4+ Cara Screenshot Panjang di Komputer, Laptop dan Notebook

Secara default, baik Windows dan Mac tidak menyediakan fitur screenshot panjang di sistem operasinya. Karena itu, diperlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan tugas ini.

Mengapa demikian? Karena fiturnya terbatas pada tangkapan layar sesuai ukuran layar atau ukuran tertentu didalam frame.

Contohnya Windows 10 dengan snipping toolsnya yang memungkinkan user ambil rectangular snip ukuran tertentu di layar, persegi panjang misalnya.

Tapi, persegi panjang itu hanya pada area pandang layar yang sedang terbuka saja dan tidak untuk keseluruhan layar.

Keseluruhan layar ini berarti hasil tangkapan layar memperlihatkan area atas dan bawah secara total begitu pula dengan area samping kiri dan kanan.

Kasus yang sama juga berlaku jika pakai Mac. Fitur tangkapan layar memang tersedia secara default, tapi untuk screenshot panjang diperlukan aplikasi pihak ketiga.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara screenshot panjang di laptop Chrome, cara screenshot panjang dengan snipping tool atau cara screenshot panjang di Word.

Termasuk juga cara cara screenshot panjang di laptop Chrome tanpa aplikasi, cara screenshot panjang di Mozilla sampai cara screenshot panjang di MAC, simak artikel ini sampai habis.

4+ Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan macam-macam cara screenshot panjang di Komputer, Laptop dan Notebook baik itu Windows dan MAC.

1. Cara Screenshot Panjang di Microsoft atau Windows 10

Diatas sudah saya singgung kalau Windows 10 secara default menyediakan fitur Screenshot yang bisa diakses menggunakan beberapa cara.

Pertama, dengan menekan prt sc sysrq, Prt Screen dan tombol sejenis. Penempatan tombol ini variatif yang bergantung penuh pada produsen.

Misalnya, pada komputer AIO Asus yang menempatkan tombol ini di sebelah f12 yang lokasinya ada diatas.

Cara yang kedua dengan menggunakan fitur Snip & Sketch yang juga merupakan aplikasi default Windows termasuk juga Snipping tools atau Xbox Game Bar.

Baca Juga:

Semua fitur di atas memungkinkan pengguna Windows 10 ambil tangkapan layar sesuai ukuran layar yang sebenarnya.

Ulasan lebih lengkap terkait dengan cara screenshot layar komputer dan laptop tanpa aplikasi di Windows 10 bisa baca disini.

Tapi, fitur screenshotnya terbatas pada beberapa opsi. Misalnya, Snip & Sketch memungkinkan p[engguna screen layar dimensi tertentu, persegi empat atau persegi panjang misalnya.

Jadi, untuk selection model lain tidak bisa. Disisi lain, pengguna juga tidak bisa screenshot panjang di komputer.

Misalnya, saat masuk ke satu folder di File Explorer, anggap saja folder Document dan didalamnya ada banyak sekali file, maka pengguna tidak bisa screenshot panjang.

Lantas, apakah bisa screenshot panjang di komputer atau laptop? Tentu saja bisa. Tapi harus pakai aplikasi pihak ketiga seperti:

  • ShareX dari getsharex yang sepenuhnya gratis. Jika akses ke situsnya, anda bisa lihat sampel tangkapan layar yang diambil pakai aplikasi ini. Yang menarik, ukuran dan kualitas screenshotnya cukup besar. Dan sekalipun gratis, fitur yang disediakan cukup beragam mulai dari screenshot biasa, scroll screenshot atau screenshot panjang, GIF, dan lain sebagianya. Karena itulah, aplikasi ini banyak dipakai Gamer untuk ambil tangkapan layar yang nantinya digunakan sebagai thumbnail video pada YouTube
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • PicPick yang menyediakan dua versi yakni versi gratis dan versi berbayar. Untuk versi gratis, fiturnya hanya ada tiga yakni Personal (Home) Use Only, Manual Update dan No Technical Support sementara yang berbayar bisa digunakan untuk Commercial and Personal Use, Auto Update, Lifetime Upgrades, Technical Support dan No Ads.
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Snagit yang selain bisa screenshot juga bisa digunakan untuk screen recording. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia versi pro atau yang berbayar. Harganya sendiri cukup mahal yakni $62,99 atau sekitar 800-an ribu lebih
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Untuk penggunaannya sih standar. Misalnya, jika mau pakai yang versi gratis dari PicPick, tinggal download aplikasinya dulu lewat link diatas.

Setelah itu, lakukan instalasi seperti biasa. Jika sudah, langkah berikutnya adalah membuka aplikasi lalu ikuti instruksi berikutnya sampai berhasil.

2. Cara Screenshot Panjang di MAC

Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Pada dasarnya, untuk screenshot panjang di MAC, caranya kurang lebih sama seperti yang ada di Windows 10.

Artinya pengguna bisa ambil tangkapan layar menggunakan shortcut, memanfaatkan fitur tangkapan layar atau mungkin menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sementara, jika mau screenshot di browser seperti Google Chrome, Mozilla atau aplikasi sejenis, tinggal sesuaikan saja caranya.

Secara umum, ada tiga cara untuk ambil Screenshot di Mac, diantaranya:

  • Jika mau ambil screenshot untuk keseluruhan layar perangkat, MacBook misalnya, tinggal tekan tiga tombol ini secara bersamaan: Shift, Command dan angka 3. Nantinya, setelah tombol itu di klik, gambar pratinjau screenshot akan muncul di pinggir layar. Tinggal klik gambar tersebut untuk melihat hasilnya
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Jika mau ambil screenshot sebagian di laptop Mac, tinggal tinggal tekan tombol Shift, Command dan angka 4. Nantinya, akan muncul pratinjau di layar terkait dengan area yang mau diseleksi dan dibuat gambarnya. Tinggal arahkan kursor untuk seleksi dan otomatis gambar akan tersimpan
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Jika mau ambil screenshot untuk jendela Menu, tinggal tekan tombol Shift, Command, angka 4 dan Space Bar secara bersamaan. Setelah itu, indikator kamera di layar akan muncul dan tinggal ikuti instruksi berikutnya sampai berhasil
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Oh iya, semua file hasil Screenshot di Mac akan tersimpan di Desktop dengan format seperti ini: Screenshot diikuti dengan tanggal dan waktu dalam format PNG.

Disisi lain, jika mau ambil screenshot webpage tertentu di browser Google Chrome tinggal ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka Google Chrome yang ada di iMac lalu cari situs atau layanan yang ingin di screenshot
  • Jika sudah, tinggal klik kanan> Devtools> Capture screenshot
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Capture Screenshot sendiri adalah fitur default juga yang digunakan untuk mengambil tangkapan layar di iMac bernama DevTools.

3. Cara screenshot panjang di Google Chrome

Jika ingin screenshot panjang di Google Chrome, ada dua cara yang bisa dicoba. Pertama, dengan menggunakan fitur bawaan dari Chrome langsung.

Dan kedua dengan menggunakan ekstensi atau plugin. Tapi, cara yang kedua ini bisa meningkatkan penggunaan memori komputer.

Akhirnya, load Google Chrome bisa lebih lambat. Tapi, cara ini tetap layak dicoba, terlebih jika memang mau ambil tangkapan layar panjang.

Agar jelas, berikut disajikan dua cara screenshot panjang di Google Chrome, diantaranya:

a. Menggunakan fitur Developer Tools Google Chrome

Developer Tools Google Chrome adalah fitur yang memungkinkan seseorang melihat script yang membentuk tampilan website atau blog.

Dan ada dua cara untuk akses elemen situs yakni dengan menggunakan fitur DevTools itu sendiri dan inspect element. Kedua cara tersebut pada dasarnya sama.

Lantas, bagaimana cara screenshot pakai Developer Tools atau Inspect Element Google Chrome? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Chrome yang ada di Laptop atau PC. Jika sudah, silahkan cari situs yang ingin di ambil tangkapan layarnya. Setelah masuk ke situs tersebut, klik tiga titik yang ada di bagian samping kiri atas> More Tools> Developer Tools.
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Atau bisa juga dengan cara klik kanan> Inspect. Baik DevTools dan fitur Inspect menampilkan hasil perintah yang sama. Jadi tinggal pilih satu dari dua opsi tersebut
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Berikutnya tinggal atur dimensi sesuai ukuran layar yang diinginkan. Pengaturan ini ada di bagian atas seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah. Secara default, pengaturan dimensinya diatur ke Responsive atau ukuran layar pada umumnya
  • Setelah dimensi diatur ke ukuran standar atau ukuran khusus, tinggal klik tiga titik disamping> capture full size content
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Lalu tunggu proses screenshotnya berlangsung. Jika sudah, file akan otomatis terdownload dan tersimpan ke folder Download di PC.

Perhatikan, jangan pilih Capture Screenshot jika tujuan anda untuk ambil tangkapan layar panjang di Google Chrome.

Disisi lain, untuk ukuran layarnya cukup variatif. Dan secara umum, terbagi dalam beberapa jenis dimensi layar perangkat.

Mulai dari iPhone SE, iPhone XR, iPhone 12 Pro, Pixel 5, Samsung Galaxy S8+, Samsung Galaxy S20 Ultra, iPad Air, iPad Mini, Surface Pro 7, Surface Duo dan lain sebagainya.

Oh iya, cara yang satu ini hanya berlaku untuk ambil SS panjang website yang diakses pakai Google Chrome laptop atau komputer.

Kelemahan dari cara ini adalah dimensi layar hasil screnshot hanya tersedia untuk layar ponsel saja dan tidak untuk dekstop.

Artinya, jika mau ambil tangkapan layar panjang untuk ukuran dekstop bisa pakai cara kedua dibawah.

b. Menggunakan Ekstensi

Selain dengan menggunakan fitur devtools atau inspect element, yang terbatas pada ukuran layar ponsel saja, anda bisa pakai cara yang kedua.

Kelebihan dari cara ini adalah dimensi tangkapan layarnya lebih besar. Ukuran filenya juga demikian, sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Kelemahan dari cara ini adalah anda perlu tambahan plugin ke Google Chrome, yang bisa membuat penggunaan memori lebih besar.

Dan untuk anda yang screenshot panjang di Google Chrome dengan bantuan ekstensi, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Google Chrome yang terinstal di PC atau laptop. Jika sudah, kunjungi Chrome Extensions atau Chrome Web Store
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Setelah masuk ke laman Chrome Web Store, di kolom telusuri toko yang ada di bagian atas lalu cari ekstensi screenshot panjang seperti Screenshot Capture and Editor
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Selanjutnya tinggal Tambahkan ke Chrome untuk menginstal ekstension yang ada di bagian atas dan tunggu proses downloading dan installingnya berhasil
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Terakhir akan muncul pertanyaan apakah ingin menambahkan ekstensi dimaksud. Klik saja tambahkan untuk menyelesaikan prosesnya
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Nantinya, fitur Scrnli ini akan ditambahkan ke fitur ekstensi yang lokasinya ada disebelah kiri bar pencarian.

Jika tidak muncul di bilah plugin, tinggal klik Manage Extension lalu klik icon Pin untuk ekstensi dimaksud agar muncul.

Lantas, bagaimana cara ambil tangkapan layar menggunakan ekstensi Scrnli atau Screenshot capture and Editor? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka halaman Web Google Chrome yang ingin diambil tangkapan layarnya. Jika sudah, arahkan kursor ke ekstensi tersebut lalu klik sekali
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Nantinya akan muncul beberapa menu tangkapan layar mulai dari visible page, entire page, selected area, browser window, add image, download entire page sampai record video. Jika tujuan anda mau ambil tangkapan layar panjang pilih opsi yang kedua yakni Entire Page
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Setelah itu, tinggal tunggu proses screenshotnya berlangsung. Jika sudah, anda akan diarahkan ke laman baru berisikan tangkapan layar yang baru saja di ambil. Di laman ini, anda bisa lakukan pengeditan standar mulai dari memberi warna, teks dan gambar lain. Jika sudah, tinggal klik Download dan secara otomatis file akan tersimpan ke perangkat
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Oh iya, gambar otomatis tersimpan dalam format PNG dengan ukuran yang cenderung besar. Mayoritas lebih dari 100kb.

4. Cara screenshot panjang di Mozilla Firefox

Jika ingin screenshot panjang di Mozilla Firefox, caranya lebih mudah. Menariknya, pengguna tidak perlu pakai plugin ekstensi atau akses fitur developer mode.

Artinya, fitur screenshot tersedia secara default untuk semua pengguna yang dinamakan Firefox screenshots.

Hanya saja, sebelum pakai cara ini, pastikan anda sudah pakai Mozilla Firefox versi terbaru atau setidaknya versi 5.7 keatas.

Lantas, bagaimana cara screenshot panjang di Mozilla Firefox? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Mozila Firefox yang ada di komputer. Jika sudah, di bilah pencarian, cari situs yang ingin diambil tangkapan layarnya
  • Jika sudah, tinggal klik tiga titik yang ada di bagian samping kiri atas> lalu klik take a screenshot seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook
  • Kemudian akan muncul dua opsi screenshot yakni Save Full page untuk simpan hasil screenshot dalam ukuran sebenarnya dan visible untuk ambil tangkapan sesuai ukuran layar saja
Cara Screenshot Panjang Di Komputer, Laptop dan Notebook

Terakhir tinggal tunggu proses tangkapan layarnya sampai berhasil. Jika sudah, file akan tersimpan secara otomatis ke perangkat.

Penutup

Tinggal manfaatkan berbagai cara diatas, dengan atau tanpa bantuan plugin dan aplikasi, untuk ambil tangkapan layar panjang.

Misalnya, untuk digunakan sebagai thumbnail video YouTube, dilampirkan sebagai bagian dokumen atau disimpan ke perangkat.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini, jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara screenshot panjang di komputer, laptop dan notebook. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar