Macam-Macam Jenis Motion Graphic dan Contohnya

Macam-macam jenis motion graphic atau grafik gerak bergantung pada bidang mana animasi jenis ini digunakan.

Misalnya, jika digunakan untuk video pembelajaran, maka ia masuk kategori motion graphic penjelasan.

Karakteristik utama motion graphic juga akan melahirkan jenisnya sendiri. Contoh sederhana jika yang ditampilkan mayoritas teks.

Dan teks tersebut bergerak dalam kecepatan tertentu maka ia akan disebut motion graphic tipografi atau, dalam bahasa yang lebih general, disebut animasi tipografi.

Dan tentu saja, cara buatnya sedikit berbeda dengan motion graphic untuk pemasaran, logo atau opening video dan film.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari macam-macam jenis motion graphic atau contoh motion graphic, simak artikel ini sampai habis.

Macam-Macam Jenis Motion Graphic dan Contohnya

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan macam-macam motion graphic dan contohnya, diantaranya:

1. Animasi Tipografi

Animasi tipografi adalah jenis motion graphic yang merujuk pada keadaan dimana teks tersebut dianimasikan selama beberapa detik.

Istilah ini kadang juga disebut tipografi kinetik yang biasanya mempresentasikan brand, merk, dan slogan perusahaan.

Sederhananya, animasi tipografi adalah jenis teks yang bergerak. Contoh paling sederhana dari animasi tipografi adalah lirik lagu di CD atau Youtube.

Misalnya, buka satu lagu, yang dibawahnya ada lirik. Setiap perubahan kata atau warna mempresentasikan perubahan lagu itu sendiri.

2. Animasi judul video

Berikutnya adalah animasi yang dibuat untuk judul video, yang kadang juga disebut animasi tingkat lanjut.

Ciri utama dari motion graphic jenis ini ada pada penempatan judul lanjutan diatas video dengan tujuan untuk menyempurnakan pesan, fitur, dan objek didalam video.

Atau, dalam beberapa kasus, bertujuan untuk memperkenalkan topik atau orang menggunakan teks yang mudah dibaca.

Secara teknis, motion graphic jenis ini mirip dengan animasi tipografi yang sudah dijelaskan di bagian atas.

Baca Juga:

Hanya saja, penggunaannya sedikit berbeda. Selain itu, prosesnya dilakukan dengan cara menghubungkan gambar statis lalu di render dalam video.

Dengan tetap mempertahankan transparansi sehingga bisa ditempatkan di atas file video atau gambar yang diinginkan.

Intinya, animasi tingkat lanjut bisa digunakan untuk memberikan label pada peristiwa, objek, stempel waktu dan lokasi tertentu saat video tersebut diputar.

Dengan demikian, cara ini memungkinkan anda melihatnya sebagai grafik bergerak yang biasanya muncul di bawah pembaca berita.

3. Animasi loop

Selanjutnya ada animasi Loop, yang merujuk pada animasi pendek yang bergerak mulus, tanpa suara apapun.

Didalamnya ada berbagai elemen desain mulai dari gambar ilustrasi, gambar vektor, teks dan juga foto.

Daya tarik animasi jenis ini ada pada pengulangan visualnya. Dengan demikian, akan sangat menarik digunakan untuk membuat pernyataan.

Contoh paling sederhana ada pada preloader bergerak yang banyak digunakan pada antarmuka aplikasi atau situs web.

Animasi jenis ini bisa digunakan untuk mencegah pengguna aplikasi atau situs web bosan atau gelisah saat menunggu tampilan di halaman berikutnya.

Hanya saja, grafik yang lebih besar dan kompleks seperti poster atau tanda juga dapat diubah jadi loop grafik animation.

Untuk contoh ini, biasanya ditempelkan di layar LED untuk menunjukkan acara atau di etalase.

Disisi lain, jika digunakan secara digital, mayoritas loop grafis bisa digunakan untuk menggantikan gambar statis untuk iklan, posting media sosial dan lain sebagainya.

4. Explainer videos

Video penjelasan atau explainer video adalah konten video pendek yang dapat dengan mudah dicerna dan memberi tahu audiens terkait dengan cara kerja produk.

Dari semua jenis grafik bergerak yang ada, inilah yang paling sering dijumpai. BIasnaya akan muncul di feed perusahaan, terlebih untuk memperlihatkan tampilan produk atau layanan mereka.

Jika jualan produk atau layanan yang tidak tidak mudah digunakan, diperlukan video penjelasan seperti ini.

5. Animasi produk

Animasi produk adalah jenis motion graphics yang dibuat secara khusus untuk menonjolkan fitur produk atau layanan lewat elemen tipografi dan ilustrasi.

Alasan utama mengapa dipisahkan dari video explainer atau UX/UI karena tujuan pembuatannya. Artinya, animasi produk dibuat untuk mengilustrasikan cara kerja suatu produk dengan cepat dan sederhana.

Dengan demikian, didalamnya ada ringkasan menyeluruh tentang produk yang mengkomunikasikan secara instruksional terkait dengan produk.

Termasuk juga untuk menjelaskan bagaimana masalah akan diselesaikan atau untuk membuat proposisi nilai dari produk secara individual.

Dengan demikian, animasi produk ini akan menggunakan kombinasi kata dan grafik, untuk memberi gambaran singkat terkait kepada calon pelanggan.

6. Instructional videos

Kadang, video penjelasan dan animasi produk diartikan sama dengan instructional videos atau video instruksional.

Ini wajar mengingat jenis motion graphics satu ini mirip dengan dua istilah sebelumnya. Hanya saja, fungsinya lebih teknis.

Dimana, instruksional vide dibuat secara khusus untuk memandu audiens atau calon konsumen terkait dengan bagaimana menggunakan satu produk.

Misalnya, saat ingin menjual penyedap rasa buatan anda sendiri. Nah bisa pakai video instruksional untuk memberi tahu audies terkait dengan caranya memasukkan ke masakan.

7. User interface (UI) animation

Animasi antarmuka pengguna atau UI dibuat secara khusus untuk aplikasi atau platform digital untuk memvisualisasikan tindakan menggunakan lewat grafik.

Dengan cara ini, ada yang dilihat oleh audiens, akan menunjukkan apa yang mereka dapat. Dengan demikian, sebelum menggunakan aplikasi tersebut, mereka sudah terbiasa dengannya.

Dan ini adalah salah satu cara paling jitu dan masuk akal untuk mempresentasikan atau menunjukkan fitur terbaik dari aplikasi yang digunakan.

Selanjutnya ada motion graphic logo yang merujuk pada presentasi visual dari logo yang digunakan secara bergerak.

Prinsipnya sih sama seperti motion graphic lain yang dibuat pakai gambar statis yang kemudian dimanipulasi untuk membuat gerakan.

Misalnya, apabila logo anda berbentuk lingkaran, bisa buat berputar sesuai keinginan sebelum akhirnya membentuk gambar jadi.

Atau mungkin, bisa buat secara sederhana dimana bisa buat logo tersebut melayang di layar untuk membuatnya terlihat hidup.

9. Animasi Ikon

Animasi ikon menggunakan konsep pembuatan yang sama seperti animasi logo diatas. Dimana, ikon tersebut akan dimanipulasi jadi gerakan.

Dengan demikian, grafik gerak ikon akan membuatnya terlihat hidup. Atau, dalam bahasa kerennya, menghidupkan apa yang sudah ada.

10. Animasi infografis

Animasi infografis merujuk pada beberapa statistik, bagan atau informasi lain yang dibuat semenarik mungkin sehingga pesannya bisa dimengerti tanpa perlu dibaca.

Dan ini adalah satu cara untuk menarik perhatian audiens. Dimana, dengan melihat motion graphic jenis ini, mereka secara tidak sadar akan tergoda untuk membacanya sekilas.

Namun, pergerakannya harus bisa dibuat agar bisa memastikan mata audiens tetap ada pada pusat dari infografis tersebut.

Dengan tujuan agar anda bisa menyampaikan pesan atau informasi yang sama persis seperti keinginan awal.

Jenis grafis gerak ini banyak dipakai untuk platform pencari kerja atau situs seperti LinkedIn dan lain sebagainya.

12. Animasi presentasi

Animasi presentasi biasanya digunakan oleh pembicara publik untuk mempresentasikan sesuatu di layar secara bergerak.

Dengan demikian, jenis grafik gerak satu ini dibuat untuk mengambil elemen visual dari satu presentasi, seperti diagram batang dan membuat gerakan untuk menarik perhatian audiens.

Sama seperti infografis dimana anda bisa menganimasikan bagian-bagian penting dari satu slide, dengan harapan untuk mendapat respon yang diinginkan.

12. Motion graphic untuk broadcast

Jenis grafik gerak yang mungkin sudah sangat familiar adalah Broadcast graphics atau gambar gerak untuk penyiaran.

Misalnya, informasi soal statistik pemain atau skor pada pertandingan sepakbola. Dan ini secara tidak langsung bisa menambah daya tarik visual untuk siaran tersebut.

Dengan begitu, grafik gerak akan membantu audiens membangun minat yang lebih terhadap siaran dan informasi yang mungkin diperlukan terkait siaran.

13. Gambar GIF

Terakhir ada Gambar GIF, yang kadang juga disebut motion graphic. Sadar atau tidak, GIF adalah format motion graphic paling populer sekarang ini.

Mayoritas GIF yang ada merujuk pada video aksi langsung yang sudah dibuat versi GIFnya pakai alat pengeditan khusus.

Intinya, grafik gerak GIF sangat berguna, dan efektif digunakan untuk berbagai tujuan. Selain itu, tidak perlu waktu yang lama untuk buatnya.

Penutup

Sebagai gabungan antara animasi dan desain grafis, motion graphic saat ini dianggap sebagai salah satu bentuk proyek multimedia yang cukup efektif.

Apalagi jika digunakan dalam pemasaran. Selain itu, jika digunakan dalam berbagai jeda tayangan TV atau video, hasilnya akan lebih maksimal.

Demikian artikel tentang macam-macam jenis motion graphic dan contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar