13+ Situs Tempat Download Musik No Copyright Terbaik 2020

7 Likes Comment
Tempat Download Musik No Copyright

Banyak konten kreator pemula yang belum tahu apa perbedaan antara musik no copyright dan musik berhak cipta.

Sehingga, banyak video-video mereka yang diblokir atau tersandung masalah kekayaan intelektual hanya karena menggunakan backsound atau musik latar belakang yang punya hak cipta.

Kesadaran terhadap hak kepemilikan hak cipta ini, bagi saya pribadi, bermula dari pengetahuan tentang hak-hak eksklusif yang timbul otomatis saat suatu karya asli dibuat.

Karya asli ini adalah karya original, bukan karya yang dikompilasikan atau yang disadur ulang tanpa sepengetahuan pemiliknya, kecuali yang sesuai aturan fair use.

Misalnya nih, saya punya akun Youtube yang kontennya kebanyakan berbentuk Vlog atau konten gaming.

Itu adalah karya orisinal milik saya dan secara otomatis hak ciptanya melekat pada diri saya. Tentu saya gak mau orang lain menggunakannya tanpa izin, kan?

Apalagi, jika orang yang menyalin atau menggunakannya kembali untuk tujuan komersil. Artinya, ia dapat penghasilan dari karya yang bukan buatannya.

Makanya tak usah heran kalau ada Youtuber pemula yang bertanya-tanya, ini kok ada tulisan copyright dibawah deskripsi video, lah kok suara Adzan terkena copyright dan seterusnya.

Jika pengen video-video anda bebas dari copyright atau bebas dari pelanggaran, anda wajib gunakan video dan backsound yang bebas hak cipta.

Lebih bagus lagi kalau musik tersebut dibuat sendiri. Dan kasus pelanggaran hak cipta ini tidak saja ada di Youtube, tapi juga film, gambar atau foto, grafis, logo, tulisan dan karya-karya kreatif lain.

Jika anda kesulitan menemukan musik yang tepat, anda bisa download di situs penyedia free royalty music yang akan saya bahas di artikel ini.

Dan semua situs dibawah ini mengizinkan anda melakukan beberapa hal, seperti:

  • Mendownload musik free copyright tanpa batasan hak cipta. Hanya saja, beberapa situs memberikan syarat penggunaan, yang kebanyakan berkaitan dengan tautan sumber daya dalam bentuk backlink atau tautan do-follow ke situs tempat anda mendownloadnya
  • Bisa digunakan untuk tujuan apa saja entah itu komersial atau personal. Dengan kata lain, video yang mengandung musik bebas hak cipta bisa dimonetisasi atau disebarluaskan lagi

Oh iya, sebelum lanjut pada pembahasan inti tentang daftar situs bebas hak cipta, baiknya saya ulas dulu apa itu music free royalty dan jenis-jenisnya.

Apa itu Music Free Royalty atau music bebas hak cipta?

Music free royalty atau music no copyright adalah salah satu jenis musik yang diproduksi agar bisa digunakan dengan bebas, tanpa batas dan bisa digunakan untuk tujuan apa saja.

Artinya, setiap orang bisa menggunakan musik tersebut untuk backsound video, musik pengantar radio, streaming, game dan lain sebagainya.

Dalam beberapa kasus, musik bebas hak cipta ini mengacu pada hukum common right, yakni suatu karya yang bisa digunakan dengan atau tanpa syarat.

Jika bersyarat, kebanyakan tidak berhubungan dengan uang melainkan kredit ke sumber lagu berupa link referensi.

Misalnya begini, saya buat satu instrumen musik lalu saya unggah ke blog ini. Anda, sebagai pengunjung, boleh mendownload lagu tersebut dan menggunakannya sesuai keinginan.

Hanya saja, ada satu syarat lisensi yang harus anda ketahui yakni file MP3 tidak boleh dimodifikasi, di buat Remix, harus berikan kredit ke situs ini, tidak boleh dijual kepada orang lain dan tidak untuk boleh digunakan untuk konten po*nografi.

Syarat diatas cukup mudah dipenuhi. Dan ini tidak terlalu memberatkan para konten kreator yang tidak punya dana untuk beli musik berbayar.

Disisi lain, musik berhak cipta ini punya beberapa jenis lisensi. Berikut beberapa jenis lisensi musik free-royalty yang paling banyak beredar di internet:

  • CC0 Universal 1.0
  • CC-BY [Unported] 3.0
  • CC-BY-SA [Share Alike] 3.0
  • CC-BY-ND [No-Derivs] 3.0 Unported
  • CC-BY [International] 3.0
  • CC-BY-SA [Share Alike] 4.0
  • CC-BY-ND [NoDerivatives] 4.0 International
  • Not CC [Free for Non-Commercial Projects]

Sebagai informasi, jenis musik bebas hak cipta diatas mengacu pada UU perlindungan hak Cipta Internet di USA.

Untuk penjelasan lebih detail tentang jenis-jenis hukum hak cipta gratis diatas akan saya ulas dilain kesempatan. Jadi, sering-seringlah mampir di blog ini.

13+ Situs Tempat Download Musik No Copyright Terbaik 2020

Lantas, situs tempat download musik no copyright apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. StoryBlocks

Tempat Download Musik No Copyright

Storyblocks adalah platform yang memungkinkan anda menjual lagu atau mendapatkan backsound untuk karya-karya kreatif milik anda.

Hanya saja, situs ini tidak fokus pada satu stock media saja melainkan pada beberapa jenis stock media yang saling terkait satu dengan yang lain.

Dimana, anda bisa mendapatkan footage stock [stok video pendek], after effect templates [Template efek], animated background [animasi latar belakang], royalty free music, loops dan sound effects [efek suara].

Khusus untuk musik bebas royalty ada banyak moods atau kategori yang tersedia mulai dari senang, inspirasi, ceria, sedih, santai dan lain sebagainya.

Genre musiknya pun beragam mulai dari upbeat, warm, melankolis, sinematik dan lain sebagainya.

Jika anda punya musik sendiri, anda bisa gabung jadi kontributor untuk menjual karya-karya anda di situs ini.

Dengan demikian, anda bisa dapat penghasilan pasif dari lagu-lagu buatan anda.

Oh iya, ada dua versi musik yang bisa anda peroleh di situs ini yakni Pro dan gratis. Untuk pro, silahkan berlangganan versi berbayarnya.

Jika tak punya uang, bisa download yang gratis meski terbatas pada genre tertentu. Artinya, enggak semua file yang ada di situs ini bisa diperoleh secara gratis.

2. Bendsound

Bendsound merupakan situs yang memungkinkan anda mendownload backsound dengan mudah dan sederhana.

Situs ini cukup populer di kalangan konten kreator Indonesia, terlebih yang pengen buat video untuk di posting di Youtube.

Tidak mengherankan sih menurut saya, mengingat, situs ini menawarkan banyak pilihan dan aliran musik.

Untuk cara download lagu di Bensound pun mudah, dimana anda hanya perlu buka situs bendsound, pilih lagu dan klik tombol download.

Hanya saja, sebelum file MP3 itu didownload, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni:

  • Anda hanya boleh menggunakan sound yang diambil di situs ini untuk proyek multimedia pribadi. Maksudnya gimana ya? Maksudnya, video tersebut hanya boleh diunggah di Facebook, Youtube atau platform share video lain
  • Tidak boleh digunakan pada film komersial
  • Saat menggunakannya, anda wajib memberikan kredit ke Bendsound

Jika tak mau kasih kredit anda harus jadi member premiumnya. Biayanya sih lumayan mahal, sekira €34 per lagu.

Oh iya, anda juga bisa memilih komposer yang disukai dan berlangganan musik-musik mereka baik gratis atau berbayar.

3. Premium Beat

Tempat Download Musik No Copyright

PremiumBeat adalah anak perusahaan dari Shutterstock yang khusus menyajikan musik-musik free royalty dalam berbagai genre.

Selain memungkinkan anda mendapatkan musik gratis, anda juga bisa memanfaatkan situs ini untuk menjual lagu atau instrumen buatan anda baik yang berlirik atau tidak.

Untuk genrenya cukup beragam dan terkategorikan dengan baik dalam berbagai aliran mayor.

Seperti Blues, Klasik, era baru, Pop, Headline news, Piano atau Solo instrument, Country, Dance, Tekno dan lain sebagainya.

Intinya, ada banyak sekali genre musik yang tersedia dan anda bisa unduh dengan bebas baik versi gratis atau Pro.

Anda juga bisa memanfaatkan program affiliasi yang ditawarkan situs ini, yang memungkinkan anda dapat penghasilan pasif dari PremiumBeat.

Sebagai informasi, API affiliasi situs ini terintegrasi langsung ke Shutterstock. Jadi, selain promosikan lagu di Bendsound anda juga bisa promosikan foto atau karya grafis yang ada di Shutterstock.

4. Facebook Creator Studio

Tempat Download Musik No Copyright

Salah satu perpustakaan Musik gratis yang bisa anda manfaatkan adalah musik bebas hak cipta yang ada di laman Creator studio Facebook.

Untuk mengakses list musik dari studio Facebook ini anda harus punya halaman Facebook terlebih dahulu.

Di creator studio inilah anda bisa melihat dan mengatur berbagai hal tentang halaman anda mulai dari unggah video, insight video, pendapatan yang anda peroleh dan komentar-komentar yang masuk.

Jika anda kesulitan menemukan backsound untuk video-video anda, bisa ambil musik gratis dari Facebook yang bisa diakses di laman Creator Studio> Creative> Koleksi Audio.

Anda juga bisa memfilter musik berdasarkan genre, durasi dan vokalnya termasuk efek musik tambahan.

Misalnya, saat ini, anda bisa dapatkan audio original yang direkam NASA langsung dari luar angkasa, keren kan?

5. HookSounds

Tempat Download Musik No Copyright

Salah satu tempat download musik terbaik yang cukup populer adalah Hooksounds. Mengapa terbaik? Karena situs ini menawarkan banyak trek orisinal, yang dibuat dan di aransemen oleh artis-artis dan musikus pilihan.

Ini sesuai dengan visi Hooksound yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan list musik non-publik yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Jika ingin mendownload musik gratis di situs ini, ada empat pilihan lisensi yang bisa dipilih, yakni:

  • USE & MENTION (non-commercial) alias gratis
  • PRO License dengan biaya mulai dari $35.00 $24.00
  • BUSINESS License atau berbayar dengan biaya $65.00 $49.00
  • BROADCAST License dengan biaya $780.00 $580.00

Agar bisa menemukan musik dan genre dengan cepat, anda bisa memfilter berdasarkan durasi, ukuran, versi dan komposer atau pembuatnya.

Jika pengen download musik yang gratis di situs ini, berarti anda harus patuh pada lisensi USE & Mention.

Artinya, apabila video tersebut sudah di posting di Youtube atau Facebook, anda wajib menyertakan tautan do-follow ke platform ini.

6. EnovoMusic

Tempat Download Musik No Copyright

Berikutnya adalah Enovomusic yang menawarkan layanan music free royalty harga terjangkau dan bisa digunakan untuk tujuan apa saja.

Mulai dari video untuk Youtube, backsound untuk live streaming, musik untuk iklan TV atau radio termasuk intro dan outro video.

Apakah bisa dipakai untuk film komersial? tentu saja bisa. Yang terpenting, anda patuh pada lisensi penyaluran audio tersebut.

Untuk kategorinya ada lumayan banyak mulai dari elektronik, senang, sedih, emosional dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memanfaatkan kolom pencarian untuk menemukan musik piliihan dengan cepat.

7. Artlist

Tempat Download Musik No Copyright

Artlist dibuat dengan tujuan untuk memberikan kekebasan berkreasi kepada setiap konten kreator di dunia dan dirilis pertama kali pada tahun 2015.

Situs ini jugalah yang mempelopori industri musik digital berbasis subscribe atau langganan. Hanya saja, untuk saat ini, free lisensinya sudah ditiadakan.

Dengan demikian, anda tidak bisa lagi mengakses music free copyright langsung dari situs ini.

Artinya, anda harus jadi pelanggan versi pro-nya. Harganya? Lumayan sih. Untuk saat ini, anda harus mengeluarkan kocek sebesar $16,60 per bulan atau sekira $199 per tahun.

Salah satu kelebihan mengapa harus belangganan versi pro di situs ini adalah semua musik yang ada bisa di unduh dengan gratis.

Dan, musik tersebut sepenuhnya milik anda. Dengan kata lain, anda bisa gunakan kapanpun, dimanapun dan untuk tujuan apapun.

Selain itu, platform ini sudah dipercaya oleh beberapa perusahaan digital dan film terbesar di dunia seperti Netflix, Nike, Ikea, Google, WIX hingga Coca-Cola.

8. TakeTones

Tempat Download Musik No Copyright

TakeTones didirikan pada 2014 dan terus aktif hingga sekarang. Motivasi utama mengapa situs ini dibuat adalah untuk memudahkan setiap konten kreator agar bisa meningkatkan visibilitas video mereka.

Jika anda percaya kalau musik itu penting buat video dan percaya bahwa musik bisa meningkatkan kualitas konten, manfaatkan situs ini dengan baik.

Selain menyediakan music free royalty, ada dua alasan lain mengapa anda wajib download musik gratis dari situs ini, yakni:

  • Sistem pencarian situs yang modern dengan filter yang baik dan memudahkan anda menemukan mana musik yang cocok, kategori mana yang sesuai dengan niche video anda dan lain sebagainya
  • Jika pengen dapat yang lebih berkualitas, panjang dan menarik, bisa kok berlangganan versi pronya. Yang terpenting anda punya duit lebih. Jika tidak, pakai saja yang gratis.

Ada juga fitur populer yang memungkinkan anda melihat musik mana yang paling banyak di unduh di TakeTones.

Juga tersedia program afiliasi yang memungkinkan anda dapat penghasilan pasif setiap bulan dengan merekomendasikan situs ini kepada orang-orang untuk mendownload dan berlangganan musik dari situs ini.

9. Mixkit

Tempat Download Musik No Copyright

Mirip sih dengan TakeTones, yang mana Mixkit menawarkan stok musik bebas hak cipta yang bisa diunduh secara gratis oleh siapa saja dan kapan saja.

Trek musik yang ada di situs ini sudah mengalami proses kurasi yang ketat agar sesuai standar konten mereka.

Jadi, anda bisa dapat musik yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, yang bisa didapatkan dengan gratis.

Banyak podcaster atau advertiser yang ambil backsound dari situs ini, termasuk saya sendiri untuk beberapa konten saya di Youtube.

Oh iya, situs ini juga menyediakan aset lain seperti video footage atau template video spesial.

Jika anda Youtuber dan sering buat video kompilasi, bisa nih manfaatkan video footage dan template yang ada di situs ini.

10. Youtube Audio Library

Tempat Download Musik No Copyright

Fitur yang disediakan dengan gratis oleh Youtube ini pun bisa dimanfaatkan oleh anda untuk menambah kualitas video buatan anda.

Ada beberapa alasan mengapa anda harus pakai musik yang ada di Youtube audio Library, diantaranya:

  • Aliran musiknya yang bisa disesuaikan sama jenis video yang mau dibuat
  • Salah satu sumber musik gratis yang cukup populer di dunia
  • Musik dan efek video yang bisa ditambahkan langsung ke dalam video di Youtube atau mengunduhnya ke perangkat untuk kemudian digunakan secara offline
  • Tersedia ratusan trek dan efek suara bebas royalty dan anda bisa memfilternya berdasdarkan genre, instrument, suasana hati, durasi dan atribusi

Koleksi audio Youtube ini teritegrasi sama Studio Youtube yang memungkinkan anda mengupload konten, melacak analitis video dan lain sebagainya.

Cara aksesnya sih cukup mudah dimana anda tinggal buka Youtube> Klik profil> Studio> Youtube Studio lalu scroll sedikit kebawah sampai anda menemukan menu Koleksi Audio.

11. Epidemic Sounds

Tempat Download Musik No Copyright

Epidemic Sounds sudah mengudara sejak tahun 2009 dan terus bertahan hingga sekarang.

Jadi, situs ini sudah punya nama dikalangan konten kreator bahkan tak jarang playlistnya digunakan dalam Film.

Ada dua pilihan musik yang ada di situs ini yakni personal dan komersial. Dulu, versi personal ini masih gratis namun ketentuannya sudah berubah.

Dimana, untuk personal anda hanya boleh gunakan Free Trialnya saja, yang terbatas pada beberapa aliran dan genre.

Untuk musik free royaltinya memang ada, namun jumlahnya sangat sedikit. Jika pengen download, anda harus buat akun terlebih dahulu.

Setelah itu baru bisa download. Dan musik free royalti ini akan direkomendasikan secara otomatis kepada anda dan anda bisa milih mana yang cocok untuk konten anda.

12. Free Stock Music

Tempat Download Musik No Copyright

Seperti juga namanya, yang dalam bahasa Indonesia berarti Stok musik gratis. Dengan demikian, anda bisa download musik bebas hak cipta dalam durasi apapun.

Ada beberapa alasan mengapa situs ini wajib digunakan untuk dowload lagu no Copyiright, diantaranya:

  • Tersedia ratusan trek gratis yang terkategorikan dengan baik berdasarkan genre
  • Pilihan format file yang beragam mulai dari MP3, WAV dan AIFF
  • Proses registrasinya gratis dan tidak ada tidak ada atribusi khusus

Anda juga bisa memfilter musik berdasarkan kategori general mulai dari moods, tempo, lisensi atau melakukan pencarian berdasarkan keyword.

Untuk lisensinya ada beragam mulai dari CC0 Universal 1.0, CC-BY-SA (Share Alike] 3.0 hingga Non-CC Free For non commercial projects.

Semua lisensi diatas tentu punya ketentuan yang berbeda-beda misalnya Non-CC non comersial dimana anda tidak boleh menggunakannya untuk tujuan komersial.

Jadi, sebelum download audio yang ada di situs ini, baiknya anda memfilter lisensinya terlebih dahulu.

13. JoshWoodward.com

Tempat Download Musik No Copyright

JoshWoodward.com adalah salah satu situs yang nama domainnya sama dengan nama pemiliknya.

Sebelum cek list musik gratis, baiknya anda lihat beberapa fakta menarik tentang situs ini, yakni:

  • Semua musik yang ada di JoshWoodward.com ditulis, direkam dan diproduksi secara mandiri oleh pemiliknya
  • Sampai hari ini sudah ada 10 album yang didalamnya terdapat 200 lebih lagu dan pengunjung bisa mendownload setiap lagu yang ada dengan gratis
  • Mudah digunakan dan atribusinya sederhana, dimana, apabila anda mengunduh lagu dari situs ini, kalau tak keberatan, boleh memberi kredit ke JoshWoodward.com
  • Dirunut berdasakarkan genre, tema atau mood
  • Penyaringan konten berdasarkan judul, durasi dan tempo
  • Semua lagu yang ada di situs ini terkompresi dalam format MP3

Tampilan situs ini ini sangat sederhana dan anda bisa download lagu yang ada tanpa perlu registrasi terlebih dahulu.

Perhatikan juga, apabila anda mendownload musik dari situs ini, ada dua pilihan yang tersedia yakni MP3 [yang berlirik] dan instrumental [tanpa lirik].

Anda juga bisa melihat kunci gitarnya apa, temponya gimana, metersnya berapa, panjangnya termasuk rilis dan jumlah downloadnya.

Misalnya nih, lagu Memorized yang sudah di unduh lebih dari 81.000 kali baik untuk lagu dan instrumentalnya.

Dan memang, situs ini cukup populer dan sudah cukup lama digunakan sebagai tempat mendownload musik gratis free Royalty.

Yang menarik dari situs ini adalah, meski dikelola secara personal dan cukup populer di dunia, situs ini bersih dari iklan.

Satu-satunya pendapatan pemilik situs berasal dari donasi pengunjung via paypal dan juga iklan untuk video buatannya di Youtube.

Penutup

Selain daftar diatas, ada banyak sekali situs yang memungkinkan anda mendapatkan stok musik gratis yang ketentuannya sebelas duabelas dengan yang sudah saya ulas diatas.

Mulai dari Pond5, Soundstripe, Audioblocks, Music Vine, Bensound, Productiontrax, CCMixter, Amazon Music, Synkio dan lain sebagainya.

Jadi ada banyak pilihan atau tempat download musik bebas hak cipta yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Apabila ada platform lain yang tidak saya sebutkan diatas dan anda sering digunakan untuk download musik gratis, jangan lupa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang  13+ situs tempat donwload musik No Copyright terbaik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *