Pengertian Totebag: Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contoh

Totebag umumnya dikenal sebagai tas yang bentuknya kotak dan tanpa resleting di bagian atas tempat memasukkan atau mengeluarkan barang.

Artinya, tas jenis ini berbeda dengan tas ransel atau tas bahu kebanyakan dengan ciri utama dari keberadaan tali pegangan di dua sisi kantong.

Tapi, apa sih pengertian totebag? Apa saja jenis-jenisnya? Apa saja manfaatnya? Apakah ada contohnya?

Jika penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Pengertian Totebag

Pengertian Totebag
Gambar via nymag.com

Totebag, yang kadang juga disebut tote bag, tas jinjing atau goodie bag, adalah tas berukuran sedang dengan dua pegangan paralel.

Di KBBI, tas jinjing diartikan sebagai tas yang terbuat dari plastik atau kertas karbon berbentuk kantong, bertali dan berukuran pendek.

Tas ini berfungsi untuk membawa barang yang rigan dengan menjinjing, dapat dibawa ke dalam kabin pesawat.

Dari sini bisa dipahami kalau tetebag atau tas jinjing ini terbuat dari kain dengan warna dan pola yang variatif.

Hanya saja, umumnya dibuat dari bahan yang ringan seperti kertas kanvas atau kapas. Bahkan, beberapa diantaranya, bisa dibuat dari kain tenun seperti Goni.

Baca Juga:

Meski demikian, tas jinjing juga bisa dibuat bahan-bahan lainnya yang lebih tahan lama seperti kulit.

Dan totebag adalah satu dari sedikit tas yang banyak digunakan karena kepraktisannya dengan gaya atau model yang terlihat begitu mudah dibawa dan digunakan.

Misalnya, untuk membawa barang belanjaan saat ke pasar atau supermarket. Ada juga yang digunakan sebagai hadiah atau oleh-oleh.

Jadi, bentuknya cukup sederhana dibanding tas jenis lain. Dimana, satu panel dijahit di kedua sisinya untuk membuat pegangan melingkar.

Struktur dasar ini bisa diperbesar atau diperkuat dengan penambahan panel dasar dan panel samping, dengan tambahan kantong interior atau eksterior.

Sejarah penggunaan Totebag

Pengertian Totebag
Gambar via shopee.co.id

Dalam sejarahnya, istilah tote mulai digunakan di Amerika Serikat. Hanya saja, padanan asli dari kata ini masih belum diketahui dengan jelas.

Tapi, dari beberapa literatur, disebutkan kalau istilah Tote berasal dari Afrika Barat, dari kata Tota, yang berarti untuk mengambil.

Kata tersebut diambil dari istilah Tuta dari bahasa Kikongo, yang berarti untuk Dibawa. Sementara, dalam bahasa Swahili disebut Tuta yang berarti membawa, lalu dibawa ke Amerika Serikat oleh Budak.

Bentuk awal totebag dapat dilacak pada 1676 saat istilah ini mulai digunakan sebagai kata kerja yang berarti membawa sebagian beban.

Tulisan pertama yang menggunakan istilah Totebag bisa dilihat dari tulisan Washington Irving (1783-1859), dalam karyanya yang berjudul The Legend of Sleepy Hollow.

Pada 1944, merk luar ruangan LL Bead memperkenalkan Ice Bag, serupa freezer portabel, yang dirancang agar anda bisa membawa es ke dalam mobil.

Tapi popularitas tas ternyata melampau kegunaan dan fungsinya. LL Bead menyadari hal ini, lalu kemudian mendandani tas dengan warna dan desain yang berbeda.

Lalu Bonnie Cashin, desainer asal Amerika, mengubah tas jinjing jadi lebih modis dengan cara merancang tas kulit bergaya dengan warna dan bahan yang berbeda.

Inilah yang kemudian melahirkan gaya tote atau tote style, yang pada waktu ini cukup trendi yang kemudian bertahans ampai hari ini.

Dan hari ini, tas yang juga bisa disebut tas jinjing atau tote bag termahal adalah Hermes Himalaya Birkin yang dijual dengan harga $500.000.

Meski bentuknya sudah sangat variatif sekarang ini, tote tatap disebut sebagai tas simpel yang cocok digunakan untuk membawa banyak barang.

Dengan gaya dan bentuk yang berbeda-beda. Misalnya, tas jinjing untuk belanja katun, yang sebenarnya adalah tas jinjing juga.

Ciri-Ciri Tote Bag

Pengertian Totebag
Gambar via shopee.co.id

Agar mudah dibedakan dengan jenis tas lain, maka tas jinjing atau tote bag ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Ukuran

Tas jinjing memiliki ukuran yang variatif tapi umumnya ukurannya cukup besar karena dibuat dengan tujuan agar bisa membawa semua yang dibutuhkan.

Misalnya, jika berangkat kerja, tote bag bisa dipakai untuk membawa buku, laptop, pakaian olahraga dan lain sebagainya.

Meski cenderung besar, tas jinjing cukup fleksibel. Inilah yang jadi alasan mengapa tote bag cukup populer.

2. Memiliki pengikat

Ciri kedua ada pada keberadaan tali, yang digunakan sebagai pengikat. Bentuk tali tersebut cukup panjang dan terbuka lebar.

Sehingga, dapat dengan mudah untuk digantung di bahu. Untuk pengait di kantong, bisa menggunakan magnet.

Umumnya, tote bag ini hanya mempunyai satu ruang interior yang cukup besar, sementara tas jinjing memiliki beberapa pengaturan dasar.

Bukaan atas yang lebar memungkinkan anda melihat dan mengakses isi tas dengan mudah dan efisien.

3. Struktur tas yang sederhana

Beberapa tote bag hanya memiliki kantong dan tali. Artinya, strukturnya cukup sederhana. Sementara, yang lainnya punya tambahan kantong di dalam dan di luar.

Sekalipun desainnya yang berbeda, tas jinjing punya struktur yang sama. Yakni ada kantong utama dan pengikat berupa tali.

4. Gaya

Sekalipun dibuat dengan bahan yang berbeda, yang dipengaruhi oleh ukuran kantong dan bahannya, semua fitur tersebut tidak akan mengurangi fungsinya.

Artinya, tas jinjing dapat disederhanakan penggunaannya dengan fungsi yang sama saja yakni untuk menyimpan barang agar mudah dicari karena fleksibilitasnya.

Jenis dan bahan Goodie Bag

Pengertian Totebag
Gambar via tokopedia.net

Untuk bahan, tote bag bisa dibuat dari katun, plastik atau nilon yang bisa dilipat dan disimpan dalam dengan cepat.

Ada juga yang terbuat dari kulit dengan struktur yang kaku dan bentuknya dapat dipertahankan dengan mudah.

Salah satu daya tarik dari tas jinjing adalah bukannya yang besar sehingga dapat memasukkan barang atau mengeluarkan barang dengan cepat.

Dengan demikian, tas jenis ini cukup fleksibel untuk digunakan saat beraktivitas seperti belanja, ke tempat gym, tas kerja, tas sekolah, laptop dan lain sebagainya.

Apabila dilihat dari bahan pembuatannya, goodie bag atau tote bag ini bisa dibedakan berdasarkan beberapa jenis, diantaranya:

1. Kanvas

Kanvas adalah kain yang cukup kasar tapi kuat, yang banyak digunakan sebagai kantong surat, lukisan, dan lain sebagainya.

Umumnya terbuat dari mori, yang merupakan kain katun putih yang telah ditenun dengan sistem sederhana.

Dengan demikian, kain tersebut telah melalui proses pemutihan sehingga warna finalnya terlihat agak keabu-abuan serupa gading.

Salah satu kelebihan dari bahan kanvas adalah kemampuannya untuk dilipat saat tidak lagi digunakan sehingga tidak memakan ruang saat disimpan.

2. Blacu

Blacu juga terbuat dari mori, yang merupakan salah satu bahan dalam pembuatan kain batik termasuk juga goodie bag.

Dari segi tekstur, blacu sedikit lebih kasar dan cenderung tipis dibanding kanvas diatas. Tapi, tetap fleksibel juga dan mudah dilipat.

Salah satu hal yang membuat blacu populer digunakan sebagai bahan pembuatan tote bag adalah harganya yang murah sehingga bisa dijual dengan cepat.

3. Spunbond

Spunbond, adalah salah satu bahan tote bag yang dibuat dari serat sintetis. Inilah yang jadi alasan mengapa totebag jenis ini kadang disebut juga tas kain sintetis.

Artinya, bahan utama dari tas tersebut berasal dari campuran bahan kimia dan pelarut yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

Salah satu kelemahan dari Goodie Bag ini pada daya tahannya yang rendah dibanding Blacu dan Kanvas diatas.

Meski demikian, kain spunbond cukup murah sehingga bisa mengganti kantong plastik sekali pakai.

4. Drill

Bahan terakhir dari proses pembuatan totebag adalah drill yang merujuk pada serat yang berasal dari campuran kain katun dan juga polyester.

Ciri utama dari tas jinjing dengan bahan drill adalah bahannya yang tidak mudah kusut saat digunakan, cukup kuat dan warnanya tahan lama.

Hanya saja, dari segi warna, harga goodie bag dengan bahan ini cukup mahal, bahkan lebih mahal dibanding bahan lainnya.

Manfaat Goodie Bag

Pengertian Totebag
Gambar via shopee.co.id

Goodie Bag atau Tote bag punya banyak manfaat namun tergantung pada situasi atau keadaan dimana tas jinjing ini digunakan, yakni:

1. Sebagai tempat menyimpan barang

Sama seperti tas jenis lain, ransel misalnya, yang umumnya digunakan untuk menyimpan barang begitu juga dengan totebag.

Karena desainnya yang sederhana dan fleksibilitasnya, maka tas jenis ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang paling digunakan.

Misalnya, jika berangkat ke kantor, maka bisa simpan bekal di dalam, termasuk juga tumblr jika diperlukan.

Atau mungkin, jika sedang berangkat ke sekolah dan kampus, bisa simpan laptop beserta perlengkapan tambahannya seperti charger.

2. Sebagai souvenir

Manfaat kedua yang juga umum digunakan adalah souvenir. Misalnya, jika pernah berkunjung ke tempat seminar, biasanya anda akan dapat hadiah berupa totebag.

Tapi, goodie bag yang digunakan sebagai souvenir umumnya berupa tas spunbond. Selain seminar, tas jenis ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk kegiatan lain.

Misalnya, pernikahan, acara ulang tahun dan lain sebagainya. Memberi hadiah jenis ini bisa membuat orang-orang mengingat acara tersebut.

3. Promosi produk

Banyak brand atau pemilik bisnis yang memproduksi totebag untuk dibagikan kepada pelanggan atau diberikan kepada peserta pada suatu acara, penyelenggaraan produk misalnya.

Biasanya, tote bag yang digunakan sebagai hadiah atau souvenir menyertakan nama brand, logo dan informasi acara dimana goodie bag itu dibagikan.

Dengan demikian, ini jadi salah satu alat promosi juga meski terbatas pada pengenalan merek atau brand awareness.

Yang pada akhirnya, bisa meningkatkan citra perusahaan kepada calon pelanggan dan memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen.

Siapa tahu, lewat hadiah-hadiah kecil semacam ini, reputasi perusahaan bisa meningkat dan pelanggan lama akan menjadi pelanggan tetap dan makin banyak pelanggan baru.

Penggunaan Totebag

Pengertian Totebag
Gambar via bpando.org

Tas tote atau tote bag bisa digunakan untuk berbagai aktivitas entah itu berbelanja ke pasar, jalan-jalan ke pantai, traveling, olahraga dan lain sebagainya.

Artinya, hampir semua aktivitas yang dilakukan baik resmi atau tidak resmi, boleh menggunakan totebag.

Kecuali jika ada larangan misalnya dari pihak pengelola agar tidak membawa tas ini karena sudah satu dan lain alasan, sudah disiapkan tas lain.

Salah satu alasan mengapa tas ini populer adalah keserbagunaannya. Dan bagi wanita, tas jenis ini cukup fleksibel karena itulah banyak digunakan oleh mereka dalam beraktivitas sehari-hari.

Tapi, secara umum, tote bag banyak digunakan untuk tiga aktivitas di bawah ini, yakni:

1. Saat berbelanja

Jika menggunakan goodie bag saat berbelanja, maka bisa mengurangi kebutuhan atas penggunaan kertas plastik dan bisa melindungi produk yang dibeli.

Artinya, kemungkinan telur pecah akibat kantong yang rusak semakin kecil. Plus, tas jenis ini lebih ramah lingkungan karena bisa digunakan berkali-kali.

2. Saat bepergian ke tempat wisata

Jika pakai tas jenis ini saat berwisata misalnya ke pantai, anda bisa gunakan tote bag untuk menyimpan berbagai perlengkapan yang diperlukan lebih banyak.

Mulai dari handuk, pakaian ganti, sendal jepit sampai makanan. Selain itu, tas ini tidak transparan sehingga orang-orang tidak mengetahui apa yang anda bawah.

Selain itu, warna, desain dan cetakannya bisa membuat tas anda terlihat menarik dibanding tas jenis lain.

Selain ke tempat wisata, anda juga bisa pakai tas serupa saat camping sehingga bisa simpan makan dan minuman.

3. Saat ke kantor, kampus dan sekolah

Salah satu alasan mengapa menggunakan tote bag untuk aktivitas formal seperti saat ke kantor, kampus dan sekolah adalah kepraktisannya itu.

Misalnya, jika ke kampus, anda bisa simpan buku, laptop dan peralatan lain yang diperlukan. Hal yang sama juga berlaku saat anda ke kantor atau sekolah.

Menariknya lagi, anda hanya perlu satu tas untuk menyimpan perlengkapan tersebut termasuk juga dompet, botol air minum dan seterusnya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa perbedaan Totebag, Tas Jinjing, dan Goodie Bag?

Secara umum, tidak ada perbedaan signifikan antara totebag, tas jinjing dan goodie bag karena semuanya merujuk pada tas yang memiliki tali.

Meski secara teknis ada perbedaan antara istilah di atas yang mana, tote bag merujuk pada goodie bag sementara tas jinjing merujuk pada nama tas paling umum.

Termasuk didalamnya Goodie Bag dan Totebag. Sementara, Goodie bag merujuk pada tas dengan bahan tipis. Agar jelas, simak perbedaan antar ketiganya di postingan ini.

2. Apa perbedaan Totebag kanvas, goodie bag blacu dan kain spunbond?

Perbedaan utama antara semua jenis tas diatas ada pada bahannya pembuatannya, seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini:

Jenis tote bagBahan UtamaWarna
KanvasMori Putih gading
BlacuMoriVariatif
SpunbondSerat dari campuran bahan kimia dan pelarut Variatif
DrillKatun dan PolyesterVariatif

3. Apa perbedaan tas tote, tas bahu dan tas ransel?

Perbedaan utama ada pada fleksibilitasnya yang mana, tas jinjing bisa dibawa dengan tangan atau dijinjing.

Meski demikian, tas bahu dirancang agar agar bisa membawa barang yang banyak alias yang cukup berat.

Berbeda dengan tas tote atau totebag yang dirancang untuk membawa barang dalam jumlah sedikit karena bahannya yang cenderung lebih tipis.

Sementara, untuk tas ransel pun sama dengan tas bahu namun dirancang khusus untuk disandang di bahu.

Tas jenis ini punya tali atau pengikat yang aman sehingga membuat barang-barang bawaan anda lebih aman.

Penutup

Tidak ada salahnya jika anda menggunakan tote bag saat beraktivitas karena tas jenis ini sangat fleksibel untuk dibawa kemana-mana.

Hanya saja, jika bawa barang yang cukup berharga seperti laptop, pastikan bahan totebag itu cukup kuat untuk menampung beban yang dibawa.

Mengapa demikian? Karena rata-rata tas tote ini terbuat dari bahan tipis, bahkan beberapa diantaranya cukup mudah rusak dan robek.

Demikian artikel tentang pengertian totebag termasuk jenis, fungsi, manfaat dan contoh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar