Mockup Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, Anatomi dan Contoh

Mockup adalah hasil karya untuk memvisualisasikan model, karakteristik dan bentuk sebenarnya dari satu desain siap pakai.

Misalnya, mockup kaos, yang memperlihatkan warna, bentuk, ukuran dan item-item lain yang nantinya ada dalam kaos.

Dan saat mockup kaos itu di cetak, bentuk cetakannya akan terlihat sama persis dengan yang ada di gambar.

Meski demikian, dalam beberapa kasus, masih banyak orang yang mengartikan kalau mockup ini sama dengan wireframe dan protipe.

Untuk anda yang pengen tahu perbedaan mockup, wireframe dan prototipe ini sudah saya bahas di postingan sebelumnya disini.

Artinya, di artikel ini saya fokus untuk menjelaskan definisi mockup yang sebenarnya termasuk jenis, fungsi dan contoh.

Apa itu Mockup?

Di Indonesia, istilah mockup lebih populer ketimbang pedanan resminya. Artinya, kata mockup ini ada bahasa Indonesianya yakni Maket.

Maket, dalam kamus besar Bahasa Indonesia [KBBI] berarti barang tiruan seperti gedung, kapal, pesawat terbang dan sebagainya.

Yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi dan skala kecil, biasanya dibuat dari kayu, kertas, tanah liat dan lain sebagainya.

Ini sesuai dengan definisi awal dari mockup yang berarti model atau simulasi yang muncul pertama kali pada 1919 saat perang dunia I.

Baca Juga:

Dan diambil frasa verbal Mock Up yang berarti membuat model eksperimental atau pembuatan model akhir.

Dari sini bisa dipahami kalau mockup atau maket adalah model ukuran penuh dari suatu desain yang digunakan sebagai representasi akhir dari satu produk.

Artinya, ia bisa dianggap sebagai sarana untuk menunjukan seperti apa desain tersebut saat di cetak atau dibuat versi fisiknya.

Karena merupakan bidang ilmu DKV atau desain grafis, maka dalam proses pembuatan mockup ini harus melibatkan berbagai aspek.

Mulai dari skema warna, tata letak desain, tipografi, ikonografi, hirarki visual dan tampilan keseluruhan produk.

Jenis-jenis Mockup

Macam-macam jenis maket sebenarnya bisa dilihat dari penggunaan dan sudut pandang desain yang digunakan.

Hanya saja, jika dilihat bentuknya, jenis mockup hanya terbagi dalam tiga bentuk dasar yakni mockup aplikasi, mockup perangkat lunak dan mockup kode.

Seiring berkembangnya waktu, macam-macam mockup ini kemudian diperluas lagi sehingga lahirlah jenis-jenis dibawah ini, seperti:

1. Maket fisik

mockup adalah

Maket fisik adalah representasi fisik dari satu desain produk untuk digunakan dalam situasi dimana fungsionalitas produk tidak diperlukan.

Artinya, mockup jenis ini memang dibuat atau direncakanan untuk diproduksi bentuk fisiknya, dengan penambahan fungsionalitas.

Dengan tujuan pembuatannya yang demikian, maka mockup ini bisa disebut protipe atau bentuk akhir desain

2. Mockup pakaian

mockup adalah

Mockup kaus dan pakaian adalah maket yang dibuat untuk menunjukan gambar produk yang juga akan dicetak bentuk fisiknya.

Fungsinya sama seperti maket fisik diatas hanya saja, pada mockup kaos ia bisa dijadikan pratinjau produk agar bentuknya lebih realistis.

Dengan demikian, representasi produk bisa menunjukan warna yang berebda dan dari sudut pandang yang berbeda pula.

Untuk contoh mockup pakaian ini ada banyak mulai dari maket kaos, maket kameja, mock up totebag, mockup hoodie, bantal, topi dan lain sebagainya.

3. Maket digital

mockup adalah

Mockup digital adalah representasi digital dari mockup fisik. Tapi, hanya dalam bentuk digital saja, dengan fungsi yang sama seperti produk fisik.

Biasanya digunakan sebagai gambar portofolio untuk satu produk atau layanan di media digital seperti situs web atau media sosial.

4. Maket still image

mockup adalah

Maket still image atau mockup gambar diam adalah jenis mockup yang dibuat khusus untuk menampilkan desain produk fisik seperti t-shirt, sampul buku atau parsel.

Dengan demikian, maket jenis ini akan menunjukkan kepada audiens gambaran sebenarnya dari suatu produk di kehidupan nyata.

Bahkan, dalam beberapa kasus, maket jenis ini bisa digunakan untuk tujuan periklanan seperti pada reklame dan spanduk.

5. Maket Moving image

mockup adalah

Maket gambar bergerak atau mockup moving image adalah tipe mockup yang dibuat untuk menunjukkan cara kerja suatu produk.

Termasuk juga untuk memperlihatkan bagaimana penguna akan berinteraksi dengannya. Biasanya, digunakan untuk mendemonstrasikan aplikasi Android dan iOS.

Manfaat pembuatan Maket

Tergantung kebutuhan. Hanya saja, secara umum, manfaat maket terbagi dalam tiga bentuk, seperti yang terlihat pada tabel dibawah:

ManfaatKeterangan
RealistisUntuk menunjukan bentuk sebenarnya dari maket
RevisiJika masih dalam bentuk desain, maket bisa direvisi sesuka hati
BiayaKarena berbentuk tampilan atau tiruan maka biaya yang perlu dikeluarkan saat membuat cukup kecil
ConvincingMendapatkan kepercayaan dari pelanggan atau klien
PortofolioMockup jadi bisa digunakan sebagia contoh portofolio desain

Intinya, manfaatnya kembali ke tujuan pembuatan maket itu sendiri. Yang jelas, lewat maket, perspektif realistis dari suatu produk akan terbentuk.

Anatomi Mockup

Anatomi maket, dalam konteks ini, bisa dipahami sebagai hirarki dari mockup itu sendiri agar hasilnya menarik.

Artinya, susunannya harus sesuai dengan halaman yang diwakilinya. Dengan demikian, dalam proses pembuatan mockup, harus mempertimbangkan beberapa elemen, seperti:

1. Tata letak konten

Tata letak konten merujuk pada bagaimana halaman atau konten ditampilkan sesuai dengan struktur membaca kebanyakan orang.

Misalnya, bisa pertimbangkan pola membaca F atau Z. Pertimbangkan juga ukuran setiap konten dan ekemen desain yang ditampilkan.

2. Kontras

Kontras merujuk pada warna yang biasanya digunakan untuk menguji keterbacaan teks dengan latar belakang maket.

Pertimbangkan untuk menggunakan kontras warna guna meningkatkan visibilitas beberapa elemen sehingga hasil akhirnya menarik.

3. Pilihan warna

Setiap warna akan menghasilkan emosi dan respon yang berbeda dan efeknya akan berubah tergantung warna sekitarnya.

Dengan demikian, memilih skema warna yang cocok penting untuk dipertimbangkan apakah itu monokromatik, analog atau mungkin complementary.   

4. Tipografi

Tipografi, dalam konteks ini, merujuk pada pilihan huruf, ukuran font, gaya dan spasi yang ada dalam maket.

Jadi, pertimbangkan struktur tipografi yang konsisten agar hasilnya menarik. Ulasan lebih lanjut soal tipografi bisa baca disini.

5. Spasi

Spasi, yang bisa juga di artikan sebagai ruang negatif atau negative space, adalah salah satu elemen desain yang sangat kuat.

Artinya, jumlah ruang negatif dalam desain akan mempengaruhi visibilitas, pemahaman dan fokus orang yang melihatnya.

Dengan demikian, makin banyak ruang negatif di setiap elemen, makin mendorong audiens untuk tertarik dengan desain.

6. Hirarki visual

Hirarki visual yang juga bisa disebut visual navigasi adalah aristektur informasi untuk mempertimbangkan bagaimana maket akan terlihat nantinya.

Cita rasa desainer akan diuji disini karena mengatur satu hiraki visual berarti mengatur juga elemen lain apa itu warna, spasi dan tipografi.

Contoh Mockup

Untuk contoh mockup ada banyak dan bergantung sama jenis mockup itu sendiri. Agar jelas, berikut saya sajikan beberapa contoh mockup keren, diantaranya:

1. Mockup aplikasi

mockup adalah

Mockup jenis ini biasanya digunakan untuk memperlihatkan tampilan aplikasi di beberapa perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda.

Selain itu, beberapa desainer juga menggunakan mockup jenis ini untuk memperlihatkan redesign untuk satu aplikasi yang sudah ada.

2. Maket buku dan majalah

mockup adalah

Mockup buku dan majalah biasanya digunakan untuk memperlihatkan bentuk asli buku setelah dicetak.

Atau, bisa juga digunakan untuk menunjukkan portofolio kerja atau tampilan majalah yang akan terbit di kemudian hari.

3. Mockup produk komersial

mockup adalah

Mockup produk komersial adalah jenis mockup yang biasanya digunakan untuk memperlihatkan tampilan asli produk kepada calon konsumen.

Dengan demikian, konsumen bisa melihat bentuk produk seperti apa. Untuk keterangan seperti komposisi produk biasanya ada didalam deskripsi mockup.

4. Mockup website

mockup adalah

Sama seperti jenis maket lain dimana mockup website bertujuan untuk memperlihatkan tampilan website secara utuh.

Utuh, dalam konteks ini, berarti dalam mockup itu akan diperlihatkan tampilan kategori, author, arsip, halaman sampai dengan tampilan saat di buka di berbagai perangkat.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara buat mockup yang benar?

Untuk buat mockup, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya, menggunakan aplikasi pengeditan seperti Photoshop.

Jika tak mau repot, bisa gunakan tools pembuat mockup online dimana anda tinggal ganti gambar atau text dari template mockup yang disediakan.

Beberapa aplikasi ada yang berbayar sementara yang lainnya gratis. Agar jelas, topik ini akan saya bahas di postingan berikutnya.

2. Bagaimana cara menghasilkan uang dari Mockup?

Ada banyak cara. Salah satu yang paling populer adalah dengan menjual desain mockup siap pakai disitus microstock seperti Freepik.

Cara kerjanya sama seperti jual foto pada umumnya. Hanya saja, mockup tersebut dijual dengan file mentahnya sehingga bisa diedit oleh buyer.

Selain itu, anda juga bisa buka jasa pembuatan mockup untuk berbagai kategori di situs freelance atau di marketplace.

Bisa mulai dulu dari mockup paling sederhana seperti mockup mug, mockup casing HP, undangan, kaos dan lain sebagainya.

3. Apa yang dimaksud dengan mock up proyek?

Mock up proyek adalah jenis mockup yang dibuat untuk memvisualisasika tampilan asli dari satu benda atau proyek yang sedang dikerjakan.

Termasuk juga untuk menampilkan detail-detail khusus dari proyek. Misalnya, mockup ruangan dari bangunan yang sedang dibuat.

4. Apa itu mockup bangunan?

Mockup bangunan adalah mockup yang memvisualisasikan bentuk bangunan atau ruangan dari suatu bangunan yang masih punya kaitan sama mockup proyek diatas.

5. Apa itu mockup kaos?

Mockup kaos adalah mockup yang dibuat untuk memperlihatkan bentuk fisik kaos setelah di cetak. Artinya, mockup tersebut adalah gambaran asli dari kaos tersebut.

Gambaran asli ini mencakup warna, item gambar didalam kaos, corak, keterlihatan dan unsur-unsur lain dari kaos.

Penutup

Dari berbagai ulasan diatas bisa disimpulkan kalau fungsi dan peran mockup tidak terbatas pada visibilitas atau tampilan produk asli.

Tapi jauh lebih dari itu. Yakni, sebagai salah satu bentuk untuk memperkenalkan produk, untuk promosi dan lain sebagainya.

Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa desain mockup mulai populer terlebih dikalangan UX dan UI.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang mockup adalah: pengertian, jenis, manfaat, anatomi dan contoh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar