5+ Jenis Lensa Kacamata Terbaik 2021, Pilih Yang Mana?

Sedang cari lensa kacamata terbaik? Ada beberapa jenis yang bisa anda pertimbangkan. Semuanya akan saya ulas di artikel ini.

Umumnya, jika anda ke Dokter mata atau mau beli kacamata, pasti akan ditanya alasan mengapa pakai kacamata.

Misalnya, karena masalah penglihatan atau untuk mengurangi paparan radiasi saat menggunakan perangkat tertentu, Komputer dan ponsel misalnya.

Sudah pasti, anda disarnakan untuk menggunakan kacamata sesuai kondisi mata anda. Artinya, kacamata yang digunakan itu sesuai sama kebutuhan.

Pilihannya pun banyak dimana anda bisa memilih jenis kacamata berdasarkan penyakit mata yang diderita atau berdasarkan materialnya.

Dan untuk anda yang sedang cari lensa kacamata terbaik 2021, lensa kacamata minus, jenis lensa kacamata berdasarkan bahan pembuatannya, simak penjelasannya dibawah.

5+ Jenis Lensa Kacamata Terbaik 2021

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 5 jenis lensa kacamata terbaik 2021. Lensa kacamata apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Lensa single vision [lensa tunggal]

Kacamata lensa tunggal
via indiamart.com

Pertama adalah lensa single vision atau kacamata lensa tunggal yang hanya memiliki satu titik fokus saja.

Lensa jenis ini banyak digunakan oleh penderita miopi negatif atau hipermetropi positif termasuk astigmatisme [silindris].

Kelemahannya, lensa jenis ini hanya bisa mengoreksi penglihatan untuk satu kategori saja, jarak jauh atau jarak dekat misalnya.

2. Bifocal lenses [Lensa Bifokal]

lensa biofokal
via vintagespecs.com.au

Tipe lensa ini sering direkomendasikan oleh ahli atau dokter mata untuk mereka yang ingin mengoreksi penglihatan mata akibat usia.

Misalnya, kakek anda sudah berumur 60 tahun lebih dan kondisi matanya sudah tidak terlalu terang. Saat ke dokter, pasti disaranin agar pakai lensa ini.

Secara harafiah, lensa bifokal [bifokal] adalah lensa dengan 2 titik fokus. Dibagian atas lensa untuk memperjelas objek jarak jauh dan bagian dasar lensa untuk membantu melihat objek jarak dekat.

Bifocal lenses ditemukan dan dipaptenkan atas nama Bejamin Franklin dan pada 1784.

Cocok digunakan untuk penderita presbyopia, yang merupakan kondisi terkait usia dimana mata mulai kesulitan menemtukan fokus saat melihat objek dari jarak dekat sekalipun.

Jika beli lensa ini, ada dua kategori yang bisa anda pilih, diantaranya:

  • D-Shape yang lebih mudah digunakan karena ada garis khusus yang memisahkan penglihatan jarak dekat dan jarak jauh
  • Bulat dengan garis pemisah untuk penglihatan objek jarak dekat dan jarak jauh yang tidak terlalu mencolok

3. Trifocal lenses [Lensa trifokal]

jenis lensa terbaik
via healthline.com

Berikutnya adalah lensa Trifokal, yang punya tiga titik fokus. Dibagian atas digunakan untuk membantu melihat objek jarak dekat, bagian tengah untuk melihat objek jarak menengah dan bagian bawah untuk melihat objek jarak dekat.

Ada beberapa keunggulan jika menggunakan lensa kacamata jenis ini, diantaranya:

  • Mampu melindungi mata dari kerusakan akibat layar dan sinar matahari [silau]
  • Bisa digunakan untuk memmbaca tanpa harus memakai kacamata khusus baca

4. Lensa multifocal atau varifocal

jenis lensa kacamata
via glassesdirect.co.uk

Kadang juga disebut lensa progresif atau varifocal, yang fungsinya sama seperti lensa bifocal dan lensa trifocal.

Hanya saja, lensa multifocal memungkinkan pengguna melihat dengan jelas pada rentang jarak yang berbeda di satu lensa.

Dengan kata lain, lensa jenis ini mengubah daya dari atas lensa ke bawah, memberikan transisi yang mulus dari penglihatan jarak jauh ke penglihatan menengah.

Lensa multifokal ini tidak memilih garis atau segmen sehingga anda bisa penglihatan anda tidak terganggu.

Alasan inilah yang membuat lensa multifokal progresif jadi populer. Hanya saja, enggak semua lensa jenis ini dibuat dengan tujuan yang sama.

Jika beli lensa maca ini, ada beberapa kategori yang bisa anda pilih, diantaranya:

  • Lensa progresif standar yang harganya cenderung lebih murah dengan bidang pandang yang luas
  • Short-corridor progressive yang merupakan lensa progresif bingkai kecil yang mempengaruhi area baca
  • Lensa komputer progresif yang cocok digunakan oleh mereka yang banyak menghabiskan waktu didepan komputer, buat konten atau main game misalnya. Hanya saja, karena penggunaannya khusus, anda butuh lensa lain untuk digunakan saat tidak sedang berada didepan komputer atau gadget
  • Progresif premium yang dirancang khusus agar sesuai keinginan pemesan. Lensa ini juga lebih nyaman digunakan dibanding lensa progresif lain
  • Ground-view progresif yang cocok digunakan oleh mereka yang hobi berolahraga

5. Lensa transisi [transitions lens]

jenis lensa kacamata

Salah satu keunggulan dari lensa transisi ini adalah kemampuannya mengubah warna cahaya, matahari misalnya, karena sifat cahaya itu sendiri yang terpolarisasi.

Saat berada di dalam ruangan, lensa ini akan terlihat bening layaknya kacamata baca pada umumnya.

Jika berada di luar ruangan, bagian kacamata akan terlihat sunglasses atau gelap untuk melindungi mata dari pantulan sinat matahari.

Dengan demikian, kacamata satu ini cocok digunakan oleh mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan atau yang matanya sensitif terhadap cahaya matahari.

Jenis lensa kacamata berdasarkan material pembuatannya

Sebelum benar-benar memutuskan mau beli salah satu lensa diatas, pastikan juga anda mempertimbangkan bahan pembuatannya.

Berikut beberapa jenis lensa kacamata berdasarkan materialnya, yakni:

1. Kaca

Jenis lensa kacamata pertama yang paling populer berdasarkan bahan pembuatannya adalah Kaca. Artinya, lensa ini berbahan dasar kaca dan gak gampang tergores.

Salah satu kelebihan jika memilih lensa dengan bahan dasar ini adalah kemampuannya menghantar sinar matahari yang lebih baik dibanding lensa lainnya.

Hanya saja, ukuran lensa jenis ini lebih berat dan penggunaannya terbatas untuk satu frame saja, single vision misalnya.

2. Trivex

Kedua adalah Trivex yang merupakan salah satu jenis lensa kacamata yang cukup populer dikalangan masyarakat.

Kelebihan lensa Trivex ada pada standar keamanannya yang tinggi, menyerupai Polikarbona yang akan saya ulas di poin berikutnya.

Selain itu, lensa ini punya kemampuan membelokan cahaya matahari lebih baik dibanding lensa sejenis.

3. Polikarbona

Soal keamanan, Polikarbona mirip dengan Trivex. Hanya saja, lensa jenis ini punya bobot atau ukuran yang lebih tipis dan ringan.

Keunggulannya apa? Lensa ini satu ini tahan banting atau benturan. Karena itu, dalam hal proteksi, Polikarbona lebih unggul.

Jika sering beraktivitas diluar ruangan, lensa berbahan dasar ini cocok digunakan oleh anda.

4. Photochromic

Berikutnya adalah Photochromic yang dibuat dari lapisan kaca dan plastik. Salah satu kelebihan dari lensa ini adalah kemampuannya berganti corak, bening jadi hitam misalnya.

Kemampuan ini hanya akan muncul saat kaca mata terpapar sinar matahari, sehingga mata ga silau dan anda ga perlu ganti kacamata lagi.

5. High Index

Lensa High Index bisa dijadikan alternatif jika anda tidak menemukan lensa ideal, Trivex atau Polikarbona misalnya.

Alasannya apa? Karena lensa ini punya ukuran yang lebih tipis dan ringan dibanding lensa sejenis.

Cocoknya digunakan oleh mereka yang ingin melakukan koreksi visual saat beraktivitas didepan komputer atau luar ruangan.

Penutup

Awalnya, kacamata digunakan untuk membantu mengoreksi penglihatan akibat usia atau untuk mengurangi paparan radiasi dari layar.

Sebelum memutuskan beli lensa kacamata pilihan, baiknya anda konsultasi dulu ke dokter mata untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Kalau perlu, anda cari tahu dulu kondisi mata anda saat ini gimana dan apakah perlu pakai kacamata atau tidak.

Demikian artikel tentang 5+ jenis lensa kacamata terbaik 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar