8+ Jenis Suara Manusia Saat Bernyanyi dan Contoh Penyanyi

Jenis suara yang akan saya ulas di artikel ini mengacu pada rentang vokal suara yang muncul saat seseorang bernyanyi.

Setiap orang punya karakter suara sendiri. Karakter suara ini dipengaruhi oleh beberapa aspek mulai dari rentang vokal, tessitura, timbre dan lain sebagainya.

Rentang vokal sendiri adalah nada terendah atau tertinggi yang dapat dinyanyikan seseorang berdasarkan pengelompokannya.

Memang sih, ada beberapa orang yang bisa mencapai rentang vokal lebih dari satu, namun ia harus bisa menentukan jenis suara mana yang lebih nyaman dipakai saat nyanyi.

Pengelompokan inilah yang kemudian dikenal sebagai jenis suara atau kategori suara manusia seperti Bass, Baritone, Tenor, Alto, Mezzo-Sopran dan Soprano.

Dan di artikel ini akan saya kelompokan dalam dua bagian yakni jenis suara wanita dan suara pria.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari jenis suara, kategori suara manusia, kelompok suara manusia saat bernyanyi, simak artikel ini sampai habis.

Sebelum itu, baiknya saya bahas dulu apa itu jenis suara dan kriteria apa saja yang menentukan kalau suara seseorang masuk satu kategori atau tidak.

Apa itu Jenis suara?

Jenis suara adalah penggolongan atau pengelompokan suara berdasarkan beberapa kriteria dibawah ini, seperti:

  • Vocal Range atau jangkauan vokal adalah nada yang mampu dihasilkan oleh suara seseorang dari nada yang paling rendah sampai yang paling tinggi
  • Tessitura adalah nada yang ketika dinyanyikan rasanya lebih nyaman
  • Vocal Wight atau bobot suara adalah pembobotan suara apakah suara itu lebih halus, lebih berat, terdengar lincah, terdengar jernih, enerjik dan lain sebagainya
  • Vocal timbre atau timbre suara adalah kualitas suara itu sendiri alias teksturnya. Oh iya, timbre inilah yang bikin tiap suara unik dan dapat dikenali seseorang
  • Daftar vokal adalah kelompok suara yang membentuk produksi suara
  • Transitions Points atau titik transisi adalah titik dimana suara berada apakah di dada atau suara kepala
  • Level berbicara adalah level suara yang muncul saat seseorang berbicara dan dipengaruhi oleh ciri-ciri fisiknya

Oh iya, sistem pengelompokan suara ini awalnya dibuat untuk memudahkan aktor dapat peran dalam opera.

Karena mayoritas opera klasik butuh semua jenis suara entah itu Sopran, Alto, Tenor, Bass dan lain sebagainya.

Dan mengetahui karakteristik suara sendiri saat bernyanyi sangat penting. Tujuannya apa? Agar anda bisa tahu nada mana yang cocok digunakan saat bernyanyi.

Dengan mendapatkan nada yang cocok, anda tidak akan memaksakan diri sendiri untuk menjangkau nada suara yang tinggi, yang justru membuat anda tidak nyaman.

8+ Jenis Suara Manusia Saat Bernyanyi dan Contoh Penyanyinya

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 8+ Jenis Suara Manusia saat bernyanyi dan contoh penyanyinya.

Jenis suara apa saja itu? Penasaran, kan? Berikut daftarnya untuk anda:

1. Suara wanita

Suara wanita dibagi dalam tiga kategori yakni Sopran, Mezzo-sopran dan Alto. Berikut penjelasannya:

a. Sopran

Di KBBI, sopran atau soprano adalah suara tertinggi wanita dan anak laki-laki atau juga jenis suara wanita tertinggi dengan rentang vokal C4-C6.

Istilah diatas juga melahirkan dua istilah spesifik lain yang juga merujuk pada jenis suara yakni boy-soprano, coloratura soprano serta lyric-soprano yang akan saya jelaskan secara terpisah dibawah.

Ada beberapa contoh penyanyi kenamaan dunia yang punya warna suara sopran seperti Britney Spears, Mariah Carey, Christina Aguilera dan Whitney Houston [alm].

b. Mezzo-Sopran

Mezzo sopran atau Mezzo-Soprano adalah jenis suara menengah untuk wanita, yang rentang suaranya ada diantara Alto dan Sopran.

Tipikal suara satu ini berada dalam rentang nada A3-A5. Dulunya, kelompok suara ini masuk bagian dari sopran sebelum adanya pemisahan rentang suara sopran, mezzo-sopran dan Alto.

Adele dan Katty Pary adalah contoh dari penyanyi terkenal dunia yang punya suara Mezzo-Sopran.

b. Alto

Di KBBI, Alto punya dua pengertian dasar, yakni nada yang mencakup suara terendah wanita dan nada suara tertinggi pria [antara sopran dan tenor] dan orang [penyanyi] bersuara antara sopran dan tenor.

Dengan demikian, Alto adalah jenis suara wanita terendah ke-2 dengan rentang vokal F3-F5.

Sekalipun ada beberapa orang yang bisa nyanyi dengan nada lebih rendah atau lebih tinggi dari rentang ini.


Baca Juga:


Untuk suara Alto yang bisa bernyanyi dibawah rentang vokal diatas, disebut Contraltos, yang renatangnya tak jauh beda dengan Tenor.

Sekalipun Alto punya jangkauan suara yang sangat mirip dengan Mezzo-soprano, suara mereka biasanya lebih kaya terlebih saat nyanyi di nada rendah dibanding Mezzos.

Di Indonesia ada beberapa contoh penyanyi dengan suara Alto seperti Krisdayanti, Ruth Sahanaya hinga Fatin S. Lubis.

c. Contralto

Contralto adalah suara wanita yang sangat langka karena tessitura musik dan nadanya yang cenderung rendah.

Juga karena alasan ini peran mereka dalam opera sangat jarang dan sering digantikan mezzo-sopranos atau kadang disebut Castrato sekalipun warna nadanya lebih berat.

Ada beberapa contoh penyanyi dengan suara contralto seperti Amy Winehouse, Merceder Sosa dan lain sebagainya.

2. Suara Pria

Suara pria cenderung lebih variatif ketimbang wanita. Bahkan ada beberapa Pria yang bisa nyanyi sopran atau mezzo-sopran.

Berikut disajikan beberapa jenis suara pria yang muncul saat bernyanyi dari yang paling umum sampai yang jarang ditemui, seperti:

a. Bass

Di KBBI, Bass punya dua pengertian dasar, yakni nada yang besar dan rendah [tentang musik dan lagu] dan alat musik yang mempunyai nada terendah.

Dalam konteks suara, Bass adalah salah satu jenis suara pria paling rendah dengan rentang vokal E2-E4. Dalam beberapa kasus, Bass bisa nyanyi sekalipun nadanya mulai dari C2 atau G4.

Bebi Romeo dan Delon Thamrin adalah beberapa contoh penyanyi Indonesia bersuara Bass.

b. Bariton

Sama seperti Bass dimana baritone adalah jenis suara pria terendah kedua dalam rentang vokal suara pria.

Makanya tak usah heran kalau ada yang mengatakan bahwa baritone adalah rentang vokal antara bass dan tenor.

Tipikal nada suara baritone bisa dimulai dengan nada A2 sampai A4. Mereka juga bisa nyanyi di nada F2 dan C5.

Salah satu contoh penyanyi Bariton Indonesia adalah Sammy Simorangkir. Kalau penyanyi luar bisa dengar Michael Buble atau sang lengenda Bariton yakni Frank Sinatra.

c. Tenor

Di KBBI, tenor punya dua pengertian dasar yakni, jenis suara tertinggi untuk orang laki-laki dan orang yang punya suara tenor.

Tenor dianggap juga sebagai jenis suara pria tertinggi ke-2 dengan rentang vokal C3-C5 jika bariton tak masuk dalam list diatas.

Penyanyi tenor biasanya punya kendali lebih besar atas falsetto atau suara kepala.

Sementara, kalau wanita yang nyanyi di nada tenor, biasanya mereka hanya bisa mulai dari rentang lebih pendek seperti Do3 hingga Do4.

Karena wanita hanya bisa nyanyi dengan nada nada wanita saja, yang sudah saya jelaskan diatas, begitu pun sebaliknya.

Oh iya, dalam beberapa kasus, tenor juga bisa nyanyi nada yang lebih tinggi dari rata-rata suara tenor pada umumnya atau yang kadang juga disebut countertenor.

d. Countertenor

Countertenor adalah tipe suara pria tertinggi dengan rentang vokal E3-E5 atau tenor namun dengan warna suara yang lebih tinggi.

Untuk contoh penyanyi tenor atau counter tenor di Indonesia ada banyak seperti Ari Lasso dan Once Mekel.

Kalau penyanyi luar bisa dengar suara-suara keren Adon Base Jam, Plácido Domingo termasuk juga Enrico Caruso.


FAQ

Daftar pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan postingan ini akan saya ulas dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa yang dimaksud dengan Boy Soprano?

Boy soprano atau sopran laki-laki adalah istilah yang merujuk pada suara sopran laki-laki, yang suaranya tidak berubah dalam rentang sopran.

2. Apa yang dimaksud dengan Castrato?

Castrato atau yang kadang juga disebut castrati dalam bahasa Italia adalah salah satu subkategori suara nyanyian lelaki yang setara dengan soprano, mezzo-soprano atau contralto.

3. Apa yang dimaksud dengan Coloratura Soprano?

Coloratura soprano atau yang kadang juga disebut Soprano Koloratura mengacu pada jenis opera khusus yang menampilkan adegan lincah dan gesit disertai lompatan atau trills.

4. Apa yang dimaksud dengan Lyric Soprano?

Lyric soprano atau sopran lirik mengacu pada jenis opera sopran yang menampilkan banyak musik, dengan kualitas tertentu, penuh timbre yang terdengar seperti orkestra.

Penutup

Setiap manusia punya karakteristik suara atau vokal sendiri-sendiri, yang semuanya di kelompokan dalam beberapa bagian.

Bagian-bagian itu sudah saya sebutkan diatas mulai dari Sopran, Alto, Bass dan Tenor termasuk juga kategori suara lain yang merupakan kombinasi antar dua suara.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin pertanyaan lain terkait dengan postingan ini jangan lupa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang *+ jenis suara manusia saat bernyanyi dan contoh penyanyinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar