Kode Warna Pas Foto Biru dan Merah Yang Benar

Umumnya, ada dua jenis warna pas foto yang digunakan secara formal sebagai latar belakang foto.

Hanya saja, karena dua warna tersebut memiliki variasi yang berbeda-beda, maka banyak orang yang sulit menentukan mana warna yang dipakai.

Misalnya, warna biru yang memiliki varian seperti navy, teal, ocean, lapis, spruce, admiral dan lain sebagianya.

Kasus yang sama juga berlaku untuk warna merah mulai dari cherry, rose, jam, merlot, garnet, krimsom dan seterusnya.

Masalah lain yang dihadapi adalah warna yang tampil di layar kadang tidak persis sama saat di cetak di atas kertas.

Penyebabnya karena warna monitor menggunakan skema warna RGB sementara mesin cetak foto seperti printer pakai skema warna CMYK.

Disisi lain, tidak jelas soal aturan penggunaan warna latar pas foto tersebut. Tapi, dari sumbernya, secara formal mulai digunakan pada KTP dari Dinas Pencatatan Sipil.

Dan untuk anda yang sedang cari kode warna pas foto biru atau kode warna pas foto merah yang benar, simak artikel ini sampai habis.

Kode Warna Pas Foto Biru dan Merah Yang Benar

Lantas, apa kode warna untuk pas foto latar merah? Atau pas foto latar biru? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

1. Kode Warna Merah Untuk Latar belakang Pas Foto

Kode Warna Pas Foto Biru dan Merah Yang Benar
Nama warnaMerah hangat
Kode warna HEX#db1514
RGB desimal219, 21, 20
CMYK0%, 90%, 91%, 14%
HSV0°, 91%, 86%
HSL0°, 83%, 47%

Aturan penggunaan latar belakang merah untuk pas foto hanya dipakai oleh anda yang tahun kelahirannya ganjil.

Dengan demikian, saat melamar kerja dan diminta memasukkan pas foto, atau mungkin untuk foto formal lain dan anda lahir tahun 1993, 1999, 2005 wajib pakai latar merah.

Baca Juga:

Intinya, apabila akhir tahun kelahiran anda ganjil, disarankan agar pakai warna merah. Itu saja, selebihnya tinggal disesuaikan sama ukuran dan jumlah foto yang diminta.

Perhatikan, tidak semua dokumen wajib mengikuti aturan diatas. Misalnya, foto SKCK yang semuanya wajib melampirkan pas foto latar merah sekalipun tahun kelahiran ganjil atau genap.

2. Kode warna Biru Untuk Latar Belakang Pas Foto

Kode Warna Pas Foto Biru dan Merah Yang Benar
Nama warnaBiru muda
Kode warna HEX#0090ff
RGB desimal0, 144, 255
CMYK100%, 44%, 0%, 0%
HSV206°, 100%, 100%
HSL206°, 100%, 50%

Sama seperti latar belakang merah di atas dimana penggunaan latar belakang biru juga didasarkan pada tahun kelahiran.

Dengan demikian, apabila merah mengacu pada kelahiran ganjil maka biru digunakan oleh anda yang tahun kelahirannya genap.

Artinya, apabila ada dari anda yang lahir pada tahun 1994, 1996, 1990, 2004, 2010 dan lain sebagainya, harus menggunakan warna latar ini.

Sebagai tambahan, ada beberapa sumber yang menyebutkan kalau kode warna biru untuk latar belakang pas foto adalah #0B00A3.

Kode warna di atas merujuk pada warna biru gelap sedang yang terlihat seperti biru magenta. Dan tentu saja, warna tersebut adalah keliru.

Mengapa demikian? Karena hasil warna yang terlihat di monitor dan yang dicetak itu berbeda. Hal ini disebabkan karena perbedaan prosesing warna.

Warna monitor didasarkan kombinasi antara merah (red), hijau (green) dan biru (blue) sementara mesin cetak foto menggunakan skema CMYK (cyan, magenta, yellow dan black).

Artinya, jika menggunakan kode warna di atas, hasil yang terlihat di monitor berbeda dengan apa yang terlihat setelah di cetak bentuk fisiknya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini akan diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa itu Pas foto?

Pas foto adalah foto close up berukuran kecil yang hanya memperlihatkan kepala sampai ke dada subjek foto, yang umum dipakai untuk berbagai kebutuhan, seperti:

  • Untuk pembuatan foto KTP di Dukcapil atau DInas Pencatatan Sipil
  • Untuk pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) saat melamar kerja
  • Saat membuat surat lamaran menjadi anggota POLRI, TNI, CPNS atau BUMN serta BUMS
  • Untuk digunakan pada ijazah baik ijazah SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi
  • Sebagai kartu tanda anggota organisasi, kartu pelajar dan lain sebagainya

Jadi, fungsi pas foto ini ada banyak. Karena itu, sebelum melamar kerja, pengetahuan-pengetahuan umum macam ini perlu diketahui.

2. Apakah ada alternatif untuk kode warna pas foto selain yang ada diatas?

Alternatifnya ada banyak. Dimana anda bisa menggunakan skema warna lain untuk warna merah dan biru.

Untuk contoh saja, jika tahun kelahiran anda genap, maka bisa pakai warna biru gelap (#0b00a3), biru langit (#0099ff), biru navy (#0D00A5) dan warna biru asli (#0F4ED8).

Tapi disarankan jika dipakai untuk aktivitas formal, sebaiknya pakai warna biru yang sudah disebutkan diatas.

Kecuali jika dipakai untuk tujuan-tujuan tertentu misalnya untuk kearsipan, untuk disimpan didalam dompet atau kenang-kenangan.

3. Apa tujuan penggunaan warna latar belakang merah dan biru pada foto?

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwasanya ada alasan mengapa harus menggunakan latar belakang biru dan merah untuk pas foto.

Kalau untuk KTP, memang sudah aturan dari Kementerian Dalam Negeri soal ini sehingga jadi standar formal warna untuk latar belakang foto.

Disisi lain, untuk perusahan biasanya hanya digunakan untuk tujuan administratif saja salah satunya memudahkan pihak mencari data anda.

Hanya saja, tidak semua perusahaan atau instansi menggunakan konsep dualisme warna berdasarkan tahun kelahiran untuk pas foto.

Karena ada yang hanya meminta satu latar saja untuk pas foto apakah itu merah atau biru, yang bergantung penuh pada keputusan manajemen.

4. Bagaimana cara mengubah warna latar belakang foto jadi biru atau merah?

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mengubah warna latar belakang foto jadi biru atau merah baik online atau offline.

Untuk tools online, anda bisa gunakan tools seperti remove.bg, slazzer.com, Adobe Spark Online, clippingmagic.com dan editphotosforfree.com.

Penjelasan lebih lengkap soal bagaimana menghapus background foto secara online pada lima tools diatas bisa baca ulasannya di postingan ini.

Selain online, anda juga bisa pakai aplikasi edit foto yang bisa digunakan secara offline alias tanpa koneksi internet.

Banyak kok aplikasi edit foto diluar sana yang memungkinkan anda melakukan tugas ini mulai dari Photoshop, Paint 3D, Adobe Photoshop, Microsoft Word dan lain sebagainya.

Ulasan soal bagaimana menggunakan aplikasi edit foto online seperti Photoshop, Paint 3D sampai Microsoft Word sudah saya bahas di artikel sebelumnya disini.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan setelah mengubah latar belakang foto jadi merah atau biru adalah ukurannya.

Apakah itu 2×3 dan 3×4 yang paling umum diminta atau mungkin ukuran lain. Perhatikan, jika diminta memasukkan ukuran diatas, maka ia mengacu pada cm.

Dan ini adalah standar yang digunakan. Ulasan lebih lengkap soal ukuran foto dalam cm, mm, inci termasuk DPI, bisa penjelasannya di artikel ini.

Penutup

Jika sedang melamar kerja atau mungkin mendaftar ke sekolah kedinasan, mengetahui kode warna dan penggunaannya adalah hal wajib.

Jika tidak, bisa saja berkas anda tidak akan diterima, yang mungkin menguras waktu, atau mungkin dalam beberapa kasus, ditolak hanya karena latar belakang foto.

Hal yang sama juga berlaku untuk anda yang bekerja sebagai editor foto atau tukang cetak foto, jadi penting untuk mengetahui warna mana yang digunakan.

Demikian artikel tentang kode warna pas foto biru dan merah yang benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar