Pengalaman dan Cara Mengatasi PIN ATM BRI Yang Terblokir

28 Likes 8 Comments
pin atm bri yang terblokir

Mengatasi PIN ATM BRI yang terblokir sebenarnya sangat mudah. Yang terpenting, syarat-syarat yang saya sebutkan dibawah artikel ini terpenuhi.

Beberapa hari lalu, PIN ATM BRI milik saya terblokir. Hal ini disebabkan karena sifat penglupa yang sering mampir dalam diri saya saat-saat tertentu.

Cerita bermula dua minggu sebelumnya saat saya sedang melakukan transfer ke rekening adik saya yang sedang kuliah.

Saat akan melakukan transaksi, tiba-tiba ada permintaan untuk memasukkan PIN ATM baru. Saya enggak tahu kenapa, karena biasanya, permintaan penggantian PIN ATM ini terjadi setelah transaksi.

Karena enggak mau ribet, saya kemudian mengganti dengan PIN baru lalu melakukan transaksi seperti biasa.

Alhasil, saya lupa mencatat PIN ATM yang tersebut. Minggu berikutnya, saat saya mau melakukan transaksi lagi untuk pembayaran domain blog ini, ternyata PIN ATM BRI yang saya masukkan itu salah.

Drama berlanjut. Saya memasukkan pin ATM lama untuk kedua kalinya dan diarahkan pada pilihan menu yang ada di dalam ATM.

Saat melakukan pengecekan saldo rekening, ternyata ada pemberitahuan lagi bahwa pin ATM yang saya masukkan itu salah.

Mungkin karena kecapean, saya lalu memasukkan pin ATM lama untuk ketiga kalinya dan salah juga. Akhirnya, ATM BRI milik saya terblokir.

Saat terblokir, ada pemberitahuan kalau PIN ATM yang saya masukkan salah. Tentu saja saya langsung gelisah dan merana.

Apalagi, domain ini perlu dibayarkan sebelum habis masa berlakunya. Entah kenapa, setelah ada pemberitahuan bahwa pin ATM terblokir, saya justru baru ingat kalau beberapa minggu sebelumnya saya sudah mengganti PIN ATM.

Sial benar memang. Dan inilah yang membuat saya menjadi stress tingkat kabupaten, padahal saya juga butuh duit juga untuk bayar kos-kosan 😀

Ironisnya lagi, ATM tersebut dibuat atas nama bapak saya dan diberikan kepada saya saat masuk kuliah agar pengiriman uang jauh lebih mudah.

Dengan kata lain, buku tabungannya ada di kampung, di Banggai Kepulauan nun jauh disana. Karena untuk memperbaiki PIN yang terblokir itu membutuhkan buku tabungan dan KTP pemilik rekening.

Saya kemudian menghubungi bapak saya dan disemprot sedikit pakai kata-kata bijak nan menusuk. Karena kantor POS cukup jauh dari desa saya, maka saya harus menunggu beberapa minggu untuk di titip dari kampung ke tempat saya tinggal.

Penyebab PIN ATM Terblokir

Umumnya, ada beberapa penyebab mengapa pin ATM terblokir. Antara lain:

  • Salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali
  • Rekening hangus
  • Enggak pernah mengganti PIN dalam jangka waktu yang lama
  • Diblokir langsung dari pihak Bank
  • Dll

Penyebab yang pertama adalah yang paling sering terjadi. Selain itu, memang disarankan untuk mengganti PIN 3-6 bulan sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas bagaimana cara memperbaikinya? Untuk memperbaikinya cukup mudah. Anda tinggal ikuti panduan-panduan yang akan saya ulas dibawah ini.

Baca Juga : Mau Bepergian Ke Luar Negeri? Baca Dulu 14 Tips Ini

Panduan ini juga berdasarkan pengalaman saya sendiri saat memperbaiki PIN ATM BRI yang terblokir beberapa waktu lalu.

Sebelum mengikuti panduan-panduan dibawah ini, baiknya anda lihat dulu deh syarat-syaratnya sebelum memperbaiki PIN ATM BRI yang terblokir.

Syarat-syarat untuk memperbaiki PIN ATM yang terblokir

Agar ATM BRI yang terblokir bisa aktif kembali, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Antara lain:

1. Mengetahui jenis rekening BRI yang digunakan

Ada beberapa jenis rekening BRI mulai dari BRItama, Simpedes dan lainnya. Karena, mungkin saja, setiap jenis rekening itu punya prosedur yang berbeda-beda saat mau memperbaiki PIN ATMnya yang terblokir. Dalam kasus saya, saya menggunakan tabungan BRItama.

2. KTP pemilik rekening

Siapkan juga KTP asli pemilik rekening. KTP ini harus sama dengan nama di buku tabungan. Anda bisa menggunakan KTP elektronik atau KTP lama yang belum habis masa berlakunya.

3. Buku tabungan asli

Selain KTP anda juga harus punya buku rekening asli yang merupakan buku rekening dari ATM BRI yang terblokir itu.

4. Kartu ATM

Jangan lupa membawa kartu ATM yang terblokir tadi. Biasanya, kartu tersebut akan disimpan sebagai arsip dan anda akan diberikan kartu ATM baru.

5. Mengingat PIN ATM yang terblokir

Rata-rata, ATM BRI yang terblokir itu karena pemiliknya tidak ingat dengan PIN ATM yang terblokir makanya harus diperbaiki di Bank.

Kalau PIN ATM BRI milik anda terblokir, sementara anda masih ingat PIN-nya, anda gak perlu ke kantor BRI, cukup menggunakan layanan pelanggan untuk memperbaikinya.

6. Fotocopy Buku Tabungan dan KTP

FC buku tabungan dan KTP adalah syarat selanjutnya yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, sebelum memperbaiki ATM BRI yang terblokir itu baiknya anda memfotocopy buku tabungan dan KTP dalam 1 lembar kertas.

PIN ATM BRI terblokir
Contoh fotocopy buku tabungan BRI dan KTP

Cara Memperbaiki PIN ATM BRI Yang Terblokir

Lantas, bagaimana cara memperbaiki PIN ATM BRI yang terblokir? Pasti penasaran kan? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan kunjungi kantor BRI terdekat di tempat anda tinggal entah itu kantor cabang atau kantor Pusat
  2. Setelah sampai ke kantor BRI, silahkan ambil nomor antrean jika ada. Atau, anda langsung menghubungi petugas, entah itu SATPAM atau pegawai disitu.
  3. Setelah sampai kepada petugas, langkah berikutnya adalah memberitahukan kembali tujuan anda yakni untuk memperbaiki kartu ATM yang terblokir. Disini biasanya petugas akan mengecek kembali PIN ATM anda untuk melihat apakah benar terblokir atau ada kesalahan teknis lain
  4. Jika memang terblokir, pegawai akan meminta data-data rekening seperti yang saya sebutkan di syarat tadi. Biasanya, petugas juga akan menginput data-data bank anda kembali, untuk kelengkapan berkas.
  5. Saat diminta syaratnya, jangan lupa berikan dengan foto copy buku tabungan, KTP Asli, buku tabungan dan juga ATM yang terblokir
  6. Setelah itu silahkan menunggu sampai kartu ATM anda selesai diperbaiki

Sampai disini anda PIN ATM BRI sudah tidak terblokir lagi dan anda sudah bisa menggunakannya kembali dengan normal.

Oh iya, berdasarkan pengalaman saya sendiri, anda akan mendapatkan kartu ATM baru dengan pin standar yang terdiri dari 6 digit nomor.

Oleh karena itu, agar PIN ATM lebih aman, setelah selesai diperbaiki anda bisa langsung ke mesin ATM untuk mengganti PIN standar tersebut.

QnA

Meski penjelasan diatas sudah cukup lengkap, ternyata ada beberapa orang yang sering mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan PIN ATM BRI terblokir ini. Antara lain:

Q : Apakah bisa menggunakan KTP yang sudah habis masa berlakunya?

A : Berdasarkan pengalaman saya sendiri, bisa. Asalkan, buku tabungan dan nomor KTP tersebut sama. Saat saya memperbaiki ATM BRI yang terblokir tadi, ternyata KTP bapak yang saya digunakan itu sudah habis masa berlakunya.

Hanya saja, apabila anda menggunakan KTP Elektronik, masa berlaku ini gak ada karena KTP-E berlaku seumur hidup.

Q : Bisakah memperbaiki PIN ATM BRI yang terblokir bukan ditempat saya membuka rekening?

A : Bisa. Dan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. ATM BRI yang saya gunakan sebelumnya dibuka di Kantor Cabang Unit Salakan-Luwuk, Sulawesi Tengah.

Sementara tempat saya memperbaikinya berada di kelurahan Tataaran II, Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa, Sulawesi Utara.

Yang terpenting, KTP dan buku rekening yang digunakan itu ada ditangan anda dan bisa dilihat oleh petugas. Ingat, KTP dan buku rekening Asli dan bukan FC saja, agar prosesnya lebih cepat.

Q: Berapa lama proses perbaikan?

A : Enggak lama kok. Pada waktu saya memperbaiki PIN ATM BRI yang terblokir hanya berlangsung 15 menit karena pada waktu itu nasabahnya masih kurang [Mungkin karena masih pagi].

Q : Apakah ada biaya yang keluarkan oleh nasabah saat memperbaiki PIN ATM yang terblokir?

A : Berdasarkan pengalaman saya sendiri, gak ada. Malah, ATM yang saya gunakan diganti dengan ATM yang baru.

Q : Apakah saldo akan berkurang setelah memperbaiki ATM yang terblokir tadi?

A : Gak, saldo rekening anda gak berkurang. Saat pin ATM saya terblokir, saldo di ATM saya masih tetap sama dan tidak ada pengurangan.

Q : Apakah ada cara membuka blokir atm BRI tanpa ke bank?

A : Sepanjang yang saya tahu ada, yang terpenting anda masih ingat PIN ATM tersebut. Untuk membuka blokir PIN ATM BRI tanpa harus ke bank, anda bisa menghubungi Call Center BRI.

Dalam kasus saya, karena saya sudah lupa PIN ATM tersebut, maka harus memperbaikinya ke bank BRI terdekat.

Q : Apakah mengurus ATM BRI yang terblokir bisa di wakilkan?

A : Sepengalaman saya, bisa. Ingat cerita saya diatas? ATM BRI yang terblokir adalah milik bapak saya. Dengan kata lain, saya adalah wakilnya.

Hanya saja, syarat-syarat yang saya sebutkan diatas sudah terpenuhi. Jika belum terpenuhi, kemungkinan enggak bisa di wakilkan.

Q : Bagaimana jika ATM BRI tersebut terblokir dan buku tabungannya sudah hilang, rusak dan lain sebagainya, apakah masih bisa di Proses?

A : Untuk kondisi semacam ini, saya enggak tahu pasti. Karena itu, sebaiknya anda menghubungi bank terdekat.

Pastikan juga buku tabungan itu milik siapa. Kalau milik anda sementara buku tabungannya sudah rusak atau hilang, baiknya anda membuat surat kehilangan di kantor Polisi sebelum memperbaikinya ke Bank.

Penutup

Sebenarnya untuk memperbaiki PIN ATM yang terblokir itu tidak ribet asalkan syarat-syarat yang saya sebutkan diatas sudah terpenuhi.

Disisi lain, setelah PIN ATM itu diperbaiki, sebaiknya anda mulai berhati-hati saat memasukkan PIN ATM yang baru.

Begitu juga saat akan melakukan transaksi. Disarankan juga agar anda mengganti PIN ATM secara berkala dan mencatatnya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Demikian artikel tentang cara memperbaiki PIN ATM BRI yang terblokir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

8 Comments

  1. Ada beberapa artikel yg bilang tidak bisa aktivasi blokir via call center meskipun ingat PIN, tp saya jg tanya ke salah satu satpam di salah satu KCP BRI bilang bisa, saya jd tidak yakin apakah sebenarnya bisa aktivasi via call center atau tidak ya?

    1. Saat memperbaiki PIN ATM, satpamnya juga bilang gitu. Namun karena sudah terlanjur ada di KCP, saya perbaiki lagi. Kebetulan juga saya pengen upgrade ATM dengan yang pakai chip.

  2. Kena biaya ga pada saat diganti atm baru?

    1. Gak ada biaya mas. Kecuali biaya yang harus saya keluarkan untuk FC KTP + Buku Tabungan

  3. Ahisna Fika Amalia berkata:

    saya mau tanya, apakah bisa memperbaiki kartu ATM yang terblokir tanya KTP elektronik?

    1. Hi, Ahisna Fika Amalia
      Maksudnya tanpa KTP elektronik ya? Masih KTP yang lama? Pengalaman saya diatas belum pakai KTP elektronik alias masih pakai KTP lama. Jadi pada dasarnya bisa. Tapi ada baiknya ditanyakan langsung ke pihak bank yang bersangkutan. Semoga berhasil 🙂

  4. Saya ada masalah dengan pin karna salah masukan pin 3x apakah hari esok ya bisa aktif kembali..mohon penjelasan ya

    1. Sepengalaman saya, apabila salah memasukan pin 3 kali berturut-turut, otomatis pin akan terblokir. Dan tidak akan bisa aktif esok harinya. Agar aktif, baiknya ke kantor BRI terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *