9+ Tips dan Trik Agar Bisa Menang Lomba Fotografi

Ada beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa menang lomba fotografi. Beberapa diantaranya akan saya ulas di artikel ini.

Bagi saya pribadi, ikut lomba fotografi merupakan salah satu cara untuk mengasah kemampuan menggunakan kamera selama ini.

Dengan demikian, saya bisa tahu sudah sampai dimana pemahaman saya soal kamera dan bagaimana memanfaatkannya dengan baik.

Kalau berhasil menang, sekalipun hanya finalis, berarti anda progress. Artinya, saya tinggal memoles sedikit demi sedikit.

Tapi aspek paling pertama yang harus diperhatikan saat ikut lomba fotografi adalah temanya.

Ini yang harus diperhatikan betul. Jika motivasi utamanya karena hadiah, jika ga berhasil bisa bikin anda strees.

Mayoritas peserta pun motivasi awalnya adalah itu. Untuk dapat hadiahnya. Meski ga bisa digeneralisir.

Dan di artikel ini saya mau ulas beberapa tips dan trik yang bisa dicoba untuk bisa menang lomba fotografi.

9+ Tips dan Trik Agar Bisa Menang Lomba Fotografi

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 6+ tips dan trik agar bisa menang lomba fotografi.

1. Pahami tema lomba dengan baik

lomba fotografi
via news.cgtn.com

Memahami tema lomba adalah unsur pertama yang harus anda perhatikan sebelum ikutan lomba fotografi.

Tema sendiri merupakan kriteria pertama dalam sebuah lomba. Tema juga yang menentukan bagaimana foto harus diambil [dipotret].

Misalnya, jika tema lomba fotografi adalah seputar infrastruktur yang baru saja di bangun [bisa gedung, bandara, atau stadion sepak bola] oleh Pemerintah.

Pahami tema ini, teliti gedung tersebut. Dari sini anda harus memikirikan angle yang anda ambil. Soal angle ini akan kita bahas di paragraf selanjutnya.

Tapi, pada intinya, pahami temanya dengan baik sebelum anda melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Motivasi ikut lomba

lomba fotografi
via canon-europe.com

Poin kedua yang juga tak kalah penting dibahas adalah motivasi ikut lomba. Anda punya motivasi apa untuk ikut lomba?

Sekedar ikut-ikutan, hadiahnya yang besar, ingin belajar lebih jauh soal fotografi, ingin asah skill atau apa.

Ini penting untuk diketahui. Dan dengan mengetahuinya, bisa tahu formula apa yang tepat agar bisa menang lomba fotografi.

Sebagai contoh nih, jika tujuan anda pengen latih skill, berarti anda sudah punya peralatan kamera yang mumpuni, kan?

Dengan demikian, tinggal ekskusi saja. Soal komposisi, aturan per tiga atau angle pasti sudah diluar kepala.

3. Modal

lomba fotografi
via peoriaparks.org

Pertanyaan kemudian untuk ikutan lomba fotografi adalah modal. Maksudnya gimana sih, maksudnya, modal apa yang dimiliki agar bisa ikutan lomba tersebut?

Apakah hanya kamera saja, atau dengan perlengkapan lain, Tripod misalnya. Ini juga mempengaruhi anda dapat hasil foto yang bagus.

Baca Juga:

Tingkat keseriusan anda pun bisa diukur dari perlengkapan yang dimiliki. Bermodalkan HP atau kamera DSLR murah pun gak masalah.

Yang penting sudah tahu kalau anda bersaing sama peserta lain dengan perlengkapan memadai. Itu saja sih. Selebihnya, serahkan sama Pantia atau juri.

4. Kenali subjek foto

lomba fotografi
via un.org

Seorang dosen lukis saya sempat mengatakan bahwa untuk bisa menghasilkan sebuah lukisan dengan baik, misalnya jika ingin melukis sebuah danau, maka kita harus mengenalinya.

Cara mengenalinya adalah dengan mandi disana, berkeliling disana, berbincang dengan orang-orang yang tinggal disekitar sebelum akhirnya membuat lukisan.

Ini adalah proses pengenalan. Proses pengenalan adalah sebuah elemen penting bukan saja dalam seni tetapi juga dalam fotografi.

Oh iya, fotografi itu juga seni. Jika subjeknya adalah infrastruktur maka sebaiknya anda pernah melihat bangunan tersebut, pernah menaikinya, melihat warna catnya dan desainnya.

Kenali lebih jauh subjek foto tersebut. Dari sini anda bisa menentukan perspektif dari foto yang hendak anda ambil.

3. Pilih angle yang tepat

lomba fotografi
via mymodernmet.com

Jika dua poin diatas sudah selesai, langkah selanjutnya adalah memilih angle yang tepat dari foto yang anda ambil.

Angle adalah sudut pandang. Dalam dunia fotografi, angle berarti sudut pengambilan gambar dari foto yang hendak anda hasilkan.

Ada ribuan sudut gambar yang bisa anda ambil, apalagi jika subjek foto adalah bangunan. Maka anda bisa leluasa menentukan angle.

Tapi ingat, pilih angle yang tepat. Angle yang tepat itu susah dan tidak mudah ditaklukan. Apalagi jika subjek fotonya itu terdiri dari bangunan yang luas.

Kebanayakan dari kita ingin mengambil foto dari atas [atau dari samping] yang memperihatkan bagian gedung yang paling dominan dan menarik.

Namun usahakan agar angle yang anda pilih itu bukanlah angle umum, misalnya mengambil foto dari depan, belakang, samping.

Ini angle yang cukup mubazir [sudah banyak orang yang mengambilnya]. Saran saya, pilihlah angle yang menampilkan keseluruhan objek, angle simetris atau angle dimana terlihat efek dari bayangan gedung yang dipancarkan dari air.

4. Pilih perspektif foto

lomba fotografi
via naturephotographeroftheyear.com

Menurut saya pribadi, perspektif adalah elemen terpenting dari sebuah foto. Disinilah permukaan dari subjek atau objek yang anda foto akan terlihat.

Maksudnya, akan terlihat oleh mata telanjang seolah-olah itu tiga dimensi. Atau menampilkan unsur utama dari subjek foto mulai dari panjang, lebar dan tinggi.

Perspektif ini juga bisa menjadi bagian dari angle atau sudut pandang. Untuk itu, pilihlah perspektif yang lebih segar dan bersih.

Tampilkan tiga objek utama itu dalam foto anda. Karena ini yang akan menentukan tekstur dari foto yang anda hasilkan.

5. Tentukan model gambar

lomba fotografi
via pocket-lint.com

Ada empat model gambar utama yang hendak anda hasilkan apakah Portrait, Segi empat, Persegi panjang atau lansekap.

Jika anda ingin mengikutkan pada lomba, anda baiknya anda menentukan model gambar dengan baik sesuai dengan objek yang anda ambil.

Anda bisa memilih persegi empat atau lanskap. Karena ini mampu menunjukan keseluruhan perspektif dari foto jika objeknya itu adalah bangunan.

Lanskap menurut saya sangat cocok untuk objek seperti bangunan. Karena ini mampu memperlihatkan keseluruhan gambar secara nyata.

Pasti hasilnya keren. Apalagi kalau dipadukan dengan benda-benda lingkungan sekitar seperti pohon dan hewan, maka hasilnya akan terlihat lebih natural.

Seolah-olah akan memperlihatkan perpaduan antara hasil tangan alam dan hasil buatan manusia.

6. Timing yang tepat

lomba fotografi
Fotografer Jean-Simon B├ęgin via Canadia Wildlife Federation cwf-fcf.org

Waktu pengambilan gambar adalah segalanya. Memilih waktu yang tepat untuk mengambil gambar akan menjadi penentu dari foto hasil jepretan anda tersebut.

Memilih waktu di pagi hari memang baik. Dimana aura pagi dan lembab masih menyelimuti. Memilih waktu siang juga gak apa-apa, asalkan anda memperhatikan kontrasnya. Memilih waktu sore juga baik.

Itu semua tergantung pada diri anda sendiri. Tapi, jangan lupa untuk melihat masalah-masalah yang bakalan timbul dari foto anda.

Misalnya, kalau anda memilih mengambil foto di siang hari, mungkin sinar matahari akan berlebihan sehingga gambar akan terlihat lebih kontras dan terang.

Jika sudah begitu, tentu anda akan mengubah sudut pandangnya. Padahal, bisa jadi, kalau waktu pengambilan gambar diubah menjadi sore, angle yang anda pilih akan terlihat lebih baik.

7. Perlihatkan foto tersebut ke teman, saudara atau kolega anda

lomba fotografi
via audubon.org

Saya sarankan untuk mengambil sebanyak mungkin foto. Jika proses pengambilan foto telah selesai, maka selanjutnya adalah menyortirnya satu per satu.

Lihat mana foto yang terbaik. Seleksi dengan baik sehingga menghasilkan beberapa foto yang menurut anda foto terbaik.

Lalu perlihatkan ke teman anda. Minta mereka memilih mana foto yang terbaik dan mana yang tidak.

Tapi, usahakan jangan hanya meminta pada satu orang. Usahakan untuk orang yang menilainya lebih dari 3 orang.

Ini untuk melihat reaksi dan tanggapan mereka dari foto. Tanggapan tersebut memang tidak semuanya seperti yang anda harapkan, namun tentunya cukup penting.

8. Kirim foto tersebut

lomba fotografi
via theatlantic.com

Setelah menemukan mana foto yang terbaik, sekali lagi periksa foto tersebut. Apakah itu memang yang terbaik [menurut anda sendiri] atau bukan.

Karena selera dan keputusan anda ditangan anda. Jika panitia memungkinkan peserta mengirim lebih dari 1 foto, maka silahkan pilih yang terbaik.

Tapi usahakan tak boleh mengirim lebih dari 3 foto [karena panitia akan kebingungan memilih foto terbaik].

Jangan lupa perhatikan bagaimana mekanisme pengirimannya. Setelah semua rampung, silahkan kirim dan ikuti langkah terakhir.

9. Berdoa

lomba fotografi
via om.org

Doa bisa mengubah sesuatu. Berdoa agar hasil karya anda bisa menjadi juara adalah langkah yang tepat.

Setelah berdoa, jangan lupa yakin. Yakini diri anda bahwa menang atau kalah itu adalah hal biasa. Jika anda kalah, berarti anda harus melakukan evaluasi kembali.

Jika anda menang maka kemenangan yang anda peroleh anggap sebagai sebuah kebetulan saja [yang berarti anda adalah yang terbaik untuk saat ini].

Itu berarti, anda tidak boleh sombong dan sumringah. Sebab, diatas langit masih ada langit.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa saja yang dinilai dalam lomba fotografi?

Ada banyak. Bobot paling besar adalah keselarasan dengan tema lomba yang sedang berlangsung.

Faktor selanjutnya tergantung Panitia. Misalnya nih, ada beberapa penyelenggara yang melihat afeksinya atau dampak foto terhadap orang lain.

Setelah itu barulah dinilai soal komposisi, soal angle, timing, pencahayaan dan kreativitas foto.

Di beberapa kegiatan, Rubrik PENILAIAN Fotografi atau peraturan lomba fotografi kemungkinan berbeda.

Jadi baiknya baca dulu dengan baik briefnya gimana dan apa yang diharapkan penyelenggara saat melaksanakan lomba tersebut.

2. Dimana bisa lihat daftar lomba fotografi terbaru?

Ada banyak sumber. Paling mudah adalah dengan menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing.

Tinggal masukkan keyword seperti Lomba fotografi terbaru, peraturan lomba fotografi, daftar lomba fotografi alam atau yang lainnya.

Penutup

Jadi pemenang suatu lomba adalah impian banyak orang. Apalagi, memenangkan sebuah lomba fotografi dengan jumlah peserta ribuan orang.

Tentu saja anda punya kebanggan tersendiri. Tapi, jangan selalu besar kapala. Karena anda bisa saja menjadi peserta untuk lomba-lomba yang diadakan selanjutnya.

Karena itu, usahakan untuk mengasah terus kemampuan anda saat menggunakan kamera baik itu Ponsel, DSLR atau Mirorless.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang tips dan trik agar bisa menang lomba fotografi. Semoga artikel ini bermanfaat. ***

Tinggalkan komentar