Infografis Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contoh

Sederhananya, infografik atau infografis adalah media yang dibuat untuk memvisualisasikan data dan informasi secara singkat.

Bentuk visualisasinya cukup beragam bergantung sama jenis dan tujuan pembuatan. Apakah untuk edukasi, untuk promosi dan lain sebagainya.

Artinya, infografis merupakan satu dari beberapa bentuk desain komunikasi visual yang efektif untuk menunjukkan poin-poin penting atau highlight dari satu informasi.

Pembuatan infografik bisa dilakukan secara online dan offline. Jadi, infografis tersebut bisa dicetak atau dibiarkan dalam bentuk digital saja.

Dan untuk anda yang sedang cari definisi infografis, cara buat infografis yang benar, fungsi infografis sampai dengan contoh infografik, simak artikel ini sampai habis.

Apa itu Infografis?

Infografis Adalah

Dalam kamus Oxford English Dictionary, Infografis adalah grafik informasi yang merupakan representasi visual dari satu atau lebih data.

Dari sini bisa disimpulkan kalau infografis adalah kumpulan citra yang memvisualisasi data dalam bentuk diagram lingkaran dan grafik atas satu topik.

Lantas, apakah kata ini ada pedanan resminya dalam bahasa Indonesia? Tentu saja ada tapi bukan infografis melainkan infografik.

Di KBBI, infografik adalah informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik. Artinya, definisinya tidak beda jauh sama pengertian infografik yang lain.

Lantas, apakah infografik dan infografis itu sama? Secara teknis, infografik merujuk pada desain jadi sementara infografis mengacu pada bentuk infografik itu sendiri.

Baca Juga:

Lalu, penyebutan mana yang benar, apakah infografis atau infografik? Yang benar adalah Infografik. Isi didalamnya disebut infografis.

Intinya, infografik adalah alat visualisasi yang mencolok dan menarik untuk menyampaikan satu informasi dengan cepat dan jelas.

Proses pembuatan infografis tetap melibatkan elemen-elemen dasar dalam desain grafis mulai dari warna, tipografi, karakter gambar dan data.

Jika buat infografis sendiri, perlu diperhatikan bahwa tujuan pembuatan infografis adalah untuk menginformasikan sesuatu.

Meski fungsinya jauh lebih dari itu yakni untuk memberikan pengalaman memahami data atau tulisan lebih menarik lagi.

Hanya saja, semuanya kembali ke cita rasa desain yang mau dikembangkan dan bagaimana setiap elemen grafis ditempatkan.

Oh iya, data yang ditampilkan dalam infografis bisa berupa statistik atau presentasi dalam bentuk visual menggunakan bagan radial atau yang lainnya.

Jadi, sekalipun anda tidak baca teks dari infografis tersebut, data yang divisualisasikan berfungsi untuk menunjukkan topik inti pembahasan.

Fungsi Infografik

Tidak semua infografis yang dibuat di luar sana ukurannya sama karena kembali sama fungsi infografik itu sendiri.

Lantas, apa sih fungsi sebenarnya dari infografik? Ada beberapa, diantaranya:

  • Untuk mengilustrasikan data seperti statistik, fakta dan angka secara visual menggunakan abgan, grafik dan bentu-bentuk visualisasi lainnya
  • Untuk menyederhanakan topik yang kompleks karena itu diperlukan ilustrasi dan isyarat visual agar topik itu lebih mudah dipahami
  • Memberikan perbandingan secara visual antara dua objek atau lebih termasuk produk, layanan, fitur, merk, banding dan ide
  • Membentuk kesadaran terlebih untuk infografik edukasi yang dibuat oleh lembaga publik seperti pemerintah
  • Meringkas konten yang panjang karena lewat infografik ini, teks atau informasi yang banyak seperti video, artikel blog dan laporan jauh lebih ringkas

Macam-macam jenis dan Contoh infografis

Infografis Adalah

Macam-macam jenis infografik bisa mengacu pada bentuk, tujuan dan informasi apa yang ada dalam infografik itu sendiri.

Secara umum, jenis infografis hanya terbagi dalam tiga bentuk saja, yakni infografik statis, animasi dan interaktif, berikut penjelasannya:

Jenis infografisKarakteristik
StatisBentuknya sederhana tanpa melibatkan unsur lain seperti audio dan animasi. Artinya, yang digambarkan hanya gambar dan statistik saja
AnimasiBentuknya cukup aktraktif karena melibatkan animasi dan audio didalamnya entah itu dalam bentuk Animasi dua dimensi atau tiga dimensi
InteraktifMenampilkan semua elemen diatas yakni gambar, statistik, animasi dan audio. Selain itu, disiapkan juga tombol untuk berinteraksi dengan setiap elemen dalam infografik

Meski bentuk penggambaran infograsi hanya tiga, tapi dalam perkembangannya kemudian, melahirkan tipe infografik lain.

Tipe infografik ini mengacu pada informasi yang disampikan dalam infografik dengan visualiasi statis, animasi dan interaktif.

Agar jelas, berikut disajikan macam-macam infografis paling populer, diantaranya:

1. Infografis Statistik

Infografis Adalah

Infografis statistik atau statistical infographics adalah infografik yang memanfaatkan tipografi, bagan dan grafik dalam penyampaian informasinya.

Semua elemen visual diatas tentu didapatkan dari penelitian, fakta lapangan atau angka yang secara visual membantu memahami inti pembahasan.

Infografis jenis ini membuat data terlihat lebih menarik dan lebih murah dicerna dibanding sekumpulkan angka dan tabel biasa.

Fokus infografis statistik cukup variatif tapi mayoritas hanya pada visualisasi data untuk satu penelitian.

2. Infografis Informasi

Infografis Adalah

Berikutnya ada Infografis informasi atau informational infographics yang merupakan gabungan dari dua elemen yakni teks dan visual.

Tujuannya untuk menjelaskan atau menyederhanakan topik atau membantu audiens memahami langkah-langkah atas sesuatu dengan mudah.

Biasanya, infografis jenis ini dibaut untuk meringkas materi yang berat seperti dalam postingan blog atau video durasi panjang.

Anda juga dapat membagikan infografis ini sebagai satu konten yang berdiri sendiri sesuai dengan narasi teks yang dibangun.

3. Infografis Proses

Infografis Adalah

Infografis proses atau Process infographics adalah infografis yang menggunakan diagram alur dan garis waktu untuk memandu audies memahami materi.

Atau, jika dibuat untuk tujuan penyederhaan proses, berguna dalam proses pengambilan keputusan agar tepat.

Model infografik satu ini cocok dibuat oleh perusahaan atau lembaga untuk memberikan instruksi kepada karyawan atau pegawai untuk memahami SOP tertentu, keluhan pelanggan misalnya.

4. Infografis Garis Waktu

Infografis Adalah

Infografis timeline atau timeline infographics adalah mode infograsi yang didalamnya menyajikan satu informasi dalam urutan kronologis waktu.

Mayoritas, timeline waktu yang ditampilkan dari yang paling lama ke paling baru. Cocoknya digunakan untuk menunjukan perkembangan brand atau produk.

Termasuk juga untuk memperlihatkan riwayat perjalanan satu toko atau sejarah terjadinya sesuatu, perang dunia ke-II misalnya.

5. Infografis Anatomi

Infografis Adalah

Infografis anatomi atau anatomical infographics adalah jenis infografis yang dibuat untuk menjelaskan bagian-bagian yang berbeda atas sesuatu.

Biasanya, format dalam infografik menggunakan digram berlabel untuk menyoroti atau menjelaskan bahan, bagian produk, karakteristik dan informasi penting lainnya.

6. Infografis Hierarkis

Infografis Adalah

Infografis hirarkis atau hierarchical infographics adalah jenis infografis yang bentuknya berupa piramida untuk menunjukkan tingkat informasi atas sesuatu.

Cocoknya digunakan untuk menampilkan informasi berdasarkan prioritas, kepentingan atau kesulitan.

7. Daftar Infografis

Infografis Adalah

Infografis daftar atau list infographics adalah jenis infografis yang dibuat untuk meringkas dan menyajikan informasi dalam bentuk daftar.

Isi dalam infografis bisa berupa daftar satu item, faktor, bahkan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu.

Salah satu kelebihan dari infografik jenis ini adalah infografik yang disajikan cenderung menyenangkan karena informasinya yang ringkas.

8. Infografis Perbandingan

Infografis Adalah

Mayoritas Infografis perbandingan atau comparison infographics digunakan untuk membandingkan beberapa objek.

Termasuk orang, konsep, produk atau merk. Perbandingannya juga dilakukan secara visual termasuk untuk menggambarkan persamaan dan perbedaan.

Karakteristik infografis jenis ini dapat dengan mudah dikenali dari penggunaan tata letak multi-kolom yang berguna untuk membandingkan dua topik berbeda secara bersamaan.

9. Infografis Berbasis Lokasi

Infografis Adalah

Infografis berbasis lokasi atau location-based infographics digunakan untuk menampilkan informasi geografis dalam bentuk visual.

Biasanya digunakan untuk representasi visual untuk postingan blog, laporan atau presentasi di kelas.

Kelebihan dan Kekurangan Infografik

Selain manfaat positifnya yang banyak, infografis juga punya beberapa kekurangan yang bisa dilihat pada tabel dibawah ini:

KelebihanKekurangan
Informasi jadi lebih ringkasProses pembuatannya yang lama
Informasi lebih mudah diserapDesain infografis yang rumit
Data kompleks dapat dengan mudah dipecahSumber data dan statistik yang sulit didapat
Alat visualisasi yang efektifTidak berkontribusi langsung ke SEO
Meningkatkan kepercayaan dan brandingTidak bisa diedit setelah diterbitkan
Mudah dibagikan dalam bentuk gambarData dalam infografis yang selalu ketinggalan

Sekalipun punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, infografik tetap jadi salah satu media komunikasi visual yang efektif.

Jadi, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan infografik untuk menunjukkan alur, kronologi, proses atau informasi penting lainnya.

Tapi, pertimbangkan juga model penyampaian informasinya apakah statik, dengan animasi atau pakai media interaktif.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara buat infografik yang baik dan benar?

Ada banyak cara membuat infografis mulai dari memanfaatkan template jadi siap pakai atau mungkin edit sendiri di Photoshop.

Misalnya, jika pakai template siap pakai, bisa gunakan Canva lalu cari template infografis yang tersedia disitu.

Selanjutnya, tinggal edit informasi didalamnya lalu sesuai gambar yang ada. Agar jelas, soal cara buat infografis akan saya bahas di postingan selanjutnya.

2. Apa saja contoh alat, tools, aplikasi dan situs untuk buat infografis?

Ada banyak salah satunya Canva. Jika mau dapat template yang bisa diedit semuanya, bisa manfaatkan tools lain seperti Venngage.

Hanya saja, mayoritas tools menyediakan dua opsi editing yakni yang pro dan gratis. Kalau yang gratis, template yang tersedia terbatas.

Agar jelas, untuk tools, aplikasi dan situs infografis ini akan saya bahas di artikel berikutnya. Jadi pastikan anda baca artikel ini sampai habis.

3. Bagaimana cara membuat infografis di HP baik Android dan iOS?

Caranya cukup sederhana dimana anda tinggal memanfaatkan aplikasi pembuat infografis seperti Canva atau sejenisnya.

Lalu instal aplikasi di ponsel dan registrasi agar bisa di arahkan ke beranda akun. Terakhir, lakukan konfigrasi lanjutan sampai infografis berhasil dibuat.

4. Dimana saja tempat template infografis tersedia?

Ada banyak salah satunya dari situs, aplikasi atau tools online yang menyediakan opsi untuk buat infografis costum. Biasanya, ada berbagai template siap pakai yang tersedia disana.

5. Apa yang dimaksud dengan poster infografis?

Poster infografis adalah infografik yang dibuat bentuknya sama seperti poster begitu juga dengan ukuran dan tujuan pembuatan.

Artinya, infografis ini dibuat untuk ditempel di fasilitas publik atau di tempat umum berupa plakat, pengumuman atau iklan.

6. Apa yang dimaksud dengan video infografis?

Video infografis adalah infografis interaktif yang dalam bentuk video dan animasi untuk sebagai media untuk memvisualisasikan data.

Penutup

Peran infografis sangat penting karena memudahkan dalam penyampaian informasi yang panjang hanya pada poin-poin kuncinya saja.

Dengan demikian, data dari satu informasi lebih mudah diserap dan ditangkap audiens. Artinya, ia jadi alat komunikasi visual yang efektif.

Demikian artikel tentang pengertian infografis adalah: fungsi, jenis, manfaat dan contoh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar