Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

4 Likes Comment
Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

Artikel tentang cara menghasilkan uang dari blog ini saya buat berkat umpan balik salah seorang pengunjung.

Meski ia tidak secara eksplisit menanyakan tentang bagaimana dan cara apa saja yang saya lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, tapi pertanyaan tersebut jadi inspirasi saya untuk buat postingan ini.

Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

Intinya si pengunjung itu menanyakan tentang pendapatan yang saya peroleh dalam sehari dari aplikasi-aplikasi yang sudah saya review [aplikasi itu ada di postingan saya sebelumnya].

Saya sebenarnya tidak mau buka-bukaan soal ini karena itu urusan dapur. Apalagi bicara nominal. Takut disebut sombong dan pamer.

Namun karena ada pertanyaan seperti diatas, saya kemudian berkomitmen untuk buat saja dalam satu postingan yang khusus membahas tentang tentang penghasilan saya dari blog yang didalamnya termasuk dari aplikasi yang saya review.

Di artikel ini juga akan saya ulas metode apa saja yang saya lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, nominalnya berapa dan durasi waktu yang dibutuhkan.

Tapi sebelum lanjut, baiknya saya bicara target dulu. Target sebagai blogger, yang jadi resolusi saya sebagai blogger tiap tahun berjalan.

Target saya sebagai blogger

Jauh sebelum blog ini ada, saya sudah aktif ngeblog. Saat itu saya masih numpang host sama om Google.

Di platform blogger itulah saya belajar banyak hal tentang dunia blogging. Setelah merasa cukup, saya kemudian migrasi ke WordPress.

Hosting dan domain di blog ini saya dapatkan berkat jadi finalis salah satu lomba yang diadakan Niagahoster.

Setelah blog ini jadi dan postingan pertama berhasil terbit, target awal saya di tahun pertama adalah mendapatkan uang untuk perpanjangan hosting dan domain sekaligus untuk beli tema WordPress.

Di tahun ke dua, barulah saya fokus untuk menghasilkan uang dari blog menggunakan berbagai cara atau metode pada umumnya.

Per April 2020, blog ini genap berusia 1 tahun. dengan demikian, di tahun yang kedua ini saya akan lebih fokus pada profit.

Lantas, apa sih target saya? Apa yang saya lakukan untuk mencapai target tersebut? Berikut targetnya:

  • Di tahun 2020 saya harus menghasilkan uang sebesar 20 juta rupiah dari blog lewat berbagai metode entah itu iklan, afiliasi, referral dan lain sebagainya
  • Pengunjung blog di akhir tahun 2020 harus mencapai 5k per hari yang semuanya datang dari mesin pencari entah itu Google, Bing dan Yahoo [pengunjung organik].

Itu saja target saya. Oh iya, perlu diketahui juga, sejak blog ini lahir sampai sekarang, saya tidak bisa posting url di Facebook.

Katanya, postingan saya melanggar peraturan komunitas di platform tersebut. Aneh juga sih, padahal blog ini tidak pernah melanggar peraturan komunitas dan kontennya juga biasa saja.

Sudah coba banding ke Facebook Debugger, tapi enggak berhasil. Gak tahu kenapa. Padahal, sudah banyak tutorial yang sudah saya ikuti.

Kalau anda gak keberatan, bisa bantu saya nih. Copas saja salah satu postingan di blog ini lalu posting di Facebook.

Jika ada pemberitahuan kalau postingan ini melanggar pengguna, silahkan beri tahu Facebook kalau postingan ini enggak melanggar.

Semakin banyak semakin bagus. Artinya, semakin cepat di proses oleh pihak mereka. Btw, terima kasih sebelumnya jika ada dari pengguna yang mau membantu saya.

Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

Sejauh ini, hanya ada dua cara yang terus saya optimalkan untuk menghasilkan uang dari Blog. Jika ada cara lain yang saya lakukan di kemudian hari, akan saya update postingan ini.

Lantas, cara apa saja itu? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Memasang iklan dari Google AdSense

Penghasilan paling besar yang saya dapatkan dari blog datang dari AdSense. Pertama kali gajian dari AdSense pada Maret 2020 lalu.

Pada waktu itu, saya berhasil payout sebesar Rp. 1.500.000 [btw, minimum pencairan saldo di Adsense itu 1,3 juta yang uangnya dikirim secara otomatis ke rekening bank yang penting akun anda sudah verifikasi PIN sama rekening bank].

Bulan selanjutnya, yakni April, saya tidak berhasil payout karena belum mencapai ambang batas pembayaran.

Barulah pada bulan Mei saya berhasil payout untuk kedua kalinya dari AdSense sebesar Rp. 1,7 juta.

Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

Pada bulan Juni pendapatan saya dari AdSense meningkat jadi 3,1 juta dan bulan Juli jadi 3,4 juta.

Melihat ada peningkatan pendapatan dari AdSense, saya optimis kalau target saya diatas pasti tercapai.

Mudah-mudahan, penghasilan saya dari blog tetap stabil sampai awal tahun 2021 nanti. Meski agak mustahil sih menurut saya.

Karena pendapatan dari adsense itu naik turun dan bergantung sama jumlah trafik dan CPC atau PPC [Cost per click atau Pay per click].

Jadi kalau trafik tinggi maka penghasilan besar karena presentase orang yang klik iklan semakin banyak. Sebaliknya, kalau trafik rendah maka penghasilan juga demikian.

Namun, trafik tetap tidak bisa dijadikan tolak ukur penghasilan AdSense. Karena sekalipun banyak orang yang klik iklan atau trafiknya tinggi, kalau nilai iklannya rendah, ya sama aja sih.

2. Referral program dari aplikasi yang saya review

Mungkin ada dari anda yang secara tak sengaja mampir ke blog ini karena mencari keyword aplikasi penghasil uang yang legit dan terbukti membayar.

Nah didalam postingan tersebut saya juga menyisipkan tautan atau kode referral dari aplikasi yang saya review.

Selain AdSense, saya juga bisa meraup pendapatan dari aplikasi-aplikasi tersebut, walau tidak besar-besar amat.

Meski demikian, ini jadi penghasilan pasif kedua saya selama ini. Kalau digabungkan semuanya, hampir setara dengan total pendapatan yang saya peroleh dari AdSense.

Sebagai contoh, dengan ClipClaps saya berhasil payout sebesar 363 dollar yang jika dirupiahkan dalam kurs 13.000 sudah mencapai 4 jutaan lebih.

Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

ClipClaps adalah aplikasi dengan total pendapatan terbesar yang saya peroleh selama ini. Selain ClipClaps, saya juga memperoleh penghasilan dari aplikasi lain.

Termasuk Buzzbreak, yang sampai hari ini saya sudah berhasil payout sebesar 200an ribu rupiah. Saldo di aplikasi juga masih ada 300-an lebih.

Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

Begitu juga dengan Cashzine yang sampai hari ini saya sudah berhasil payout sebesar 496 ribu rupiah yang saya peroleh setelah menukarkan 2 koin lebih.

Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

Selain tiga aplikasi diatas, ada juga aplikasi lain namun belum berhasil saya payout sampai hari ini karena ambang batas penukarannya yang tinggi.

Selain itu, banyak pengguna yang saya referensikan tidak tertarik menggunakan aplikasi tersebut, entah kenapa.

Mungkin karena waktu payoutnya yang lama dan tampilannya yang membosankan dengan warna-warna domainan dan bikin mata sakit.

Lantas, sehari bisa dapat berapa dari aplikasi-aplikasi diatas? Saya enggak tahu berapa pastinya. Namun, kalau menggunakan satu sampel, ClipClaps misalnya, bisa dihitung dengan rumus begini:

Total pendapatan/durasi penggunaan aplikasi/hari

  • Total pendapatan: $368,35
  • Durasi penggunaan: Februari – Agustus [6 bulan]
  • Satu bulan ada 30 hari

Mengikuti rumus diatas, maka: $368,35 ÷ 6 ÷ 30 = $2,046.

Jika di rupiahkan dalam kurs 13.000 hasilnya adalah Rp. 26.603. Dengan demikian, penghasilan harian saya dari ClipClaps adalah sebesar 26.603 sehari, hanya dari satu aplikasi yakni ClipClaps.

Untuk Buzzbreak atau Cashzine saya enggak tahu angka pastinya berapa. Yang jelas, penghasilannya jauh lebih kecil dibanding ClipClaps.

Penutup

Kedepannya, mungkin anda akan menemukan postingan yang lebih berwarna lagi karena saya sendiri sedang berusaha untuk mencapai target saya diatas.

Artinya, mungkin di dalam postingan saya kedepannya akan ada tautan affiliasi, link referral dan iklan yang, mudah-mudahan, tidak terlalu mengganggu pengguna.

Karena saya punya target lain di kemudian hari, yakni tidak menggantungkan pendapatan sepenuhnya dari AdSense.

Tahu kan kalau AdSense itu makin ketat? Tahu-tahu sudah di banned tanpa pemberitahuan lebih dulu.

Tapi mau bagaimana lagi, saya juga tetap perlu duit untuk ongkos domain dan hosting sekaligus agar tetap semangat update postingan baru.

Mudah-mudahan, tidak ada pembaca yang keberatan dengan iklan yang ada di blog ini. Karena iklan ini juga jadi salah satu penunjang agar blog ini tetap beroperasi.

Demikian artikel tentang cara saya menghasilkan uang dari blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *