Cara Memperjelas Foto Blur Dengan Mudah dan Sederhana

Pengen tahu cara memperjelas foto blur atau foto yang buram? Simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Kemarin saat sedang cari gambar di internet untuk digunakan sebagai gambar referensi salah satu artikel di blog ini, gambar yang saya dapatkan rata-rata buram.

Sudah atur ukuran gambarnya di alat pencarian Google Images, tapi semua gambar yang muncul tidak sesuai harapan.

Kemudian, muncul satu pertanyaan dalam benak saya, yakni: apakah ada cara meningkatkan kualitas gambar dari sebelum blur menjadi jernih?

Tapi, memperjelas ukuran gambar secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah piksel yang berdampak pada ukuran dan skala gambar itu sendiri.

Mengapa demikian, karena mayoritas gambar bitmap menggunakan piksel tunggal yang menyimpan informasi warna pembentuk gambar.

Dengan demikian, tools tersebut harus punya alogaritma khusus yang bisa mendeteksi garis dan warna pada gambar secara akurat.

Dan ternyata ada tools yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut. Jumlahnya pun cukup banyak, dengan metode enlarge yang berbeda-beda.

Mayoritas tools enlarge image yang ada sekarang ini sudah pakai teknologi AI Deep Convolutional Neural Networks.

DCNN ini dirancang khusus untuk untuk mengolah berbagai macam gambar dan bisa mendeteksi objek dalam gambar yang tidak jelas atau hilang.

Oleh karena itu untuk anda yang sering bertanya beberapa pertanyaan terkait postingan ini seperti:

  • Bagaimana cara menjernihkan foto yang blur tanpa aplikasi?
  • Bagaimana cara memperjelas foto yang blur di Google?
  • Bagaimana cara memperjelas foto yang blur tanpa aplikasi online?
  • Apa saja tools penjernih foto blur online?
  • Apakah ada web memperjelas foto yang blur?
  • Bagaimana cara penjernih foto blur tanpa aplikasi?

Dan pertanyaan lain serupa, simak selengkapnya artikel dibawah ini sampai habis.

Cara Memperjelas Foto Blur Dengan Mudah dan Sederhana

Lantas, bagamana cara memperjelas foto blur atau foto yang buram jadi HD? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Cari situs upscaler di Google atau mesin pencari lain

Cara Memperjelas Foto Yang Blur

Paling pertama adalah cari situs upscaller atau enlarge image di Google atau mesin pencari lain, Bing atau Yahoo misalnya.

Jika cari keyword macam ini di Google akan muncul daftar situs yang menyediakan alat penambah ukuran gambar dengan kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Mulai dari upscaler dari stockphotos, zyro.com, icons8.com, imageupscaller.com, bigjpg.com dan lain sebagainya.

Pilih saja salah satu tools untuk menjernihkan foto yang buram. Untuk contoh saja, disini saya pakai bigjpg.com.


Baca Juga:


Salah satu alasan mengapa saya pilih bigjpg.com adalah penggunaannya yang gratis dan tak ada batasan penggunaan.

Hanya saja, kalau mau memperjelas foto blur pakai bigjpg.com, proses enlargenya terbatas pada dua gambar sekaligus.

Kalau mau tidak ada batasan saat proses enlarge, bisa daftar dulu. Pendaftarannya gratis begitu juga penggunaannya.

Bahkan tools ini tersedia versi app baik itu Windows x64 bit, Windows x32 Bit, iPhone dan Android.

2. Pilih gambar blur yang mau diperjelas

Cara Memperjelas Foto Yang Blur

Setelah masuk ke beranda tools, pilih gambar yang mau diperjelas fotonya. Caranya tinggal klik Pilih gambar> lalu cari gambar buram yang mau ditingkatkan kualitasnya.

3. Mulai proses enlarge

Cara Memperjelas Foto Yang Blur

Setelah gambar terupload ke tools, langsung klik tombol Mulailah untuk memulai proses enlarge atau proses menjernihkan foto yang buram.

4. Pilih proses konfigurasi

Cara Memperjelas Foto Yang Blur

Sebelum proses enlarge dimulai, anda harus konfigurasi dulu level peningkatan kualitas ke beberapa kategori.

Pertama, berkaitan dengan jenis file yang baru saja diunggah apakah karya seni atau foto.

Termasuk juga opsi perbesar, apakah 2x, 4x, 8x dan 16x. Atau, opsi tambahan jika ingin tingkatkan skalanya lebih tinggi lagi, hanya harus daftar dulu.

Setelah itu atur pengurangan kebisingan atau noise ke beberapa opsi seperti tidak ada, rendah, medium, tinggi dan paling tinggi.

Sebagai contoh, pada jenis gambar saya pilih upwork, perbesarannya ke 4x, pengurangan kebisingan ke tinggi. Kalau sudah, klik OK.

5. Tunggu proses uploadingnya sampai selesai

Cara Memperjelas Foto Yang BlurCara Memperjelas Foto Yang Blur

Setelah itu tunggu proses uploading atau proses enlarge filenya sampai selesai. Kalau sudah selesai, langsung klik tombol Unduh dibagian bawah.

Sebagai contoh, usai memperjernih gambar pakai bigjpg, ada peningkatan skala gambar dan ukurannya.

Ukuran gambar aslinya sebelum pakai tools ini hanya 52.0 KB atau setara 53,248 bytes dan setelah diubah menjadi 280 KB atau sekira 286,720 bytes.

Jadi, ada peningkatan beberapa kali lipat dibanding ukuran awal. Kualitas gambarnya juga bagus yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apakah bigjpg.com tersedia di versi aplikasi?

Ya, tools ini tersedia versi apknya baik untuk desktop dan laptop 64bit dan 32bit. Tersedia juga versi apk untuk ponsel dengan sistem operasi berbeda.

Artinya, jika pakai Android, bisa unduh bigjpg di Google Play Store dan iPhone bisa download di App Store, termasuk pengguna MAC.

2. Apakah cara diatas bisa membuat foto blur jadi HD?

Secara umum ya. Tapi, dalam hal kualitas, ada perbedaan jika ambil foto HD langsung dari kamera dan setelah pakai tools diatas.

Dan benar anda bisa pakai bigjpg atau tools lain untuk membuat gambar buram jadi HD. Ulasan serupa terkait topik ini bisa baca juga disini dengan konteks pembahasan yang berbeda.

3. Apa saja tools penjernih foto blur online?

Beberapa diantaranya sudah saya bahas diatas seperti upscaler yang merupakan tools bagian dari stockphotos, zyro, upscaller dari icons8, imageupscaller sampai waifu2x.udp.jp.

Cara kerja semua aplikasi dan situs web perjelas foto blur diatas kurang lebih sama, hanya saja, prosedurnya agak berbeda.

Sebagai contoh, jika pakai upscaler stockphotos, opsi enlarge ke 4x hanya terbuka apabila opsi upscaller 2x sudah selesai.

Jika ditanya mana yang terbaik? Bagi saya pribadi, jawabannya hanya dua yakni bigjpg dan waifu.

Karena selain opsi upscallernya yang gratis, pengguna bisa tingkatkan kualitas gambar dalam jumlah banyak tanpa ada batasan limit penggunaan.

4. Apakah ada web memperjelas foto blur?

Jawabannya ada dan nama-nama toolsnya sudah saya jelaskan dibagian atas. Jadi bisa gunakan satu atau lebih tools online tersebut atau versi aplikasinya.

5. Apa saja tools memperjelas foto blur di Android dan iOS?

Selain pakai bigjpg, yang reputasinya agak kurang bagus di Google Play Store, saya rekomendasikan beberapa aplikasi tambahan lain.

Seperti Remini, Pixlr, Adobe Photoshop Express, Toolwiz Photos, Snapseed dan lain sebagainya.

Dan bagi saya pribadi, paling mudah untuk digunakan adalah Remini, hanya saja harus punya koneksi internet yang stabil dan cepat.

Saya sendiri pernah alami masalah network not connected, padahal kalau buka Youtube, Tiktok atau yang lainnya, jaringan normal-normal saja.

Selain itu, anda harus daftar sebagai pengguna di aplikasi. Jika tidak, anda tidak boleh pakai tools ini untuk perjelas foto blur dari HP langsung.

Penutup

Dari sini sudah tahu kan kalau ada beberapa tools online dan aplikasi yang memungkinkan anda meningkatkan skala, kualitas dan visibilitas gambar dan foto.

Jadi, bisa manfaatkan salah satu tools yang ada untuk berbagai keperluan, sebagai background artikel blog misalnya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkai postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara memperjelas foto blur dengan mudah dan sederhana. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar