Pengertian Memory Card: Jenis, Bentuk dan Harga

Memory card adalah salah satu media penyimpanan paling populer saat ini. Ukurannya kecil, tapi bisa simpan ribuan file sekaligus.

Jadi, dengan memory card, seseorang bisa simpan file digital seperti foto, video, audio dan lain sebagainya.

Disisi lain, sekalipun bentuknya kecil, tapi kapasitas ukurannya besar. Bahkan, kapasitas rata-rata kartu memori saat ini lebih dari 1 GB.

Penggunaannya pun cukup luas dan tidak terbatas pada perangkat elektronik seperti kamera dan ponsel tetapi juga pada speaker, konsol game dan lain sebagainya.

Dan untuk anda yang sedang cari pengertian memory card, cara kerja SD card sampai jenis memory card untuk HP.

Termasuk juga memory card untuk kamera sampai dengan harga memory card, simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Memory Card

Memory card, atau yang dalam bahasa Indonesia disebut kartu memori atau kartu flash, adalah perangkat penyimpanan eksternal berukuran kecil.

Sebagai perangkat penyimpanan, maka alat ini bisa dipakai untuk menyimpan berbagai file seperti gambar, foto, video serta data lainnya.

Sifat penyimpanannya permanen dan non-volatile sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja sepanjang kartu memori tersebut belum rusak.

Biasanya, kartu memory ini diletakan di perangkat portabel kecil seperti kamera digital dan ponsel entah itu Android dan iOS.

Termasuk juga di camcorder digital, laptop, notebook, MP3 Player, PDA, konsol game sampai printer.

Di KBBI, kartu memori diartikan sebagai media berukuran kecil pada perangkat komputasi atau portabel jarak jauh yang digunakan untuk menyimpan data.

Sebelum kartu memori seperti sekarang muncul, kartu PC atau PCMCIA adalah perangkat penyimpanan komersial pertama yang digunakan secara luas di dunia.

Terlebih setelah ditambah dengan teknologi solid state didalamnya yang membantu mengurangi masalah mekanis seperti yang biasa muncul pada hard drive tradisional.

Untuk jenisnya sendiri ada banyak mulai dari Secure Digital (SD), CompactFlash (CF), SmartMedia, Memory Stick dan MultiMediaCard (MMC).

Tiap jenis diatas punya bentuk, ukuran dan kapasitas sendiri-sendiri. Sehingga, ada memori yang ukurannya hanya 1 GB sementara yang lainnya 1 TB.

Jenis dan bentuk Memory Card Kamera

Diatas sudah saya singgung soal jenis-jenis memory card termasuk bentuk, kapasitas dan harga. Agar jelas, simak penjelasan dibawah ini.

1. Secure Digital Card [SD Card]

Memory Card

SD Card atau Secure Digital Card adalah salah satu jenis kartu memori paling banyak digunakan di perangkat elektronik.

Teknologi yang ada pada SD card digunakan oleh lebih dari 400 brand peralatan elektronik dan menghasilkan 8000 lebih model kartu yang dijual secara komersial.

Baca Juga:

Mayoritas kartu SD digunakan pada kamera digital dan ponsel. Bahkan dianggap sebagai standar penyimpanan file karena digunakan secara luas oleh masyarakat.

SD memiliki dimensi fisik antara 32mm x 24mm x 2.1mm. Dengan demikian, ukurannya jauh lebih besar dibanding MiniSD apalagi MicroSD.

Jika dilihat dari bentuknya, SD Card terbagi dalam tiga jenis salah satunya SD Card itu sendiri. Dua jenis berikutnya adalah MiniSD dan MicroSD.

a. MiniSD

Memory Card

MiniSD adalah SD Card dengan ukuran 21.5mm x 20mm x 1.4mm. Kartu memory satu ini pertama kali diperkenalkan Sandisk saat pameran komputer di Hanover, Jerman pada 2003 lalu.

Awalnya, perangkat penyimpanan ini dirancang untuk digunakan pada ponsel, terlebih yang sudah support standar MiniSD.

Kemudian, standar ini diadopsi oleh SD Card Association pada 2003. Di tahun yang sama itu pula, MiniSD diperkenalkan dan dijual secara komersial.

Mayoritas MiniSD dibuat dengan adaptor yang memungkinkan kartu tersebut dilepas dengan kapasitas penyimpanan antara 128 MB sampai 4 GB.

b. MicroSD

Memory Card

MicroSD adalah penyempurnaan dari MiniSD. Itulah yang jadi alasan mengapa ponsel Android, iOS, MP3 Player sekarang hanya support MicroSD.

Ukurannya cukup kecil antara 15mm x 11mm x 1.0mm. Jadi, bentuknya lebih kecil lagi dari MiniSD diatas.

Dengan demikian, MicroSD adalah kartu flash berukuran kecil yang bisa dipasang atau dilepas kapan saja.

Mula-mula dikembangkan oleh SanDisk pada 13 Juli 2005. Beberapa tahun kemudian, kartu ini jadi standar media penyimpanan modern.

Kapasitas memori awal adalah 128 MB sampai dengan 4GB dan mayoritas digunakan pada ponsel serta perangkat elektronik lain.

Bahkan, beberapa laptop menyediakan slot MicroSD sendiri di bagian tepi yang memungkinkan pemilik memasukkan kartu memori.

Hanya saja, tidak semua laptop menyediakan opsi ini terlebih notebook. Jadi, bisa pakai card reader atau perangkat pembaca SD Card sejenis.

2. Secure Digital High Capacity [SDHC]

Memory Card

Secure Digital High Capacity atau lebih sering disebut SDHC adalah penyempuraan dari kartu SD standar yang sudah saya jelaskan di atas.

Dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar membuat SDHC cocok digunakan oleh anda yang ingin menyimpan file dalam jumlah banyak.

Cara kerja memory card satu ini beda dengan SD Standar dan tidak kompatibel dengan perangkat yang masih support kartu SD yang lama.

Jika dilihat dari bentuk fisik, ada tiga jenis SDHC yang dijual di masyarakat seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini, yakni:

TipeDimensi
SDHC32mm x 24mm x 2.1mm
Mini SDHC21.5mm x 20mm x 1.4mm
Micro SDHC15mm x 11mm x 1.0mm

Selain berdasarkan dimensi, SD Association membentuk tiga kelas berdasarkan kecepatan identifikasi, yang juga dianggap sebagai jenis SDHC, seperti:

  • Kelas 2 atau setara 2 MB per detik
  • Kelas 4 atau setara 4 MB per detik
  • Kelas 6 atau setara 6 MB per detik

3. Secure digital Extra Capacity [SDXC]

Memory Card

Secure digital Extra Capacity atau SDXC adalah salah satu jenis kartu memori yang mudah dikenali dari ukurannya yang cenderung lebih besar dibanding SDHC.

Itulah yang jadi alasan mengapa kartu memori jenis ini kurang populer di gunakan. Hanya saja, dari segi kecepatan pemrosesan data, kartu ini lebih unggul dibanding yang lain.

Kapasitas penyimpanan kartu memori satu ini cukup besar dengan ukuran standar mulai dari 2 TB atau 2000 GB.

Apakah kompatibel di kamera digital? Sayangnya tidak. Lantas, SDXC digunakan untuk apa saja? Hanya digunakan pada komputer tertentu saja yang menyediakan berkas proprietary atau exFAT.

Program exFAT adalah program khusus yang dirancang untuk membaca file dalam SDXC sehingga bisa di ekspor ke komputer untuk kemudian digunakan sesuai kebutuhan.

4. Compact Flash [CF]

Memory Card

CompactFlash, yang kadang juga disebut CF adalah perangkat penyimpanan yang terkoneksi dengan 50-PIN dan digunakan secara khusus untuk beberapa keperluan.

Kartu memori satu ini hanya kompatibel pada Personal Digital Assistant atau PDA termasuk kamera digital dan perangkat portabel lainnya.

Ukuran kartu CF cukup variatif begitu juga dengan kapasitas penyimpanan. Mayoritas ukurannya dimulai dari 2 MB sampai 128 GB.

Jika dilihat dari dimensi fisik, kartu memori CF terbagi dalam dua bentuk, yakni:

  • Tipe I mulai dari 43 mm x 36 mm x 3,3 mm
  • Tipe II mulai dari 43 mm x 36 mm x 5 mm

5. XD Picture

Memory Card

XD Picture, yang kadang juga disebut kartu memori Xtrem Digital adalah kartu flash yang digunakan terbatas untuk perangkat elektronik tertentu, kamera digital misalnya.

Ada beberapa kamera yang dulunya menggunakan XD Picture sebagai alat penyimpanan default kamera yakni Olympus dan Fujifilm.

Untuk kapasitas memorinya dimulai dari 512 MB sampai 2 GB. Dan tersedia dalam dua tipe yakni tipe H dan M/M+. Untuk dimensi fisiknya antara 20mm x 25mm x 1,78mm.

Hanya saja, sejak tahun 2010 lalu, teknologi di XD Picture sudah ditinggalkan dan dianggap usang meski perangkatnya masih diproduksi sampai hari ini.

6. Memory Sony Stick

Memory Card

Memory Sony Stick pertama kali diperkenalkan Sony pada 1998 dan merupakan salah satu kartu flash yang kompatibel dengan produk kamera buatan mereka.

Dalam perkembangannya kemudian, Sony pernah membuat beberapa varian dan model dari kartu memori jenis ini.

Mulai dari memory Stick PRO, memory stick duo, memory stick PRO duo, memory Stick Micro [M2] dan juga memory Stick PRO-HG.

Kapasitas memori standarnya adalah 4 MB hingga 256 GB dengan kapasitas maksimum mencapai 2 TB.

Hanya saja, karena popularitasnya kalah dengan SD Card lain, kamera digital Sony saat ini pakai standar SD dan SDHC.

Dan sejak tahun 2010, Sony Stick sudah tidak lagi diproduksi lagi dan kemungkinan besar akan dihentikan secara resmi oleh Sony.

Untuk dimensi dan varian memory Stick Sony bisa lihat pada tabel dibawah ini:

VarianDimensi fisik
Memory Stick, Memory Stick Select, dan Memory Stick PRO50mm x 21.5mm x 2.8mm
Memory Stick Duo, Memory Stick PRO Duo, dan Memory Stick PRO-HG Duo31mm x 20mm x 1,6mm
Memory Stick Micro (M2)15mm x 12,5mm x 1,2mm

7. Multimedia Card [MMC]

Memory Card

MultiMediaCard atau MMC adalah perangkat penyimpanan yang bisa digunakan sebagai memori flash dan ROM.

Biasanya dipakai di radio mobil, ponsel, kamera digital, PDA, MP3 Player, Printer dan perangkat elektronik lain.

Dalam perkembanganya kemudian, terdapat variasi dari segi dimensi dan ukuran MMC sehingga lahirlah jenis-jenis kartu Memori MMC.

Mulai dari MMCP atau lebih sering disebut MMC Plus, MMCM atau MMC Mobile, MMC Micro dan lain sebagainya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa nama memory card untuk kamera DSLR, Mirrorless, Pocket dan kamera digital lain?

Bergantung sama tipe kamera tapi rata-rata kamera saat ini menggunakan memory card tipe SDHC atau Secure Digital High Capacity card.

Ada juga kamera yang pakai memori MICRO SDHC, Micro SD, micro SDXC, SDXC dan alat penyimpanan sejenis.

2. Apa saja jenis memory card HP?

Mayoritas memory card untuk HP pakai SD Card untuk tipe MicroSD. Memori inilah yang paling kompatibel dengan semua jenis ponsel.

3. Apa saja jenis memory card HP yang bagus?

Untuk jenis memory card HP yang bagus sudah saya jelaskan diatas yakni MicroSD. Namun, disesuaikan sama preferensi merk yang mau digunakan.

4. Sebutkan macam macam external memory card?

Ada banyak kok macam-macam kartu memori eksternal atau External memory card mulai dari SD card sampai MMC sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas.

Penutup

Jika ingin menyimpan file dengan aman dan permanen tanpa takut terhapus di perangkat, disarankan untuk pakai Memory Card.

Karena file hanya bisa hilang apabila kartu memori itu rusak atau mungkin, di hapus dan di format di perangkat penyimpanan seperti ponsel dan komputer.

Demikian artikel tentang pengertian Memory Card, termasuk jenis, bentuk dan harga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar