Cara Mengatasi Bentuk Wajah Tidak Simetris Saat Di Foto

Kadang kala saat di foto, subjek foto atau mungkin anda sendiri, merasa bentuk wajahnya tidak simetris.

Misalnya, posisi wajah yang tidak sejajar antara kiri dan kanan, bahu yang tidak rata, mulut yang agak kesamping dikit dan lain sebagainya.

Anda kemudian bertanya-tanya, kenapa sih bentuk wajah saya enggak simetris saat di foto? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Di artikel kali akan saya ulas penyebab dan juga solusinya. Yang mungkin bisa membantu anda agar bentuk wajah dan tubuh anda terlihat simetris saat di foto.

Simetris adalah suatu istilah dimana kedua bagiannya atau belahnya, seperti bahu kiri dan kanan, setara atau setangkup.

Penyebab wajah tidak simetris saat di foto

Banyak orang yang anggap hal ini sebagai kelainan meski pandangan seperti ini cukup keliru.

Karena bentuk wajah ga simetris tidak disebabkan faktor tunggal saja, kecelakaan misalnya, tetapi juga gaya hidup dan faktor genetik.

Tanda-tanda paling awal apabila bentuk wajah tidak simetris saat di foto adalah struktur wajah yang tidak ditengah, bagian sisi atau kanannya tidak rata atau setara serta dagu yang mungkin agak memanjang.

Sebagian besar orang pernah alami kondisi semacam ini, yang membuat mereka minder dan tidak nyaman saat di foto.

Jangan menganggap ini sebagai kekurangan. Enggak baik. Anggap ini sebagai sesuatu yang normal-normal aja, seperti kebanyakan orang.

Dan tentu saja ada dalang dibalik bentuk wajah terlihat tidak simetris ini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari

Yang paling pertama adalah gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari. Terlebih jika kebiasaan itu sudah dilakukan selama bertahun-tahun.

Yang pada akhirnya mempengaruhi struktur tubuh secara langsung. Kadang kala, kebiasaan kecil yang dianggap sepele atau dipercaya enggak ada pengaruhnya sama tubuh justru jadi pemicunya.

Ada beberapa gaya hidup atau kebiasaan yang bisa menyebabkan atau membuat wajah tidak simetris saat di foto, antara lain:

a. Kebiasaan makan atau mengunyah permen di satu sisi mulut

Hampir sebagian besar orang menggunakan sisi kiri atau kanan saat mengunyah makanan. Hal ini terjadi karena gigi geraham atau gigi di bagian belakang dianggap lebih kuat saat menggigit.

Lidah juga secara alami mengarahkan makanan ke bagian belakang, tepat di barisan gigi geraham.

bentuk wajah tidak simetris saat di foto
via thestar.com.my

Makan di satu sisi secara terus menerus ternyata punya efek samping karena bisa menyebabkan gigi rusak, berlubang dan membuat wajah enggak rata.

Selain makan, kebiasaan mengunyah permen di satu sisi mulut juga memicu risiko yang sama.

Oleh karena itu, hindari sedini mungkin penggunaan satu sisi mulut saat makan atau mengunyah permen.

Tujuannya apa? Untuk menghindari bentuk wajah tidak simetris dan dampak lain yang akan dirasakan di kemudian hari.

b. Otot wajah yang tidak merata

Poin ini sebenarnya dipengaruhi oleh poin pertama yang sudah saya jelaskan diatas. Hanya saja, konteksnya lebih luas.

Sisi otot yang tidak rata bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari kebiasaan mengunyah makanan, berbicara, menekan geraham dengan keras dan lain sebagainya.

Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan wajah tidak simetris. Karena, apabila satu sisi wajah punya otot berlebih, sisi lainnya akan terlihat melorot sehingga otot wajah jadi tak seimbang.

2. Kebiasaan menggunakan satu pundak saat memikul atau memakai tas

Baik wanita atau pria punya satu kebiasaan buruk yakni memakai tas di satu pundak sementara pundak lainnya dibiarkan begitu saja.

Jika anda punya kebiasaan macam ini, pundak yang selalu dipakai untuk memikul barang-barang atau memakai tas akan terlihat melorot kebawah.

Hal ini juga mempengaruhi otot-otot leher dan wajah meski sisi lainnya tetap rata dan terlihat normal.

Karena itu, jika ingin bentuk wajah tetap simetris, mulai gunakan dua pundak saat memakai tas atau memikul beban.

Memang sih, rata-rata tas wanita itu hanya punya satu tali. Meski hanya punya satu tali dan terlihat ringan, tapi jangan tanya isinya dan berat realnya. Pokoknya jangan!

Jika anda mengalami kondisi ini, ada baiknya gunakan bahu kiri dan kanan secara bergantian selama beberapa menit untuk menghindari ketidaksimetrisan pundak.

3. Kebiasaan tidur miring

Salah satu gaya tidur favorit umat manusia di planet bumi ini adalah tidur di satu sisi, entah itu sisi kanan atau kiri.

Dan mungkin saja banyak yang tidak sadar kalau tidur di posisi tersebut bisa mempengaruhi bentuk wajah.

Mengapa? Karena pada saat tidur, bentuk wajah yang lain akan tertindih atau terhimpit. Sementara, wajah yang lain dibiarkan bebas begitu saja.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis Dan Penemu Kamera

Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, dalam jangka waktu yang lama, pasti punya pengaruh ke bentuk wajah.

Selain itu, gaya tidur semacam ini ikut mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas wajah. Dengan dampak yang sama pada akhirnya.

4. Bawaan lahir & faktor genetik

Selain tiga faktor diatas, salah satu faktor penyebab bentuk wajah tidak simetris adalah karena sedari lahir sudah demikian.

Dan biasanya, orang-orang dengan bentuk wajah semacam ini enggak canggung lagi saat di foto. Kecuali, jika secara psikologis, yang bersangkutan belum menerima keadaannya.

Faktor bawaan dari lahir ini bisa dipengaruhi oleh genetik seseorang atau mungkin faktor-faktor yang saya sendiri enggak tahu apa itu [karena saya bukan dokter].

Selain faktor bawaan lahir atau genetik, bisa juga disebabkan oleh kecelakaan baik saat menggunakan kendaraan bermotor, mobil atau kecelakaan kerja.

Cara mengatasi bentuk wajah tidak simetris saat di foto

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi bentuk wajah yang tidak simetris atau tidak rata saat di foto? Ada beberapa cara yang bisa anda coba.

Cara ini terbagi dalam dua bentuk yakni cara alami dan cara buatan. Sesuaikan saja sama kondisi anda sekarang.

1. Cara alami

Untuk yang ingin bentuk wajah terlihat simetris saat di foto, bisa ikuti beberapa cara alami dibawah ini.

Jika ikuti cara alami, perhatikan satu hal penting ini, bahwasanya, mengatasi bentuk wajah dengan cara ini butuh waktu yang lama.

Juga harus dilakukan rutin dan terus menerus untuk hasil terbaik. Oh iya, cara ini enggak berlaku sama bentuk wajah tidak simetris sedari lahir.

Untuk anda yang mengalami kondisi tersebut, pertimbangkan untuk ambil opsi kedua yang akan saya jelaskan setelah ini.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bentuk wajah yang tidak simetris saat di foto secara alami? Ada beberapa cara, diantaranya:

a. Menyeimbangkan pemakaian dua sisi mulut saat makan atau mengunyah permen

Cara ini adalah kebalikan dari poin pertama yang sudah saya jelaskan diatas. Jika anda punya kebiasaan mengunyah makanan atau permen di satu sisi mulut, kanan misalnya, baiknya mulai gunakan sisi kiri secara seimbang.

Kadang kala, salah satu penyebab seseorang tidak mau menggunakan sisi mulut yang lain saat makan atau mengunyah permen karena terdapat gigi berlubang.

Untuk kondisi semacam ini, baiknya langsung ke dokter gigi agar gigi berlubang itu di cabut atau di tampal.

Sehingga, anda lebih leluasa dan lebih bebas menggunakan sisi mulut saat makan atau mengunyah permen. Plus, bentuk wajah akan terlihat seimbang saat di foto.

b. Perhatikan posisi tidur

Jika punya kebiasaan tidur menghadap ke satu sisi saja, gunakan sisi lainnya agar tidak mempengaruhi struktur tubuh secara langsung.

Jika tidak nyaman dengan posisi baru, cari posisi lain, telentang misalnya ; yang dianggap lebih bermanfaat dan tidak berdampak dampak apa-apa ke bentuk wajah.

c. Seimbangkan penggunaan bahu kiri dan kanan

Apabila sering menggunakan bahu kanan saat memikul tas atau benda-benda lain, gunakan juga bahu kiri secara bergantian.

Karena hal ini bisa membantu anda untuk menyeimbangkan postur tubuh yang membantu otot-otot leher dan wajah tetap seimbang karena satu sisi pundak yang melorot akibat tekanan beban.

d. Olahraga

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Tapi bukan olahraga seperti yang dibayangkan, sepakbola misalnya, tetapi olahraga wajah.

Ada beberapa jenis olahraga wajah yang bisa dipilih untuk membantu mensimetriskan wajah, antara lain:

  • Relaksasi wajah dan leher
  • Gerakan pipi tirus
  • Gerakan untuk menghilangkan kerutan wajah
  • Dan lain sebagainya

Untuk poin ini, baiknya dilakukan secara berkala, minimal seminggu tiga kali. Kalau bisa sih setiap hari agar hasilnya maksimal.

2. Operasi

Nah kalau bentuk wajah anda tidak simetris karena kecelakaan, bawaan lahir dan faktor genetik sehingga terlihat mencolok, bisa ikuti cara yang kedua.

Operasi wajah memang jadi alternatif terakhir asalkan punya biaya yang cukup dan anda sudah siap lakukan operasi.

Oh iya, bukan berarti operasi ini enggak punya dampak. Tetap punya risiko, yang disesuaikan sama jenis operasi yang dipilih.

Soal ini mah bisa ditanyakan sama dokter langsung karena saya enggak punya kapasitas untuk menjelaskan hal itu secara detail.

Penutup

Wajah yang tidak simetris memang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang, langsung atau tidak.

Jadi enggak perlu heran kalau ada teman, sahabat atau kenalan enggak mau di ajak foto bareng. Mungkin saja, mereka minder karena bentuk wajahnya enggak simetris saat di foto.

Demikian artikel tentang cara mengatasi bentuk wajah tidak simetris saat di foto. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

5 pemikiran pada “Cara Mengatasi Bentuk Wajah Tidak Simetris Saat Di Foto”

  1. Apakah orang yang sedang bertatapan dengan kita melihat ketidak simetrian wajah kita??

    Balas
    • Bisa, tapi agak subjektif.

      Balas
  2. saat saya becermin wajah asimetris ini tidak terlihat tapi jika dilihat setelah foto kamera belakang terlihat jelas asimetris wajah saya. Nah pertanyaannya bagaimana pandangan orang lain terhadap saya apa seperti di cermin atau seperti di kamera?? Tolong jawab doooong!:(

    Balas
    • Berarti wajah asimetrisnya tidak terlalu dominan. Dengan demikian, pandangannya sama seperti saat bercermin

      Balas

Tinggalkan komentar