Perbedaan Iklan, Slogan, Tagline dan Poster, Sudah Tahu Belum?

Pernah dengar empat istilah diatas? Jika pernah, tahu gak pengertian termasuk perbedaan iklan, slogan, tagline dan poster?

Mungkin saja beberapa dari anda belum tahu kalau empat istilah diatas punya kaitan satu dengan yang lain.

Misalnya, iklan bisa disajikan atau disampaikan dalam bentuk poster yang isinya berupa gambar dan kata-kata.

Begitu juga dengan slogan dan tagline, yang bisa ditempatkan dalam poster dan bentuknya berupa iklan atau promosi.

Tapi semuanya punya fungsi dan peran masing-masing dalam branding dan advertising karena berfungsi untuk mensosialisasikan sesuatu.

Meski demikian, baik slogan, tagline, iklan dan poster tidak melulu mempromosikan suatu produk atau jasa tertentu.

Banyak kok lembaga pemerintahan atau organisasi non-profit yang punya iklan sendiri, termasuk slogan dan tagline. Posternya juga dibuat oleh mereka.

Jadi semuanya kembali ke tujuan pembuatan. Artinya, semuanya punya tujuan sendiri-sendiri entah itu untuk mempromosikan sesuatu atau sebagai informasi layanan masyarakat.

Tapi apa sih pengertian sebenarnya dari iklan? Termasuk slogan, tagline, dan poster? Apa perbedaannya empat istilah diatas?

Dalam artian, perbedaan iklan dan slogan, perbedaan iklan dan tagline, perbedaan iklan dan poster, perbedaan slogan, tagline dan poster?

Penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

1. Apa itu Iklan?

Perbedaan Iklan, Slogan, Tagline dan Poster

Sebenarnya, definisi iklan sudah saya ulas panjang lebar di postingan sebelumnya. Untuk membacanya bisa klik disini.

Termasuk jenis-jenis iklan, fungsi iklan, manfaat pembuatan iklan, karakteristiknya sampai gabungan kata dari iklan, iklan muhibah dan iklan baris misalnya.

Intinya begini, iklan adalah suatu bentuk informasi yang mempromosikan suatu produk, merk, brand atau layanan kepada orang lain.

Tujuannya untuk menarik minat orang lain dan mendorong keterlibatan [engagement] berupa pembelian atau penggunaan jasa yang dipromosikan.


Baca Juga:


Iklan ini bentuknya ada banyak sekali mulai dari iklan yang ditempelkan di tembok, iklan video dan lain sebagainya.

Dan iklan telah menjadi salah satu elemen yang mendorong roda ekonomi masyarakat termasuk saya sebagai pemilik blog.

Berkat iklan, saya bisa dapat penghasilan dari blog, sekalipun kecil, untuk digunakan sebagai ongkos perpanjang domain dan hosting blog ini.

Dari ciri ini dapat diketahui kalau iklan berbeda dengan bentuk promosi lainnya karena ada biaya yang harus dikeluarkan.

Artinya, agar iklan tersebut bisa tayang, pengiklan harus mengeluarkan sejumlah uang kepada publisher atau penyedia slot iklan.

2. Apa itu Slogan?

Perbedaan Iklan, Slogan, Tagline dan Poster

Seperti definisi iklan, yang mana, pengertian slogan ini juga sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Untuk membacanya, bisa klik link ini.

Intinya begini, slogan adalah kalimat pendek yang mudah di ingat dan secara langsung diasosiasikan ke produk atau layanan tertentu.

Slogan yang efektif bisa jadi komponen kunci dalam promosi terlebih jika dibarengi dengan logo dan nama yang kuat.

Di beberapa tempat, kadang tagline dan slogan ini dianggap sama. Padahal, ada perbedaan teknis antar keduanya.

Mengapa demikian? Karena slogan terkait dengan produk dengan audiens tertentu sementara tagline sifatnya permanen yang mencakup produk dan perusahaan secara langsung.

3. Apa itu Tagline?

Perbedaan Iklan, Slogan, Tagline dan Poster

Tagline ini masih punya kaitan sama slogan yang saya sebutkan diatas meski cakupannya lebih luas.

Lantas, apa sih tagline itu? Secara umum, tagline adalah frasa permanen yang mengkomunikasikan visi dan misi perusahaan termasuk produk dan layanan mereka.

Perhatikan, kadang kala tagline dianggap sama dengan slogan atau sebaliknya untuk berbagai alasan. Ini juga yang jadi salah satu alasan mengapa postingan ini dibuat.

Intinya begini, sebagai frasa pendek yang permanen, tagline ini bisa mempresentasikan visi, moto dan citra perusahaan yang berdampak pada produk dan layanannya.

Dan tentu saja berbeda dengan iklan atau poster karena biasanya saat seseorang menyebut satu tagline, secara tidak langsung akan tertuju pada merk tertentu.

Seperti slogan yang pada dasarnya bisa di ubah meski tidak boleh sering berubah untuk berbagai alasan.

Selain itu, untuk tujuan jangka panjang dan untuk mempertahankan citra, disarankan untuk tidak pakai lebih dari satu tagline dalam satu waktu.

Artinya apa? Artinya, tagline ini harus konstan dan permanen, yang sifatnya sama seperti logo atau nama bisnis anda.

Dengan demikian, saat satu perusahaan mengubah logo atau melakukan rebranding, biasanya dibarengi dengan perubahan tagline, slogan dan lain sebagainya.

Ulasan lebih lengkap soal tagline termasuk definisi, fungsi, tujuan dan manfaat sudah saya bahas disini.

4. Apa itu Poster?

Perbedaan Iklan, Slogan, Tagline dan Poster

Salah satu komponen penting yang juga harus dibahas di postingan ini adalah poster meski definisi poster sudah saya bahas panjang lebar disini.

Intinya begini, poster adalah plakat yang dipasang ditempat umum, yang isinya berupa pengumuman dan iklan.

Dalam beberapa kasus, isi poster mungkin hanya informasi atau teks berupa slogan atau tagline dari satu perusahaan atau organisasi tertentu.

Jadi, poster, tagline, slogan dan iklan saling terkait satu dengan yang lain. Karena poster bisa digunakan untuk mempromosikan sesuatu termasuk produk, jasa, tagline dan slogan.

Perbedaan Iklan, Slogan, Tagline dan Poster

Setelah mengulas definisinya satu per satu, tentu beberapa dari anda langsung bertanya: Lantas apa sih perbedaan iklan, slogan, tagline dan poster?

Perbedaan antara empat istilah diatas bisa di lihat pada tabel dibawah ini:

Dasar PerbedaanIklanSloganTaglinePoster
DefinisiIklan adalah bentuk promosi barang atau jasa termasuk didalamnya informasi layanan masyarakatSlogan adalah kalimat pendek yang mudah diingat masyarakat dan diasosiasikan dengan produk tertentuTagline adalah frasa permanen untuk promosi visi dan misi perusahaan termasuk produk-produknyaPoster adalah plakat promosi yang di pampang atau ditempatkan di tempat umum
EtimologiIklan berasal dari bahasa Arab, I’LAN yang berarti pengumumanSlogan berasal dari bahasa Gaelik, slogorn yang berarti moto atau frasa teriakan perangTagline merupakan gabungan dua kata tag dan line yang berarti baris terakhir dalam pidatoBerasal dari kata post yang berarti tagihan, plakat atau benda yang ditempel di dinding
BentukGambar, teks, video, audio dan animasiTeks persuasifTeks persuasifGambar dan kata-kata
UnsurMenampilkan segala hal tentang produk tapi lebih condong pada kelebihannyaMenggambarkan visi produk kepada audiens tertentu termasuk kelebihannyaVisualisasi merk atau branding perusahaan dan produk-produknyaPromosi produk atau layanan dalam bentuk gambar dan teks atau kombinasi keduanya
ContohIklan TV, Iklan Internet, Reklame dan lain sebagainyaGojek dengan tagline #PastiAdaJalanNike dengan tagline just do it.Poster layanan masyarakat, poster kesehatan dan lain sebagainya

Sampai disini sudah tahu kan apa perbedaannya? Mudah-mudahan sudah. Perbedaan paling kontras bisa dilihat dari definisinya termasuk etimologi, unsur-unsur dan contohnya.

Sementara, cara paling mudah untuk membedakan empat istilah diatas ada pada bentuk. Kalau iklan, bentuknya lebih variatif.

Mulai dari teks, gambar, video atau gambar bergerak, animasi sampai suara atau audio. Termasuk kombinasi antara elemen tersebut.

Sementara, slogan dan tagline bentuknya hanya teks yang frasanya tak berubah dalam jangka waktu lama sekalipun sudah digunakan dalam poster atau iklan.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apakah tagline sama dengan hastag?

Secara teknis, ada perbedaan keduanya meski prinsinya kurang lebih sama. Misalnya nih, hastag itu berupa frasa pendek yang ada di media sosial.

Dan ini berbeda dengan tagline, yang bisa digunakan di media sosial atau ditempat lain dan digunakan oleh perusahaan atau lembaga secara resmi.

2. Apakah tagline itu sama dengan slogan?

Seperti yang saya sebutkan diatas, yang mana, kadang kala dua istilah diatas sering diartikan sama, meski secara teknis berbeda.

Mengapa? Karena slogan adalah kalimat pendek yang mudah diingat yang memvisualisasikan citra positif produk.

Sebaliknya, tagline adalah frasa pendek yang memvisualisasikan visi dan moto perusahaan termasuk produk atau layanan mereka.

Penutup

Mengetahui perbedaan empat istilah diatas sangat penting bagi anda yang sedang buat materi iklan sendiri atau untuk tugas sekolah.

Dengan begitu, anda bisa tahu fungsi iklan ini untuk apa, termasuk juga fungsi tagline, slogan dan poster.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang perbedaan iklan, slogan, tagline dan poster. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar