Jenis-Jenis Fotografi Berdasarkan Objek, Subjek, Benda dan Aktivitas Manusia

Mengulas soal jenis fotografi secara tidak langsung akan mengulas aliran fotografi, genre fotografi, gaya fotografi atau istilah lain yang terkait.

Dan genre fotografi atau aliran fotografi sudah saya bahas di postingan saya sebelumnya disini.

Hanya saja, karena banyak yang cari dengan keyword berbeda, maka saya buat satu postingan khusus tentang topik ini.

Artinya, baik jenis fotografi, genre fotografi atau aliran fotografi mengulas hal yang sama, yang secara spesifik mengarah pada kecenderungan fotografer mengambil foto.

Misalnya, fotografi A suka ambil foto hewan, fotografer B fokus ke fotografi wedding atau fotografer C fokus ke fotografi alam liar.

Kecenderungan inilah yang pada akhirnya melahirkan genre atau jenis-jenis fotografi itu sendiri.

Selain kecenderungan, bentuk foto juga bisa melahirkan satu genre baru seperti landscape dan portrait.

Dan semua itu tak lepas dari sejarah fotografi yang amat sangat panjang sampai lahir kamera DLSR, SLR, Mirrorless, Kamera HP dan lain sebagainya.

Dan untuk anda yang bertanya apa saja jenis-jenis fotografi dan contohnya? Apa saja jenis-jenis genre fotografi atau pengen tahu 10 jenis fotografi? Simak artikel ini sampai habis.

Sebelum itu, baiknya saya bahas dulu pengertian jenis fotografi agar ulasan ini jauh lebih lengkap.

Apa itu jenis fotografi?

Secara teknis, jenis fotografi adalah aliran, genre atau gaya fotografi yang berdiri sendiri susuai sifat, karakteristik dan hasil foto.

Artinya, ia merupakan klasifikasi dari kecenderungan fotografer mengambil foto subjek atau objek untuk berbagai keperluan.

Misalnya, untuk diikutikan pada lomba NatGeo, untuk diberikan kepada klien, untuk portofolio, untuk tahu kondisi geologis suatu tempat dan lain sebagainya.

Karena itu, jenis fotografi bisa diartikan juga sebagai genre yang mengacu pada jenis, tipe atau kelompok minat pada dunia fotografi.

Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa saya menyebut tiga istilah diatas yakni jenis fotografi, genre fotografi dan aliran fotografi itu sama.

Kalau punya pendapat yang berbeda, boleh sampaikan di kolom komentar agar postingan ini lebih luas.

Jadi sampai disini sudah paham kan apa itu jenis fotografi? Mudah-mudahan sudah. Kalau sudah, skuy lanjut ke jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Fotografi Berdasarkan Objek, Subjek, Benda dan Aktivitas Manusia

Agar lebih spesifik, berikut disajikan jenis fotografi berdasarkan objek, subjek, benda dan aktivitas manusia.

Lantas, jenis fotografi apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Jenis fotografi bedasarkan objek

Pertama berkaitan dengan kecenderungan fotografer mengambil foto berdasarkan objek, yang kemudian melahirkan beberapa genre seperti:

a. Nature Photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
Gambar 1 via composeclick.com dan gambar 2 via lensmagazine.net

Nature photography atau yang kadang disebut fotografi alam adalah salah satu genre fotografi yang cakupannya sangat luas.

Artinya, genre ini tidak terbatas pada satu bidang saja karena istilah alam bisa mengacu pada segala hal yang berkaitan dengannya.

Yang pada akhirnya melahirkan subjenis atau subgenre fotografi alam seperti wildlife photografy [fotografi satwa liar], landscape photography atau yang lainnya.

Objeknya bisa apa saja mulai dari pohon, hutan, bebatuan, pegunungan, hewan, tanaman, luar angkasa dan lain sebagainya.

b. Landscape Photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
Gambar 1 via iso.500px.com dan gambar 2 via photographylife.com

Landscape photography atau fotografi lanskap adalah bagian dari fotografi alam yang objek fotonya fokus pada pemandangan atau lingkungan.

Tidak menutup kemungkinan kalau jenis fotografi satu ini melibatkan hewan-hewan atau pepohonan yang ada di alam.

Disebut landscape photografi karena bentuk fotonya yang memanjang ke samping seperti bentuk gambar atau foto pada umumnya.

Dalam praktiknya kemudian, fotografi lanskap melahirkan beberapa subjenis yang secara spesifik fokus pada beberapa objek dalam alam.

Mulai dari fotografi badai, fotografi bencana, fotografi gunung, fotografi bentang laut, fotografi danau dan lain sebagainya.

c. Wildlife photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
Gambar 1 via format.com dan gambar 2 via comedywildlifephoto.com

Seperti juga namanya dimana wildlife photografi adalah jenis fotografi yang fokus untuk mengabadikan kehidupan satwa liar di habitat aslinya.

Dan fotografer yang fokus ke aliran ini butuh kemampuan khusus saat menjalankan aktivitasnya. Pasti sudah tahu alasannya apa.


Baca Juga:


Jadi, fotografer yang terjun ke bidang ini musti pandai mendekati subjek foto dan harus ekstra hati terlebih jika yang di foto adalah hewan buas, Singa misalnya.

Untuk keamanan, beberapa fotografer menggunakan lensa telefoto yang memungkinkan mereka ambil foto dari jarak jauh tanpa mengganggu hewan.

e. Astrophotography

jenis-jenis fotografi
Gambar 1 via wallpaperaccess.com dan gambar 2 via skylum.com

Astrophotography yang kadang juga disebut astronomical imaging atau pencitraan gambar astronomi adalah aliran fotografi yang fokus pada pencitraan objek astronomi.

Objeknya bisa apa saja mulai dari peristiwa yang sedang terjadi di langit, komet atau bintang jatuh misalnya atau milky way.

Foto pertama dengan objek astronomi, dalam hal ini Bulan, diambil pada 1840 yang secara tidak langsung merevolusi bidang penelitian astronomi.

Dan kini, objek foto aliran ini sudah diperluas lagi seperti matahari, planet, nebula, bintang redup, galaksi dan lain sebagainya.

f. Underwater Photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
Gambar 1 via gq.com.au dan gambar dua wallpapercave.com dilisensikan oleh Bing

Underwater photography atau fotografi bawah air adalah proses pengambilan foto yang dilakukan dibawah air.

Biasanya, aktivitas fotografi ini dilakukan saat melakukan scuba diving atau aktivitas lainnya seperti saat menyelam dipermukaan, snorkeling atau berenang.

Termasuk juga saat menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh atau submersible.

Sama seperti fotografi astronomi, dimana underwater photography dikategorikan sebagai kegiatan fotografi dengan tujuan untuk merekam data.

Dengan objek yang menarik dan langka seperti ikan, mamalia laut dan terumbu karang. Bahkan, bisa ambil foto bangkai kapak, gua bawah air sampai fitur geologis bawah laut.

g. Macro photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
Gambar 1 via iso.500px.com dan gambar 2 via blog.mingthein.com

Macro photography atau fotografi makro adalah proses pengambilan foto jarak dekat dengan objek foto yang berukuran kecil.

Aktivitas ini juga kadang disebut photomacrography, macrography atau juga macrophotography.

Mayoritas dilakukan untuk mengambil foto organisme hidup berukuran kecil seperti serangga atau yang lainnya.

Dan dari foto tersebut, tampilan asli serangga akan terlihat karena terlihat lebih besar dibanding ukuran aslinya.

Jadi, pada dasarnya, fotografi makro adalah seni atau aliran fotografi untuk membuat objek foto terlihat besar.

2. Jenis fotografi berdasarkan subjek

Berdasarkan subjek, dalam hal ini manusia dan segala hal yang terkait dengannya, melahirkan beberapa jenis, diantaranya:

a. Human Interest Photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
Gambar 1 via phlearn.com dan gambar 2 karya Cheryl Ramalho

Human interest photography adalah proses pengambilan foto dengan subjek utama kehidupan sekelompok orang atau individu.

Namun lebih fokus ke suasana, mood atau perasaan yang bisa menarik simpati dari orang yang melihat foto tersebut.

Dulunya, jenis fotografi satu ini masuk dalam kategori fotojurnalistik, namun karena satu dan lain alasan, ia dianggap sebagai aliran sendiri.

Karena jika tetap mempertahankan dalam kategori tersebut, ia hanya masuk dalam bagian feature dengan respon dan simpati terbatas.

Dan dalam perkembangannya kemudian, fotografi jenis ini hadir dalam berbagai bentuk mulai dari fotografi portrait, fotografi budaya, fotografi jalanan, konseptual dan lain sebagainya.

Ulasan lebih lengkap soal human interest photography sudah saya bahas disini termasuk pengertian, bagian dan cara hunting.

b. Street Photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
gambar 1 via thephoblographer.com dan gambar 2 via andrewstuder.com

Street photografi atau fotografi jalanan adalah salah satu aliran fotografi yang subjek fotonya adalah orang yang sedang berada di tempat publik.

Bentuknya bisa macam-macam karena itu ia dianggap sebagai seni penyelidikan yang menampilkan pertemuan secara kebetulan tanpa perantara dan insidennya acak.

Sekarang ini, ia lebih cenderung disebut fotografi candid atau candid saja. Meskipun ada perbedaan antara keduanya.

Alasannya sederhana, karena fotografi jalanan tidak harus diambil di jalanan perkotaan atau di tempat umum.

c. Portrait Photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
gambar 1 via unsplash.com dan gambar 2 via lookslikefilm.com

Portrait photography atau fotografi portret adalah jenis fotografi yang ditunjukkan untuk fokus pada kepribadian seseorang atau sekelompok orang.

Ada yang diatur sedemikian rupa dengan pencahayaan, latar belakang dan pose yang efektif atau mungkin diambil secara spontan.

Seringkali, fotografi portrait ini diambil untuk acara-acara spesial seperti pernikahan, kelulusan sekolah atau untuk tujuan komersil.

Tujuan pengambilan fotonya juga berbeda-beda seperti untuk digunakan secara pribadi, untuk album foto atau untuk bisnis.

d. journalism photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
gambar 1 via andrewpotterphoto.com dan gambar 2 via danieletter.com

Journalism photography atau foto jurnalistik adalah kegiatan peliputan berita atas satu kejadian yang bentuknya berupa foto.

Sejarahnya bermula dari gambar-gambar perang yang diterbitkan di surat kabar selama perang Krimea dan Perang Saudara Amerika.

Namun, saat ini, jurnalism photography dalam pengertian yang lebih awam, dianggap sebagai penyempurnaan teks berita dan bukan cerita itu sendiri.

Dan Foto jurnalistik berbeda dengan fotografi dokumentar, fotografi jalanan atau seleb fotografi.

e. Wedding Photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
Gambar 1 via slrlounge.com dan gambar 2 via katjasimon.com

Wedding photography juga dianggap sebagai bagian dari fotografi jurnalistik seperti yang sudah saya ulas dibagian atas.

Namun, karena kegiatannya lebih spesifik, sehingga ia bisa dianggap sebagai jenis fotografi yang bisa berdiri sendiri.

Dengan demikian, fotografi pernikahan adalah spesialisasi fotografi yang fokus untuk mendokumentasikan acara atau kegiatan yang berkaitan dengan pernikahan.

Mulai dari pertunangan, pra-wedding yang fotonya digunakan untuk undangan pernikahan pasangan sampai hari H-nya atau hari pernikahannya.

f. Sport Photography

jenis-jenis fotografijenis-jenis fotografi
Gambar 1 via iso.500px.com dan gambar 2 via paulcurrie.co.uk

Sport photography atau fotografi olahraga mengacu pada genre fotografi yang mengabadikan semua jenis olahraga.

Untuk kegiatan fotografi yang mangabadikan atlet profesional, ia dianggap sebagai bagian dari foto jurnalistik.

Karena mayoritas fotonya digunakan di media massa baik media cetak atau media online.

Sementara, untuk fotografi olahraga amatir, dianggap sebagai bagian dari fotografi vernakular.

3. Jenis fotografi berdasarkan karya manusia

Selain berdasarkan objek dan subjek foto, jenis fotografi juga bisa melahirkan aliran tertentu berdasarkan isi foto.

Dengan demikian, jika isi fotonya menampilkan karya manusia, ia dianggap sebagai bentuk dari fotografi benda, diantaranya:

Jenis fotografiSubjek atau Objek fotonya
Fotografi ArsitekturBangunan historis atau gedung tinggi di perkotaan
Still Life PhotographyMengabadikan benda mati untuk tujuan pembelajaran yang dibuat mirip dengan lukisan
Food PhotographyMengambil foto makanan untuk berbagai tujuan seperti promosi, posting media sosial, resep jadi dan lain sebagainya

Tiga aliran diatas punya daya tarik sendiri dan termasuk salah satu genre fotografi paling populer sekarang ini.

4. Jenis fotografi berdasarkan kegiatan

Jenis fotografi berdasarkan kegiatan, yang kadang juga disebut fotografi aktivitas, mengacu pada aktivitas fotografi yang mengabadikan aktivitas manusia secara langsung.

Artinya, aliran satu ini jauh lebih spesifik, yang saling terakit dengan beberapa genre diatas. Agar jelas, berikut tabel jenis fotografi berdasarkan aktivitas manusia:

Aliran fotografiKegiatan
Foto FashionMengambil foto barang atau orang untuk tujuan khusus, ditempatkan di majalah atau promosi di reklame misalnya
Foto Hitam PutihMembuat foto monochrome atau hitam putih dengan fokus pada raut wajah dan emosi seseorang
Foto AbstrakFotografi yang fokus untuk menampilkan emosi dan bukan logika
Foto KomersialFoto yang dibuat untuk tujuan komersial, ditempatkan di Billboard, Papan iklan, atau media promosi lainnya
Foto KonseptualSebuah proses mengabadikan ide atau pemikiran jadi sebuah karya fotografi
Foto KonserFoto yang mengabadikan konser
Foto EventFoto yang secara khusus mengabadikan kegiatan entah itu pegelaran, saresehan, kegiatan organisasi dan lain sebagainya
Foto MaternityFoto maternity adalah foto yang mengabdaikan proses mengandung sampai kelahiran. Di Indonesia, lebih disebut sebagai foto bumil
Foto KeluargaFoto yang secara khusus mengabadikan keluarga kecil atau keluarga besar dari nenek sampai cucu
Foto GlamorFotografi glamour atau foto glamor adalah fotografi yang menampilkan sisi seksi dan romantis dari seseorang
Foto InframerahFotografi yang merekam cahaya yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia
Foto babybornProses sesudah fotografi maternity dimana proses kelahiran seorang anak diabadikan lewat foto
Fotografi bencanaAdalah kegiatan untuk mengabadikan sebuah becana yang terjadi lewat foto
Abstract PhotographyAdalah kegiatan fotografi yang fokus pada kegiatan mengabadikan benda-benda abstrak mulai dari bentuk, tekstur, warna sampai pola yang menarik secara visual

Selain daftar diatas, anda juga mungkin akan dengar jenis fotografi lain seperti Adventure photografy, black and white photografi, fine art, minimalis atau time lapse.

Jadi daftarnya ada banyak sekali. Artinya, postingan ini akan terus saya perbaharui secara berkala untuk menambahkan aliran fotografi lain.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa yang dimaksud dengan fotografi?

Maksud fotografi, dalam konteks ini, saya artikan sebagai pengertian fotografi termasuk sejarah dan definisi fotografi.

Fotografi adalah proses menangkap cahaya lewat film atau permukaan yang sudah di pekakan.

Ulasan lebih lengkap soal fotografi, termasuk sejarah dan tokoh pentingnya sudah saya bahas disini.

2. Apa saja genre fotografi?

Genre fotografi ada banyak dan semuanya sudah saya ulas diatas. Namun, jika merujuk pada genre umum fotografi, bisa baca disini.

3. Apa saja aliran dalam fotografi?

Aliran dalam fotografi bisa diartikan sebagai genre fotografi atau jenis fotografi yang sebagian alirannya sudah saya sebutkan diatas.

Penutup

Seperti yang saya sebutkan diatas, aliran atau genre fotografi itu ada banyak macam atau jenisnya.

Dan semuanya disesuaikan sama kegiatan fotografi yang dilakukan fotografer secara langsung untuk tujuan apa saja.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang jenis-jenis fotografi berdasarkan objek, subjek, benda dan aktivitas manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***


Gambar andalan: Vanessa Gonzalez, “Pretty in Pink” [Gear & Settings: Canon EOS 5D Mark III + EF 35mm f/1.4 USM lens; f/2.2, 1/8,000, ISO 200] via myclickmagazine.com/click-photo-contest-winners-pastels-neutrals/

Tinggalkan komentar