3+ Cara Mendapatkan Gambar Bebas Hak Cipta di Google dan Bing

Sebenarnya, ada banyak cara mendapatkan gambar bebas hak cipta di Internet baik itu dengan memanfaatkan fitur filter di Google search.

Termasuk juga dengan menggunakan situs penyedia gambar gratis atau free license yang banyak tersedia saat ini.

Hanya saja, banyak orang yang lebih senang mencari gambar bebas lisensi di Google Images langsung.

Padahal, tidak semua gambar yang di indeks itu bisa dicomot dengan gratis atau di modifikasi sesuka hat. Alias, ada hak cipta yang melekat dibaliknya.

Selain itu, tidak ada tulisan yang secara jelas mengatakan kalau gambar ini ada hak ciptanya. Google lebih senang menggunakan istilah, ‘Gambar ini bisa saja memiliki hak cipta’.

Disisi lain, saya sendiri lebih senang menggunakan kata hak cipta di internet karena cakupannya yang luas termasuk gambar yang ad adi Google, Bing atau di situs free license microstock.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cara mencari gambar bebas hak cipta di Google, cara mencari gambar no copyright 2021, gambar kartun bebas hak cipta sampai website gambar free license.

Termasuk juga gambar bebas hak cipta untuk Youtube cara mengetahui gambar memiliki hak cipta sampai ciri gambar yang memiliki hak cipta, berikut artikelnya untuk anda.

3+ Cara Mendapatkan Gambar Bebas Hak Cipta di Google dan Bing

Lantas, bagaimana cara mendapatkan gambar bebas hak cipta di Google dan Bing? Ikuti langkah-langkah dibawha ini:

1. Cara mencari gambar bebas hak cipta di Google

Jika ingin menggunakan gambar bebas hak cipta yang sudah terindex di Google atau yang tersedia di Google Search Images, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, kunjungi dulu situs Google Images atau bisa masukkan kueri pencarian sesuai keinginan di bilah pencarian Google. Jika kuerinya sudah muncul, atur metode pencariannya ke gambar. Agar lebih cepat, langsung klik tautan ini untuk di arahkan ke Google Gambar
  • Apabila Google Image sudah terbuka, langsung masukkan kueri pencairan di kolom kosong yang tersedia. Sebagai contoh, saya mau cari Mockup HP, maka tinggal ketikkan keyword tersebut dan otomatis akan muncul daftar gambar terkait topik yang diingikan dan sudah terindex oleh Google
Cara mencari gambar bebas hak cipta di Google
  • Untuk memfilter gambar yang bebas lisensi atau bebas penggunaan tanpa hak cipta, klik Alat> Hak penggunaan> Lisensi Creative Commons
Cara mencari gambar bebas hak cipta di Google
  • Kemudian akan muncul daftar gambar dengan lisensi tersebut. Tinggal pilih gambar yang ada dan gunakan sesuai keinginan
Cara mencari gambar bebas hak cipta di Google

Untuk menyimpan gambar dengan lisensi tersebut, tinggal klik pada gambar yang ingin di download> lalu klik kanan dan pilih Save As.

Atau, bisa juga pilih opsi Open Image in New Tab jika ingin lihat dimensi gambar baik vertikal atua horizontal dan ikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas untuk simpan gambar.

FYI, dulu mungkin opsi filter hak penggunaan terbagi dalam beberapa bentuk seperti lisensi, tidak digunakan ulang dengan modifikasi, digunakan ulang, non-komersial dan komersial.

Hanya saja, untuk sekarang ini, opsi filternya hanya ada dua yakni lisensi creative commons dan lisensi komersial atau lainnya.

2. Cara mencari gambar bebas hak cipta di Bing

Cara yang sama juga berlaku jika anda ingin cari gambar bebas hak cipta di Bing, mesin pencari milik Google yang dimiliki Microsoft.

Opsi filterisasi gambar yang ingin ditampilkan lebih banyak dibanding Google. Nah berikut langkah-langkah cari gambar bebas hak cipta di Bing, yakni:

  • Kunjungi dulu mesin pencari Bing di Browser milik anda. Jika sudah terbuka, langsung ketikkan keyword tertentu sesuai dengan gambar yang hendak di cari. Untuk contoh saja, saya mau cari Mockup Phone di Bing. Kalau sudah, klik Enter atau icon search
Cara mencari gambar bebas hak cipta di Bing
  • Kalau hasil pencariannya sudah muncul, klik icon Gambar untuk diarahkan ke laman Bing Images. Setelah itu, klik filter yang ada dibagian atas. Nantinya, akan muncul beberapa menu filterisasi yang ada dibagian bawah mulai dari size atau ukuran, color, type, layout dan lain sebagainya
Cara mencari gambar bebas hak cipta di Bing
  • Jika ingin cari gambar bebas hak cipta di Internet, klik opsi filter lisensi. Nantinya akan muncul berbagai pilihan filter gambar dengan beberapa lisensi seperti All Creative Commons, Public Domain, Free to share and use, Free to share and use commercially, free to modify, share and use dan free to modify, share and use commercially
Cara mencari gambar bebas hak cipta di Bing

Tinggal pilih salah satu opsi filter karena rata-rata filternya sudah bebas hak cipta, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Misalnya, jika filter opsi pertama, anda mungkin bisa gunakan gambar tersebut dan modifikasi, tapi tetap sertakan sumber gambar atau mungkin tidak bisa digunakan komersial.

Jika pilih yang ketiga atau keempat, anda bisa gunakan gambar tersebut, membagikannya, untuk tujuan non-komersial ataupun komersial.

3. Download gambar dari website penyedia gambar bebas hak cipta

Download gambar dari website penyedia gambar bebas hak cipta

Cara yang terakhir adalah dengan berkunjung ke salah satu situs penyedia gambar bebas hak cipta atau tanpa lisensi.

Untuk daftarnya sih ada banyak mulai dari Flickr, pexels, lifeofpix, Pixabay, StockPhotosforFree dan lain sebagainya.

Ulasan lebih lengkap soal website penyedia gambar gratis tanpa hak cipta di internet sudah saya bahas disini.

Disarankan sebelum download, untuk lihat syarat dan ketentuannya dulu. Sebagai contoh, di Freepik anda bisa download gambar gratis.

Bahkan bisa edit gambar tersebut di tools besutan mereka yakni Wepik. Hanya saja, ada syarat yang harus dipenuhi untuk menghindari klaim di kemudian hari.

Dimana, anda harus menyertakan sumber gambar yang sudah disiapkan setelah gambar atau ilustrasi itu di download.

Disisi lain, jika ingin download di platform berbeda seperti Pexels atau Pixabay, ada beberapa kreator yang meminta anda untuk memberikan sumber gambar.

Disarankan untuk beri sumber gambar sebagai apresiasi kepada creator atau fotografer pemilik gambar.

Jadi, sama-sama menguntungkan. Ada dapat gambar referensi yang cocok dan pembuat dapat backlink sebagai imbalannya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, seperti:

1. Apakah gambar di Pinterest bebas hak cipta?

Secara teknis tidak. Artinya, pinterst bukanlah situs microstock dimana gambar di upload.

Karena pinterest hanya mengumpulkan gambar-gambar dari pihak ketiga entah itu blogger, situs berita dan lain sebagainya.

Dengan demikian, hak cipta gambar tidak ada di tangan Pinterest melainkan dari sumber gambar.

Dan jika ingin download gambar yang ada di Pinterest atau digunakan untuk tujuan tertentu, disarankan untuk hubungi pemilik gambarnya dulu.

2. Bagaimana cara mengetahui gambar yang memiliki hak cipta?

Saat gambar dibuat, hak cipta otomatis melekat kepada pembuat. Hanya saja, saat gambar tersebut di upload di Internet, secara tidak langsung status hak ciptanya berada dalam dua bentuk.

Creative commons atau commercial. Status hak cipta ini pun sangat sulit di deteksi kecuali jika gambar tersebut diambil di situs microstock.

Dengan demikian, untuk mengetahui apakah suatu gambar punya hak cipta atau tidak adalah dengan melihat detail lisensi.

Misalnya, anda cari gambar mockup HP di Google dan setelah di fliter, ada detail lisensi, ada kemungkinan gambar itu memiliki hak cipta.

Dengan demikian, anda tidak boleh download, modifikasi atau di bagikan tanpa persetujuan pemilik hak cipta.

3. Apa saja ciri gambar yang memiliki hak cipta ?

Ciri paling pertama ada pada bentuk fotonya. Jika foto tersebut satu-satunya pada kategori yang ditampilkan, sudah pasti ia memiliki hak cipta.

Kedua, foto tersebut bisa ada watermark di tengah gambar, disamping ataupun di lokasi tertentu pada foto.

Ketiga, foto tersebut di upload di situs microstock dan dijual alias tidak ada versi gratisnya.

Perhatikan, ciri diatas mungkin terbatas pada gambar yang ada di Google atau Bing. Artinya, sekalipun tidak ditemukan ciri sederhana diatas, bukan berarti gambar itu tidak ada hak ciptanya.

Sebab hak cipta adalah suatu karya yang melekat setelah gambar dibuat. Alias, anda tidak boleh comot sembarang, untuk digunakan sesuai keinginan.

Penutup

Untuk menghindari komplain di kemudian hari atau tuntutan hukum karena menggunakan gambar yang berhak cipta, sebaiknya buat gambarnya sendiri.

Jika tidak, anda boleh berlangganan versi premium di situs-situs microstock. Jika tidak, boleh download asal berikan kredit atau sumber gambar.

Demikian artikel tentang cara mendapatkan gambar bebas hak cipta di Google, Bing atau di Internet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar