Pengertian & Jenis Poster Berdasarkan Tujuan Pembuatan dan Isinya

Di artikel sebelumnya sudah saya jelaskan apa itu poster, termasuk jenis poster berdasarkan tujuan pembuatan dan isinya.

Tapi karena penjelasannya terlalu singkat akhirnya saya berinisiatif untuk buat satu postingan khusus yang mengulas definisi poster termasuk jenis-jenisnya secara lengkap.

Untuk jenis poster ada dua. Pertama, poster yang dibuat sedemikian rupa sesuai tujuan pembuatannya, poster komersial misalnya.

Kedua poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi tertentu atau poster yang dikategorikan berdasarkan pesan yang disampaikan.

Dan untuk anda yang sedang cari pengertian atau definisi poster, jenis poster berdasarkan tujuan pembuatan, jenis poster berdasarkan isi, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Apa itu poster?

Dalam bentuk paling dasar, poster bisa diartikan sebagai media promosi sementara dari sebuah ide, produk atau acara yang ditempatkan di ruang publik.

Dengan demikian, poster bukanlah sebuah karya seni bernilai tinggi karena tidak seperti lukisan yang hanya bisa di lihat di museum.

Jadi poster tidaklah unik karena ada ratusan atau ribuan salinan dari satu gambar atau desain saja.

Gambar atau desain itu sengaja di cetak dan disebarluaskan ke titik-titik tertentu yang jadi target pemasangan poster.

Bahkan, dalam beberapa kasus, poster itu dipasang dalam skala besar. Misalnya, poster kampanye saat Pilpres yang ada hampir di setiap kelurahan atau desa.

Dengan poster, ada potensi puluhan atau jutaan orang melihatnya sebelum kemudian hancur karena cuaca, vandalisme atau diturunkan Satpol PP.

Dan tentu saja, poster ini berbeda dengan Mona Lisa yang sudah ada ratusan tahun dan hanya ada satu, yang asli di Museum Louvre sana.

Poster sama seperti bahasa, tidak ada cerita asli yang mengatakan kapan tepatnya dan dimana poster ini pertama kali muncul.

Ada beberapa bukti papan nama dan artefak seperti poster yang ditemukan di Mesir Kuno saat seorang pemilik bisnis memahat profesinya di sisi tokonya.

Di Roma Kuno, ada satu pemandian dan kedai minum dilengkapi lempengan tarakota yang menampilkan teks dan simbol untuk menunjukkan kegiatan apa yang terjadi didalamnya.

Bahkan di reruntuhan Pompeii, tampak ada tanda-tanda yang mengiklankan Bordellos, suatu ilustrasi yang menjelaskan bahwa selalu ada sesuatu yang bisa dijual atau diperdagangkan.

Di Timur Tengah, petak balok kayu yang belum sempurna sudah ada sejak awal 3000 SM, di mana petak tersebut akan menampilkan gambar dekoratif atau potongan teks teater.

Namun semua contoh diatas menurut para ilmuwan atau ahli belum bisa dianggap sebagai poster.

Pada tahun 1440-an, mesin cetak Guttenberg lahir yang memungkinkan seseorang mereplikasi selebaran skala besar untuk mempromosikan ide, acara atau produk.

Selanjutnya, pada 1631, Théophraste Renaudot mulai mencetak La Gazette, surat kabar Mingguan pertama di dunia.

Dan yang paling spesial dari surat kabar tersebut adalah keberadaan iklan pribadi yang mempromosikan pekerjaan dan layanan di sekitar Paris.

150 tahun kemudian, tepatnya pada 1786, William Tayler membuka jasa biro iklan khusus pertama di London dan menciptakan jaringan percetakan surat kabar regional kecil dengan para pengiklan.

Namun semua contoh diatas masih terbatas. Surat kabar butuh biaya dan jelas di tujukan untuk warga kelas atas, yang melek huruf, dan pria.

Sebaliknya, selebaran hanya dapat menjangkau mereka yang melewati distributor tertentu dan harus dibaca agar efektif.

Bahkan dengan mesin cetak, mereproduksi poster dan pemberitahuan kecil bisa memakan waktu dan biaya yang tak sedikit.

Dalam perkembangannya kemudian, poster mulai populer saat litografi warna, lebih khusus kromolitografi, mulai muncul pada 1870-an.

Jules Chéret jadi pengrajin pertama yang memanfatkan ilmu ini. Karena itulah ia dijuluki The Father of the Poster atau bapaknya Poster.

Chéret sendiri berhasil menciptakan lebih dari 1.000 poster dalam hidupnya dan karya-karyanya telah memikat warga karena desainnya yang dominan dengan warna pastel ceria.

Kebanyakan sih posternya mempromosikan segala hal tentang pertujukan kabaret hingga sepeda.

FYI, agar suatu karya desain visual layak disebut poster, ia harus memenuhi beberapa kriteria dibawah ini, seperti:

  • Ada kombinasi huruf dan gambar, kadang juga angka, di atas kertas baik itu kecil atau besar
  • Informasi yang disampikan, entah itu komersil atau informasi publik, ditujukan kepada khalayak ramai
  • Biasanya ditempel di dinding atau ditempat-tempat strategis lainnya
  • Menggunakan warna primer yang kuat sehingga orang-orang tertarik melihatnya

Dari kriteria dapat diketahui kalau poster adalah juga media publikasi antar satu individu atau lembaga ke masyarakat luas.

Jenis Poster Sesuai Tujuan Pembuatan & Isinya

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan jenis poster berdasarkan tujuan pembuatan dan isinya:

1. Jenis poster berdasarkan tujuan pembuatannya

Sampai hari ini ada 7+ jenis poster yang dibuat sesuai tujuan pembuatannya. Berikut daftarnya:

a. Poster Propaganda

pengertian & jenis poster

Poster propaganda adalah salah satu poster yang dibuat dengan tujuan untuk meyakinkan seseorang atau sekelompok masyarakat agar menganut aliran tertentu.

Ini searah dengan pengertian propaganda itu sendiri dalam KBBI yang berarti Penerangan [paham, pendapat dan lain sebagainya] yang benar atau asli.

Dan dikembangkan dengan tujuan untuk meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap atau arah tindakan tertentu.

Dalam beberapa kondisi juga dianggap sebagai reklame yang menawarkan obat, barang dagangan dan lain sebagainya.

Di lain pihak, poster propaganda ini bisa berbentuk propaganda gelap, propaganda terbuka dan propaganda terselubung.

Contohnya nih, untuk poster propaganda gelap adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk melemahkan moral musuh.

Sementara, poster propaganda terbuka adalah poster propaganda yang mengungkapkan sumber, kegiatan dan tujuan secara terbuka.

Bagaimana dengan poster propaganda terselubung? Ini adalah jenis poster propaganda yang menyembunyikan sumber kegiatan atau tujuannya.

b. Poster film

pengertian & jenis poster

Poster film adalah poster yang menginformasikan suatu film agar menarik sehingga individu atau masyarakat tertarik untuk menontonnya.

Jenis poster ini cukup variatif. Ada yang menampilkan judul film, studio pembuatnya, tahun rilis, tanggal tayang dan aktor utamanya.

Disisi lain, ada juga yang tidak menampilkan studio pembuatnya dan nama aktor melainkan hanya menampilkan wajah-wajah mereka.

Namun ini disesuaikan sama jenis film itu sendiri dan siapa aktornya. Kalau aktornya cukup terkenal maka dalam poster tidak perlu disebutkan namanya.

c. Poster Cheesecake

pengertian & jenis poster

Poster jenis ini adalah poster yang biasanya menarik perhatian karena berisikan atau melibatkan subjek atau objek yang dikenal.

Untuk subjek bisa berisikan foto selebriti, aktor yang lagi viral, olahragawan, politikus yang lagi booming dan lain sebagainya.

Sebaliknya, untuk objek bisa berisikan makanan atau minuman yang terkenal. Itulah yang jadi alasan mengapa poster ini disebut Cheesecake.

Dalam arti sederhana, Cheesecake adalah kukis keju yang cukup lezat untuk dikonsumsi.

d. Poster Dicari

pengertian & jenis poster

Poster ini bisanya ditempelkan di tiang listrik atau di tempat-tempat publik yang berisikan informasi jika melihat subjek yang di cari.

Biasanya dibuat oleh individu atau lembaga, kepolisian misalnya, untuk mencari seseorang yang hilang.

Dalam beberapa kasus juga dibuat untuk mencari atau mendapatkan kandidat atau pelamar yang tepat.

Jadi poster ini tergantung jenis informasi apa yang mau disampaikan. Apakah orang, kucing atau subjek lain yang hilang atau informasi kontes dan lowongan pekerjaan.

e. Poster Afirmasi

pengertian & jenis poster

Afirmasi adalah suatu istilah yang digunakan untuk menekankan sesuatu secara positif. Sifatnya bisa berupa penegasan atau peneguhan.

Benut poster afirmasi ini mirip dengan poster propaganda yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

Tapi, bentuk informasi yang ada didalam poster, entah itu berupa karakter atau kata-kata, isinya kebanyakan berupa motivasi saja.

f. Poster Komersil

pengertian & jenis poster

Kata komersial ini sendiri punya hubungan sama niaga. Dengan kata lain, poster komersial ini mirip dengan poster niaga yang akan saya jelaskan dibawah.

Dengan demikian, poster komersial adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk pemasaran, perdagangan atau aktivitas bisnis lainnya.

g. Poster Kelas dan Riset

pengertian & jenis poster

Poster satu ini biasanya dibuat dengan tujuan untuk menginformasikan suatu kelas yang akan dilaksanakan.

Atau, dalam beberapa kasus, berisikan tentang hasil penelitian yang berguna untuk masyarakat luas.

Biasanya, poster kelas dan riset ditemukan di sekolah-sekolah, lembaga pendidikan tinggi atau organisasi terkait pendidikan lainnya.

h. Poster kampanye

pengertian & jenis poster

Kalau yang ini gak perlu dipertanyakan lagi. Alasannya apa? Karena poster kampanye hampir selalu di lihat oleh masyarakat Indonesia.

Terlebih saat Pilpress, Pilgub, Pilbup dan proses masa kampanye lain saat pemilihan anggota legislatif.

Saking banyaknya poster kampanye, sampai-sampai aktivis lingkungan menyebut kalau keberadaan poster tersebut jadi polusi visual.

2. Jenis poster berdasarkan Isi

Selain jenis poster berdasarkan tujuan pembuatan, ada juga poster yang dikategorikan berdasarkan isi.

Maksudnya gimana? Maksudnya, poster itu bisa masuk dalam satu atau beberapa kategori sesuai tujuan pembuatannya, namun isinya cenderung teknis.

Karena itulah ia layak dimasukkan dalam jenis poster berdasarkan isi. Lantas, apa saja daftar poster berdasarkan isi? Berikut daftarnya untuk anda.

a. Poster Niaga

pengertian & jenis poster

Poster niaga sudah saya singgung di atas. Lebih khusus pada poster komersial. Lantas, apa sih poster niaga itu?

Pengertian paling sederhana dari poster niaga adalah poster yang dibuat untuk tujuan komersil satu perusahaan.

Biasanya berisikan informasi produk atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan kepada khalayak.

Dalam poster niaga ada informasi soal tempat, siapa penjual atau penawar jasanya dan juga kontak service.

b. Poster Pendidikan

pengertian & jenis poster

Poster pendidikan, yang kadang juga disebut poster edukasi, adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Bukan sembarang informasi melainkan satu informasi yang berguna kepada masyarakat dan masyarakat harus mengetahuinya.

Sebagai contoh nih, saat covid 19, poster jenis ini dapat dengan mudah ditemui di jalan-jalan yang menginformasikan agar setiap individu harus jaga jarak, rajin cuci tangan dan selalu jaga kesehatan.

Jika konteks informasi seperti itu, maka bentuknya posternya juga terkait dengan poster layanan masyarakat yang akan saya jelaskan juga dibawah.

c. Poster Kegiatan

pengertian & jenis poster

Poster kegiatan biasanya dibuat agar orang-orang bisa mendapatkan informasi tentang suatu kegiatan yang akan dilaksanakan esok, minggu depan atau waktu yang sudah ditentukan.

Jadi poster ini melibatkan informasi seperti tempat kegiatan, pelaksananya siapa, tanggalnya kapan dan informasi penting lainnya, contact service atau link pendaftaran misalnya.

Kegiatan dalam konteks ini bisa berarti banyak hal. Misalnya, pelatihan, seminar, konser dan lain sebagainya.

Dan tentu saja, tujuan poster kegiatan adalah untuk menarik minat calon peserta agar tertarik datang ke kegiatan tersebut.

d. Poster Karya Seni

pengertian & jenis poster

Poster karya seni adalah satu jenis poster yang dibuat dengan tujuan untuk mengekspresikan sesuatu secara ekspresif.

Dan poster ini akan menghasilkan interpretasi yang berbeda antar setiap orang tergantung sudut pandang yang digunakan.

e. Poster Layanan Masyarakat

pengertian & jenis poster

Poster layanan masyarakat bisanya dibuat untuk menyampaikan informasi, kadang dalam bentuk edukasi, dari lembaga publik.

Misalnya lembaga pemerintahan seperti Kepolisian, Kementrian Kesehatan termasuk lembaga legislatif atau organisasi sipil lainnya.

Salah satu contohnya sudah saya saya sebutkan diatas pada contoh poster edukasi, terlebih di era pendemi Covid-19.

Isi posternya bisa macam-macam misalnya poster stop merokok, poster untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan seterusnya.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan terkait dengan postingan ini akan saya ulas dalam bentuk QnA dibawah ini, berikut daftarnya:

1. Apa arti poster dalam KBBI?

Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum.

Bentuknya bisa berupa pengumuman, iklan produk, pemberitahuan publik dan lain sebagainya sesuai tujuan dan isi.

2. Bagaimana cara buat poster yang baik dan benar?

Untuk buat poster yang baik dan benar, pertama ketahui dulu jenis poster apa yang mau dibuat.

Apakah poster layanan masyarakat, poster niaga, poster komersial atau yang lainnya, poster kegiatan misalnya.

Setelah itu tentukan desain dan informasi apa yang mau disampaikan. Contohnya nih, jika poster kegiatan, maka harus sampaikan tempat kegiatan, nama kegiatan, siapa peserta, kapan dilaksanakan dan seterusnya.

Pertimbangkan juga untuk memilih warna-warna kontras yang menarik serta pemilihan font yang mudah dibaca.

3. Aplikasi apa yang bisa digunakan untuk buat poster?

Ada banyak aplikasi. Untuk daftar lengkapnya bisa baca disini atau di artikel ini.

Di dua artikel itu juga sudah saya ulas bagaimana cara buat poster yang baik dan benar. Jadi bisa baca agar bisa dapat preferensi yang tepat.

4. Berapa sih ukuran poster yang ideal?

Untuk sekarang, ukuran poster cukup variatif dan tergantung siapa pembuat dan tujuannya apa.

Termasuk juga jenis informasi apa yang mau disampaikan, dimana poster akan tempatkan, berapa banyak dan budget yang dimiliki.

Kalau budget banyak, bisa cetak poster sebanyak-banyaknya untuk kemudian ditempatkan di lokasi yang strategis.

Lantas, ukuran ideal poster berapa? Idealnya, anda bisa buat poster dengan ukuran kertas A1 [594 x 841 mm], A2 [420 x 594 mm], A3 [297 x 420 mm] sampai ukuran kecil seperti B2 [500 x 707 mm].

Penutup

Jadi, poster itu adalah bagian dari desain grafis atau yang lazim juga disebut desain komunikasi visual.

Bentuknya sih seperti yang ada lihat di jalan-jalan umum, di tempat-tempat publik atau mungkin anda juga jadi pembuatnya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin pertanyaan terkait dengan postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang pengertian & jenis poster berdasarkan tujuan pembuatan dan isinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar