Pengertian Tas: Sejarah Singkat, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contoh

Ada yang menyebutnya tas, wadah, kantong dan lain sebagianya. Apapun penyebutannya, semua merujuk pada alat atau tempat untuk menyimpan barang.

Hanya saja, agar bisa disebut tas, wadah tersebut harus fleksibel yang bagian atasnya bisa ditutup untuk menampung, menyimpan atau membawa sesuatu.

Sesuatu itu seperti apa? Tergantung tas jenis apa yang digunakan. Misalnya, jika pakai Daypack, maka anda bisa bawa dokumen, laptop dan lain sebagainya.

Atau mungkin, jika pakai tas Carrier, maka anda bisa simpan berbagai perlengkapan camping atau hiking seperti matras, tenda, peralatan makan dan lain sebagainya.

Tapi, apa sih pengertian tas yang sebenarnya? Apa fungsinya? Apa manfaatnya? Bagaimana bentuk tas? Dan pertanyaan lain serupa.

Jika penasaran jawaban dari berbagai pertanyaan diatas, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Pengertian Tas

Pengertian Tas
Gambar via wired.com

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tas punya empat kategori pengertian, diantaranya:

  • Kemasan atau wadah berbentuk persegi dan sebagainya, biasanya bertali, dipakai untuk menaruh, menyimpan dan membawa sesuatu
  • Tiruan bunyi letusan seperti senapan dan sebagainya, yang kadang juga disebut detas atau das dan juga bisa diartikan sebagai bunyi yang lembut sekali
  • Segera atau lantas
  • Pohon yang menurut kepercayaan orang sebagai penangkal harimau dan buahnya bisa dimakan dengan nama latin Kurrimia Paniculata

Lantas, pengertian mana yang sesuai dengan topik artikel ini? Tentu saja pengertian yang pertama. Dan jika menggunakan definisi tersebut, maka tas bisa dipahami sebagai wadah.

Wadah, dalam konteks ini, bisa diartikan sebagai tempat untuk menaruh atau menyimpan sesuatu entah itu pakaian, makanan, alat menulis, dan seterusnya.

Wadah atau tas ini terbuat dari bahan tipis seperti kertas, plastik atau kain, yang bagian atasnya terbuka dan digunakan untuk menyimpan barang.

Umumnya, tas hanya dipakai untuk menyimpan atau membawa barang-barang pribadi seperti pakaian saat akan bepergian ke suatu tempat.

Baca Juga:

Dan saat ini, bagian atas tas ada yang memiliki penutup seperti kenop, kancing atau mungkin resleting untuk melindungi barang yang ada didalamnya.

Dalam bahasa Inggris, tas berarti bag. Dan bag, secara etimologis, berasal dari bahasa Norse Tua, baggi yang berarti paket atau bundel dari kata bagge yang berarti karung kecil.

Intinya, tas adalah wadah, baik terbuka atau tertutup, yang digunakan sebagai tempat menyimpan barang saat bepergian ke suatu tempat.

Bahan pembuatan tas cukup beragam, begitu juga dengan model, kegunaan, peruntukan sampai harga yang dibandrol.

Tentu saja, semakin mahal tas tersebut, semakin berkualitas bahan dasarnya. Karena itu, tas, hari ini, ditawarkan dengan harga yang beragam.

Dan setiap tas tidak dirancang untuk membawa atau menyimpan beban yang sama. Misalnya, totebag yang hanya boleh dipakai untuk menyimpan barang ringan seperti pakaian.

Mengapa demikian? Karena tas tersebut terbuat dari bahan yang mudah robek atau rusak. Dan ini berbeda dengan tas ransel atau backpack, yang bisa terbuat dari kain atau bahan lainnya.

Artinya, ransel bisa dipakai untuk menyimpan berbagai bahan yang berat dan berharga seperti laptop, ponsel dan seterusnya.

Sejarah penggunaan Tas

Pengertian Tas
Gambar via npr.org

Penggunaan tas bisa dilacak sejak 2200-2500 SM di Jerman, yang dianggap sebagai tas modern pertama yang fleksibel untuk digunakan dan dibawa kemana-mana.

Pada waktu itu, tas terbuat dari material keras seperti kulit binatang atau kulit kayu yang telah dibuat sedemikian rupa.

Bentuknya pun sangat sederhana dimana hanya terdapat satu ruang pada tas dengan satu tali untuk sebagai pengait.

Utamanya, tas tersebut digunakan sebagai tempat untuk menyimpan makanan yang ditemukan di hutan, menyimpan hasil buruan sampai benih untuk bercocok tanam.

Di beberapa kebudayaan, tersebut juga dipakai untuk membawa perlengkapan lain seperti batu atau kayu untuk dipindahkan sesuai keinginan.

Pada era Dinasti Tang di Tiongkok, tas juga sudah ditemukan. Hanya saja, tas tersebut terbuat dari Kertas.

Umumnya, tas di Tiongkok digunakan oleh tabib untuk membawa barang-barang untuk pengobatan seperti obat, teh dan benda ringan lainnya.

Agar lebih jelas, berikut disajikan kronologi perkembangan tas dari waktu ke waktu, diantaranya:

1. Zaman Kuno-Abad Pertengahan

Pada periode ini, penggunaan tas sudah muncul dalam Mitologi Yunani Kuno salah satunya dari cerita tentang Perseus dan Gordon, yang muncul dalam literatur abad ke-14.

Hanya saja, dipercayai bahwa tas sudah ada jauh sebelum literatur itu muncul. Misalnya, dalam lukisan-lukisan dinding di Mesir Kuno.

Pada waktu itu, tas digunakan untuk satu tujuan praktis saja yakni untuk membawa barang-barang berat atau kebutuhan rumah tangga lainnya.

Tas pertama dipercayai terbuat dari kulit atau bulu yang dililitkan di ikat pinggang. Mengingat, pada waktu itu, pakaian belum memiliki saku.

2. Perkembangan tas di Eropa abad 16-17

Selama masa renaissance, ada tren dikalangan wanita untuk memiliki dan membawa tas dengan tali khusus yang melekat pada korset.

Pada abad ke-17, bentuk tas jauh lebih kompleks, bahkan dianggap sebagai representasi dari karya seni fisik yang nyata.

Di era tersebut, tas terbuat dari sutra berbentuk mawar atau peti mati, yang sudah dibordir dengan pola tertentu atau berbentuk batu mulia.

3. Era Sesudahnya

Tas mengalami revolusi yang signifikan setelah masa renaissance. Dan sejak dulu, Prancis dianggap sebagai tempat dimana dunia fashion, termasuk itu tas, lahir.

Pada akhir abad ke-18 setelah revolusi Perancis meletus, citra dan mode wanita berubah secara drastis. Selama periode ini, tas muncul dalam bentuknya yang modern.

Dimana, cukup fleksibel untuk di bawa kemana-mana, memiliki pengait sehingga bisa ditempatkan di bahu atau dijinjing dan sebagainya.

Tas kecil juga muncul di era ini yang bisa dibawa dengan tangan. Di prancis, tas tersebut disebut Reticules dari istilah réticule.

Jenis-Jenis Tas

Perbedaan Tas Ransel, Backpack, Rucksack, Daypack dan Carrier
Gambar via hearstapps.com

Sebenarnya, tas ada banyak jenisnya namun bisa dikategorikan berdasarkan bentuk dan penggunaan, diantaranya:

a. Jenis tas berdasarkan bentuk

Jika dilihat berdasarkan bentuknya, tas terbagi dalam beberapa kategori, seperti:

  • Tas ransel adalah tas besar yang dipakai untuk membawa peralatan mendaki gunung atau aktivitas lain seperti bepergian ke suatu tempat yang jauh. Ciri utama dari tas ini adalah penggunaannya yang digendong di punggung. Selain untuk aktivitas mendaki, tas ransel dalam ukuran yang lebih kecil bisa dipakai untuk sekolah, ke kampus atau kerja
  • Tas koper yang bentuknya cukup besar dan umumnya hanya digunakan untuk bepergian yang umumnya terbuat dari kulit serta digunakan untuk menyimpan pakaian dalam jumlah yang banyak
  • Tas kecantikan, yang merujuk pada tempat menyimpan berbagai peralatan kecantikan untuk wanita sehingga mudah dibawa kemana-mana yang kadang juga disebut tas rias
  • Tas selempang, yang merujuk pada tas berukuran kecil dan biasanya digunakan untuk menyimpan barang dalam jumlah terbatas. Desain tas ini cukup simpel dan sederhana sehingga bisa dibawa kemana-mana.

b. Berdasarkan penggunaan

Sementara, apabila dilihat berdasarkan penggunaannya, tas bisa dibedakan dalam beberapa jenis, seperti:

  • Tas bahu, yang kadang juga disebut tas ransel, adalah tas dengan tali untuk digantungkan di bahu dan memiliki penutup atau ritsleting
  • Tas bekal adalah tas yang secara khusus digunakan untuk membawa bekal makanan, biasanya dilengkapi dengan insulasi guna menjaga suhu makanan
  • Tas belanja adalah jenis tas berupa kantong besar dengan pegangan yang digunakan untuk menyimpan dan membawa barang-barang belanjaan
  • Tas buket adalah tas berdasar bundar atau oval dengan tali tarik sebagai penutup sehingga serupa terlihat seperti ember. Bagian atas tas ini biasanya terbuka atau memiliki kait magnet, bentuknya pun bisa berupa tas selempang, tas bahu sampai dengan tas punggung
  • Tas dafel adalah tas berukuran besar dengan bentuk silinder yang terbuat dari kain dengan tali tarik sebagai penutup, biasanya digunakan oleh orang yang bepergian ke luar ruangan atau oleh personel militer
  • Tas gendong adalah jenis tas praktis atau sederhana tapi cukup kokoh, dengan ukuran yang agak besar tapi tidak memiliki pemisah atau kantong yang pakai tali bahu
  • Tas hobo adalah tas bahu ukuran sedang hingga besar yang berbentuk sabit atau lengkung, berpostur lunak atau lemas
  • Tas jinjing, yang kadang juga disebut tas tote atau tas goodie, merupakan tas berbahan plastik atau kertas karbon berbentuk persegi dengan kantong terbuka dan memiliki tali dan umumnya digunakan untuk menyimpan atau membawa barang ringan dengan cara dijinjing
  • Tas kepit adalah tas tanpa tali atau pegangan, biasanya dipeit di bawah ketiak atau dipegang di tangan
  • Tas kerja, atau yang juga disebut tas kantor, adalah tas yang digunakan untuk membawa barang-barang kantor seperti dokumen, berkas serta buku-buku
  • Tas kosmetik adalah tas berkantong banyak yang dirancang khusus untuk menyimpan benda-benda kosmetik atau perhiasan
  • Tas kotak adalah tas berbentuk kotak yang berukuran kecil atau sedang, berdinding kertas tapi cenderung kaku
  • Tas kurir atau yang kadang juga disebut tas tukang pos, adalah tas berbentuk persegi panjang berkapasitas cukup besar dengan satu tali panjang, biasanya terbuat dari bahan kanvas atau kain yang serupa, biasanya digunakan untuk menyimpan laptop
  • Tas pakaian adalah jenis tas yang dirancang khusus untuk menyimpan pakaian, dengan sisinya yang lembut untuk melindungi pakaian yang tergantung pada gantungan baju
  • Tas pria merujuk pada jenis tas berukuran kecil yang cukup sederhana dan berbentuk persegi dengan gagang atau tali di bahu
  • Tas serbaguna adalah jenis tas silinder, biasanya dengan resleting sepanjang keseluruhan tas, memiliki dua pegangan simetris dan tali bahu
  • tas tali tarik adalah jenis tas silinder dari bahan yang lembut dengan satu tempat yang penutupnya berupa tali tarik
  • Tas tangan, yang mirip-mirip dengan tas jinjing diatas, adalah tas yang biasanya terbuat dari kulit atau kain, dipegang pada tangan atau digantung pada bahu, digunakan oleh wanita untuk menaruh uang dan perlengkapan pribadi, seperti bedak, parfum, lipstik sampai sisir

Kegunaan dan Manfaat Tas

Perbedaan Tas Ransel, Backpack, Rucksack, Daypack dan Carrier
Gambar via hearstapps.com

Menggunakan tas ada banyak manfaat yang didapatkan. Namun, secara umum, kegunaan dan manfaat tas hanya ada dua yakni:

1. Sebagai tempat membawa barang

Fungsi dan kegunaan tas yang pertama adalah untuk membawa barang-barang kebutuhan saat bepergian ke suatu tempat.

Misalnya, saat anda mau pergi ke sekolah, tas tersebut bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan seperti pensil, pulpen, buku, tumblr dan lain sebagainya.

Umumnya, saat pergi ke sekolah, anda bisa gunakan tas ransel, atau tas bahu yang juga kadang disebut tas punggung.

Tentu saja berbeda saat anda beraktivitas lain seperti pergi ke pasar tentu anda butuh goodie bag atau tas tote untuk menyimpan dan membawa belanjaan.

2. Untuk melindungi barang bawaan

Selain agar bisa membawa barang-barang kebutuhan, tas juga bisa melindungi barang-barang tersebut dari kerusakan, pencurian atau dari sinar matahari.

Misalnya, jika pergi ke pasar, tas goodie yang digunakan bisa menyimpan banyak barang sekaligus sehingga bisa dipindahkan dengan mudah.

Karena itu, selalu pilih tas yang sesuai saat melakukan suatu aktivitas. Artinya, jika pergi ke kampus dan anda harus membawa laptop, disarankan untuk pakai tas laptop.

Fungsi Tas

Perbedaan Tas Ransel, Backpack, Rucksack, Daypack dan Carrier
Gambar via exsport.co.id

Tas yang anda lihat sekarang memiliki dua fungsi yang mungkin saja tidak anda ketahui, seperti:

1. Dapat memperindah penampilan

Sadar atau tidak, dengan membawa tas yang sesuai dengan aktivitas yang dilakukan, akan memperindah penampilan anda secara langsung.

Misalnya, saat anda pergi ke undangan, bisa pakai tas tangan untuk menyimpan berbagai perlengkapan yang diperlukan, termasuk amplop untuk jabat tangan.

Inilah yang jadi alasan mengapa tas selalu dan akan selalu menjadi bagian dari komoditas penting dalam dunia fashion. Apalagi mereka yang selalu memperhatikan penampilan.

2. Bagian dari investasi dan peluang bisnis

Fungsi berikutnya yang tak kalah penting adalah investasi. Artinya, tas bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Mengapa demikian? Karena alasan komoditas tadi. Artinya, anda bisa membuka usaha untuk menjual tas berbagai merk.

Atau mungkin, menjual tas buatan sendiri dengan bahan yang berbeda-beda entah itu kulit, kain, kanvas dan lain sebagainya.

Penutup

Rasanya tak lengkap jika tak menggunakan tas saat bepergian ke suatu tempat. Misalnya, saat ke pantai, traveling ke luar kota, ke sekolah atau ke kampus.

Artinya, tas telah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Inilah yang jadi alasan mengapa kantong fleksibel satu ini banyak dirancang agar bisa menunjang berbagai aktivitas berbeda.

Misalnya, jika pergi ke pasar, maka anda bisa pakai goodie bag atau totebag. Sementara, jika pergi ke kantor, boleh pakai tas ransel berukuran kecil.

Demikian artikel tentang pengertian tas termasuk sejarah, fungsi, manfaat dan contoh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

2 pemikiran pada “Pengertian Tas: Sejarah Singkat, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contoh”

Tinggalkan komentar