4+ Jenis Siaran Televisi di Indonesia dan Formatnya

2 Likes Comment
jenis siaran televisi

Siaran Televisi pada dasarnya merujuk pada kategori atau format program televisi yang disiarkan kepada pemirsa secara langsung ataupun tidak.

Jika sering nonton TV, pasti anda tidak kaget lagi dengan perubahan topik siaran yang sudah dijadwalkan sebelumnya oleh stasiun TV.

Misalnya dari siaran On the Spot ke Opera Van Java yang dulunya sangat populer di salah satu stasiun TV swasta Indonesia.

Perubahan program semacam ini kadang disampaikan kepada pemirsa sehingga pemirsa bisa menghafal jadwal siaran apa yang akan muncul pada jam tertentu.

Misalnya, jam sekian acara anak Spongebob Squarepants, jam sekian acara sinetron, jam sekian acara musik, jam sekian acara olahraga, jam sekian berita malam dan lain sebagainya.

Secara umum, format program televisi ini terbagi menjadi empat kategori utama yakni Program berita, program non-berita, siaran langsung [live streaming] dan program komersial.

Apa itu jenis siaran?

Jenis siaran atau yang kadang juga disebut jenis acara siaran adalah sebuah program televisi yang sudah dijadwalkan sebelumnya oleh manajemen TV.

Tujuannya untuk memaksimalkan semua jam yang ada dengan acara atau program yang sudah dibuat sebelumnya atau program yang disiarkan secara langsung.

Apabila acara atau program tersebut punya rating yang bagus, maka pihak manajemen akan mempertahankannya.

Karena semakin tinggi rating suatu acara TV maka semakin tinggi popularitasnya. Apabila suatu acara disukai oleh masyarakat maka nilai atau biaya iklannya semakin tinggi.

Kadang juga, jenis siaran ini disebut dengan genre acara televisi atau pembagian siaran secara umum yang dikategorikan dalam beberapa bagian utama seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Sementara, pengertian Televisi atau siaran televisi adalah sebuah jenis siaran gambar yang disertai dengan bunyi atau suara lewat kabel menggunakan alat pengubah cahaya atau gambar dan bunyi menjadi gelombang listrik.

4+ Jenis Siaran Televisi dan Contohnya

Lantas, jenis siaran televisi apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Program Berita [news program]

Program berita adalah suatu produk jurnalisme Televisi yang fokus pada berita-berita jurnalisme terbaru atau berita yang sedang hangat ditengah masyarakat.

Dalam program berita ini terdapat beberapa subgenre atau subprogram, diantaranya:

a. Berita terkini [current affairs: broadcast journalism]

Berita terkini adalah siaran jurnalisme yang penekanannya ada pada berita-berita langsung atau straight news.

Beberapa stasiun berita terkadang menyajikannya dengan analisis rinci disertai dengan diskusi atas informasi tersebut.

Kadang dengan mengundang tamu yang disesuaikan sama topik yang dibicarakan. Konsep penyajiannya juga cukup fleksibel, bisa di studio, bisa ditempat keramaian dan lain sebagainya.

b. Berita feature TV

Feature adalah salah satu istilah dalam dunia jurnalisme yang merujuk pada berita mendayu-dayu yang disajikan secara mendalam.

Dalam konsep berita televisi, feature TV ia dibuat dengan narasi latar yang menceritakan suatu topik entah itu perjalanan kehidupan pribadi seseorang, masalah dan solusi atau keseharian tokoh.

Di Indonesia, berita feature TV disajikan dalam tema tertentu sehingga lahirlah berbagai istilah seperti feature kepribadian, feature sejarah, feature pendidikan, feature petualangan dan feature musiman.

Berikut beberapa contoh program feature televisi di Indonesia seperti Laptop si Unyil, Si Bolang, Mancing mania, My trip my adventure dan sebagainya.

c. Berita hiburan [entertainment news]

Berita hiburan adalah suatu program televisi yang isinya sebagian besar berkaitan dengan industri hiburan entah itu film dan musik.

Beberapa stasiun TV mengkolaborasikan berita ini dengan informasi lain seperti informasi olahraga, atlet dan lain sebagainya.

d. Tabloid Televisi [tabloid television]

Tabloid televisi yang juga dikenal dengan nama teletabloid adalah bentuk jurnalisme tabloid dimana siaran televisinya dibuat dengan grafis mencolok dan cerita sensasional.

Tergantung pada jenis informasi yang disampaikan, terkadang disertai dengan foto atau video tentang tokoh yang dibicarakan.

e. Infotainment

Beberapa stasiun TV memasukkan jenis siaran ini ke dalam teletabloid atau entertainment karena sifatnya yang sensasional, menghibur dan punya pemirsa khusus.

Meski kebanyakan informasi yang disampaikan hanya berisi masalah-masalah yang dialami selebriti, keseharian selebriti dan berita-berita sensasional lain.

Beberapa jurnalis media cetak dan praktisi sering menganggap infotainment bukan bagian dari jurnalisme karena berbagai alasan.

Meski demikian, cara penyajian berita infotainment ini tetap mengikuti pedoman jurnalisme TV meski punya kecenderungan didramatisir.

Ada beberapa contoh berita infotainment yang cukup populer di Indonesia yakni Silet, Insert, Hot kiss dan lain sebagainya.

f. Ulasan public [public affairs broadcasting]

Ulasan publik adalah salah satu program televisi yang fokus utamanya ada pada berita politik atau kebijakan publik.

Program berita semacam ini seringkali dibuat untuk memenuhi harapan Komisi Penyiaran Indonesia [KPI] dan tidak dirancang sebagai siaran utama.

Dulunya, di TVRI, program ini sering menampilkan aktivitas Soeharto, pernyataan-pernyataannya, pidatonya dan lain sebagainya.

2. Program non-berita

Selain program berita, televisi juga menyajikan program non-berita yang didalamnya berisikan banyak sekali jenis acara atau program, diantaranya:

a. Sinetron

Sinetron adalah sebuah acara TV yang pada dasarnya merupakan bagian dari film namun disajikan dalam konsep yang lebih segar.

Sinema elektronik [sinetron] ini tayang setiap hari pada jam tertentu, bisa malam, bisa siang hingga subuh dengan alur cerita masing-masing.

Di Indonesia, banyak stasiun TV yang menayangkan program semacam ini karena minat pemirsanya yang cenderung tinggi, terlebih kalangan usia 35 tahun ke atas.

b. Acara anak [children’s series]

Acara anak atau kadang disebut seri anak-anak adalah program televisi yang dibuat khusus untuk anak-anak.

Biasanya, jenis siarannya berisikan kartun, anime atau hal-hal lain seputar kehidupan anak yang hanya disiarkan pada jam-jam tertentu.

c. Acara masak [cooking show]

Acara memasak adalah program televisi yang menyajikan presentasi makanan di studio yang dibuat sedemikian rupa layaknya dapur.

Dalam program ini pembawa acara yang biasanya seorang koki selebriti menyiapkan satu atau lebih hidangan dalam satu episode.

Koki ini mengajak penonton untuk menonton kegiatan masak yang ia lakukan guna mendapatkan insiprasi masakan sekaligus untuk mengetahui tahap-tahap memasak yang baik dan benar.

d. Dokumenter [documentary]

Dokumenter adalah film panjang atau hampir panjang dengan fitur utama menggambarkan suatu peristiwa di dunia nyata dan diceritakan dengan gaya jurnalistik.

Kadang gaya penyiarannya dibuat dengan narasi sastra sehingga hasil siarannya lebih ke dokudrama ketimbang dokumenter.

e. Drama [Dramality]

Dramality adalah kombinasi dari drama televisi dan reality show yang disajikan secara kreatif dengan target pemirsa khusus. Kebanyakan sih orang-orang dewasa.

f. Edukasi [Educational]

Edukasi adalah jenis siaran TV yang fokus untuk memberikan ulasan tentang anak dan pelajar untuk mempelajari dasar-dasar kehidupan atau kegiatan persekolahan termasuk prestasi anak-anak.

g. TV faktual [factual television]

TV faktual adalah program Televisi non-fiksi yang mendokumentasikan peristiwa dan orang-orang sebenarnya.

Jenis program ini kadang digambarkan sebagai film dokumenter, dokumenter televisi, documenter observasional, docudrama dan lain sebagainya.

Genre satu ini sudah mengalami banyak perubahan sejak TV pertama ditemukan, termasuk penggunaan istilahnya yang umumnya merujuk pada program yang diproduksi tahun 1990-an.

h. Game show

Game show adalah Program TV yang didalamnya berisikan kompetisisi atau pertandingan antar satu orang dengan orang lain atau antar tim.

Kompetisinya bisa berupa tantangan fisik, asah otak, teka-teki silang dan lain sebagainya dengan hadiah utama berupa uang tunai.

Ada beberapa contoh program TV satu ini diantaranya Benteng Takeshi, Secret Mission, Trivia, dan lain sebagainya.

i. Instruksional [instructional]

Instruksional adalah sebuah program TV yang dirancang khusus untuk menjadi alternatif pendidikan jarak jauh.

Program-program ini biasanya tak lebih dari 15 menit atau kurang dari setengah jam yang disertai dengan penyampaian pengetahuan umum dari Guru untuk membantu siswa belajar di rumah.

j. TV Musik [music television]

TV musik adalah salah satu jenis siaran yang mengajak pemirsa untuk mengenali musik-musik dari berbagai genre yang ada.

Kadang sih penyajiannya mirip dengan Radio dengan studio yang dirancang sedemikian rupa yang bisa disiarkan secara langsung atau tidak.

j. Acara agama [Religious]

Acara agama adalah program TV yang dikemas sedemikian rupa dengan topik utama soal agama entah itu khotbah, dakwah dan lain sebagainya dengan bentuk variety show.

k. Reality show

Reality show adalah genre siaran TV yang fokus pada pertunjukan yang konon tidak dibuat-buat atau tidak ada scriptnya. Meskipun ada beberapa bukti menunjukan sebaliknya.

Siaran ini pada dasarnya menampilkan tokoh non-aktor yang saling berinteraksi satu sama lain atau untuk menyelesaikan tantangan yang sengaja dibuat-buat.

Seperti bersaing melawan orang lain untuk dapat hadiah, membeli barang-barang tertentu untuk bisa ketemu artis favoritnya dan lain sebagainya.

Biasanya diproduksi agar mirip dengan film dokumenter tetapi lebih menekankan pada konflik antar pribadi, reaksi emosional atau kejadian yang tak biasa.

Ada beberapa program reality show yang cukup populer di Indonesia dengan rating yang cukup tinggi seperti Rumah Uya, Katakan Putus, The Voice Indonesia, Master Chef dan lain sebagainya.

l. Stand up comedy

Stand up comedy adalah suatu acara TV dimana seorang komedian tampil di depan penonton langsung untuk menceritakan sebuah cerita lucu.

Pelaku atau orang yang tampil diacara ini biasanya disapa dengan istilah komik, komika atau komina stand-up, stand-up comedia dan lain sebagainya.

Cerita lucu yang disampaikan komika ini biasanya soal suksesi, lelucon pendek yang kadang disebut bits dan one-liners, yang merupakan percakapan monolog, rutin dan lucu.

Beberapa komika menggunakan alat peraga, entah itu alat musik atau trik sulap untuk meningkatkan akting mereka.

Biasanya, stand sering dilakukan di klub komedi, bar, neo-burlesques, perguruan tinggi, teater atau studio khusus.

m. Acara olahraga [sports]

Olahraga adalah suatu acara TV yang fokus pada berita olahraga yang ditampilkan secara visual dan disampaikan sesuai dengan gaya jurnalistik.

Kadang juga, acara olahraga ini melibatkan satu atau lebih komentator untuk menilai atau menggambarkan peristiwa yang terjadi.

Dalam beberapa kasus, acara olahraga ini mengulas suatu pertandingan yang akan tayang dengan tetap melibatkan kometator.

n. Talk show

Talk show adalah acara Televisi dimana satu orang atau lebih mendiskusikan berbagai topik yang diajukan pembawa acara.

Untuk tamunya cukup beragam bisa satu orang, sekelompok orang terpelajar atau selebriti. Di Indonesia, kebanyakan bintang tamunya artis.

Yang sengaja diundang untuk mengkonfirmasi masalah pribadi, masalah hukum yang dihadapinya atau viral gara-gara pansos di media sosial.

Untuk acara talk show yang mengundang bintang tamu tamu artis karena pansos disebut Talk show tabloid [tabloid talk show] karena topiknya yang cenderung provokatif.

Materi yang dibahas pun cukup beragam mulai dari perselingkuhan, perkawinan, perceraian, pandangan politik dan topik lain yang aneh-aneh.

Selain itu, para tamu biasanya didorong untuk membuat pengakuan publik atau mungkin untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi lewat terapi di depan kamera.

o. Variety show

Ragam pertunjukan atau ragam hiburan yang lazim disebut variety show adalah genre TV yang berkaitan dengan topik hiburan itu sendiri namun disertai dengan aksi, karena itu disebut ragam aksi.

Siaran ini biasanya menampilkan acara musik atau konser, komedi sketsa dan sering dipandu oleh pembawa acara yang mahir pada bidang tersebut.

Selain musik atau komedi sketsa juga biasanya dimasukkan beberapa aksi sulap, aksi binatang, sirkus, akrobat, juggling dan ventriloquist.

Jenis acara satu ini jadi siaran utama televisi anglophone awal 1970-an dan berlangsung hingga 1980-an. Di beberapa bagian dunia, jenis siaran ini tetap populer.

p. Acara khusus [specialty channels]

Acara khusus adalah salah satu jenis siaran komersial atau non-komersial yang target pemirsanya berada pada demografis tertentu.

Pada tahun 1960-an, jenis acara ini meningkat drastis yang disebabkan oleh monopoli siaran dimana saat itu stasiun TV didominasi oleh milik Negara.

Pada awal tahun 2000-an, jenis siaran ini mulai memudar seiring dengan hadirnya stasiun TV swasta yang tidak melayani kepentingan tertentu.

3. Siaran langsung [live streaming]

Siaran langsung adalah siaran TV ditempat penyelenggaraan atau ditempat terjadinya peristiwa yang terletak di luar studio.

Kategori siaran langsung cukup beragam bisa mencakup siaran berita ataupun siaran non-berita termasuk program komersial.

Salah satu jenis siaran langsung yang paling populer adalah acara olahraga, Sepakbola misalnya, yang mempertontonkan laga antara Indonesia vs Malaysia di Stadion Kanjuruhan Malang.

4. Program komersial

Program komersial ini adalah program Televisi yang diselipkan pada setiap acara. Di Indonesia, program komersial TV sangat masif dan sering muncul dalam berbagai durasi.

Ada beberapa contoh program komersial yang lazim disiarkan di Indonesia, yakni:

a. Pariwara

Pariwara adalah siaran TV yang merupakan iklan dan diselipkan pada setiap program acara saat jeda yang sudah diatur sedemikian rupa.

Dalam pariwara akan ditampilkan berbagai jenis iklan dengan durasi yang berbeda-beda. Sebagian besar jenis iklan yang tampil dalam bentuk video dan menampilkan produk apa saja.

Pariawara adalah salah satu sumber pendapatan terbesar stasiun TV dengan biaya iklan yang sangat tinggi dengan bayaran per durasi.

Untuk anda yang ingin tahu biaya iklan televisi dalam durasi tertentu, 30 detik misalnya, silahkan baca artikel saya sebelumnya dengan judul Biaya Iklan TV untuk durasi 30 menit.

b. Infomersial [infomercials]

Infomersial yang kadang disebut Direct Response TV [DRTV] adalah iklan TV disertai nomor telepon, situs web dan pembelian langsung [teleshopping].

Di Indonesia, durasi penayangannya cukup beragam, bisa 30 detik, 120 menit atau bahkan lebih lama, bisa sampai 2 jam.

c. Testimonial

Testimonial adalah kelanjutan dari infomersial yang memang dibuat khusus untuk mempromosikan suatu produk bersama dengan testimoni.

Dalam testimoni ini bisa melibatkan satu atau lebih orang, termasuk dokter, pengguna produk, pemilik produk dan pembawa acara.

Dalam beberapa kasus, testimonial ini melibatkan Kuis dengan tujuan untuk menarik minat pemirsa agar terlibat secara interaktif dalam program tersebut.

Penutup

Ada kemungkinan jenis siaran TV yang saya ulas diatas sudah bertambah mengingat dunia pertelevisian saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Belum lagi sifat televisi yang sudah sangat konvergen dimana siaran mereka sudah diposting lagi di media sosial, Youtube misalnya, sehingga lahirlah jenis siaran baru.

Jika ada beberapa dari anda yang tahu jenis siaran lain yang tidak saya sebutkan diatas silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang jenis-jenis siaran TV dan contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *