40+ Genre Fotografi Paling Populer dari Zaman ke Zaman

Genre fotografi mengacu pada tipe dan aliran dalam dunia fotografi yang bisa ditekuni seorang fotografer, langsung ataupun tidak.

Sebagai fotografer, tentu agak sulit memilih jenis genre fotografi mana bakal ditekuni. Tapi keputusan ini perlu diambil agar layak disebut fotografer profesional.

Terlebih jika anda menjadikan keahlian tersebut sebagai karir atau bisnis yang merupakan sumber penghasilan utama anda.

Sebagian besar genre fotografi yang akan saya ulas disini mengacu pada subjek, objek, aktivitas dan teknik pengambilan foto yang dilakukan fotografer.

Sehingga tidak perlu heran kalau ada istilah rooftopping, fotografi alam liar, fotografi bawah air dan lain sebagainya.

Dan mungkin saja, dalam beberapa tahun ke depan, deretan style fotografi ini akan bertambah seiring dengan meningkatnya aktivitas fotografi yang dilakukan manusia.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari genre fotografi dan penjelasannya, jenis genre fotografi, aliran dalam dunia fotografi sampai dengan style fotografi, simak artikel ini sampai habis.

40+ Genre Fotografi Paling Populer dari Zaman ke Zaman

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 40 genre fotografi paling populer dari zaman ke zaman, diantaranya:

1. Genre fotografi pernikahan

fotografi pernikahan
via slrlounge.com

Fotografi pernikahan atau wedding photography adalah salah satu genre fotografi yang paling umum dan cenderung berhubungan dengan suatu acara, lebih spesifik ke acara pernikahan saja.

Di Indonesia, salah satu kegiatan yang selalu melibatkan fotografer, meskipun hanya dilakukan sekali seumur hidup, adalah pernikahan.

Fotografer pernikahan biasanya mengabadikan setiap momen sebelum dan setelah acara pernikahan berlangsung.

Tujuannya agar momen tersebut jadi kenang-kenangan abadi antara dua mempelai yang akan menikah dan juga keluarga.

Jika menggeluti genre satu ini, anda tidak saja dituntut untuk bergerak cepat, tetapi juga taktis saat memilih angle yang tepat bahkan saat situasi canggung sekalipun, akad nikah atau pemberkatan misalnya.

Baca Juga :

Juga harus cepat beradaptasi dan siap mengambil foto dalam situasi apa pun itu entah didalam ruangan ataupun diluar ruangan.

Dan biasanya, mempelai yang akan menikah selalu menunggu aba-aba dari fotografer saat melakukan sesi pemotretan termasuk posisinya.

Karena itu, anda harus percaya diri dan bisa berkomunikasi dengan mempelai dan keluarga dengan baik secara verbal atau non-verbal.

Disisi lain, untuk bisa jadi fotografer pernikahan yang profesional, hal paling pertama yang harus dilakukan adalah mencintai pekerjaan tersebut.

Karena pesaing anda bukan diri sendiri tapi fotografer amatir dan pemula yang ikut-ikutan jadi fotografer modal Hp.

Intinya, saat melakukan kegiatan tersebut, selalu bersikap profesional sebab inilah pekerjaan anda. Sumber penghasilan utama anda.

Pola pikir ini juga harus dipertahankan terlebih jika ingin membuka bisnis tersebut lebih besar lagi di masa mendatang.

2. Fotografi acara

genre fotografi

Mirip sih sama fotografer pernikahan yang sudah saya jelaskan dibagian atas karena pernikahan juga merupakan suatu acara.

Hanya saja, fotografer acara cakupannya lebih luas termasuk didalamnya acara ulang tahun pernikahan, HUT, ulang tahun lembaga dan lain sebagainya.

Kebanyakan gaya pengambilan foto acara itu melibatkan dua atau lebih genre yang berbeda mulai dari dokumenter, fotojurnalistik dan portrait.

Beberapa orang menggunakan foto acara ini sebagai kenang-kenangan, sementara yang lainnya, untuk publisitas atau promosi.

3. Fotografi portrait

portrait fotografi
via silversparrowphoto.com

Portrait adalah salah satu genre fotografi yang cukup populer dan banyak dilakukan oleh orang-orang, sadar atau tidak.

Di Indonesia, fotografi portrait kadang dihubung-hubungkan sama siklus atau fase kehidupan seseorang.

Mulai dari persalinan, foto ulang tahun pertama, foto pertama ke sekolah, foto keluarga besar dan lain sebagainya.

Karakteristik utama dari genre satu ini ada pada bentuk fotonya cenderung vertikal dibanding landscape dengan fokus utama pada wajah subjek.

4. Fotografi produk

fotografi produk
via shopify.com

Fotografi produk merupakan salah satu genre umum dengan tujuan utama pengambilan fotonya untuk ditempatkan di majalah, katalog produk, iklan dan lain sebagainya.

Artinya, fotografi produk merupakan satu spesialisasi dari genre fotografi yang punya kaitan sama aliran lain, food fotografi dan fashion fotografi misalnya.

Coba lihat produk yang barusan dibeli di toko one shop shopping atau snack yang barusan di makan, pasti ada foto didalamnya.

Foto-foto tersebut juga kadang digunakan sebagai katalog online ataupun cetak, termasuk untuk label dan kemasan.

Biasanya sih, fotografi produk punya studio sendiri dengan pengaturuan, latar belakang studio dan pencahayaan yang sudah di atur sedemikian rupa.

5. Fotografi makanan

fotografi makanan
via shipstation.com

Salah satu jenis fotografi yang tak kalah populer adalah food fotografi, yang fokus utamanya pada makanan yang akan dikonsumsi atau diiklankan.

Istilah makanan disini bisa mencakup apa saja. Artinya, objek foto food fotografi sangat luas.

Jika dilakukan secara profesional, hasil foto dari kegiatan fotografi makanan ini bisa digunakan restoran atau rumah makan yang sedang mengiklankan produk mereka.

Dengan harapan, pengunjung atau calon konsumen bisa mengidentifikasi menu makanan yang disajikan atau dijual.

6. Fotografi perhiasan

fotografi produk dan perhiasan
via wagnerphotografx.com

Fotografi perhiasan merupakan subgenre dari fotografi produk yang sudah saya ulas dibagian atas.

Bahkan, masih punya kaitan juga sama fotografi makro yang akan saya bahas di poin berikutnya.

Hanya saja, objek fotonya lebih spesfik pada perhiasan saja entah itu cincin, kalung, permata, mutiara dan lain sebagainya.

Tantangan paling besar saat melakoni kegiatan ini adalah pada pengaturan keseimbangan cahaya.

Artinya, persiapannya harus matang. Kadang juga, untuk dapat hasil foto yang keren, fotografer melibatkan model orang.

7. Fine art fotografi

fotografi seni
via creativelive.com

Fotografi seni adalah niche fotografi tak beraturan dengan tujuan untuk menciptakan seni dan tidak menekankan pada pasca processing.

Mayoritas digunakan untuk tujuan pegelaran seni atau ditempatkan di galeri. Atau mungkin, dijual dalam bentuk produk cetak berbingkai.

Subjek fotonya bisa apa saja termasuk subjek hidup seperti hewan dan manusia atau mungkin lanskap alam.

Fotografi ini menekankan pada respons emosional fotografer yang mengkomunikasikan pesan tertentu kepada audiens lewat foto.

8. Fotografi glamour

fotografi mode
via rmphotographie.com

Fotografi glamour adalah salah satu niche dalam dunia fotografi yang melibatkan model dalam setiap sesi foto.

Genre fotografi jenis ini biasanya digunakan untuk sampul majalah, koran atau untuk gambar produk.

Untuk bisa menghasilkan fotografi mode yang bagus, pencahayaan harus sempurna dan fokus pada kontras.

Disisi lain, kerjasama tim sangat penting saat sesi foto glamour. Karena roda penggeraknya bukan cuma satu orang saja, fotografer misalnya.

Artinya, ada banyak orang yang terlibat mulai penata busana, penata rias, sutradara seni, fotografer, digital retoucher dan lain sebagainya.

9. Fotografi arsitektur

fotografi arsitektur
via snapshot.canon-asia.com

Bagi saya pribadi, salah satu aliran fotografi yang unik dan menarik dengan angle kamera yang tak biasa adalah fotografi arsitektur.

Memang sih objek fotonya tetap namun perspektifnya sangat luas mulai dari eksterior dan interior bangunan sampai detail lain terkait bangunan yang dianggap menarik.

Fotografi arsitektur butuh teknik dan peralatan khusus untuk meminimalisir distorsi dan perspektif yang mungkin saja akan terlihat pada sudut bangunan.

Ada juga anggapan kalau genre satu ini merupakan subdivisi dari fotografi real estate meski ada juga yang menggapnya sebagai genre tersendiri.

Mengapa demikian? Karena pasar real estate saat ini sudah menggunakan foto juga untuk mempromosikan properti yang dibuat secara komersil.

Atau mungkin, untuk memperlihatkan kepada calon penghuni terkait dengan perumahan, residence atau townhouse yang baru saja dibangun.

10. Fotografi travel

fotografi travel
via pressidium.com

Suka traveling? Bepergian ke tempat-tempat wisata atau ke suatu lokasi baru? Dan apakah anda ingin dibayar saat melakukan traveling? Bisa jadi fotografer travel.

Fotografi perjalanan memungkinkan anda untuk melakukan dua hobi sekaligus. Artinya, harus bisa memadukan berbagai genre fotografi dengan fokus utama pada subjek atau objek yang dikunjungi.

Pada satu perjalanan, mungkin harus fokus pada subjek orang, budaya dan gaya hidup mereka. Atau mungkin objek wisata yang menurut anda menarik dan wajib diketahui orang lain.

Dan terkadang harus melibatkan beberapa detail dan objek, hewan atau bangunan unik, yang membuat foto itu lebih menarik.

Tugas utama seorang fotografer travel adalah membuat audiens seolah berada ditempat di mana foto tersebut diambil.

11. fotografi Iklan

fotografi gaya hidup
via pinegate.co.uk

Sadar atau tidak, kemanapun anda pergi, dunia fotografi atau foto-foto ada dimana-mana dalam berbagai bentuk.

Mulai dari papan reklame, billboard, rambu-rambu lalu lintas, iklan majalah, koran, bahkan tema di ponsel anda.

Semua jenis fotografi tersebut masuk dalam satu kategori yang sama yakni iklan dan gaya hidup. Dan genre ini terus merevolusi industri pemasaran selama bertahun-tahun.

12. Fotografi jalanan

fotografi jalanan
via photolisticlife.com

Fotografi jalanan yang kadang juga disebut street photography adalah genre fotografi yang berusaha mengabadikan jalanan di perkotaan.

Termasuk juga ditempat-tempat publik seperti taman, bangunan unik di tengah kota dan lain sebagainya.

Kadang juga, fotografi jalanan ini melibatkan subjek orang yang diambil secara acak dan tidak melulu fokus di jalanan saja.

13. Fotografi gaya hidup

fotografi gaya hidup
via fstoppers.com

Fotografi gaya hidup mungkin kategorinya cukup luas. Agar lebih spesifik, biasanya genre ini fokus untuk mengabadikan gaya hidup seseorang.

Gaya hidup ini bisa mencakup aktivitas sehari-hari mulai dari makanan yang dimakan, sepatu dan pakaian yang dikenakan hingga sikat gigi yang digunakan.

Fotografi gaya hidup juga cukup dekat dengan fotografi dokumenter namun subjeknya terbatas pada aktivitas yang dilakukan seseorang.

14. Fotografi fashion

fotografi mode
via book.fr

Diatas sudah saya sebutkan soal fotografi glamour, yang bisa diartikan sebagai fotografi mode atau fashion.

Namun, pada genre satu ini, ia lebih fokus pada style pakaian seseorang dan hasil fotonya cenderung digunakan untuk tujuan komersial atau periklanan.

15. Foto jurnalistik

fotograf
via time.com

Foto jurnalistik adalah genre fotografi yang membuat laporan mengenai suatu fakta atau kejadian yang menarik lewat foto.

Apakah itu perang, demonstrasi, kampanye politik, bencana alam sampai kegiatan komunitas. Intinya, jurnalis foto harus bisa menghasilkan berita baru.

Dan ini penting mengingat surat kabar, majalah dan media publikasi online lain membutuhkan foto referensi untuk membantu menceritakan berita yang dimuat.

Photojurnalism sebenarnya salah satu jenis fotografi dokumenter dan tujuan dari seorang jurnalis foto adalah untuk mendokumentasikan peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi.

16. Human interest fotografi

via medium.com

Seperti juga namanya dimana penekanan hasil foto pada genre human interest fotografi ada pada manusia dan ekspresinya.

Momen-momen yang diabadikan biasanya mencakup aktivitas seperti berdagang, nyanyi, makan dan lain sebagainya yang memiliki daya tarik.

Selain itu, foto tersebut mengandung nilai intrinsik yang khas dengan pesan yang kuat sehingga bisa mempengaruhi orang yang melihatnya.

17. Fotografi dokumenter

fotografi dokumenter
wons.ca

Fotografi dokumenter mengacu pada jenis fotografi yang digunakan untuk mengabadikan peristiwa terkait dengan alam dan manusia hingga subjek yang lebih kecil seperti hewan.

Fotografi ini sangat lekat dalam dunia jurnalistik, karena cenderung signifikan dan relevan dengan suatu sejarah. Dan biasanya, foto akan memperlihatkan kegiatan subjek dari hari ke hari.

18. Fotografi editorial

fotografi editorial
kiriako.ca

Fotografi editorial adalah suatu jenis fotografi yang biasanya digunakan untuk mengambil gambar subjek untuk di muat di koran atau majalah.

Gambar subjeknya bisa dari model atau dari masyarakat. Disini biasanya visi foto akan menggabungkan tiga bagian editorial, yakni mode, olahraga dan acara tertentu.

19. Fotografi abstrak

fotografi abstrak
via adorama.com

Ada yang bilang kalau salah satu kelebihan dari fotografi abstak adalah apa yang dihasilkannya yakni menonjolkan dunia objek yang tidak hidup.

Meski demikian, hasil fotonya bisa tampak menarik dengan garis-garis spiral alami sehingga layak disebut aliran fotografi.

20. Astrofotografi

astrofotografi
via photographytalk.com

Pada genre fotografi ini ditekankan pada upaya fotografer untuk merekam dan mengambil benda-benda langit.

Ini termasuk Deep Sky, yang merupakan sebuah upaya untuk menangkap subjek yang jauh menggunakan teleskop dan kamera.

21. Fotografi black and white

fotografi black and white
via boredpanda.com

Para fotografer biasanya berusaha menangkap subjek entah itu alam dan manusia tetapi tanpa warna alias hitam putih.

Selama post-processing, fotografer akan berusaha mengambil gambar monokrom dengan memanfaatkan pencahayaan seminimal mungkin.

22. Fotografi Boudoir

fotografi boudoir
via sasserstillsboudoir.com

Genre fotografi yang ini mirip-mirip dengan fotografi mode yang sudah saya ulas dibagian atas. Tapi lebih intim dan romantis.

Subjeknya tentu saja manusia dan set lokasinya cenderung berada di kamar tidur atau di ruang ganti pakaian.

Tujuan dari fotografi boudoir ini adalah untuk memberikan kesenangan semata baik kepada subjek sendiri atau pasangannya.

Jika diberikan kepada pasangan, biasanya digunakan sebagai hadiah pertunangan atau pernikahan mereka.

23. Candid Fotografi

fotografi candid
via hamstech.com

Fotografi candid adalah genre fotografi yang pernah tren di Instagram beberapa tahun lalu dengan ciri khas yang unik.

Bahkan, foto candid ini masih menghiasi lini masa Instagram hingga sekarang ketimbang duck face yang lebih dulu tren.

Pada dasarnya, candid fotografi berupaya mengambil gambar tentang subjek dengan atau tanpa sepengetahuan mereka.

Artinya, ada kemungkinan foto yang dibuat itu tidak memperhatikan angle alias dilakukan secara spontan.

24. Fotografi komposit

komposit fotografi
via slrlounge.com

Fotografi komposit adalah satu jenis genre fotografi yang menggabungkan beberapa elemen visual yang ada menjadi gambar tunggal.

Setelah foto diambil, biasanya akan terbentuk ilusi yang mengisyaratkan bahwa semua elemen dalam foto terpisah atau mungkin adegan yang sama.

Pembuatannya bisa dilakukan pakai mode eksposur ganda pada kamera atau layering dua gambar menggunakan aplikasi pengeditan foto.

Atau mungkin sudah dibuat bentuk cetakan fisiknya dalam bentuk fotomontase sampai dengan teknik multiplisitas.

FYI, multiplisitas sendiri adalah suatu teknik dalam dunia fotografi untuk mengambil gambar beberapa kali dalam satu adegan.

25. Fotografi Drone

fotografi drone
via amazonaws.com

Fotografi drone baru berkembang belakangan ini setelah alat tersebut ditemukan dan di komersialkan. Pada dasarnya, fotografi drone adalah tindakan memotret objek dari udara.

Ini termasuk, namun terbatas pada, foto dari helikopter, pesawat terbang atau pesawat tanpa awak. Dengan fotografi drone, hasil gambar biasanya terlihat lebih realistis.

Ciri utama dari genre fotografi ini ada pada posisi pengambilan fotonya yang selalu menggunakan sudut yang sama yakni high angle.

26. Fotografi jam emas

fotografi jam emas
via cliftoncameras.co.uk

Penamaan fotografi jam emas ini atau golden hour photography sebenarnya baru berkembang beberapa tahun terakhir setelah tren aktivitas fotografi sebelum dan sesudah matahari terbit.

Oleh karena itu, fotografi jam emas ini mengacu pada jam sebelum matahari terbenam dan satu jam setelah matahari terbit.

Dua waktu tersebut adalah waktu dimana matahari berada pada titik terendah di langit. Sinar matahari akan terlihat lebih lembut seolah mengeluarkan suhu hangat.

27. Fotografi dalam ruangan

fotografi dalam ruangan
via karenreneeinteriors.com

Fotografi dalam ruangan mengacu pada gambar yang diambil di dalam ruangan, entah itu di ruang tamu atau ditempat lain. Namun sebagian besar objeknya adalah ruang tamu.

Disini fotografer akan menggunakan kamera atau perlatan khusus untuk menangkap cahaya yang lewat agar hasil foto maksimal.

Sebenarnya, fotografi dalam ruangan mirip dengan fotografi interior atau aristektur. Dengan atau tanpa tujuan khusus, apalagi jika digunakan untuk tujuan komersil.

28. Fotografi infrared

fotografi infrared
via firstmanphotography.com

Fotografi infrared atau inframerah mengacu pada gambar dimana fotografer harus memanfaatkan cahaya inframerah secara alami.

Kamera yang digunakan bisa analog atau digital hanya saja lampu infamerah harus melewati sensor kamera agar efeknya terlihat.

Namun, untuk jenis fotografi ini membutuhkan filter dan perangkat lunak pasca-pemrosesan agar foto lebih hidup.

29. Fotografi makro

fotografi makro
via adorama.com

Fotografi makro mengacu pada upaya untuk mengambil foto tentang subjek yang berukuran kecil dari jarak dekat.

Dengan demikian, aktivitas fotografi satu ini butuh lensa khusus termasuk peralatan penunjang lain.

Sejatinya, rasio foto makro hanya 1:1. Contoh paling sederhana dari subjek foto makro paling sering diambil adalah serangga, bunga sampai butir-butir hujan.

30. Fotografi bimasakti

fotografi bimasakti
via digital-photography-school.com

Fotografi bima sakti mengacu pada aktivitas fotografi untuk mengambil foto dengan objek utama bimasakti atau luar angkasa.

Sama seperti fotografi makro dimana kamera yang digunakan harus spesial karena kondisi pencahayaannya yang cenderung rendah.

Fotografer juga harus berusaha menjaga resolusi gambar tetap tinggi sehingga foto yang dihasilkan sesuai keinginan.

31. Fotografi minimalis

minimalis foto
via thephotoargus.com

Fotografi minimalis mengacu pada upaya mengambil gambar pemandangan menggunakan jumlah elemen visual yang paling kecil namun menarik.

Komponen ini dapat mencakup, namun tidak terbatas pada warna, tekstur, garis dan juga bentuk seperti yang terlihat pada gambar diatas.

32. Fotografi seluler

fotografi seluler
via bigcommerce.com

Fotografi seluler atau fotografi smartphone mengacu pada semua jenis fotografi yang diambil pakai kamera dari ponsel smartphone milik anda.

Artinya, subjek dan objek genre fotografi satu ini bisa apa saja. Mengapa? Karena penggunaan smartphone yang makin luas sehingga tidak merujuk pada subjek foto yang diambil.

33. Fotografi olahraga

fotografi olahraga
via lumixgexperience.panasonic.co.uk

Fotografi olahraga adalah aktivitas memotret semua jenis olahraga mulai dari balap mobil Formula 1, MotoGP, Sepakbola, Sepak Takraw, Tinju dan lain sebagainya.

Karena mengabadikan momen yang spontan tanpa perencanaan, maka fotografer butuh peralatan khusus yang mumpuni.

Termasuk didalamnya lensa, settingan kamera yang tepat mulai dari shutterspeed, ISO sampai dengan aperture atau yang lebih dikenal dengan segitiga eksposur.

34. Fotografi Still-Life

fotografi still life
via uiconstock.com

Fotografi still-life adalah aliran dalam dunia fotografi dengan fokus utamanya pada benda mati yang tersusun seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Salah satu poin yang membuat genre ini unik adalah makna yang dihasilkan dimana sekalipun pemandangan kaku namun foto yang dihasilkan terlihat hidup.

Dengan demikian, jika objek fotonya adalah makanan, maka genre ini berhubungan erat dengan food fotografi.

35. Fotografi time-lapse

fotografi time lapse
via pressidium.com

Fotografi time-lapse adalah jenis fotografi dimana gambar akan di suksesi dari adegan yang sama alias diambil dalam posisi yang sama.

Hanya saja, objek fotonya bergerak sehingga, seolah-olah, ada lebih dari satu objek yang di foto padahal sebaliknya.

36. Fotografi perang

fotografi perang
via fstoppers.com

Salah satu genre fotografi ekstrem, yang juga punya hubungan erat dengan fotojurnalistik atau foto dokumenter adalah fotografi perang.

Mengapa? Karena subjek atau objek dari aliran ini pada wilayah atau orang-orang yang sedang berkonflik dan juga dampak yang dihasilkannya.

Hasil fotonya juga bisa digunakan untuk foto referensi di koran, majalah atau di media massa lainnya.

37. Fotografi atap

Rooftopping photography
via theguardian.co.uk

Fotografi atap atau rooftopping photography adalah salah satu genre fotografi ekstrem yang populer di Eropa dan Amerika.

Dimana banyak anak muda yang suka mengabadikan momen saat mereka berdiri di gedung pencakar langit.

Dengan demikian, fotografer yang memilih genre ini akan mengambil foto diatas gedung dengan pose yang bikin kaki geli.

Selain itu, genre yang satu ini lebih ditekankan pada sensasi yang dirasakan atau efek yang dihasilkan saat orang melihat foto tersebut.

38. Fotografi Bencana

fotografi bencana
via hdnux.com

Fotografi bencana atau disaster photography juga termasuk genre fotografi ekstrem dan berbahaya.

Ancaman paling utama dari genre satu ini ada pada keselamatan. Terutama untuk gempa bumi, yang tidak diketahui kapan akan terjadi, apakah ada gempa susulan atau tidak dan seterusnya.

Oh iya, jika hasil fotonya digunakan untuk tujuan editorial maka ia termasuk fotojurnalistik. Sementara, jika tujuannya dokumentasi maka ia masuk dalam aliran foto dokumenter.

39. Forensik fotografi

forensic fotografi
via omicsonline.org

Forensik fotografi atau forensic photography sama seperti genre fotografi lainnya namun subjek yang diambil berbeda.

Penekanannya ada pada suatu kejadian, misalnya dalam kasus kecelakaan, outopsi korban kekerasan dan lain sebagainya.

Fungsi dari genre yang satu ini untuk mengungkap penyebab kecelakaan, kematian dan untuk tujuan kelengkapan berkas penuntutan di pengadilan.

Selain itu, fotografi yang satu ini hanya bisa di lakukan oleh pihak berwenang seperti Polisi, Jaksa atau lembaga terkait lainnya.

40. Fotografi malam

genre fotografi
via stocksy.com

Pada dasarnya, semua foto yang diambil saat malam hari masuk kategori ini. Apakah fotografi malam layak disebut genre?

Tentu saja. Karena sesi atau proses pengambilan foto di malam hari butuh pengaturan dan teknik khusus.

Mayoritas fotografer pakai teknik long exsposures dan time-lapse seperti untuk membentuk lukisan cahaya atau fotografi spiral.

Dengan kata lain, astrofotografi dan fotografi bimasakti yang sudah saya ulas diatas masuk atau bisa dimasukkan dalam genre ini.


FAQ

Beberapa pertanyaan berkaitan dengan genre fotografi akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut diantaranya:

1. Apakah genre fotografi sama dengan aliran foto, tipe fotografi dan jenis fotografi?

Jawabannya ya. Karena sama-sama mengulas kecenderungan fotografer saat mengambil satu foto.

Selain genre fotografi, saya juga sudah ulas jenis-jenis fotografi dengan tema yang sama disini.

2. Apa yang dimaksud dengan genre fotografi?

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana genre fotografi adalah kencenderungan fotografer mengambil foto objek dan subjek.

Dengan memilih genre yang tepat, fotografer bisa fokus sekaligus paham peralatan mana yang cocok digunakan saat proses pengambilan foto.

3. Apakah setiap genre diatas butuh teknik pengambilan foto?

Tentu saja. Karena pengaturan aperture, shutterspeed dan ISO antara fotografi landscape dan fotografi fashion itu berbeda.

Artinya, butuh teknik khusus dengan pengaturan khusus termasuk perlengkapan yang digunakan.

Penutup

Memahami berbagai genre fotografi akan membantu anda memilih mana yang paling cocok dengan diri anda.

Pengetahuan tentang genre yang ditekuni pasti akan tumbuh dengan sendirinya seiring waktu berjalan.

Jadi, pilihannya sekarang ada di tangan anda. Mau menjadi fotografer apa? Aliran yang mana yang akan digeluti? Dan kapan memulainnya.

Demikian artikel tentang 40+ jenis genre fotografi paling populer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar