Contoh Surat Model & Property Release Dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Beberapa situs microstock mengharuskan anda mengupload dokumen atau surat model dan property release, kebanyakan sih dalam bahasa Inggris.

Dokumen macam ini diperlukan terlebih jika foto, video atau gambar vektor yang di upload itu melibatkan model atau properti orang lain.

Selain itu, dokumen ini juga berfungsi untuk mengatasi segala klaim hak cipta berkaitan dengan subjek dan objek didalamnya.

Itulah yang jadi alasan mengapa artikel ini saya buat. Dengan kata lain, apabila anda sedang cari contoh surat model release, contoh surat property release dan lain sebagainya, simak artikel ini sampai habis.

Sebelum itu, saya juga perlu ingatkan kalau formulir atau contoh surat dibawah ini belum ditinjau oleh orang yang ahli hukum.

Dengan demikian, contoh dibawah ini bisa saja timpang, cacat atau banyak celahnya. Makanya itu, konsultasi dulu dengan orang yang pakar atau ahli dibidang ini.

Bisa juga di modifikasi sesuai kebutuhan. Dan untuk contoh properti rilis dan model rilis bahasa Inggris tidak saya tulis disini tapi bisa ambil contoh dari tautan yang ada.

Contoh Surat Model & Property Release Dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan contoh surat Model & Property Release dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

1. Apa itu model release atau rilis model?

Model release atau rilis model adalah dokumen atau surat yang ditandatangani model yang kadang juga disebut Liability Waiver.

Tujuan dokumen ini adalah untuk memberikan hak penggunaan atas foto, gambar atau video yang ada subjek orangnya.

Dengan kata lain, dokumen ini tidak punya kaitan dengan hak cipta, melainkan privasi dan persetujuan penggunaan karya tersebut.

Artinya, model akan tandatangani formulir rilis model sehingga fotografer bisa menggunakan foto tersebut secara legal.

Termasuk untuk dijual di situs microsotock macam Shutterstock, Depositphotos atau Dreamstime.

Sekalipun kata-kata atau model formnya cukup variatif, ada beberapa hal yang harus disertakan dalam dokumen rilis, seperti:

  • Di dalam surat harus disertai dengan foto sang model gaya KTP
  • Tanggal pengambilan gambar, foto atau video
  • Nama lengkap model yang seperti yang ada di KTP termasuk alamat dan nomor telepon
  • Nama lengkap fotografer termasuk nomor telepon
  • Saksi pihak ketiga untuk verifikasi formulir
  • Tandatangan semua orang yang terlibat yakni model, fotografer dan saksi
  • Persetujuan dari perwakilan atau wali jika modelnya dibawah umur

Oh iya, rilis model ini tetap diperlukan sekalipun modelnya adalah anak sendiri, Istri, anggota keluarga, orang tua atau teman dekat sekalipun.

a. Contoh surat model rilis dalam bahasa Inggris

Karena tidak diizinkan untuk dibagikan atau didistribusikan contoh formulir model release dalam bahasa Inggris, untuk melihat atau mendownloadnya, bisa klik satu dari dua tautan dibawah ini:

b. Contoh surat model rilis dalam bahasa Indonesia

Sementara, untuk surat model release atau rilis model dalam bahasa Indonesia, bisa lihat contohnya dibawah ini:

RILIS MODEL
Untuk beberapa pertimbangan yang sudah diakui kedua belah pihak yakni Model dan Fotografer [disertai nama dan tandatangan dibawah], telah setuju beberapa poin dibawah ini, seperti:

FOTO & VIDEO
Surat perjanjian ini (“Surat perjanjian”) berlaku untuk setiap dan semua foto dan/atau video footage dari Model dan/atau properti Model (“Properti”) yang diambil pada tanggal atau selama periode yang disebutkan di bawah (secara kolektif disebut “Media”).

PEMBERIAN HAK
Dengan ini telah diberikan hak kepada fotografer, agen fotografer atau perwakilan termasuk penerima lisensi dan sublisensi serta penerima hak, ahli waris dan penurus, tidak dapat dibatalkan, diseluruh dunia untuk menggunakan Media dengan tujuan apapun. Dan semua media yang sekarang atau selanjutnya diketahui, termasuk, namun tidak terbatas pada hak mereproduksi, mendistribusikan, melakukan atau menampilkan, membuat karya turunan untuk mendapatkan hak cipta pendaftaran media, baik secara keseluruhan, sebagian atau sebagian dari karya yang sudah digabungkan. Hak diatas juga mencakup hak jual, hak siaran, pameran dalam promosi, periklanan dan perdagangan. Dan model telah mengakui dan menyetuji bahwa semua penggunaan di masa mendatang tanpa kompensasi atau royalti lebih lanjut. Model juga setuju untuk menggunakan nama model atau nama fiktif lainnya, untuk keterangan atau untuk materi cetakan yang berhubungan dengan media.

KEPEMILIKAN
Model mengakui dan menyetujui bahwa Media dan semua hak kepemilikan atau kepentingan dalam dan pada Media, termasuk semua hak cipta dan hak kekayaan intelektual lainnya, dan semua hak di dalam dan di atas Media fisik itu sendiri serta semua proses reproduksinya adalah milik Fotografer. Model setuju bahwa Fotografer boleh menggunakan foto tersebut sesuai kebijaksaan dan melindungi hak cipta dan hak kekayaan intelektual lainnya yang berkaitan dengan Media, dan mengotorisasi penggunaan salah satu atau semua hak dengan cara apa pun.

RILIS DAN GANTI RUGI
Model dengan ini membebaskan Fotografer, serta agen dan perwakilan Fotografer, pemegang lisensi dan sublisensi, penerima, ahli waris dan penerus, dari dan terhadap semua klaim, biaya (termasuk biaya pengacara) atau kewajiban lain yang timbul dari dan terhadap setiap dan semua penggunaan Media, termasuk, tanpa batasan, apa pun klaim atau tindakan berdasarkan fitnah atau pencemaran nama baik lainnya, hak privasi, hak publisitas, termasuk pengaburan dan distorsi atau perubahan yang disengaja atau tidak.

Model dan Fotografer masing-masing dengan ini menjamin bahwa telah membaca Perjanjian ini, dan sepenuhnya memahami isi Perjanjian ini. Jika subjek dari salah satu Media adalah Properti, Model dengan ini menjamin bahwa dia adalah pemilik, atau memiliki hak untuk mengizinkan pemotretan atau pembuatan film yang melibatkan Properti tersebut. Perjanjian ini mengikat agen dan perwakilan, penerima lisensi dan sublisensi, penerima hak, ahli waris dan penerus dari masing-masing Model dan fotografer.

Sebagai bukti, Fotografer dan Model (atau orang tua atau wali Model, sebagaimana berlaku) telah menyetujui perjanjian ini pada:

Tanggal: ________________________

Tanggal pengambilan foto foto/syuting: ________

Tanda Tangan Fotografer: ______ Nama Fotografer: ________________

Tanda Tangan Model: __________ Nama Model: _____________________

Alamat Model: _________________ Telepon Model: ___________________

(kota, provinsi) _________________ Email Model: ______________________

[negara) _______________________

(Jika modelnya di bawah umur)

Saya menyatakan dan menjamin bahwa saya adalah orang tua atau wali Model dan menyetujui Perjanjian ini.

Tanda Tangan Orang Tua/Wali: ____ Nama orang tua/wali: _________

Saya menyatakan dan menjamin bahwa saya adalah saksi dari perjanjian ini, sehat dan sudah berusia lebih dari 18 tahun.

Tanda Tangan Saksi: __________ Nama Saksi: ____________________

2. Apa itu Property release atau rilis properti?

Property release atau rilis properti, yang kadang juga disebut forumulir pelepasan foto [PROPERTY RELEASE FORM] adalah kontrak hukum antara fotografer dan pemilik properti.

Mirip sih dengan model rilis namun dalam properti rilis harus menyatakan bahwa pemilik properti punya hak atas foto yang didalamnya ada properti miliknya.

Sebagai contoh nih, anda ambil foto atau di video di dalam rumah pribadi, untuk photoshot real estate [real estate style shots] misalnya, dan menjualnya di situs microsotock macam Freepik.

Dengan demikian, anda perlu dokumen rilis properti, yang menyatakan anda sudah diberikan hak pemilik properti untuk menggunakan foto tersebut.

Lantas, kapan properti rilis ini dibutuhkan? Sekalipun kata-katanya cukup variatif termasuk jenis propertinya, namun ada beberapa poin yang harus ada dalam dokumen rilis properti, seperti:

  • Foto referensi visual berkaitan dengan properti atau bangunan
  • Tanggal pengambilan foto atau video
  • Semua detail berkaitan dengan properti atau bangunan seperti alamat lengkap dan deksripsi properti
  • Nama lengkap dan nomor telepon fotografer
  • Saksi atau pihak ketiga untuk memverifikasi formulir tersebut
  • Tandatangan semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatan properti rilis seperti pemilik properti, fotografer dan juga saksi

Dan ya, properti rilis juga harus diisi atau diperlukan sekalipun properti tersebut milik sendiri, anggota keluarga, milik anak atau teman dekat.

a. Contoh surat properti rilis bahasa Inggris

Untuk contoh surat atau formulir properti release dalam bahasa Inggris, bisa lihat atau download pada dua tombol dibawah ini:

b. Contoh surat properti rilis bahasa Indonesia

Sementara, untuk surat property release [rilis properti] dalam bahasa Indonesia, bisa lihat contohnya dibawah ini:

RILIS PROPERTI

Sebagai pertimbangan hukum, dengan ini saya berikan hak kepada fotografer dan izin yang tidak dapat dibatalkan, kapanpun, sehubungan dengan foto-foto yang diambil dari dan atau dalam Properti yang dijelaskan pada tanggal produksi dibawah, sebagai berikut: (a) hak untuk menggunakan foto tersebut, dengan cara apapun sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk menggunakan kembali secara keseluruhan atau sebagian, di modifikasi atau di ubah, baik sendiri atau dalam hubungannya dengan foto-foto lain, dalam media apapun atau bentuk distribusi apapun, dan untuk tujuan hukum apapun termasuk yang tanpa batasan seperti hak promosi dan penggunaan periklanan, dan tujuan perdanganan lainnya, dan (b] hak cipta atas foto properti atas nama saya sudah melekat kepada fotografer dan menyetujui untuk penggunaan foto tersebut.

Dengan ini saya melepaskan hak kepemilikan properti dalam foto kepada fotografer selamanya dari setiap atau semua klaim, tindakan dan tuntutan yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan foto-foto tersebut, tanpa batasan, setiap dan semua klaim untuk privasi dan fitnah. Pelepasan hak kepemilikan properti dalam foto ini akan diberlakukan untuk kepentingan dari penerima, penerima lisensi dan pewakilan hukum fotografer.

Tanggal Ditandatangani: ____________

Nama / Deskripsi Properti: __________

Tanggal atau Periode Sesi Fotografi / Syuting: ____________________

Tanda Tangan Fotografer: __________ Nama Fotografer: __________

Tanda Tangan Pemilik Properti: _____ Nama Pemilik properti: ____

Alamat Properti (jika ada): ___________ Telepon Pemilik Properti: _

(kota, negara bagian) _________________ Email Pemilik Properti: ___

(negara) ______________________________

Saya menyatakan dan menjamin bahwa saya adalah saksi dari perjanjian ini, berpikiran sehat dan usia legal.

Tanda Tangan Saksi: _________________ Nama Saksi: ______________

FAQ

Untuk beberapa pertanyaan terkait dengan postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apakah dua dokumen diatas bisa di modifikasi?

Ya, silahkan di modifikasi sesuai dengan kesepakatan antara anda sebagai fotografer dan model termasuk dengan pemilik properti.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau perlu, bisa konsultasi dulu dengan pengacara atau orang yang ahli dengan hukum.

Pastikan juga seluruh dokumen itu sesuai dengan kesepakatan untuk menghindari tuntutan hukum dikemudian hari.

2. Apakah rilis model sama dengan rilis foto?

Tidak. Ada perbedaan antara keduanya. Mengapa demikian? Biar saya jelaskan perbedaanya dimana.

Rilis model ditandatangani oleh orang yang jadi subjek foto atau model dalam foto sehingga fotografer bisa melisensikan atau menggunakan gambar tersebut.

Disisi lain, rilis foto adalah dokumen yang ditandatangi oleh fotografer dan diberikan kepada klien sehingga mereka bisa cetak salinan foto dari karya tersebut.

Salin itu bisa digunakan untuk tujuan editorial atau komersial, sesuai kesepakatan.

Di sebagian besar sesi pengambilan gambar, biasanya dua perjanjian diatas harus ditandatangi bersamaan.

Misalnya, anda foto artis yang lagi naik daun. Ia kemudian menandatangi dulu dokumen rilis model.

Anda kemudian buat satu dokumen baru lagi sebagai dokumen rilis foto untuk diberikan kepada klien yang memberikan kewenangan untuk menduplikasinya.

3. Bisakah buat dokumen rilis sendiri tanpa harus pakai contoh diatas atau contoh lainnya?

Setiap situs microstock biasanya punya format model atau property release sendiri yang bisa digunakan.

Hanya saja, jika ingin buat sendiri sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang ada saat itu, dipersilahkan.

Perhatikan juga, ga semua situs foto menerima formulir rilis digital. Jadi perlu aplikasi khusus agar dokumennya diterima.

Namun sebagai contoh, bisa buat dalam dua versi yakni PDF atau MS. Word, yang sudah ditandatangi.

4. Jika modelnya ada banyak, apakah perlu dokumen satu per satu untuk setiap model?

Tergantung anda. Bisa pakai satu contoh dokumen per orang atau gabungkan semuanya.

Yang penting, tandatangan setiap model itu ada dan mereka sepakat dengan ketentuan dalam surat tersebut.

5. Sebenarnya apa sih model dan property release itu?

Pengertian dua hal diatas yakni model release [rilis model] dan property release [rilis properti] sudah saya ulas disini.

Penutup

Dokumen diatas hanyalah contoh. Jadi bisa di modifikasi, dijadikan sampel dan tidak bisa digunakan seutuhnya.

Yang penting anda sudah punya gambaran tentang dokumen rilis model itu seperti apa dan properti rilis itu seperti apa.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin pertanyaan lain terkait dengan postingan ini bisa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang contoh surat model & property release dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar