Macam-Macam Pensil Paling Populer di Indonesia dan Fungsinya

Macam-macam pensil, dalam konteks ini, mengacu pada tipe pensil yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Seperti pensil untuk menggambar, pensil untuk melukis sampai pensil untuk merias wajah atau yang lebih dikenal sebagai pensil alis.

Agar artikel ini lebih lengkap, saya juga melibatkan jenis pensil berdasarkan komponen yang ada pada inti pensil.

Oh iya, selain tipe pensil yang bisa diidentifikasi dari fungsi pensil, satu hal yang juga harus dipertimbangkan adalah ketebalan goresannya apakah itu HB, H sampai B.

Goresan ketebalan itu bisa mempengaruhi tampilan tulisan atau gambar secara langsung. Untuk mengetahui kelas goresan pensil, bisa baca postingan ini.

Ketebalan goresan itu dipengaruhi oleh keras lembutnya mata pensil. Artinya, ada mata pensil yang keras, sedang sampai lembut.

Dan untuk anda yang sering bertanya jenis-jenis pensil dan fungsinya atau macam-macam pensil serta fungsinya, simak artikel ini sampai habis.

Macam-Macam Pensil Paling Populer di Indonesia dan Fungsinya

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan macam-macam pensil paling populer di Indonesia dan fungsinya.

Lantas, jenis-jenis pensil apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Pensil grafit Stik

Macam-Macam Pensil

Macam-macam pensil grafit yang pertama adalah grafit stick yang terbuat dari dua campuran atau material berbeda yakni bubuk grafit dan tanah liat.

Dua komponen tersebut sudah di kompresi pakai suhu yang tepat sehingga ujung pensil solid, kuat dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Baca Juga:

Penutupnya sudah dilapisi plastik yang membuat bobot pensil jauh lebih ringan. Jika digunakan untuk gambar atau buat sketsa, tidak ada sisa-sisa granit diatas kertas.

Sehingga, tangan lebih bersih. Apakah bisa digunakan untuk menulis? Tentu saja bisa meski ukuran goresannya tebal, agak keabu-abuan dan terang.

2. Pensil grafit

Macam-Macam Pensil

Berbeda dengan grafit stik yang sudah saya jelaskan diatas. Disebut demikian, karena inti pensil dibuat dari grafit berbahan atom karbon serupa berlian.

Penutupnya dari kayu dan bisa di raut pakai alat rautan pensil atau sering juga disebut serutan pensil.

Mayoritas digunakan untuk buat sketsa atau lukisan namun tetap bergantung sama tipe goresan pensilnya apakah tebal atau tipis.

Untuk tipe goresan pensil entah itu 8B sampai 6H sudah saya bahas di artikel sebelumnya dan sudah saya tautkan linknya di pembuka artikel.

3. Pensil mekanik

Macam-Macam Pensil

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di artikel dimana salah satu pensil yang cukup populer digunakan saat menggambar dan melukis adalah pensil mekanik.

Bahkan ada yang bilang kalau pensil mekanik ini adalah pena, bolpoin sampai pulpen meski ada perbedaan teknis antara keduanya.

Kalau bolpoin, pena atau vulpen inti material dari tinta berbahan minyak atau bukan sebaliknya, pensil mekanik inti materialnya serupa pensil kebanyakan.

Mata pensil cukup kecil sehingga cocok digunakan untuk kegiatan menulis atau menggambar dengan hasil yang lebih detail.

Sayangnya, karena mata pensil cukup kecil dan lunak maka ujungnya bakal mudah patah terlebih jika ditekan terlalu kuat saat digunakan.

Cocoknya digunakan saat gambar sketsa atau lukisan realisme dengan tambahan detail yang lebih halus seperti saat gambar rambut, kumis, bulu mata dan lain sebagainya.

4. Pensil charcoal dan conte

Macam-Macam Pensil

Disebut charcoal atau conte karena inti pensil atau mata pensilnya terbuat dari arang atau material lain, bubuk batu hitam misalnya.

Karakteristiknya mirip seperti pensil grafit diatas dimana mata pensil dominan warna hitam dan diameternya lebih besar.

Mayoritas dipakai untuk buat gambar teknik arsir pakai jari, kuas, kapas dan alat khusus lainnya yang bergantung sama kreativitas seniman.

5. Pensil rias

Macam-Macam Pensil

Seperti juga namanya dimana pensil tipe ini tidak cocok digunakan untuk kegiatan menggambar dan melukis karena di dibuat untuk tujuan khusus.

Wanita tahu betul kegunaan pensil satu ini terlebih yang suka rias alis mata. Ciri utama dari pensil ini ada pada tekstur mata pensil yang lembut dan empuk.

Pilihan warnanya juga banyak tapi mayoritas hanya terdiri dari empat varian yakni Black, Brown, Silver dan Grey.

6. Pensil dermatograf

Macam-Macam Pensil

Tampilan pensil dermatograf, yang kadang juga disebut pensil dermatograph, punya karakteristik yang berbeda dengan macam-macam pensil diatas.

Mengapa? Karena pensil ini dibuat khusus untuk sketsa atau saat menulis diatas material khusus seperti kaca dan Polivinil klorida atau vinyl.

Tekstur inti pensil agak licin dan berminyak. Artinya, tidak cocok digunakan untuk menulis atau buat lukisan di atas kertas.

Ciri utama dari pensil ini ada pada tali yang terhubung ke wadahnya. Dengan demikian, saat di raut, tinggal tarik tali diatasnya perlahan-lahan.

7. Pensil watercolor

Macam-Macam Pensil

Seperti namanya dimana pensil watercolor bentuknya berupa cat air. Karena itu, tidak salah jika disebut pensil cat air.

Artinya, pensil watercolor bisa digunakan sebagai cat air terlebih jika dipakai secara bersamaan dengan sikat basah.

Mayoritas dipakai untuk buat sketsa atau memberi warna pada gambar bahkan bisa dicampur sama pensil warna standar, yang akan saya ulas di poin berikutnya.

Jika dicampur dengan pensil standar, kombinasi keduanya bisa menciptakan kesan vibrant color yang kuat.

8. Pensil warna

Macam-Macam Pensil

Pensil warna sama seperti macam-macam pensil yang sudah saya bahas diatas. Karakteristik yang melekat pun sama.

Perbedaannya ada pada inti pensil yang berwarna. Bahkan, ada beberapa merk yang menggunakan pelapis inti dari kayu dengan warna yang sama dengan intinya.

Artinya, pensil warna ini dibuat dari bahan pigmen berwarna yang merupakan kombinasi dari dua material atau lebih untuk menghasilkan warna goresan yang diinginkan.

Mulai dari zat aditif, pigmen, lilin dan bahan lainnya. Ada juga warna yang dibuat dari minyak sehingga bisa larut dalam air.

9. Pensil tukang

Macam-Macam Pensil

Disebut pensil tukang karena mayoritas tukang bangunan, termasuk arsitek dan pemborong, sering pakai tipe pensil jenis ini.

Karakteristik utama dari pensil ini ada pada bentuknya. Dimana, kedua ujung pensil punya warna berbeda dengan bisa di raut bersamaan.

Meski demikian, ada juga pensil tukang yang hanya terdiri dari satu warna saja. Bentuknya pipih memanjang dan inilah yang membedakannya dengan pensil tipe lain.

Mayoritas digunakan oleh tukang bangunan untuk memberi tanda atau untuk buat pola ukiran kayu dan lain sebagainya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Mana saja macam-macam pensil gambar dan melukis?

Paling cocok menggunakan pensil kayu dengan komponen dasar berupa grafit, arang dan karbon.

Bisa juga pakai pensil mekanik dan dermatograph. Ulasan lebih lengkap soal jenis-jenis pensil gambar sudah saya bahas disini.

2. Pensil HB termasuk jenis pensil yang bisa digunakan untuk apa?

HB merujuk pada level ketebalan goresan pensil. Dengan nilainya yang tidak terlalu tebal dan mata pensil yang tidak terlalu keras, pensil ini cocok digunakan untuk kegiatan menggambar atau melukis.

Terlebih jika lukisan atau gambar tersebut butuh sentuhan atau goresan yang lebih detail seperti saat menggambar rambut, bulu mata dan lain sebagainya.

3. Mana saja jenis pensil yang mempunyai kehitaman tebal?

Ada banyak Jenis pensil yang mempunyai kehitaman tebal yang bisa dilihat berdasarkan level goresannya.

FYI, level goresan ini terbagi dalam empat kelas pertama adalah B atau black, HB atau Half Black, F atau firm dan H atau Hard.

Artinya, pensil dengan tingkat kehitaman sangat tebal adalah B. Dalam kelas B, yang paling tebal adalah B8.

Penutup

Sebagai salah satu alat tulis menulis paling populer, mengetahui berbagai jenis pensil diatas sangat penting.

Sehingga, anda bisa tahu mana pensil yang cocok untuk menulis, mana pensil yang cocok untuk menggambar, mana pensil yang tidak boleh dipakai untuk dua aktivitas tersebut.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang macam-macam pensil paling populer di Indonesia dan Fungsinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar