Pengertian Preset: Jenis, Fungsi, Manfat dan Contoh

Video preset, yang kadang juga disebut klip preset sering disebut sebagai footage. Padahal, keduanya punya perbedaan teknis.

Dimana perbedaannya? Ada pada dimana dan bagaimana video itu digunakan. Misalnya, footage yang merupakan rekaman mentah, dengan tujuan untuk dimasukkan ke dalam satu video.

Dalam beberapa kasus, footage diartikan sebagai klip pendek dari satu video, yang sudah dipotong untuk mempersingkat durasinya.

Disisi lain, preset mengacu pada video yang bisa disesuaikan oleh seseorang dengan mempertahankan bentuk video aslinya.

Umumnya, preset ini tersedia di beberapa aplikasi pengeditan, yang tanpa melalui proses editing yang panjang dan memakan waktu.

Tapi, apa sih pengertian preset yang sebenarnya? Apa saja jenis-jenis preset? Apa fungsi dan manfaatnya? Apakah ada contoh preset?

Jika penasaran jawaban dari berbagai pertanyaan dasar diatas, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Pengertian Preset

Pengertian Preset
Gambar via creativebloq.com

Preset, yang kadang juga disebut klip preset atau preset foto adalah suntingan atau penyesuaian dari suatu proses editing yang disimpan ke dalam satu aplikasi pengeditan video.

Misalnya, saat edit fi Lightroom atau Capture One, maka anda bisa gunakan berbagai preset yang ada dengan mengganti konten utama di dalamnya.

Artinya, dengan menggunakan preset tersebut, anda membuat ulang tampilan video sekali klik tapi nuansa seperti warna dan gayanya tetap sama dengan contoh.

Istilah preset sendiri sering disebut sebagai prasetel video, yang umumnya ditemui di dalam aplikasi editing foto pascaproduksi.

Baca Juga:

Dan keberadaan preset ini adalah untuk menyederhanakan proses pasca produksi dimaksud, yang tentu saja akan buang-buang waktu jika harus buat ulang secara manual.

Secara teknis, preset adalah sekelompok pengaturan untuk editing foto atau video yang dirancang untuk mengubah tampilan digitalnya menjadi produk jadi dengan sekali klik.

Manfaat preset ini ada banyak. Salah satunya sudah disinggung di atas yakni mempermudah alur kerja editing foto dan video secara langsung.

Secara teknis, prasetel atau preset adalah sejumlah konfigurasi pengaturan yang dirancang untuk menunjukkan tampilan atau gaya tertentu dari foto atau video.

Jenis-jenis preset

Jenis preset bisa dibedakan dalam dua hal yakni berdasarkan format file dan kedua berdasarkan bentuknya, diantaranya:

A. Jenis preset berdasarkan format filenya

Dalam konteks format file, preset bisa dibedakan dalam dua jenis, diantaranya:

  • Preset foto adalah preset yang khusus digunakan untuk foto, yang didalamnya mengacu pada pengaturan saturasi, warna, kontras dan lain sebagainya
  • Preset video adalah preset yang khusus digunakan untuk video, yang bisa di buat sendiri atau menggunakan preset yang disiapkan oleh aplikasi editing video tertentu

B. Jenis Preset berdasarkan bentuknya

Sementara, apabila dilihat dari bentuknya, preset bisa dibedakan dalam dua hal, diantaranya:

  • Preset berdasarkan keterlibatannya. Di banyak aplikasi editing foto atau video, setiap preset dibuat unik sehingga dapat dengan mudah dibedakan dengan format yang lain lain. Dengan demikian, dalam konteks ini, maka jenis preset mengacu pada kombinasi warna, eksposur, kontras, saturasi, highlight dan pratinjau yang berbeda satu sama lain. Pada akhirnya, semua preset tersebut menghasilkan style atau gaya dan kualitas yang berbeda satu sama lain.
  • Preset berdasarkan apa yang ditampilkan. Karena setiap preset berbeda satu dengan yang lain, maka apa yang ditampilkan di dalam video tersebut jadi sangat berbeda. Contoh sederhana soal preset jenis ini bisa lihat konten tiktok jedag-jedug, yang dalam konteks musik merujuk pada musik full-bass.

Konten jenis itu punya satu kesamaan dimana menampilkan preset foto dengan efek seperti warna, eksposur dan saturasi tertentu.

Jadi, preset jenis ini bisa disebut genre atau aliran preset. Jika mengulas hal tersebut, maka jenisnya ada banyak sekali sesuai isi videonya.

Mulai dari preset pernikahan, landscape, footage pendek yang telah di edit, meme video compilation dan lain sebagainya.

Kategori Preset

Setiap preset tentu dirancang berbeda satu dengan yang lain agar memiliki ciri khas dan memberikan keluasan kepada pengguna untuk memilih mana yang terbaik.

Template-template ini ada yang digunakan secara gratis atau berbayar. Misalnya, tampilan vintage, arsip dan seterusnya. Dan secara umum, preset dapat dikategorikan dalam dua jenis, yakni:

1. Gaya preset

Gaya preset merujuk pada gaya pra setel, yang cenderung subjektif dan sesuai selera dari kreator itu sendiri.

Ada banyak preset yang tersedia sekarang ini. Misalnya, anda bisa ambil preset murung, film atau efek-efek lain yang diinginkan.

2. Kualitas preset

Kategori berikutnya adalah kualitas. Inilah yang paling banyak dilihat oleh kreator sebelum memilih satu atau lebih preset.

Hanya saja, menggunakan preset yang berkualitas tinggi, anggap saja 4K atau HD, tentu ukurannya akan bertambah.

Intinya, kualitas preset dapat diukur dengan seberapa baik preset tersebut kompatibel dengan gambar yang digunakan.

3. Kompatibilitas

Ada preset yang dirancang untuk digunakan sebagai video tiktok, Youtube, Twitter dan lain sebagainya.

Dan tentu saja, tiap platform punya standar dimensi untuk video yang diposting, termasuk juga bitratenya.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan Preset

Pengertian Preset
Gambar via fixthephoto.com

Sebagai video pendek, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan menggunakan preset, diantaranya:

1. Kelebihan menggunakan preset

Secara umum, dua kelebihan jika menggunakan preset yang sudah ada di aplikasi pengeditan, diantaranya:

  • Waktu editing yang berkurang drastis karena menggunakan template yang sudah ada dan siap pakai. Artinya, dengan preset ini, anda bisa mengedit gambar atau video banyak dalam waktu singkat. Dan inilah yang jadi alasan utama mengapa banyak orang pakai preset
  • Kedua, dengan menggunakan preset yang sudah ada, maka pekerjaan anda akan lebih konsisten dan menunjukkan profesionalisme anda dalam bekerja. Apalagi, misalnya, anda menggunakan kemampuan editing tersebut untuk menghasilkan uang. Tentu, sebelum itu, anda harus kirimkan gambar contoh atau portofolio.

Dan salah satu alasan klien menggunakan jasa anda adalah gambar contoh tersebut. Artinya, mereka ingin agar gambarnya terlihat persis dengan yang ditunjukkan.

Dengan demikian, jika anda sudah punya preset tersebut, maka tinggal manfaatkan hal tersebut. Pada akhirnya, poin ini akan menunjukkan konsistensi dari pekerjaan yang dilakukan.

2. Kekurangan menggunakan preset

Kekurangan utama menggunakan preset ada pada keunikannya. Misalnya, jika pakai preset yang ada di Adobe Premiere, maka preset itu tentu disiapkan untuk digunakan oleh publik.

Artinya, setiap orang yang punya aplikasi tersebut bisa gunakan preset yang sama. Dan tentu saja, nilai orisinalitas dan keunikannya berkurang.

Hanya saja, ini bisa diminimalisir dengan mengubah warna, isi video, dan pengaturan standar lain, saturasi misalnya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal di ulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara menggunakan preset?

Tergantung di aplikasi mana preset itu ada. Misalnya, jika anda mau pakai preset di aplikasi Alight Motion, maka ada dua cara.

Pertama dengan menggunakan link preset yang sudah ada dan kedua adalah dengan mengimpor preset dari file eksternal.

Kasus yang sama juga berlaku saat anda menggunakan preset di aplikasi sejenis seperti CapCut, Adobe Lightroom sampai di media sosial seperti TikTok atau Instagram.

2. Apa itu preset lightroom atau preset alight motion?

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana preset adalah suntingan atau penyusaian untuk pratinjau foto atau video yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan.

Di beberapa aplikasi pengeditan, preset tersebut tersedia gratis atau berbayar. Dan setiap aplikasi pengeditan punya preset sendiri-sendiri yang dikembangkan oleh tim internal.

Dengan demikian, jika bericara soal preset lightroom maka berbicara tentang kombinasi suntingan foto yang bisa dipakai kembali.

Kasus yang sama juga berlaku untuk preset di aplikasi lain entah itu Alight motion, Adobe Photoshop, Instagram, dan lain sebagainya.

Penutup

Ada banyak alasan mengapa seseorang menggunakan preset. Misalnya, karena tidak terlalu ahli editing video.

Atau mungkin, karena klien mintanya demikian. Tapi, tetap mempertahankan keunikan dari preset tersebut, agar menarik.

Demikian artikel tentang pengertian preset termasuk jenis, fungsi, manfaat dan contoh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar