6+ Cara Meningkatkan Penghasilan Dari Situs Jual Beli Foto Online

9 Likes Comment
cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online

Di artikel saya sebelumnya sudah dibahas tentang situs jual beli foto online terbaik saat ini. Kali ini akan saya ulas cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online tersebut.

Meski memang tidak mudah untuk mendapatkan uang dari jualan foto karena rata-rata situs stockphoto punya kontributor yang banyak.

Persaingan juga sangat kompetitif, karena yang menjual foto bukan orang-orang sembarangan, melainkan para professional yang sudah expert dibidang fotografi.

Namun bukan berarti anda tidak bisa menghasilkan uang dari situs stockfoto, bisa kok. Hanya saja butuh waktu dan anda harus pintar mengoptimalkan fitur yang ada di platform.

Sembari itu, tingkatkan kemampuan anda dibidang fotografi. Lama kelamaan pasti akan menghasilkan.

6 Cara Meningkatkan Penghasilan Dari Situs Jual Beli Foto Online

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 6 cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online.

Cara apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Fokus pada satu genre

cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online
via orientation.agency

Sama seperti saat anda terjun ke dunia blogging atau menjadi Youtuber dimana anda harus fokus pada satu niche saja.

Nichelah yang membuat channel atau konten blog anda menarik, beda, unik dan lain daripada yang lain.

Dalam dunia fotografi, niche disebut genre atau aliran. Ada banyak sekali aliran dalam dunia fotografi dan semuanya bisa menghasilkan uang.

Sebagai contoh, jika anda hobi fotografi bawah air, maka semua konten atau foto yang hendak dijual ada baiknya fokus pada elemen-elemen atau dunia bawah air.

Mulai dari ikan-ikan, terumbu karang, orang berenang atau konten lain yang berkaitan, sampah di air misalnya.

Untuk konten sampah didalam air, masuk dalam subkategori atau subgenre. Jangan salah sangka, subgenre ini juga bisa menarik apabila komposisi dan pemilihan anglenya bagus.

Dengan demikian, orang-orang akan tertarik pada foto tersebut dan mungkin saja mereka akan membelinya.

Jika mereka membelinya, tentu saja anda bisa dapat duit. Kalau foto tersebut populer, maka penghasilan anda pasti akan meningkat dari waktu ke waktu.

Ada beberapa genre yang paling menarik dan paling laku dijual, setidaknya menurut saya pribadi, antara lain:

  • Mikro foto seperti serangga, hewan mikroskopis dan lain sebagainya
  • Foto orang atau portrait
  • Foto ilustrasi
  • Mode
  • Dan lain sebagainya

Selain genre tersebut, jika anda punya kemampuan multitasking, anda bisa garap juga berbagai model yang bisa dihasilkan lewat kamera atau komputer, seperti:

  • Video pendek atau video ads
  • Gambar vektor
  • Logo
  • Dan seterusnya

2. Main multisite

cara meningkatkan penghasilan dari situs jua beli foto online
via medium.com

Ada beberapa situs jual beli foto online yang menawarkan lisensi non-eksklusif bagi para kontributornyaa.

Lisensi ini memungkinkan anda untuk menjual foto atau karya lain yang anda jual di situs mikrostock ke ditempat lain, seperti:

  • Shutterstock
  • 500px
  • freepic
  • Dll

Main multisite memang agak sedikit melelahkan. Sebab anda harus membagi waktu mengunggah foto dari satu platform ke platform lain.

Selain itu juga, anda tidak boleh membuat judul dan tag foto yang sama, ntar dikira duplikat dan bisa kena sanksi dari pihak platform.

Baca Juga : Situs Jual Beli Foto Online Dengan Bayaran Tinggi

Sah-sah saja jika tujuan untuk menghasilkan uang tambahan dari foto. Tapi tetap patuh pada ketentuan platform, salah satunya adalah duplikasi title.

Sebelum main multisite, perhatikan juga detail-detail kecil lain seperti privacy dan jenis lisensi yang ditawarkan. Kadang kala, pihak platform melakukan pembaharuan lisensi foto jadi pastikan anda tetap up-to-date.

Misalnya, dari sebelumnya non-eksklusif menjadi eksklusif. Meski memang pemegang hak cipta atau anda sendiri tetap diberi kebebasan untuk menentukan jenis lisensi foto yang diunggah namun kewenangan lain yang dimiliki platform.

Artinya, ada hal-hal teknis lain yang harus diperhatikan dengan baik saat menggunggah foto untuk dijual kepada orang lain.

3. Memanfaatkan tag foto sebaik mungkin

cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online

Tag foto adalah kata kunci agar foto-foto yang anda posting bisa muncul di hasil pencarian platform. Dan ini wajib untuk dioptimalkan.

Beberapa platform memungkinkan anda untuk menempatkan hingga 50 tag sekaligus. Dengan tag sebanyak itu, ada kemungkinan foto yang anda unggah berpeluang tampil di banyak keyword sekaligus.

Untuk poin ini, sebaiknya catat atau riset tag-tag yang lagi populer seperti misalnya culture, illustration, food, traveling, UX design dan lain sebagainya.

Meskipun yang anda jual adalah foto, jika substansi dan subjek foto bisa menunjukan kata-kata diatas, silahkan ditambahkan.

Dalam dunia SEO, tag ini mirip dengan keyword. Nah dalam platform jual beli foto, tag ini berfungsi sebagai kata kunci pencarian.

Dengan tag, client bisa mencari foto yang sesuai dengan cepat dan mudah. Saran saya sih, ada baiknya anda menempatkan tag dengan sistem top-down.

Artinya, anda menempatkan tag pertama untuk kategori yang sangat general seperti Culture atau Woman.

Setelah itu barulah masuk ke tag-tag khusus atau subkategori. Seperti misalnya, jika tag generalnya adalah culture dan subjek fotonya memperlihatkan salah satu kegiatan keagamaan di Bali, barulah anda tempatkan tag selanjutnya.

Seperti Hindu, Bali, Songko, Vihara, Indonesia dan lain sebagainya. Usahakan semua hal yang ada didalam foto ada didalam tag, termasuk aksesoris subjek.

4. Bangun portofolio pribadi

cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online
via pinimg.com

Sebagian besar situs stockphoto memungkinkan anda untuk menyertakan profil atau identitas pengunggah foto.

Nah manfaatkan hal ini untuk membangun portofolio pribadi entah itu di blog, akun Youtube atau platform lain serupa.

Sebaliknya juga demikian. Saat anda membuat portofolio pribadi, di Instagram misalnya, sertakan juga link arahan portofolio anda di situs stock foto.

Tujuannya apa? Agar orang-orang bisa dengan mudah menemukan atau memverifikasi identitas anda di media sosial dan lebih mudah menghubungi sang fotografer.

Selain bisa meningkatkan kepercayaan client, anda juga bisa meningkatkan rasio penjualan foto secara perlahan-lahan.

Plus, mungkin saja ada beberapa orang yang akan menghubungi anda atau menggunakan jasa anda secara offline.

Dengan kata lain, anda bisa mendapatkan upah full commission. Yang bisa tambah-tambah penghasilan anda sebagai fotografer, baik langsung ataupun tidak.

5. Posting sebanyak-banyaknya

cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online

Sekalipun anda memanfaatkan tag semaksimal mungkin, tapi kalau konten atau foto yang diunggah cuma sedikit, penghasilan anda pasti akan berjalan ditempat.

Oleh karena itu, posting foto sebanyak-banyaknya. Semakin banyak foto yang di posting, semakin besar kemungkinannya untuk terjual.

Apalagi jika foto tersebut punya komposisi yang bagus, anglenya bagus, ukurannya tinggi dan fokus pada satu genre saja, maka bisa jadi bakalan populer.

Tentu saja akan ada orang yang membelinya. Jika sudah begitu, portofolio anda di platform akan populer dan foto-foto anda akan semakin banyak dibeli.

6. Sabar & fokus

memilih angle yang tepat untuk foto
via istockphoto.com

Jika semua cara diatas sudah diterapkan, langkah paling terakhir adalah sabar. Ingat, tidak ada kerja keras yang tidak membuahkan hasil.

Intinya, semua hanyalah masalah waktu. Jika foto-foto anda belum ada dibeli setelah 1 tahun, silahkan lakukan evaluasi.

Sembari evaluasi, tetap bersabar. Rejeki gak bakalan pergi sama orang-orang yang percaya. Tetap fokus pada tujuan akhir anda.

Untuk poin ini, agar anda bisa lebih sabar dan fokus, jangan berorientasi pada uang. Fokus saja pada karya, uang akan datang belakangan.

Penutup

Tidak mudah memang menghasilkan uang dari situs jual beli foto. Banyak fotografer yang berhasil payout dari situs jual beli foto online karena mereka menerapkan berbagai teknik, yang sebagian besar sudah saya jelaskan diatas.

Oleh karena itu, selalu percaya pada diri sendiri dan apa yang dimiliki saat ini. Dengan demikian, tujuan anda bergabung dengan situs stock foto lebih terkonsep dengan baik.

Demikian artikel tentang 6 cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *