4+ Cara Menghasilkan Uang Dari Google 2020 Sampai Berhasil

5 Likes Comment
cara menghasilkan uang dari Google

Pernah gak anda bertanya, apakah ada cara menghasilkan uang dari Google? Jika pernah, baiknya baca artikel ini sampai habis.

Meski Google bukanlah situs, aplikasi atau media penghasil uang dalam arti konvesional tetapi perusahaan digital ini bisa dijadikan sumber pendapatan aktif atau pasif anda.

Di berbagai forum seperti Quora, Kaskus termasuk di kolom komentar blog dan media sosial lain, saya sering menjumpai bertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik ini, seperti:

  • Bagaimana sih cara dapat uang dari Google dengan blog?
  • Bagaimana sih cara mendapatkan uang dari Google Maps?
  • Apakah ada cara mendapatkan uang dari Google Play Store? Jika ada, bagaimana caranya?
  • Bagaimana cara mendapatkan uang dari Google Adsense tanpa blog?
  • Cara mendapatkan uang dari Google AdSense selain youtube?
  • Bagiamana sih cara mendapatkan uang dari Google AdSense selain youtube?
  • Dan pertanyaan lain yang berkaitan namun konteksnya masih sama

Sebagai blogger, saya sendiri sudah pernah dapat kiriman uang dari Google lewat AdSense. Tanpa sadar, saya sendiri sudah berhasil mendapatkan uang dari mesin pencari satu ini.

Pengalaman itulah yang jadi motivasi utama untuk buat artikel ini. Selain untuk menjawab pertanyaan diatas, saya juga sudah mengumpulkan bebeberapa cara alternatif yang bisa anda coba.

Mulai dari memaksimalkan produk-produk milik Google, menjadi bagian dari Google itu sendiri dan beragam cara lainnya.

4+ Cara Menghasilkan Uang Dari Google 2020

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari Google? Pasti penasaran, kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Memaksimalkan penggunaan produk dan aplikasi milik Google

Cara pertama adalah dengan memaksimalkan penggunaan produk atau aplikasi milik Google yang bisa di gunakan dengan gratis atau di unduh di toko aplikasi milik Google.

Nah berikut disajikan beberapa produk dan aplikasi milik Google yang memungkinkan pengguna mendapatkan uang dengan mudah dan praktis, diantaranya:

a. Google AdSense

Google AdSenseAdSense adalah platform periklananan digital dimana setiap konten creator bisa daftar ke platform ini dengan gratis untuk menguangkan konten yang dimiliki.

Misalnya nih, anda punya blog atau Channel Youtube yang kontennya bagus dan sudah punya pengunjung atau viewers yang lumayan banyak.

Nah bisa di daftarkan ke Google AdSense. Cara daftarnya pun cukup mudah, tinggal kunjunggi AdSense, daftar pakai email anda dan tunggu proses review sampai berhasil.

Lantas, bagaimana sih cara dapat uang dari AdSense? Saya pastikan anda punya blog atau Channel Youtube yang sudah lolos review kelayakan jadi mitra.

Jika di Youtube, iklan adSense akan otomatis muncul di awal video, tengah video hingga akhir video yang bisa diatur sendiri pemilik channel.

Sementara, jika monetisasinya untuk blog akan ada iklan otomatis yang muncul di beranda atau di dalam postingan.

Pemilik blog juga bisa mengatur penempatan iklannya secara mandiri pakai bantuan plugin jika WordPress atau dengan menambahkan script di body artikel khusus blogger.

Dari penempatan iklan inilah anda akan dapatkan penghasilan apabila ada pengunjung klik iklan yang tampil di dalam video atau postingan blog.

Anda juga bisa dapat bayaran impersi atau tayangan per 1000 kali iklan tampil. Pendapatan terbesar tentu saja dari klik atau CPC karena inilah yang diharapkan oleh pengiklan.

Besaran CPCnya tergantung sama pengiklan. Bahkan anda bisa dapat CPC hingga ratusan ribu untuk keyword tertentu.

Dan AdSense adalah platform periklanan terbaik di semesta internet ini. Karena mereka membayar hampir di segala hal, iklannya juga terfilter dengan baik serta terpersonalisasi berdasarkan minat dan demografi pengunjung.

Karena itulah banyak konten kreator dan blogger yang ingin bermitra dengan AdSense agar bisa dapat uang dari internet dengan mudah dan sederhana.

b. Youtube

Youtube

Youtube adalah salah satu platform share video on-demand yang memungkinkan kreator menghasilkan uang dari sini.

Salah satu cara untuk dapat uang dari Youtube adalah dengan Google AdSense, sebagaimana yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

Youtube dan AdSense adalah produk milik Google dan anda bisa menghubungkan keduannya sepanjang channel milik anda sudah memenuhi syarat.

Syaratnya sih cukup mudah yakni video yang anda posting di Youtube sudah harus ditonton lebih dari 4000 jam dan sudah punya 1000 subscriber.

Itu saja sih. Selebihnya, tinggal buat konten yang bagus untuk meningkatkan views dan subscribe. Semakin banyak V&Snya semakin tinggi pendapatan yang diperoleh.

Selain dengan jadi mitra AdSense, anda juga bisa dapat uang dengan cara lain seperti minta donasi dari viewers, konten bersponsor, affiliasi dan lain sebagainya.

c. Blogger

Blogger

Di blogger, caranya tak jauh beda dengan di Youtube. Jika Youtube fokus ke konten audio-visual maka blog fokus ke teks.

Untuk dapat uang dari blog pun cukup sederhana. Salah satu cara yang popular adalah dengan jadi mitra AdSense.

Perlu diketahui, AdSense ini melayani tiga jenis periklanan konten yakni audio-visual [Youtube], blog entah itu Blogger, WordPress.org serta aplikasi.

Jika anda suka nulis bisa buat blog. Apabila pengunjungnya sudah banyak, silahkan daftar ke AdSense untuk menguangkan konten teks milik anda.

Saya sendiri sampai saat ini sudah menguangkan konten blog saya dengan AdSense dan bisa dilihat dari iklan yang tampil didalam postingan ini.

Sudah payout beberapa kali meski nominalnya kecil bagi beberapa orang. Tapi bagi saya sudah lumayan besar karena bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, bayar kosan, beli paket internet dan lain sebagainya.

Pendapatan dari blog itu juga yang terus memotivasi saya untuk terus mengelola blog ini agar lebih baik lagi entah dengan mengedit artikel lama atau membuat postingan baru yang lebih segar.

d. G-Suite

Gsuite

Pernah dengar G-Suite? Saya yakin pernah. G-Suite adalah platform email hosting untuk perusahaan atau lembaga yang memungkinkan pelanggannya mengkostumisasi email bisnis atau email karyawan sesuai keiginan.

Untuk dapat uang dari G-Suite agak berbeda dengan cara diatas, dimana anda sebagai pelanggan harus mengajak teman atau perusahaan jadi mitra baru di G-suite.

Ya, G-Suite menyediakan platform affiliasi untuk setiap pengguna premiumnya. Jika ada konversi atau orang yang anda ajak berhasil jadi pelanggan, anda akan dapat komisi.

Baca Juga : Pengertian & Perbedaan Copyright ©, Trademark ™ dan Registered Trademark ®

Jenis komisinya sih ada dua yang pertama uang dan yang kedua adalah akses tambahan terhadap hosting yang digunakan.

Salah satu kelemahan dari G-Suite adalah untuk bisa mengajak orang bergabung ke platform ini, anda harus jadi pelanggannya dulu.

Untuk cara yang lebih teknis saya belum tahu gimana. Belum pernah jadi pelanggan G-Suite soalnya.

Apabila ada dari pembaca yang pernah jadi pelanggan dan pernah menggunakan fitur ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

e. AdMob

Google AdMob

AdMob adalah versi lain dari AdSense yang fokus pada periklanan khusus aplikasi. Jadi, dengan AdMob anda bisa memonetisasi aplikasi milik anda.

Entah itu aplikasi Android yang sudah diposting di Google Play Store atau iOS yang sudah bisa di unduh di iOS Store.

Sepengalaman saya, proses review di AdMob lebih mudah ketimbang adSense. Yang terpenting, anda sudah punya aplikasi yang sudah live atau tayang di toko aplikasi.

Alias, aplikasi yang sudah bisa digunakan oleh orang lain. Lebih bagus lagi kalau aplikasi itu sudah bisa akses publik secara luas.

Ad Mobile [AdMob] ini juga bisa dihubungkan dengan Google AdSense pada fitur iklan Google di Produk lain.

Jenis pendaptannya juga sama dengan AdSense yakni bayaran per 1000 kali tampil iklan atau impresi dan biaya per klik atau BPK.

Jadi, kalau pengguna aplikasi anda sudah banyak, pendapatan yang diperoleh pun semakin besar.

f. Google Opinion Rewards

google opinion rewards

Google Opinion Rewards ini adalah aplikasi Survey milik Google yang memungkinkan para panelisnya dapat uang hanya dengan menyelesaikan survey yang diberikan.

Surveynya kebanyakan sih berkaitan dengan pengalaman belanja di Google Play atau tentang produk-produk lain milik Google yang butuh feedback publik.

Saya enggak bicara banyak soal app satu ini karena belum pernah menggunakannya. Lagian, di Google Play Store, ada pemberitahuan kalau Google Opinion Rewards ini belum tersedia di Indonesia.

Jika ada dari anda yang pernah menggunakan aplikasi satu ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar tentang jenis survey yang pernah didapat atau fitur-fitur dasarnya.

Agar saya dan pembaca yang belum pernah pakai aplikasi satu ini, bisa tahu apa dan bagaimana Google Opinion Rewards itu.

Begitu juga dengan bayaran yang diperoleh, apakah bisa diuangkan langsung ke rekening atau dalam bentuk kredit pembelian untuk aplikasi tertentu.

g. Google Ads dan Google My Business

Google news

Punya bisnis? Jika punya, bisa kok manfaatkan Google AdS dan Google My Business untuk meningkatkan kesadaran merk dan penjualan produk milik anda.

Google AdS ini adalah platform periklanan milik Google yang memungkinkan anda mengiklankan produk atau layanan anda ke seluruh jaringan Google.

Jadi, produk atau layanan milik anda itu bisa tampil di berbagai platform termasuk Blog dan Channel Youtube.

Tujuannya? Untuk meningkatkan branding dan penjualan. Ingat, branding yang bagus punya korelasi terhadap penjualan.

Sementara, Google My Bussiness adalah aplikasi yang memungkinkan anda menayangkan bisnis yang dimiliki ke Google Search.

Tujuannya agar orang-orang yang sedang mencari keyword berkaitan dengan suatu bisnis, Rumah makan padang di lokasi saya misalnya, bisa menemukan bisnis anda.

Google My Bussiness juga memudahkan anda untuk mengiklankan bisnis anda di Google karena memang aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mendorong promosi dari pemilik bisnis.

h. Google Maps

Google Maps

Untuk mendapatkan uang dari Google Maps sebenarnya agak sulit dan tidak seperti produk Google lain, AdSense atau AdMob misalnya.

Tapi bukan berarti anda tidak bisa dapat uang dari Google Maps. Dan ada beberapa cara yang bisa anda coba, misalnya dengan membuka jasa review tempat secara profesional di Search result.

Atau bergabung ke komunitas Google Maps dengan menjadi kontributor tetap yang memungkinkan anda dapat hadiah-hadiah gratis dan menarik dari Google.

Anda juga bisa menghubungkan Google Maps dengan Google My Bussiness untuk menunjukan tempat atau bisnis anda di Google.

Sehingga, orang-orang atau calon pelanggan bisa mengetahui lokasi bisnis anda secara akurat dan mungkin bisa jadi pelanggannya.

i. Produk lain

cara dapat uang dari Google

Selain daftar diatas, ada juga beberapa produk Google lain yang bisa dimanfaatkan oleh anda untuk mendapatkan uang, diantaranya:

  • Google Drive. Ada beberapa cara dapat uang dari google Drive mulai dari membagikan link unduhan dari Google Drive yang sudah diperpendek dengan URL shortener berbayar, memanfaatkan Google Drive Unlimited atau jualan produk-produk digital yang tersimpan di G-Drive
  • Google Play Store. Salah satu cara mendapatkan uang dari Google Play Store adalah dengan mempublikasikan aplikasi yang sudah dimonetisasi dengan iklan entah itu AdMob, Facebook Audience Network, Chartboots atau platform monetisasi lain pilihan anda
  • Google Podcast. Kalau anda suka podcast dan sudah mempublikasikan podcast anda di Google Podcast, bisa dapat uang dari situ dengan menempatkan mid-roll ads di podscat anda secara manual atau dengan mereview produk orang lain. Kalau pakai Anchor, bisa minta donasi dari pendengar
  • Google Shopping. Untuk menghasilkan uang dari Google Shopping bisa dengan jualan produk yang sudah tayang di penelusuran Google atau gabung dengan marketplace yang sudah bekerja sama dengan Google Shooping. Ketika seseorang mencari keyword tertentu di Google yang berkaitan dengan produk anda dan melakukan pembelian, anda akan dapat uang
  • Google Translete. Untuk menghasilkan uang dari Google Translete atau Terjemahan Google bisa dengan memanfaatkan fungsi dasarnya yakni terjemahan. Dengan demikian, anda bisa buka jasa penerjemah dokumen, membuat artikel berbahasa Inggris yang awalnya dibuat dari G-Translete dan lain sebagainya.
  • Google Mail. Jika anda suka bertanya cara dapat uang dari Gmail, ada dua cara yang populer. Diantaranya dengan promosi produk anda via email kepada pelanggan atau menghubungkan email anda dengan produk-produk Google lainnya, AdSense dan AdMob misalnya
  • Google Chart Bar. Kalau anda suka buat chart Bar, bisa kok bikin versi videonya lalu posting di Youtube yang bisa dimonetisasi pakai AdSense atau menawarkan jasa pembuatan chart bar profesional
  • Google Documents. Untuk menghasilkan uang dari Google Dokumens tidak jauh beda dengan cara lainnya. Intinya, anda hanya memanfaatkan fitur yang ada didalamnya seperti proposal, PPT, brosur dan geometrik lain secara profesional

Untuk diketahui, produk Google itu ada banyak sekali jenisnya. Jadi anda bisa manfaatkan produk yang sesuai keahlian anda saja.

Contohnya nih, kalau suka desain bisa gunakan Google design. Kalau suka menulis, punya blog atau suka pemograman bisa pakai Google Chrome Developer Tools, Webmaster Tools, Google Web Toolkit, Google Ajax Libraries API, Google Website Optimizer, Google Analytics, Speed Tracer dan lain sebagainya.

2. Google Security Reward Programs

Google Security Reward Programs

Berbeda dengan poin pertama yang sudah saya bahas di atas. Di tahap ini, anda harus punya skill hacking yang mumpuni.

Bukan hacking dalam artian yang negatif ya, cracker contohnya, melainkan hacking untuk menemukan celah keamanan atau bug pada produk-produk milik Google.

Program ini tersedia disebagian besar produk milik Google namun terbatas pada beberapa induk produk atau aplikasi saja seperti Youtube, search engine milik Google, atau produk-produk affiliasinya.

Google Security Reward Programs ini sendiri terbagi dalam beberapa kategori, yakni:

  • Google Vulnerability Reward Program (VRP) yang bertujuan untuk menemukan celah keamanan di Google Search dengan total hadiah hingga $500,000
  • Patch Reward Program yang bertujuan untuk menemukan patch keamanan yang cukup rentan di produk Google dengan total hadiah sebesar $20,000
  • Vulnerability Research Grants yang didalamnya berisi detail bug yang bisa dicari dan diselesaikan dengan jumlah hadiah yang masih dirahasiakan. Kemungkinan lebih besar dari yang diperkirakan
  • Chrome Vulnerability Reward Program yang memungkinkan anda dapat hadiah hingga $30,000 terlebih jika anda berhasil menemukan High-quality report with functional exploit di Google Chrome
  • Android Security Rewards Program yang memungkinkan anda mendapatkan hadiah sampai $1,000,000 terlebih jika anda berhasil menemukan bug di Android yang memenuhi kualifikasi kerentanan
  • Google Play Security Reward Program yang memungkinkan anda dapat hadiah hingga $20,000 jika berhasil menemukan celah keamanan yang rentan dimanfaatkan cracker di Google Play Store
  • Atau dengan bergabung menjadi Developer Data Protection Reward Program Google baik secara independen atau bekerja dibawah agensi langsung

Untuk penjelasan lebih detail tentang program ini silahkan baca disini. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk, panduan atau sekedar bergabung sama komunitas pemburu Bug Google, bisa gabung ke Google Bughunter University disini.

3. Jadi karyawan Google

Jadi karyawan Google

Saya pernah baca salah satu survey yang topiknya berkaiatan dengan tempat berkarir impian anak-anak muda di dunia, termasuk di Indonesia.

Menariknya, banyak anak-anak mudah yang jadi panelisnya pengen kerja di beberapa perusahan digital terbesar di dunia seperti Microsoft atau Google.

Tidak terlalu mengherankan sih menurut saya karena dua perusahaan diatas jadi role model banyak perusahaan digital dan start up dunia.

Alasan lain karena iklim kerjanya yang menarik, cara kerjanya yang santai tapi serius, gaji yang besar, jenjang karir yang jelas serta penempatan yang sesuai dengan keahlian atau passion.

Anda juga bisa memilih berkarir di kantor pusat Google atau kantor perwakilan yang tersebar di banyak Negara, termasuk Indonesia.

Hanya saja, syarat untuk kerja di Google ini cukup sulit. Selain harus punya skill yang mumpuni sesuai lowongan yang diminta, anda juga harus pandai berbahasa Inggris.

Juga harus bisa menyelesaikan brain-teaser yang sudah disiapkan Google saat interview untuk melihat prospek kerja anda kedepannya.

4. Beli saham Google

Beli saham Google

Cara terakhir untuk mendapatkan uang dari Google adalah dengan membeli saham Google di pasar saham.

Untuk beli saham Google sebenarnya sama saja dengan saham lain. Hanya saja, jika belinya di Indonesia, sekuritas pilihan anda harus punya link ke pasar saham luar negeri yang juga memperdagangkan saham Google.

Untuk diketahui, Google tergabung dalam pasar saham National Association of Securities Dealers Automated Quotations [Nasdaq] bersama empat perusahaan induk teknologi lainnya seperti Apple, Amazon, Facebook dan Netflix.

Agar tidak terlalu rugi, anda bisa cari pialang atau broker yang cocok. Perhatikan juga komisi yang diberikan ke broker atau pialang tersebut.

Penutup

Memanfaatkan mesin pencari raksasa tersebut untuk mendapatkan uang mungkin tidak terlalu sulit di era keterbukaan informasi sekarang ini.

Google pada dasarnya bertindak sebagai penghubung antara pembuat konten dan pengiklan sehingga mereka membutuhkan konten creator seperti anda.

Singkatnya, tanpa anda, semua cara diatas tidak akan ada atau mungkin ada tapi mekanismenya berbeda.

Untuk anda yang tahu cara lain untuk dapat duit dari Google, silahkan tinggalkan di kolom komentar agar pembahasan ini lebih lengkap.

Demikian artikel tentang 4 cara menghasilkan uang dari Google. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *