Kolase Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh dan Penerapan

Sederhananya, kolase adalah kegiatan menggabungkan beberapa foto sekaligus dalam satu bingkai untuk berbagai keperluan, hiasan dinding misalnya.

Karena itu, tidak salah jika ada orang yang bilang kalau kolase adalah kumpulan beberapa foto dalam satu bingkai.

Tapi, apakah definisi kolase yang sebenarnya? Apakah sama dengan montase atau mozaik? Cara buatnya gimana?

Termasuk juga pertanyaan lain seperti apakah ada jenis-jenis atau macam-macam kolase? Dimana saja ia diterapkan? Apakah ada contohnya?

Penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Definisi kolase adalah

Dalam kamus besar bahasa Indonesa [KBBI], kolase punya empat pengertian dasar, yakni:

  • Komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan seperti kain, kayu atau kertas yang ditempelkan pada permukaan gambar
  • Teknik penyusunan karya sastra dengan cara menempelkan bahan-bahan seperti ungkapan asing dan kutipan yang biasanya dianggap tidak punya hubungan satu sama lain
  • Cara menentukan naskah yang dianggap asli dengan membanding-bandingkan naskah sebelumnya atau naskah yang sudah ada

Topik artikel ini menggunakan pendekatan ke seni. Artinya, akan digunakan definisi kolase yang pertama.

Secara awam, kolase adalah seni visual dimana setiap elemen akan digabungkan untuk membentuk gambar yang baru.

Gambar itu dibuat sedemikian rupa dengan tujuan untuk menyampaikan ide, gagasan atau sekedar untuk melatih kreativitas.

Secara etimologis, kolase berasal dari bahasa Prancis, collér yang artinya merekatkan atau menempel. Istilah itu sendiri diadopsi dari bahasa Yunani, kolla yang berarti Lem.

Dari sinilah dapat disimpulkan kalau kolase adalah seni abstrak dimana foto, kliping koran, iklan cetak yang direketkan ke permukaan datar.

Dalam perkembangannya kemudian, kata kolase ini melahirkan beberapa genre atau gaya sesuai proses pembuatannya.

Sehingga lahirlah istilah fotomontase atau montase saja, yang sudah saya ulas di postingan sebelumnya disini.

Termasuk juga kolase kain dan découpage yang punya ciri khas sendiri sesuai bentuk dan ukurannya.

Dalam sejarah, kolase pertama kali muncul di abad ke-10. Dimana, pada saat itu, kaligrafer Jepang sudah menggunakannya saat buat bait puisi.

Untuk menguraingkan secara singkat perkembangan kolase, berikut saya sajikan urutan kronologis sejarah perkembangan kolase, diantaranya:

  • Kolase modern yang mula-mula muncul sebagai bentuk seni modern sudah dimulai awal abad ke-20 yang dipopulerkan oleh seniman kubisme, Pablo Picasso dan Georges Braque. Para pelukis beken diatas mulai menempelkan potongan kertas, kain atau benda lain ke kanvas
  • Kolase sendiri juga dipengaruh oleh aliran Dadaisme dan Surealisme yang bisa dilihat dengan jelas pada karya Hannah Höch. Ia sendiri menempelkan foto dan iklan yang sudah di potong dari majalah montase khusus untuk fotonya
  • Dianggap merupakan bagian dari aliran surealisme, karena para pelukis dan seniman sering menyandingkan elemen yang ada untuk menghasilkan satu karya baru. Ini terlihat dari karya-karya Joseph Cornell yang sudah mengadopsi teknik kolase untuk membuat gambar seperti mimpi sebelum Perang dunia ke-II
  • Pertengahan abad ke-20, kolase punya pengaruh yang besar terhadap aliran Pop art yang pertama kali terlihat dari karya seniman Inggris, Richard Hamilton.

Dan pembuatan seni kolase ini terus berlangsung sampai sekarang. Dimana, para kolagis, penyebutan untuk orang yang buat kolase, sudah menggunakan berbagai teknik yang berbeda.

Tapi mayoritas pakai teknik tradisional dimana gambar akan dipotong kecil lalu ditempel di satu permukaan. Prinsip yang sama juga berlaku saat buat kolase digital.

Jenis dan contoh Kolase

Dalam perkembangannya kemudian, seni tempel satu ini melahirkan berbagai jenis kolase atau yang bisa disebut juga macam-macam kolase.

Istilah jenis kolase lahir berdasarkan bahan saat buat kolase, diantaranya:

1. Kolase kertas

Kolase adalah
Full Volume Bloom – Derek Gores (Magazine Collage)

Tetap menggunakan istilah kolase awal yang berarti kertas sudah dipotong-potong dan ditempelkan disatu permukaan datar.

Artinya, kolase kertas atau papier collé adalah teknik kolase dimana kertas cetak ditempelkan di permukaan seperti kanvas untuk membentuk gambar baru.

Karya kolase tipe ini terlihat jelas pada lukisan karya Picasso, Braque dan pelukis asal Spanyol Juan Gris yang juga bisa disebut contoh kolase kertas.

2. Kolase potong 

Kolase adalah
Springy Beard – Small Hands Big Art (Decoupage)

Kolase potong atau découpage adalah suatu istilah yang muncul awal abad ke-17 yang menggambarkan proses pembuatan atau dekorasi furnitur berciri khas Kolase.

Kata ini sendiri beraasl dari Bahasa Prancis, découper yang berarti memotong atau melibatkan penataan dan penempelan kertas berwarna.

Baca Juga:

Prosesnya dengan cara menempel setiap potongan kertas itu untuk membentuk gambar yang kemudian dicat pakai vernis.

Contoh sederhana kolase jenis ini bisa lihat karya Henri Matisse dalam karyanya yang berjudul Blue Nude II yang dibuat tahun 1952.

3. Montase foto

Kolase adalah

Jenis kolase berikutnya adalah bentuk kolase paling umum yakni kolase foto yang kadang juga disebut foto montase atau photomontage.

Kolase foto dibuat dengan cara memotong atau menempelkan foto lain untuk membuat gambar baru yang lebih dikenal dengan teknik compositing.

Gambar baru ini sering di foto untuk menciptakan elemen foto dalam satu frame atau bingkai. Kolase jenis ini paling mudah dibuat karena hanya perlu cetak foto saja.

Nantinya, setiap foto yang dicetak itu ditempatkan di satu permukaan, yang pada akhirnya akan membentuk gambar baru.

Jenis montage satu ini pada akhirnya melahirkan satu istilah penting yakni montase, yang juga sudah saya bahas di postingan sebelumnya dan sudah saya tautkan diatas.

4. Kolase kumpulan

Kolase adalah

Jenis kolase selanjutnya adalah kolase kumpulan yang kadang juga disebut kolase himpunan atau assemblage.

Kolase ini merujuk pada teknik dimana gambar tiga dimensi dibuat dengan menambahkan objek yang ditempatkan di permukaan datar.

Artinya, kolase jenis ini merupakan bentuk seni visual yang masih berhubungan dengan montase berkat proses pembuatannya.

Contoh paling sederhana bisa lihat karya Pablo Picasso yang menggunakan potongan logam dalam lukisannya dan Robert Rauschenberg yang menggabungkan bahan dan cat saat buat relief.

5. Kolase cat

Kolase adalah
Oopsy Daisy Peacock – Eric Carle (Paint Collage)

Lalu ada kolase cat atau paint collages yang digunakan dengan cara mengecet selembar kertas dengan pewarna khusus.

Prinsipnya sama seperti melukis tapi yang dilukis hanya gradien warna saja dengan menambahkan bintik atau garis disekitarnya.

Kemudian kertas itu dibiarkan kering lalu di potong atau di sobek-sobjek untuk kemudian direkatkan di satu permukaan sehingga membentuk objek atau pola baru.

6. Kolase kayu dan bahan alami

Kolase adalah
Bionic Boom – Natalie C. Wood (Wood Collage)

Lalu ada kolase kayu dan bahan alami atau Wood & Natural Collages yang dibuat dari ranting, cabang sampai daun pohon.

Kelebihan dari kolase jenis ini ada pada teksturnya dimana kontur permukaannya berbeda satu dengan yang lain dan cocok digunakan sebagai permainan anak-anak.

7. Kolase kain

Kolase adalah
Midsummer’s Daydream – Julie R. Berkely (Fabric Collage)

Kolase kain atau fabric collages dibuat dari kain atau pakaian lama yang sudah tidak dipakai lagi.

Nantinya, setiap bahan itu akan direkatkan, di setrika lalu di jahit dengan tangan atau mesin jahit diatas permukaan yang diinginkan.

Kemudian ditempelkan satu per satu untuk membentuk objek baru berupa gambar hewan atau yang lainnya.

8. Kolase 3D

Kolase adalah
Tetrahedronic Collage Art – Abigail Reynolds (3D Collage)

Selanjutnya ada Kolase 3D atau 3D Collages yang terlihat dari bentuknya. Untuk bahannya bebas entah itu kain, ranting pohon, logam dan lain sebagainya.

Mayoritas dibuat 2 Dimensi dulu dari bahan berbeda mulai dari kertas atau bahan lainnya lalu di potong membentuk segitiga jadi dua bagian.

9. Mosaik

mozaik adalah

Mosaik atau Mosaics termasuk juga seni kolase berbahan keras karena dibuat dari pecahan kaca, ubin, marmer, kerikil dan lain sebagainya.

Jika kolase ini sudah jadi bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk jendela kaca patri, hiasan dinding, jendela gereja atau katedral dan lain sebagainya.

10. Kolase digital

Kolase adalah
Neverland – Antigoni Vasilaki (Digital Collage)

Terakhir ada kolase digital atau Digital Collages yang bisa dibuat dengan bahasa pemograman atau di aplikasi khusus.

Meski dibuat secara digital, tapi tetap menggunakan teknik dasar dimana gambar atau kertas akan di potong dulu.

Nantinya, setiap gambar itu bisa di ubah ukurannya, penempatannya sampai di duplikasi. Kalau sudah, akan diwarnai untuk kemudian di simpan dalam satu bingkai.

Penerapan Kolase

Meski erat kaitannya dengan foto atau gambar, tapi penerapan kolase tidak terbatas pada gambar atau foto saja.

Artinya, ia bisa diterapkan pada beberapa bidang sehingga lahirlah istilah kolase musik, kolase video, kolase foto dan lain sebagainya.

1. Kolase Seni

Pertama ada kolase seni, yang tidak boleh diartikan sebagai seni kolase sebab bisa mempengaruhi definisinya secara langsung.

Pada dasarnya, kolase seni adalah aktivitas seniman yang mengumpulkan karya orang lain jadi suatu karya baru.

Kegiatan ini tentu saja akan melahirkan karya seni baru yang pada gilirannya akan membuatnya lebih unik dan menarik.

Artinya, kolase seni adalah bentuk ekspresif dari seseorang secara keseluruhan dengan menggabungkan banyak model, teknik dan gaya dari seniman lain.

Prosesnya dengan cara menggabungkan karya seni orang lain jadi satu karya baru dalam bentuk kompilasi, atau yang disebut juga kompilasi.

2. Kolase Musik

Definisinya sama seperti kolase seni yang sudah saya sebutkan diatas tapi karyanya bukan lagi seni melainkan musik.

Bicara musik, maka akan melibatkan atribut lain dalam musik entah itu lirik, instrumen, vocal, suara, video clip dan lain sebagainya.

Artinya, ia secara sengaja membuat satu karya atau menciptakan lagu kohesif dengan cara menggabungkan karya dari musikus atau penyanyi lain.

Atau mungkin pernah dengar istilah kolaborasi dari dua penyanyi? Jika pernah, maka ia juga bisa disebut sebagai kolase.

Mengapa? Karena prinsip kolase ada didalamnya yakni menggabungkan satu atau lebih karya atau penyanyi dalam satu karya.

3. Kolase film

Berikutnya ada kolase film yang pada dasarnya berfungsi sebagai wadah kreatif untuk mengekspresikan tujuan dan visi pembuat film.

Intinya, pada kolase film, seseorang akan menggabungkan beberapa film sekaligus jadi satu film yang baru.

Meski proses pembuatan film di TKP atau scene yang berbeda-beda sudah memenuhi prinsip dasar dari kolase itu sendiri.

Maksudnya gimana sih? Maksudnya begini. Anda sedang buat projek film berlatar anak muda dan syutingnya di 3 tempat berbeda.

Sebut saya tempat syuting pertama adalah Sekolah. Kedua, di rumah seorang teman dan ketiga di salah satu tempat makan favorit.

Saat syuting di sekolah, anda ambil foto long-shoot, close-up, mid-range dan lain sebagainya. Di tempat syuting berikunya anda ambil dengan gaya yang sama.

Setelah proses syuting selesai, anda kemudian kumpulkan setiap berkas video itu untuk di edit, yang secara tidak langsung anda sudah mengkolasekannya.

Jadi, kolase film ini tidak saja dilakukan setalah video jadi atau pasca-editing. Saat prosesnya sudah layak disebut kolase.

4. Kolase foto

Terakhir ada kolase foto yang dibuat dengan cara mengumpulkan berbaagai foto atau gambar ke dalam satu bingkai atau frame.

Paling sederhana bisa lihat latar belakang gambar yang sudah saya tempatkan diatas. Kira-kira, pengertiannya demikian.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa sih perbedaan kolase dan montase?

Perbedaan paling utama antara kolase dan montase ada pada bentuk materialnya dimana kolase tidak perlu dipotong-potong sementara montase wajib di potong kecil.

2. Apa perbedaan Kolase dan Mozaik?

Perbedaan antara kolase dan mozaik terlihat dari bahan yang digunakan. Jika kolase bahanya lunak sementara mozaik bahannya kertas.

Ulasan lebih jelas soal perbedaan baik itu kolase dan mozaik termasuk juga kolase dan montase sudah saya bahas di postingan ini.

3. Apa perbedaan kolase dan kolagis?

Kolase adalah seni menggabungkan berbagai komponen, foto misalnya, ke dalam satu frame sehingga membentuk gambar atau pola baru.

Sementara, kolages adalah orang yang buat atau melakukan penggambungan kolase itu sendiri. Bisa juga disebut orang yang menerapkan ilmu kolase.

Penutup

Pada intinya, kolase adalah seni mengumpulkan berbagai material seperti kertas, kayu sampai besi untuk dibentuk jadi satu gambar atau pola baru.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang Kolase adalah: pengertian, jenis, fungsi, contoh dan penerapan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar