice League, Batman, Superman dan Wonder Woman karya DC Comics

Apa itu Kartun?

Kartun, di KBBI punya dua pengertian dasar, yakni:

  • Film yang menciptakan khayalan gerak sebagai hasil pemotretan rangkaian gambar yang memperlihatkan perubahan posisi
  • Gambar dengan penampilan yang lucu, berkaitan dengan keadaan yang sedang berlaku; terlebih yang berkaitan dengan politik

Kartun sendiri berasal dari bahasa Inggris, Cartoon, yang diserap dari bahasa Italia, Kartone yang berarti selembar kartu atau kertas besar.

Di Eropa, kata kartun ini menggambarkan seni visual sebagai animasi atau gambar tak bergerak yang lucu.

Dalam perspektif sejarah, dapat merujuk pada gambar persiapan untuk membuat lukisan cat minyak, fresco atau permadani.

Kartun dalam arti literal adalah karikatur yang dimaksudkan sebagai sindiran non-realistik atau semi realistis satu dimensi dan dua dimensi.

Di abad ke-19, kartun dimaknai sebagai ilustrasi lucu di majalah atau surat kabar yang berubah jadi komik dan film animasi awal abad ke-20 sampai sekarang.

Karena itulah, saat ini, anda sudah bisa nonton film kartun serius yang peruntukannya tidak untuk kalangan usia tertentu, anak-anak misalnya.

Ada beberapa contoh film kartun, yang mungkin pernah anda toton sekali, diantaranya:

  • Doraemon [ドラえもん] karya Fujito F. Fujio
  • Crayon Shin-chan [クレヨンしんちゃん] karya Yoshito Usui
  • SpongeBob SquarePants yang awalnya diciptakan oleh Stephen Hillenburg
  • Masha and The Bear [Mаша и Mедведь] karya tiga animator kenamaan Rusia yakni Andrei Dobrunov, Oleg Kuzovkov dan Dmitry Loveiko
  • Upin dan Ipin karya Les’ Copaque Production yang berbasis di Shah Alam, Selangor, Malaysia
  • Tom and Jerry yang ditulis, diproduksi dan disutradarai oleh dua animator terkenal Amerika yakni William Hanna dan Joseph Barbera
  • Adit & Sopo Jarwo karya tiga animator terkenal Indonesia yakni Eki N. F., Deddy Otara dan Zulfa Asliha
  • Shaun the Sheep karya Nick Park yang tayang di BBC One. Di Indonesia, serial ini tayang di MNCTV

Apa itu Anime?

Di KBBI, Anime adalah animasi atau kartun khas Jepang. Dari sini bisa disimpulkan kalau Serial Naruto dan One Punch Man masuk dalam kategori Anime.

Gaya dan bentuk anime sangat cermat dan dicirikan berdasarkan imajinasi pembuat yang dominan menggunakan warna cerah.

Ditambah unsur tematik fantasi dan fiksi yang dikombinasikan dengan sains menghasilkan tampilan dan nuansa yang unik.

Saat ini, anime sudah diproduksi secara massal dan diterjemahkan ke berbagai bahasa dengan tujuan untuk memberikan hiburan ke penggemarnya di seluruh dunia.

Anime sendiri berasal dari bahasa Jepang, Animeshiyon [アニメ? atau a.ni.me], yang diadopasi dari bahasa Inggris, animation.

Jadi, Jepang menyerap istilah ini dari Bahasa Inggris dan Bahasa Inggris memodifikasinya untuk menggambarkan pengertian animasi yang lebih spesifik lagi.

Versi animasi yang dimodifikasi ini jadi dasar banyak acara TV dan film populer, yang menggerakkan banyak orang untuk mengetahui lebih dalam tentang anime.

Selain Naruto dan One Pouch Man, juga ada beberapa contoh Anime yang mungkin sudah sering anda tonton, diantaranya:

  • Gintama [銀魂 atau jiwa perak] karya Hideaki Sorachi
  • Shigatsu wa Kimi no Uso [四月は君の嘘 atau kebohonganmu di bulan April] karya Naoshi Arakawa
  • Rurouni Kenshin Samurai X [るろうに剣心 -明治剣客浪漫譚; Hepburn: Rurōni Kenshin -Meiji Kenkaku Romantan] karya Nobuhiro Watsuki
  • Koi wa Ameagari no You ni [恋は雨上がりのように atau Cinta itu Ibarat Setelah Hujan] karya Jun Mayuzuki

Apa itu Manga?

Di KBBI, Manga adalah Komik khas Jepang. FYI, manga ini adalah bentuk lain dari komik dan novel grafis berbahasa Jepang.

Manga punya fitur wajah yang detail dan diperkuat dengan kombinasi warna hidup dan cerah. Dengan mata besar, rambut khas dan ciri menonjol lainnya.

Kata Manga sendiri dalam bahasa Jepang berasal dari penggalan kata Man- yang berarti tanpa tujuan dan –ga yang berarti gambar.

Dengan demikian, manga secara etimologis berarti gambar tanpa tujuan. Hanya saja, Manga tidak seperti komik superhero Amerika macam Marvel Comics atau DC Comics yang ditulis banyak orang dan punya editor.

Artinya, manga, sekalipun dibuat dengan detail dan lengkap, seringkali merupakan karya penulis dan animator tunggal.

Ada beberapa contoh manga yang mungkin sudah pernah anda baca dan beberapa diantaranya sudah sudah diadopsi jadi anime atau kartun, diantaranya:

  • Dragon Ball [ドラゴンボール atau Doragon Bōru] karya Akira Toriyama
  • Kochira Katsushika-ku Kameari Kōen-mae Hashutsujo [こちら葛飾区亀有公園前派出所 yang sering disingkat jadi Kochikame; こち亀] karya Osamu Akimoto
  • Detektif Conan [名探偵コナン] karya Gosho Aoyama

Perbedaan komik, kartun anime dan manga

Lantas, apa sih perbedaan manga dan komik? Perbedaan Kartun dan Anime? Perbedaan Manga dan Manhwa? Apa perbedaan anime dan kartun? baca penjelasannya dibawah.

  • Satu hal penting yang membedakan Komik umumnya dan Komik Jepang [manga atau Manhwa] ada pada cara bacanya. Komik Jepang dibaca terbalik, dari kanan ke kiri sementara komik lain dari kiri ke kanan
  • Banyak manga yang ga bisa diubah jadi serial anime. Namun banyak Manga berfungsi sebagai dasar pembuatan anime. Dengan kata lain, sebagian besar anime, enggak melulu sih, adalah bentuk animasi dari manga sehingga bisa ditonton di TV, Youtube atau ada film khususnya
  • Anime dan manga berorientasi pada karakter dimana karakter itu punya tujuan hidup yang memainkan peran tematik besar dengan cerita selalu fokus ke karakter tersebut
  • Kartun, adalah cerita visual yang juga bisa diadopsi dari komik atau dengan narasi khusus. Karena di Barat, komik dan novel banyak yang dianimasikan. Sementara, di Jepang dan Asia, Manga merupakan komik versi jepang yang bisa ubah jadi anime atau kartun
  • Anime dan kartun adalah bentuk seni yang khas dengan berbagai berbagai teknik produksi visual karena prosesnya menggabungkan seni grafis, sinematografi, penokohan dan teknik imajinatif lainnya. Kadang juga merupakan hasil karya tangan, yang mengisahkan realitas dunia fiksi dan menyediakan jalan ideal ke dunia fantasi
  • Manga menampilkan imajinasi pencipta yang iluminatif dan hidup. Konten tersebut biasanya mendorong pembaca untuk terlibat jauh ke dalam dunia artistik pembuat
  • Kartun merupakan bentuk seni, termasuk tapi tidak terbatas pada ilustrasi lucu, gambar politik, satir dan film animasi. Dari seni hingga hiburan, termasuk cemoohan politik, kartun memainkan peran penting di dunia termasuk dalam hal edukasi
  • Kartun desain barat memiliki fitur dan detail spesifik. Manga dan anime jepang punya sejarah yang kaya dan bakat imajinatif yang keren. Secara umum, mereka adalah bagian dari keluarga seni dengan teknik ilustrasi yang sama dan dikembangkan untuk menampilkan visualisasi imajinatif pencipta
  • Disisi lain, baik kartun, anime dan bisa dibuat dalam bentuk komik atau media visualisasi lain dalam bentuk cerita, buku atau cerita bersambung

Selain empat istilah diatas, ada juga istilah populer lain seperti Hanguk Aeni [한국 애니] dan Donghua [东华].

Hanguk Aeni adalah animasi dalam bahasa Korea sementara Donghua berasal dari China dengan arti yang sama.

Penutup

Anime, Kartun, Manga dan Komik sudah lama jadi media hiburan penting bagi anak-anak dan orang dewasa.

Bentuk seni ini punya audiens dan penikmat yang banyak. Karena itu, tak usah heran kalau istilah-istilah macam Wibu, Otaku, Nijicon dan Hikikomori lahir.

Jika punya tambahan, masukkan, kritikan atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel pengertian & perbedaan Anime, Komik, Kartun dan Manga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar