7+ Cara Memperkecil Ukuran Foto Dan Gambar

9 Likes Comment
cara memperkecil ukuran foto dan gambar

Sebenarnya, ada banyak sekali tools yang memungkinkan anda memperkecil ukuran Foto dan gambar dengan mudah.

Hanya saja, enggak semua tools menawarkan fitur dan metode compress yang benar-benar bagus sesuai keinginan pengguna.

Artinya, sekalipun pengguna bertujuan untuk memperkecil atau mengompres foto dan gambar, ia tetap menginginkan agar kualitas gambar atau foto tetap terjaga.

Namun, kualitas tetap akan terganggu terlebih jika gambar atau foto yang hendak dikecilkan itu berformat JPEG, termasuk JPG, JFIF dan lain sebagainya.

Karena kualitas format JPEG searah dengan ukurannya sebab ia merupakan format final. Jadi jika ukurannya dikurangi maka kualitasnya akan menurun.

7+ Cara Memperkecil Ukuran Foto Dan Gambar Dengan Mudah

Beberapa cara yang saya ulas dibawah ini tidak saja memungkinkan anda untuk merubah ukuran foto dan gambar, tetapi juga mengompresnya.

Pada prinsipnya dua cara diatas secara teknis adalah sama. Bedanya, meresize ukuran foto dan gambar berarti merubah skala atau pexelnya sementara mengompres bertujuan untuk mengubah dimensi gambar tanpa merubah pexel atau skala.

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 7+ cara memperkecil ukuran foto dan gambar dengan mudah. Cara apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Cara perkecil ukuran foto dan gambar di Windows 10 menggunakan paint.net

Paint.net adalah aplikasi pengeditan standar yang dirilis oleh Windows sejak tahun 1985. Artinya, aplikasi ini sudah ada di versi Windows 1,0 hingga sekarang.

Dulunya, Paint hanya support beberapa format tradisional seperti JPG dan PNG. Untuk saat ini, hampir seluruh format gambar didukung oleh Paint, termasuk yang paling baru yakni HEIC.

Untuk anda yang ingin mengurangi ukuran foto dan gambar menggunakan paint.net, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka komputer atau Windows 10 yang digunakan setelah itu buka Paint. Untuk membukanya, anda bisa gunakan Cortana atau mencari aplikasi tersebut di shortcut di layar beranda. Atau, anda bisa cari foto dan gambar yang hendak diubah ukurannya lalu klik kanan untuk membuka menu konteks> pilih Edit with paint
  • Setelah Paint terbuka, langkah berikutnya adalah klik File> Open [langkah ini bisa dilompati jika anda menggunakan cara kedua yang saya ulas dipoin pertama]cara mengurangi ukuran foto dan gambar dengan mudah
  • Setelah itu cari gambar yang ingin diubah ukurannya lalu klik Opencara mengurangi ukuran foto dan gambar dengan mudah
  • Pada tab beranda di bilah alat Paint silahkan klik Resize cara mengurangi ukuran foto dan gambar dengan mudah
  • Disini, paint memberi opsi untuk memperkecil ukuran foto atau gambar berdasarkan dua jenis yakni percentage dan pixels. Jika anda ingin memperkecil ukuran foto atau gambar, silahkan klik Pixel> lalu masukkan aspek rasio vertikal dan horizontal. Windows akan mengatur dimensi percentage secara otomatis
    cara mengurangi ukuran foto dan gambar dengan mudah

Oh iya, per tahun 2017, Microsoft sudah tidak menggunakan Paint sebagai aplikasi default Windows 10. Artinya, paint.net enggak akan di update lagi.

Sebagai gantinya, mereka menyediakan paint 3D yang fitur dasarnya sama dan anda juga bisa menggunakan paint 3D untuk mengubah ukuran foto dan gambar. Soal ini akan saya ulas di poin berikutnya.

2. Cara mengubah ukuran foto atau gambar dengan tinyPNG

Terkadang, saat mengambil gambar di internet untuk digunakan sebagai gambar referensi konten di blog, ukuran gambarnya kebesaran.

Bahkan ada beberapa gambar punya kapasitas lebih dari 1MB. Cukup besar untuk blog yang hanya menggunakan hosting paket sobat misqueen.

Alih-alih memperlambat loading blog. Karena itu, harus dikecilkan dulu ukurannya sebelum digunakan atau memilih gambar lain.

Saya sendiri sering mengalami kondisi semacam itu, terlebih untuk gambar ilustrasi di blog ini. Untuk mengatasinya, saya menggunakan salah satu tools online dengan fitur yang cukup keren.

Tools tersebut adalah TinyPNG. Salah satu kelebihan dari tools online ini adalah penggunaannya yang gratis, mudah serta kemampuan merezise ukuran gambar atau foto dalam jumlah banyak.

Secara umum, ada beberapa kelebihan dari TiniPNG dibanding tools lain, diantaranya:

  • Cepat
  • Instan
  • Mudah digunakan
  • Bisa mengubah ukuran beberapa gambar sekaligus
  • Support format gambar dasar seperti PNG dan JPG
  • Bisa mengkonversi gambar secara otomatis ke format yang diinginkan
  • Dll

Lantas bagaimana cara memperkecil ukuran Foto dan Gambar dengan TiniPNG? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Silahkan buka TiniPNG atau klik saja tautan ini
  • Setelah terbuka, arahkan kursor pada kotak yang berisikan tulisan Drop your .PNG or .JPG here. Anda juga bisa mengupload 20 foto sekaligus, yang terpenting ukurannya enggak lebih dari 5 MB per fotocara memperkecil ukuran foto dan gambar
  • Setelah drop your .PNG or .JPG here diklik maka pengguna akan diarahkan ke File Explorer komputer atau laptop yang digunakan. Silahkan cari gambar yang mau dikecilkan ukurannya lalu klik Open
  • Tunggu proses uploadnya hingga selesai. Jika sudah selesai silahkan lihat presentase compressnya. Sebagai contoh, saya menggunakan gambar yang sebelumnya berukuran 166,9 kb menjadi 82,7. Artinya, ukuran gambarnya berubah menjadi setengah dari ukuran awalcara memperkecil ukuran foto dan gambar
  • Apabila proses konversi ke PNG sudah selesai, anda tinggal menyimpannya. Untuk menyimpannya, tersedia dua pilihan, yang pertama menggunakan DropBox dan yang kedua mendownloadnya seperti biasa. Saat gambar di Download, hasilnya akan tersimpan dalam File Winrar. Oleh karena itu, pastikan anda sudah menginstal Winrar di desktop atau laptop yang digunakan.

Oh iya, untuk format gambar secara otomatis diubah menjadi PNG. Hal ini karena logaritma Lossy yang diterapkan oleh TinyPNG secara default mengubah ukuran foto ke PNG.

Jika anda menggunakan WordPress, TinyPNG juga tersedia dalam bentuk plugin yang memungkinkan anda mengompres ukuran foto dan gambar jadi setengah dari ukuran awal.

Sehingga loading blog atau situs anda jadi jauh lebih kencang. Jika ukuran gambarnya masih kebesaran, silahkan ikuti langkah-langkah diatas sampai anda mendapatkan ukuran yang ideal.

3. Cara ubah ukuran foto dan gambar menggunakan paint3D

Selain menggunakan Paint.net anda juga bisa menggunakan Paint3D untuk mengubah ukuran foto atau gambar.

Fitur rezise antara Paint.Net dan Paint3D hampir sama. Bedanya, Paint3D mengharuskan anda mengatur skalanya terlebih dahulu.

Lantas bagaimana cara perkecil ukuran foto dan gambar menggunakan paint3D? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka paint3D yang ada di komputer atau laptop anda lalu klik File> Open dan cari foto atau gambar yang hendak diubah ukurannya. Anda juga bisa mencari fotonya terlebih dahulu> klik kanan untuk membuka menu konteks lalu pilih edit with paint3Dcara memperkecil ukuran foto dan gambar
  • Setelah paint3D terbuka silahkan klik Canvas> lalu di submenu resize canvas dan atur rentang width dan heightnyacara memperkecil ukuran foto dan gambar
  • Anda juga bisa mengatur percent gambar, hanya saja kualitasnya jadi enggak bagus. Saran saya, atur saja di pengaturan default yakni Pexelscara memperkecil ukuran foto dan gambar
  • Jika sudah silahkan klik CTRL+S untuk menyimpan gambar atau bisa klik menu File> Save As lalu isi nama gambar sesuai keinginan

4. Cara merubah ukuran foto dan gambar di Android

Untuk anda yang ingin perkecil ukuran foto dan gambar di Android, prinsipnya sama seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Bedanya, enggak ada penunjuk Pexel atau skalanya. Dengan kata lain, anda harus memperkirakan secara manual apakah ukuran foto atau gambar sudah sesuai atau belum.

Dalam situasi tertentu, ukuran foto sudah pas dan enggak bisa lagi di potong atau crop. Terlebih bagi anda yang mau menggunakan foto tersebut di CV, untuk kelengkapan registrasi di sekolah atau perguruan tinggi dan lain sebagainya.

Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang memungkinkan anda untuk mengubah atau memperkecil ukuran foto dan gambar, diantaranya:

Karena pengaturan manual agak ribet, maka anda bisa menggunakan salah satu aplikasi diatas. Sebagai contoh, saya menggunakan apk Photo Compress & Rezise.

Aplikasi ini sering saya gunakan untuk mengubah ukuran gambar atau foto. Jika anda ingin memperkecil ukuran foto dengan aplikasi tersebut, berikut langkah-langkahnya.

  • Downoload dulu apk Photo Compress & Resize di Google Play Store atau klik saja tautan ini
  • Setelah terdownload silahkan instal di perangkat anda [biasanya terinstal secara otomatis]
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, klik Open> lalu cari foto yang hendak di kecilkan ukurannya di Gallery Smartphone
  • Selanjutnya adalah memilih ukuran foto yang hendak dikecilkan. Saran saya sih, jika ukuran fotonya adalah 450 px [pixel] sebaiknya kurangi pxnya menjadi 50 atau 100 sehingga menjadi 400 atau 350
  • Jika sudah, tunggu prosesnya sampai selesai

Jika tak mau repot instal aplikasi silahkan gunakan aplikasi pengeditan default yang sudah terinstal di ponsel anda.

Untuk mengurangi ukuran foto dan gambarnya, silahkan pilih potong atau Crop gambar atau foto tersebut.

Setiap garis yang mewakili cropping berpengaruh pada skala dan pexel gambar atau foto, dengan kata lain ukurannya pun terpengaruh.

5. Cara mengecilkan ukuran foto dan gambar di iPhone

Jika anda hendak mengecilkan ukuran foto di iPhone, anda bisa mengikuti cara yang saya sudah jelaskan di poin sebelumnya.

Caranya hampir sama, aplikasinya saja yang berbeda. Lantas bagaimana cara mengecilkan ukuran foto di iPhone? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pakai aplikasi yang ada di iOS store. Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan anda memperkecil ukuran foto di iPhone seperti Shirink My Pictures dan Squaready
  • Jika anda tidak mau menggunakan aplikasi tersebut, bisa manfaatkan aplikasi pengeditan foto dan gambar default di iPhone. Untuk memperkecil ukuran foto dan gambar, silahkan pilih Crop atau potong> lalu atur aspek rasionya. Ada beberapa rasio aspek yang tersedia seperti 1:1, 4:3 dan lain sebagainya
  • Memanfaatkan email ponsel. Biasanya, saat anda mengirim email di Ponsel iPhone tersedia dua pilihan lampiran pengiriman [jika yang dikirim adalah gambar atau foto]. Jika tujuannya untuk mengompres foto, silahkan pilih kecil [small] dan bukan medium
  • Memanfaatkan screenshoot. Nah cara ini bisa anda coba apabila anda tidak mau repot memperkecil ukuran foto menggunakan 3 cara diatas. Biasanya, screenshoot secara otomatis menghasilkan gambar berformat PNG dengan ukuran tak lebih dari 100kb.

6. Cara perkecil ukuran foto di Photoshop

Jika anda punya aplikasi pengeditan foto di Laptop atau komputer seperti photoshop, anda bisa kok menggunakannya untuk memperkecil ukuran foto dan gambar.

Untuk perkecil ukuran foto dan gambar di Photoshop, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka photoshop yang sudah terinstal di desktop atau laptop milik anda
  • Setelah itu klik File> Open [Ctrl+O] dan pilih gambar atau foto yang hendak dikecilkan ukurannya
  • Disini silahkan arahkan kursor ke menu Image> pada menu drop-down yang muncul silahkan klik Image Sizecara perkecil ukuran foto dan gambar di photoshop
  • Jendela baru akan terbuka dan jika anda hendak mengubah ukuran foto atau gambar silahkan aktifkan kolom Constrain Proportions lalu atur dimensi Width dan Height sesuai keinginancara perkecil ukuran foto dan gambar di photoshop
  • Untuk ukuran gambar atau foto sebaiknya atur dalam rentang 1500 x 700 deh
  • Jika sudah klik Save [Ctrl+S]
  • Untuk menyimpan dalam format yang berbeda klik File> Save As> dan dibawah kolom Save yakni Type silahkan klik disitu dan pilih format gambar atau foto yang diinginkan.

7. Menggunakan Facebook, WhatsApp, Twitter, Instagram dan Lain Sebagainya

Jika tak mau repot mengubah ukuran foto dan gambar sebagaimana yang saya jelaskan diatas, anda bisa kok menggunakan media sosial.

Resikonya sama, yakni kualitas. Selain itu, mengupload foto di media sosial dengan tujuan untuk mengurangi ukurannya secara tak langsung akan menghilangkan metadata gambar atau foto.

Pada dasarnya, setiap media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan aplikasi Chat seperti WhatsApp secara otomatis akan mengompres gambar atau foto yang terkirim atau terupload.

Tujuannya untuk mengurangi beban server sehingga loading, waktu unduh dan waktu pengiriman lebih cepat.

Namun bergantung pada ukuran awal foto atau gambar tersebut. Jika ukurannya lebih dari 1MB kompresinya mungkin hanya setengah atau ¼ dari ukuran awal.

Namun cara ini tetap bisa anda coba jika tak mau repot. Namun saya enggak menyarankan cara yang ini karena alasan-alasan khusus yang sudah saya jelaskan diatas.

Penutup

Memperkecil ukuran foto dan gambar adalah salah satu cara untuk mengurangi pemakaian memori atau untuk memenuhi batasan ukuran minimal untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Misalnya untuk di pakai di Curriculum Vitae, untuk dipakai di sebagai kelengkapan data diri dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang cara memperkecil ukuran foto atau gambar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *