8+ Cara Menghasilkan Uang Dari Foto Dengan Mudah

15 Likes Comment
cara menghasilkan uang dari foto

Ada beberapa cara menghasilkan uang dari foto. Cara ini bisa anda coba siapa tahu bisa menjadi sumber penghasilan aktif anda yang cukup untuk traktir gebetan ngopi di kedai.

Di era sekarang ini, memperoleh penghasilan dari hobi tidak terlalu sulit. Yang dibutuhkan hanyalah hobi yang diubah menjadi bisnis yang menjanjikan.

Bisnis tersebut bisa dijalankan secara online ataupun offline. Itu terserah anda, you the boss right? Yang terpenting adalah, anda menekuni bisnis tersebut secara total pasti akan menghasilkan.

Dengan kata lain, enggak perlu pengakuan khusus untuk bisa mendapat rupiah, ijazah misalnya. Cukup dengan menekuni bakat dan minat yang dimiliki lalu mengembangkannya.

Sebagai contoh, jika anda punya bakat menulis anda bisa jadi blogger atau mungkin jadi penulis profesional seperti novel, buku ataupun puisi esai.

Jika punya kemampuan membuat video, anda bisa buat channel Youtube dan memposting video-video karya anda disana.

Selain Youtube, anda bisa memanfaatkan fanspage Facebook dan memonentisasinya menggunakan Ad break.

Atau, kalau anda tidak punya hobby, bisa pilih bisnis offline seperti jualan pulsa, jasa catering dan lain sebagainya.

Semua yang saya sebutkan diatas hanyalah contoh. Silahkan cari bisnis atau hobby yang paling anda sukai.

Dan ada satu potensi bisnis yang cukup menjanjikan saat ini yakni jualan foto. Hanya saja, anda harus punya minat di bidang fotorafi.

Daripada foto buatan anda hanya terbengkalai dan dibiarkan begitu saja di memori tanpa pernah dilihat orang lain, coba saja jual.

Siapa tahu ada yang tertarik membelinya. Jika ada, maka anda bisa dapat penghasilan dari sini. Mudah, kan?

8+ Cara Menghasilkan Uang Dari Foto Dengan Mudah

Seperti yang saya jelaskan diatas, ada banyak cara mendapatkan uang saat ini. Dan ada beberapa cara yang bisa anda lakukan baik offline ataupun online.

Cara-cara ini bisa anda lakukan tanpa modal sekalipun. Meskipun cara menghasilkan uang dari foto yang saya bahas dibawah ini sebagian besar masuk pada kategori passive income.

Namun setidaknya ia bisa menghasilkan uang. Atau setidaknya, anda bisa gunakan uang tersebut untuk beli kebutuhan-kebutuhan anda sehari-hari, pulsa dan kuota data misalnya.

Apalagi jika anda punya kamera DSLR keluaran terbaru, suka foto-foto ga jelas sana-sini yang bikin memori sesak.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari hobi fotografi? Ada banyak cara. Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 8 cara menghasilkan uang dari foto.

1. Jualan foto

jual foto
via enviragallery.com

Saat ini ada banyak sekali situs tempat jual beli foto online yang bisa dipilih oleh anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Setiap situs tempat jual foto tersebut, atau sebut saja toko foto online, memiliki sistem pembayaran yang berbeda-beda satu sama lain.

Begitu juga soal ketentuan hak cipta foto. Dari situs semacam itulah anda bisa memperoleh penghasilan.

Sepanjang yang saya tahu, komisi jualan fotonya bisa mencapai $0,2-100 per foto. Tergantung harga yang anda tetapkan dan jenis lisensinya.

Itu belum lagi komisi yang mungkin anda dapatkan apabila foto anda laku keras. Platform biasanya akan memberikan bonus sebagai bentuk apresiasi.

Soal situs jual foto ini sudah saya ulas pada salah satu artikel saya yang berjudul 5 situs tempat jual foto terbaik saat ini.

Jika anda tidak puas terhadap daftar platform jual bel foto diatas, bisa baca dua postingan saya yang lain dengan topik yang sama, yakni:

Tapi, siapa sih yang ingin membeli foto saya di internet? Bisa siapa saja mulai dari pengiklan, editor, desain grafis dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, pasar toko foto online termasuk pasar yang menggairahkan. Di Indonesia, masyarakat belum terbiasa menggunakan atau membeli foto.

Banyak yang comot foto sana sini tanpa menyertakan sumber. Kalau di negara-negara Eropa dan Amerika, mereka menghargai sekali hasil jeripayah seseorang.

Dan itulah yang menjadi alasan mengapa mereka rela mengeluarkan kocek ratusan dollar hanya untuk membeli beberapa foto saja.

2. Ikut lomba fotografi

lomba foto
via voteoutloud.files.wordpress.com

Baik untuk skala lokal, nasional dan Internasional setiap bulan pasti ada lomba atau event fotografi yang diadakan. Dan ini bisa anda ikuti untuk memperoleh penghasilan hanya dari foto.

Ada lomba-lomba bergengsi dimana banyak fotografer kondang yang menjadi peserta lomba tersebut. Dan biasanya objek yang dilombakan itu berbeda-beda satu dengan yang lain.

Dengan demikian, ada potensi untuk menang asalkan lomba tersebut sesuai dengan spesifikasi atau genre fotografi yang anda ambil.

Baca Juga : Cara Agar Bisa Menang Lomba Fotografi

Misalnya, jika anda fokus pada fotografi makro, maka silahkan anda mengikuti lomba-lomba foto makro. Atau jika anda fokus pada fotografi arisitektur maka anda bisa ikut lomba fotografi infrastruktur.

Ada baiknya anda fokus saja pada satu lomba yang diadakan setiap bulan. Anda bisa hunting subjek lalu pilih foto terbaik untuk dilombakan.

Kalau memungkinkan juga, anda bisa mendaftarkan hasil karya anda pada anugerah atau penghargaan Photo of the Year yang biasanya akan diadakan pada akhir tahun.

Dari sini juga anda bisa memperoleh penghasilan dan pendapatan tambahan. Selain itu, apabila anda masuk nominasi, maka itu bisa menjadi karir awal anda untuk terjun menjadi seorang fotografer profesional.

3. Membuat video slide show di Youtube

Banyak youtuber saat ini yang menganggap remeh genre video yang satu ini. Padahal, kalau ditekuni dengan baik, meskipun hanya foto-foto yang dikonversi menjadi video, bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Coba lihat video travel vlogger diatas, dimana ia mengambil foto di setiap tempat yang ia kunjungi di dunia selama setahun. Hasilnya sangat epik dan menawan.

Tapi, kalau anda terjun menjadi seorang Youtuber Slideshow ada baiknya anda berupaya semaksimal mungkin membuat video anda menarik.

Karena pasar Youtube adalah sebuah pasar yang sangat kompetitif dan ribuan video diupload setiap harinya. Begitupun soal pernyataan para Youtuber yang mengatakan kalau Video Slideshow kini tak dapat di monetisasi.

Hal ini diperkuat dengan dihapusnya fitur Slideshow di Youtube tahun 2017 lalu. Tapi bukan berarti video slide show sudah tidak bisa di monetisasi.

Oleh karena itu, jangan dengarkan perkataan tersebut karena hanya asumsi saja. Ada baiknya anda coba terlebih dahulu sebelum memutuskan. Karena selalu ada pengecualian dari pihak AdSense.

4. Ikut pameran fotografi

pameran fotografi
via tribunnews.com

Pameran fotografi bukanlah sesuatu yang baru. Ini berbeda dengan lomba atau penghargaan, pameran fotografi adalah sebuah kegiatan dimana foto-foto akan dicetak dan dipamerkan kepada orang lain.

Dan dari sini anda bisa memperoleh penghasilan loh. Misalnya, jika salah satu pengunjung tertarik pada foto anda, maka anda bisa menjualnya, plus bingkai dan mungkin ornamen lain.

Silahkan cari informasi mengenai pameran fotografi terdekat di wilayah anda. Sebelum pameran ada baiknya anda bergabung dengan komunitas-komunitas fotografi untuk mengetahui event-event seperti itu.

Tetapi ingat, para pembeli biasanya menginginkan foto yang anda jual itu eksklusif. Yang berarti, foto yang dibeli dan dijual itu hanya satu gambar saja.

Maksudnya begini, anda pasti menginginkan barang antik kan. Misalnya piring peninggalan Belanda tahun 1800-an. Dengan kata lain, piring tersebut sudah tidak ada dan hanya anda satu-satunya yang memiliki.

Hal ini berlaku juga untuk gambar yang anda jual. Anda boleh menjual beberapa gambar yang berbeda asalkan subjek dan bentuknya tidak sama persis alias identik.

Karena ini bisa membuat pembeli tidak tertarik bahkan bisa meminta pengembalian uang apabila foto tersebut didapati tidak eksklusif. Begitu kira-kira.

5. Buat blog atau situs share gambar

situs berbagi foto
via liputan6.com

Bagi anda yang sudah lama beraktivitas di dunia internet pasti sudah tidak asing lagi dengan situs-situs berbagi gambar seperti Pixabay, Shutterstock atau mungkin WeHearIt.

Situs-situs tersebut tetap eksis karena penghasilan yang mereka peroleh. Bahkan, pendapatan mereka lebih tinggi dibanding situs web komersial lain.

Tahu alasannya mengapa? Karena situs-situs tersebut populer dan sudah dikenal luas. Saat orang ingin mencari gambar mereka sudah tahu harus cari dimana.

Dan mereka memperoleh komisi dan royalti yang tinggi dari pengiklan, dari konversi lalu lintas dan foto bersponsor.

Nah anda juga bisa melakukan hal serupa. Mulai sekarang, anda bisa membuka situs berbagi gambar gratis. Dan anda mulai mencari pengiklan eksternal lain untuk situs anda tersebut.

Sebab, jika anda mendaftar di AdSense anda sulit diterima. Bukan sulit tetapi tidak akan diterima. Karena AdSense memiliki peraturan yang ketat untuk situs berbagi gambar.

Sembari mengembangkan situs anda, silahkan anda membuka jasa kontributor dari orang lain. Dimana mereka bisa dengan bebas mengupload gambar asalkan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang anda buat.

Saat situs itu mulai besar, maka anda bisa mengembangkannya menjadi sumber penghasilan utama anda. Bahkan mungkin, bisa menjadi referensi utama situs berbagi gambar di Indonesia.

Dimana, saat ada orang Indo yang ingin mencari gambar gratis yang bisa di download mereka sudah tahu harus dimana dan bagaimana harus di download.

6. Buka studio fotografi sendiri

studi fotografi
via adorama.com

Ini juga bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan hanya dari foto saja. Misalnya, anda bisa membuka studio fotografi sendiri di rumah.

Ketahui perlengkapan-perlengkapan apa saja yang mungkin dibutuhkan dan juga peralatan-peralatan lain. Setelah itu, mulailah promosikan studio anda tersebut ke orang lain.

Membuka studi fotografi berarti anda harus memiliki kemampuan fotografi yang baik, plus peralatannya. Karena memang sebagian besar studo fotografi tidak fokus pada satu genre saja.

Terkadang diundang untuk jadi fotografer pernikahan, menjadi fotografer wisuda, acara, kelulusan hingga kegiatan-kegiatan lain seperti family gathering perusahaan.

Dan dari sini anda bisa memperoleh penghasilan. Penghasilan anda pun punya standar tertentu karena jika anda membuka studi fotografi secara otomatis anda akan dikenal sebagai seorang fotografer profesional.

7. Membuka kelas fotografi

kelas fotografi
via borneodigital.id

Beberapa waktu lalu saya mengikuti salah satu kelas fotografi secara gratis yang diadakan di pusat kota. Kelas fotografi ini dibuka oleh salah seorang wartawan Kompas.com

Selama 2 bulan saya mengikuti kelas tersebut dan semua materi dan praktek yang ada cukup dalam. Dimana, dibahas tentang studi fotografi, peluang bisnis, pengenalan kamera dan masalah-masalah teknis lain.

Dan ternyata, beberapa dari peserta kelas tersebut pernah mengikuti kelas serupa yang berbayar. Bahkan, peserta harus mengeluarkan duit ratusan ribu untuk satu pertemuan saja.

Baca Juga : Cara Membuat Foto Produk Yang Unik Dan Menarik

Itu berarti, dari sini seorang fotografer bisa menghasilkan pendapatan langsung ataupun tak langsung. Dengan demikian, ini termasuk salah satu cara untuk memperoleh penghasilan dari foto.

Mengapa? Karena biasanya pengajar kelas fotografi terlebih dahulu memaparkan hasil karyanya dan bagaimana hasil karyannya tersebut diapresiasi oleh orang lain.

Istilahnya ia memamerkan terlebih dahulu prestasi yang ia dapatkan selama menjadi fotografer. Begitu kira-kira.

Yang lebih menariknya lagi, banyak orang yang tertarik ikut kelas tersebut. Dan ini bisa menjadi sumber penghasilan utama seorang fotografer.

8. Menjadi fotografer freelance

fotografer serabutan
via unsplash.com

Selanjutnya adalah dengan menjadi fotografer serabutan. Mengapa disebut fotografer serabutan? Karena anda hanya perlu kamera untuk mendapatkan penghasilan dari foto.

Coba perhatikan saat anda pergi ke objek wisata tertentu, banyak fotografer yang siaga disana. Merka akan menawarkan jasanya fotografi secara acak.

Saat anda seseorang atau kelompok yang berkunjung mereka akan mengambil foto mereka tanpa izin lalu memperlihatkan foto tersebut kepada subjek.

Jika subjek tertarik, si fotografer akan langsung mencetaknya dan memberikannya kepada subjek. Dan subjek akan membayar sejumlah uang.

Dan dari sini pula anda bisa memperoleh penghasilan tambahan. Kalau si fotografer mematok harga 20 ribu per foto plus 10 ribu jika subjek meminta untuk mengirimnya lewat smartphone maka penghasilan sang fotografer bisa mencapai ratusan ribu per hari hanya dari foto.

Penutup

Kalau anda pandai memanfaatkan kamera anda maka ia bisa menjadi salah satu sumber penghasilan anda.

Kamera tidak saja dianggap sebagai objek untuk mengambil citra manusia dan alam, melainkan menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Dan ada ratusan ribu orang di dunia yang menjadikan dunia fotografi sebagai sumber penghasilannya. Karena hanya dari foto mereka bisa meraup pundi-pundi uang.

Nah demikian artikel tentang 8 Cara menghasilkan Uang Dari Foto. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *