MONTASE Adalah: Pengertian, Jenis, Teknik dan Fungsi

Sederhananya, montase adalah karya seni rupa dengan cara menggabungkan beberapa foto sekaligus dalam satu bingkai atau permukaan datar.

Jadi, definisi montase ini lebih khusus karena merupakan bagian dari kolase. Mengapa demikian? Karena istilah lebih erat kaitannya dengan foto.

Tapi, apa sih pengertian montase yang sebenarnya? Apakah pengertiannya sama dengan fotomontase?

Jika sama, apa yang membedakan montase dengan kolase atau mozaik? Mengapa istilah ini sering digunakan secara bergantian dengan kolase?

Penasaran jawaban dari berbagai pertanyaan dasar diatas? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Montase adalah

Dalam Kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], Montase punya lima pengertian dasar, yakni:

  • Komposisi gambar yang dihasilkan dari pencampuran unsur beberapa sumber
  • Karya sastra, musik, atau seni yang terjadi dari bermacam-macam unsur
  • Gambar berurutan yang dihasilkan dalam film untuk melukiskan gagasan yang saling terkait
  • Pemilihan dan pengaturan pandangan untuk pembuatan film
  • Sekumpulan gambar yang dipilih, di atur dan dikaitkan semikian rupa dari beragam unsur untuk menghasilkan bentuk dengan gagasan yang baru

Lantas, pengertian mana yang digunakan? Tergantung dimana ilmu montase ini diterapkan apakah pada foto, gambar, film sampai video pendek.

Sekalipun diatas sudah saya sebutkan kalau montase ini lebih erat kaitannya dengan foto tapi sebenarnya ia bisa diterapkan di bidang apa saja.

Secara etimologis, kata montase berasal dari bahasa Prancis, Monter yang berarti naik dan mula-mula diterapkan atau digunakan dalam dunia sinematografi.

Sehingga, istilah ini awalnya lekat dengan dunia sinematografi termasuk fotografi. Lantas, apa sih pengertian montase sesuai asal katanya?

Secara umum, bisa diartikan sebagai teknik menempel atau menggabungkan beberapa fragmen gambar, foto, musik atau teks secara berurutan.

Montase sendiri merupakan pedanan bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Inggris, Montage yang berarti menempel.

Artinya, teknik ini akan menghasilkan komposisi tunggal dengan berbagai tujuan seperti untuk menciptakan ilusi baru pada satu permukaan.

Namun, setiap elemen yang ada dalam montase tetap dipertahankan identitasnya secara terpisah sehingga hasilnya tetap unik.

Lantas, apakah montase sama dengan fotomontase atau photomontage? Di artikel sebelumnya tentang macam-macam kolase sudah saya singgung soal ini.

Jawabannya ya, tapi dengan asumsi bahwa montase itu merujuk pada kolase foto yang dibuat dalam satu bingkai untuk membentuk gambar baru.

Gambar baru itu tentu saja merupakan gabungan dari berbagai gambar, yang bisa dibuat acak atau sebaliknya.

Secara teknis, fotomontase atau photomontage adalah penjajaran atau superimposisi parsial dari beberapa gambar untuk membentuk gambar baru.

Nantinya, setiap gambar akan membentuk satu kesatuan utuh atau gambar tunggal yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, ditempel di rumah misalnya.

Jenis-Jenis Montase

Dalam perkembangannya kemudian, montase ini terbagi dalam beberapa jenis tergantung dimana proses penggabungan ini diterapkan, diantaranya:

1. Montase musik

Pertama adalah montase musik, namun lebih merujuk pada proses pembuatan video clip atau pengambilan gambar disertai lagu.

Misalnya, penampilan dua sejoli yang sedang kencan dan hubungan mereka makin intim dan disinilah lagu atau instrumen romantis akan diputar di latar belakang.

2. Montase narasi

Jika montase ini tidak disetel sebagai musik, maka ada karakter yang menciptakan apa yang terjadi. Inilah yang kemudian memicu lahirnya istilah montase narasi.

3. Foto montase

Terakhir adalah foto montase yang dibentuk dari gambar diam atau gambar jadi entah itu foto atau ilustrasi.

Penggabungan foto itu bisa dibuat secara berurutan atau sebaliknya. Misalnya, kisah hidup seorang tokoh sejak lahir yang dibuat dalam rangkaian gambar panjang.

Baca Juga:

Mulai dari foto sejak bayi, masa kanak-kanak, sekolah, menikah, masa tua sampai saat tutup usia.

Dalam beberapa kasus, jenis montase satu ini bisa dibuat dalam bentuk video animasi dengan penambahan backsound sehingga membentuk foto montase musik.

Teknik pembuatan Montase

Sejauh ini ada dua teknik yang digunakan dalam proses pembuatan montase sebagaimana yang tertuang dalam buku karya Nurul Aini.

Buku yang ditulis pada tahun 2018 lalu dengan judul Montase dan Pembelajaran membedakan teknik montase jadi dua bagian, yakni:

1. Teknik foto

Pertama ada montase teknik foto yang kadang juga disebut montase foto atau photomontage.

Seperti juga namanya dimana karakterstik teknik ini ada pada tempelan-tempelan beberapa foto sekaligus sehingga membentuk kompilasi foto.

2. Teknik tempel

Masih punya kaitan sama teknik sebelumnya namun proses penempelannya dilakukan secara manual pakai perekat khusus.

Jadi, setiap potongan foto atau gambar yang ditempatkan di satu bidang datar dengan pesan atau tema tertentu.

Dua teknik diatas juga tetap mempertimbangkan keharmonisan gambar sesuai tema yang diusung, ukuran gambar apakah portrait dan lanscape dan aspek penting lain.

Fungsi montase

Sebagai karya seni cetak tempel, montase punya beberapa fungsi seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini:

FungsiKeterangan
Fungsi praktisPada fungsi praktis ini berarti karya montase itu bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti dekorasi rumah atau hiasan dinding
Fungsi edukatifFungsi eduaktif berarti montase bisa digunakan mengasah kreativitas dan juga daya pikir seseorang termasuk emosi dan estitka pembuat
Fungsi ekspresifFungsi ekspresif merujuk pada pemilihan bahan-bahan yang digunakan agar sesuai keinginan dan ekspresi yang diinginkan
Fungsi PsikologisFungsi psikologis merujuk pada suatu karya yang secara langsung menunjukan ide dan emosi seseorang sehingga memberi rasa puas tersendiri
Fungsi sosialTerakhir ada fungsi sosial dimana montase itu bisa bermanfaat bagi orang lain bahkan bisa jadi sumber pendapatan seseorang dan jika dikembangkan lebih jauh akan menciptakan lapangan kerja

FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa perbedaan montase dan mozaik atau mosaik?

Perbedaan utama montase dan mosaik ada pada bentuk atau bahannya dimana material montase umumnya lunak sementara mosaik keras.

Artinya, mosaik kebanyakan dibuat dari kaca, ubin atau bahan keras lainnya yang sudah di potong-potong jadi material kecil.

2. Apa perbedaan kolase dan montase?

Sebenarnya, kolase adalah bagian dari montase meski demikian ada perbedaan antara kedua istilah diatas.

Lantas, perbedaannya dimana? Ada pada bahan atau material yang digunakan. Kalau montase itu materialnya satu jenis namun lunak.

Sementara, kolase adalah gabungan dari beberapa bahan yang berbeda lalu ditempelkan secara bersamaan sehingga membentuk karya seni rupa yang baru.

3. Apa perbedaan montase dan foto montase?

Sebenarnya, tidak ada perbedaan kedua istilah diatas makanya tak usah heran kalau istilah montase digunakan secara bergantian dengan fotomontase atau photomontage.

Meski demikian, montase ini lebih merujuk pada istilah montase umum termasuk montase musik, montase film, montase narasi dan lain sebagainya.

Sementara, fotomontase adalah jenis montase khusus yang merujuk pada aktivitas menggabungkan beberapa foto sekaligus dalam satu bingkai atau permukaan datar.

Penutup

Intinya, montase adalah suatu kegiatan menggabungkan beberapa karya sekaligus menjadi karya yang benar-benar baru.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang Montase adalah: definisi, pengertian, jenis, teknik dan fungsi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar