Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak

Mau tahu cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Sebelum lanjut ke inti pembahasan, ada satu hal penting yang saya tekankan disini yakni makna dari kata memperbaiki diatas.

Karena banyak pengunjung yang salah kaprah arti kalimatnya apa dan sering diasosasikan sebagai recovery atau pemulihan.

Ada perbedaan mendasar antara memperbaiki dan memulihkan. Artinya, kata perbaiki ini mengacu pada gambar atau foto yang sudah rusak dari awal.

Dengan kata lain, konteks pembahasannya tidak berkaitan dengan pemulihan gambar yang terhapus di memory, HP, laptop, komputer dan perangkat penyimpanan lain, Hardisk misalnya.

Jika ingin mengembalikan foto dan gambar yang terhapus, bisa gunakan beberapa aplikasi seperti Recuva, Zero Asumption Digital Image Recovery dan aplikasi sejenis.

Disisi lain, untuk anda yang sedang cari cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Penyebab foto dan gambar rusak

Sebelum perbaiki foto rusak, ketahui dulu apa penyebabnya karena solusi untuk setiap penyebab rusaknya foto itu berbeda-beda termasuk format filenya.

Dengan demikian, jika ingin memperbaiki format gambar PNG yang rusak, caranya beda dengan RAW atau JPEG.

Hanya saja, mayoritas foto dan gambar yang rusak disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini, yakni:

a. Sistem file yang rusak

File system corrupt yang biasanya terjadi saat proses penyimpanan file sedang berlangsung.

Artinya, selama proses penyimpanan tersebut, sistem tiba-tiba stuck atau mogok karena satu dan lain hal, baterai habis misalnya. 

b. Bad Sector

Kedua berkaitan dengan bad sector yang merupakan akumulasi kerusakan disk magnetik atau optik sehingga mempengaruhi tempat penyimpanan. Dan saat proses penyimpanan berlangsung, bad sector terjadi.

c. Goresan pada media penyimpanan

Goresan CD/DVD pun bisa menyebabkan foto rusak. Sekalipun media optik ini sudah digantikan dengan alat penyimpanan lain seperti hard disk dan hard drive tapi ada beberapa pengguna yang masih simpan foto di CD atau DVD

d. Degradasi data

Degradasi data yang terjadi saat hard drive kehilangan orientasi magnetiknya sehingga merusak bit data yang disimpan. 

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari tingkat kelembaban yang tinggi, perangkat yang terlalu panas sampai media penyimpanan yang sudah tua.

e. Data corruption

Korupsi data biasanya terjadi selama proses baca code berlangsung. Sayangnya, masalah ini sangat sulit dideteksi karena ada indikasi apakah data tertulis benar atau justru sebaliknya.

Dan hanya terlihat apabila file, dalam konteks ini gambar atau foto rusak dan tidak terlihat sebagaimana mestinya.

f. Gangguan transmisi data

Gangguan transmisi data yang merupakan satu dari beberapa faktor penyebab rusaknya foto meski kasus ini jarang terjadi. 

Saat proses transfer data terganggu, metadata file akan terhapus sendirinya, yang membuat foto tidak bisa ditampilkan.

g. Ukuran gambar terlalu besar

Ukuran gambar yang terlalu besar juga bisa membuat aplikasi penampil foto tidak bisa membukanya.

Hanya saja, jika disebabkan oleh masalah ini, gambar atau foto tidak benar-benar rusak. Solusinya, bisa pakai aplikasi penampil foto lain.

g. Kompatibilitas

Terakhir berkaitan dengan masalah kompatibilitas yang biasanya disebabkan karena format file foto tidak kompatibel dengan perangkat.

Ini terlihat saat format gambar tersebut tidak didukung oleh aplikasi penampil foto atau mungkin karena aplikasi tersebut belum di update ke versi baru.

Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah satu gambar atau foto itu rusak? Ada banyak cara, diantaranya:

  • Ada pemberitahuan kalau aplikasi pembuka foto, seperti Windows Photo, tidak bisa membuka gambar. Biasanya, akan muncul tulisan seperti ini: Windows photo viewer can’t open this picture because the file appears to be damaged, corrupted, or is too large
Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak
  • Ada area tertentu didalam gambar atau foto terlihat tidak seimbang atau cahayanya tidak merata dibanding area lain seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
  • Jika foto rusak total, tampilannya akan terlihat seperti gambar dibawah. Layaknya TV warna yang lagi kumat saat siaran tak muncul
Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak

Jika muncul tiga ciri diatas, dapat dipastikan kalau foto tersebut rusak. Penyebab paling utama karena data korupsi atau sistem file rusak.

Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak

Lantas, bagaimana cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak? Sejauh ini, hanya ada satu cara yakni dengan menggunakan tools repair foto.

Perhatikan, beberapa tools dibawah ini kinerjanya terbatas pada gambar atau foto dengan format tertentu, JPG atau JPEG misalna.

Dengan demikian, jika gambar yang rusak itu formatnya RAW, PNG atau yang lainnya, proses repairnya tidak berhasil.

Mayoritas software dibawah ini bekerja dengan 4 prinsip utama, yakni:

  • Mengidentifikasi gambar dan foto yang rusak untuk mengetahui penyebabnya apa
  • Mendeteksi perintah internal yang cacat seperti metadata yang tidak terbaca
  • Mendeteksi kerusakan eksternal misalnya dari kartu memori, hardisk dan lain sebagainya
  • Mengidentifikasi apakah gambar memang rusak saat diambil menggunakan lensa kamera, kamera HP dan lain sebagainya

Juga tersedia beberapa tools yang memungkinkan anda untuk memulihkan foto yang terhapus, file korup atau karena kartu SD sudah di format.

Dengan kata lain, beberapa software ini bisa digunakan untuk memperbaiki atau memulihkan file multimedia yang hilang dari kamera digital, kartu memori, laptop, desktop, drive USB, CD, DVD atau media penyimpanan lain.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak pakai aplikasi.

1. Stellar Phoenix JPEG Repair

Stellar Phoenix JPEG Repair

Stellar Phoenix JPEG Repair adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memulihkan gambar atau foto format JPEG, termasuk JPG, yang rusak.

Yang menarik dari tools ini adalah kinerjanya yang tidak mengubah data asli foto sehingga hasil pemulihannya jauh lebih bagus.

Tools ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki gambar eksternal seperti dari kartu memori, yang mungkin saja tidak terbaca desktop.

Baca Juga:

Dengan kata lain, software ini adalah salah satu software perbaikan gambar terbaik yang pernah ada dan canggih. Tools ini juga kompatibel dengan Windows 10 dan juga Apple macOS.

Selain memperbaiki file JPEG yang rusak, tools ini juga bisa digunakan untuk memulihkan kembali kartu SD yang rusak, USB, memori stick, hard drive komputer atau media penyimpanan sekunder lain.

Karena hanya dirancang untuk memperbaiki gambar dalam satu format, maka proses recovery foto berformat JPEG akan sangat cepat sekalipun header datanya sudah korup.

Atau mungkin karena data JPEG sudah rusak total, struktur file JPEG tidak valid, penanda JPEG yang tidak diketahui atau tidak valid, penanda SOS yang hilang dan lain sebagainya.

Secara umum, ada beberapa keunggulan software yang satu ini, antara lain:

  • Memperbaiki Header Rusak & Struktur File JPEG yang tidak valid
  • Memperbaiki Foto Rusak sekaligus memulihkan media penyimpanannya
  • Mampu mengekstrak Thumbnail gambar dari file JPEG yang sudah rusak
  • Bisa memperbaiki beberapa file JPEG sekaligus
  • Memberikan pratinjau pada foto yang akan dipulihkan

2. File Repair 2.1 

Berikutnya ada File Repair 2.1 yang merupakan apk basic tools yang dirancang khusus untuk memperbaiki foto atau gambar rusak dengan akurasi tinggi.

Yang menarik, aplikasi ini bisa digunakan untuk perbaiki foto yang rusak dari HP atau ponsel, Android dan iOS misalnya, selain desktop.

Cara kerjanya pun cukup mudah, dimana software ini akan memindai semua file yang terindikasi rusak dan mengekstrak data maksimum dari file tersebut.

Setelah semua data yang tersisa di kumpulkan, maka tools akan mengkoversinya ke format baru yang diinginkan.

Jika gambar atau foto itu rusak karena virus atau karena gagal dibaca oleh sistem operasi, bisa juga pakai tools ini.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah dukungannya terhadap format gambar berbeda seperti JPEG, GIF, TIFF, BMP, PNG dan RAW.

3. PixRecovery 3

JPEG Recovery Professional

Selanjutnya ada PixRecovery 3 yang merupakan satu dari beberapa tools pemulihan foto dan gambar terbaik saat ini.

Sama seperti File Repair 2.1 yang support proses repair untuk beberapa format gambar sekaligus seperti  JPEG [.jpg dan .jpeg], GIF [.gif], TIFF [.tiff], BMP [.bmp], PNG [.png] dan RAW.

Bedanya, kalau di aplikasi sebelumnya, gambar tersimpan otomatis ke format tertentu, JPG misalnya, maka pada PixRecovery 3 terkonversi otomatis ke format bitmap (.bmp).

Kinerja tools ini pun cukup sederhana meski proses extract metadata dari file yang dipilih cukup lama.

Tombolnya juga tidak semeriah tools lain sehingga anda hanya perlu tekan satu tombol untuk repair banyak foto sekaligus.

Oh iya, jika yang diperbaiki itu gambar format RAW, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk perbaiki sistem internal memory dan kamera.

Entah itu Canon, Epson, Fuji, Hasselblad, Kodak, Leica, Mamiya, Minolta, Nikon, Olympus, Panasonic, Pentax, Ricoh dan Sony.

4. Picture Doctor

Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak

Salah satu kelebihan dari Picture Doctor ada pada tawaran fiturnya. Dimana, selain bisa perbaiki gambar, juga bisa perbaiki grafis.

Misalnya, anda perbaiki satu foto yang rusak di kamera Canon, maka bukan cuma fotonya diperbaiki tapi grafis dari foto tersebut.

Bahkan, lebih jauh lagi, dimana aplikasi ini juga bisa dipakai untuk repair format file dari Adobe Photoshop yakni PSD.

Hanya saja, setelah gambar dipulihan, file akan dikonversi otomatis ke format asal yakni BMP atau Bitmap.

Sayangnya, untuk menggunakan semua fitur-fitur unik diatas, pengguna harus upgrade ke versi berbayar. Tapi ada kok versi gratisa yang bisa diunduh lewat tautan dibawah.

Untuk fiturnya sendiri memang terbatas tapi kemampuan repairnya tak kalah dengan yang versi premium. Selain itu, jika pakai versi gratis, ada batasan penggunaan per hari.

5. Toolkit JPEG Repair

JPEG Repair Toolkit

Lalu ada Toolkit JPG Repair yang bisa digunakan untuk memperbaiki gambar atau foto yang rusak otomatis meski dukungan formatnya terbatas.

FYI, aplikasi ini sebelumnya dirancang untuk penggunaan internal saja sebelum akhirnya di rilis untuk publik.

Meski akurasinya cukup baik, tapi ada satu kelemahan dari aplikasi ini yakni kinerjanya yang lambat terlebih jika foto yang mau di pulihkan sudah rusak total.

Sebab, software ini akan mengumpulkan semua informasi berkaitan dengan gambar dulu sebelum di pulihkan.

Secara umum, Toolkit JPEG Repair Photo punya beberapa kelebihan di banding apk sejenis, diantarnaya:

  • Bisa memperbaiki format gambar JPEG yang rusak total
  • Bisa memulihkan header JPEG yang korup
  • Bisa memperbaiki penanda JPEG yang tidak valid
  • Dapat memperbaiki kerusakan akibat bad sector
  • Bisa memulihkan metadata dari foto format JPEG dan RAW yang rusak seperti CR2 dan NEF
  • Gambar tidak disandikan ulang setelah repair berhasil dilakukan sehingga kualitas foto asli tetap terjaga

Aplikasi ini juga kompatibel dengan sebagian besar sistem operasi termasuk Windows 10. Tertarik untuk pulihkan foto pakai tools ini? Langsung download lewat link dibawah.

6. SysInfoTools Image Repair tool

SysInfoTools Image Repair Tool

SysInfoTools Image Repair tool adalah salah satu tools repair terbaik yang bisa digunakan untuk memperbaiki gambar atau foto yang rusak karena masalah teknis.

Aplikasi ini dirancang khusus untuk memperbaiki file digital pakai logaritma pemulihan paling canggih dan mendukung proses recovery untuk semua format gambar.

Selain untuk repair foto dan gambar, juga bisa dipakai untuk memperbaiki kartu SD, kartu memori, USB flash drive dan media penyimpanan lain yang rusak.

Selain repair, gambar yang terdistorsi juga bisa diperbaiki. Lantas, format gambar apa saja yang bisa diperbaiki? Ada banyak mulai dari BMP, JPEG, GIF, TIFF, MOS, MEF, PSP dan lain sebagainya.

Disamping itu, ada juga keunggulan lain dari aplikasi satu ini, diantaranya:

  • Support pemulihan gambar digital yang korup
  • Memperbaiki gambar dalam berbagai format seperti JPEG, PNG, RAW dan lain sebagainya
  • Support perbaikan gambar dengan format RAW dari kamera DSLR terbaru seperti Nikon, Canon, Fujifilm dan Sony
  • Bisa memperbaiki kartu SD dan USB drive merk apa saja termasuk Seagate, San Disk, Kingston dan lain sebagainya
  • Mendukung pemulihan dari sistem file FAT dan NTFS

Bagaimana soal kompatibilitasnya? Alat ini support semua sistem operasi seperti Windows dan Mac. Jika tertarik, bisa unduh aplikasinya lewat tautan dibawah.

7. JPEG Repair Shop

JPEG Repair Shop

Terakhir ada JPEG Repair Shop yang juga menyediakan fitur repair foto yang bisa digunakan sekarang.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana dimana setelah gambar diidentifikasi, struktur metadata di internal file akan dimanipulasi sehingga gambar bisa diperbaiki.

Yang menarik, tools ini menyediakan dua opsi perbaikan yakni perbaikan manual dan perbaikan otomatis.

Untuk perbaikan manual, JPEG Repair Shop akan membagi data dalam kelompok kecil yang disebut MCU [minimum coded unit] untuk dikodekan kembali.

Karena biasanya perintah kompresi file JPEG berbeda, dengan asumsi, perintah itulah yang membuat gambar tersebut rusak.

Dengan demikian, JPG repair shop akan menyisipkan nilai MCU dan secara otomatis memperbaiki kesalahan penguraian data.

Selain itu, gambar ini mendukung berbagai kesalahan yang mungkin saja menjadi penyebab utama gambar atau foto rusak, diantaranya:

  • Kesalahan: “Tidak dapat memuat file atau file Header yang korup”
  • Kesalahan: “Tidak dapat memuat file karena tidak ada data pada file”
  • Kesalahan: “Tidak dapat memuat file karena penanda tidak didukung”
  • Kesalahan: “Tidak dapat memuat file karena jenis JPEG tidak didukung”

Secara singkat setiap kesalahan itu berusaha menunjukan bahwa ada metadata file yang rusak. Metadata inilah yang disebut MCU.

Jadi tools ini akan berusaha memperbaiki setiap kesalahan tersebut lalu memulihkan gambar atau file.

Oh iya, software ini kompatibel dengan berbagai versi Windows, termasuk Windows 7, 8.1 dan 10 serta Mac.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara memperbaiki foto rusak di Android atau di HP?

Sejauh ini, tidak ada aplikasi atau tools online yang memungkinkan pengguna untuk perbaiki foto rusak di Android.

Saya sendiri pernah coba beberapa aplikasi salah satunya JPEG Image Recovery. Hanya saja, aplikasi tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Artinya, untuk cara memperbaiki foto dan video yang rusak di android atau cara memperbaiki foto yang tidak bisa dibuka di android, belum bisa.

Saran saya, bisa ekspor dulu gambar yang rusak itu ke PC atau Laptop lalu download satu atau beberapa aplikasi diatas, File Repair 2.1 misalnya, lalu perbaiki seperti biasa.

2. Apakah bisa memperbaiki foto rusak online?

Sepengalaman saya, belum alat yang bisa digunakan memperbaiki foto rusak secara online terlebih jika foto yang rusak dikarenakan bad sector atau internal memory.

3. Apa saja aplikasi memperbaiki foto rusak?

Ada banyak. Beberapa diantaranya sudah saya sebutkan diatas.

4. Bagaimana cara memperbaiki foto yang rusak karena virus?

Bisa coba satu dari beberapa aplikasi yang sudah saya sebutkan diatas. Sayangnya, tidak ada jaminan apakah foto bisa diperbaiki atau tidak.

Alasannya cukup sederhana, karena proses repair gambar terbatas pada masalah internal perangkat, bad sector misalnya.

Penutup

Terkadang, jika ada gambar atau foto yang rusak, anda mungkin pasrah begitu saja dan yakin kalau foto tersebut tidak bisa dipulihkan sepenuhnya.

Apalagi jika foto tersebut hanya dokumentasi biasa. Padahal, foto dokumentasi pun sangat penting untuk dilihat kembali esok lusa.

Padahal, bisa saja diperbaiki. Siapa tahu, yang rusak bukan fotonya tapi kartu memori atau kameranya.

Demikian artikel tentang cara memperbaiki foto dan gambar yang rusak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

15 pemikiran pada “Cara Memperbaiki Foto dan Gambar Yang Rusak”

  1. Cara memperbaiki video saya di dslr canon gimana ya ? “Cannot playback movie”

    Balas
    • Bisa pakai salah satu aplikasi diatas mas

      Balas
  2. Terima kasih. Informasinya sangat membantu

    Balas
    • Sama-sama. Semoga bermanfaat

      Balas
  3. Mau tanya semua Software yang di atas sudah saya coba tapi tidak bisa semua, Ini foto nya habis terhapus terus saya recovery bisa tapi tak terbaca. apakah ada solusi?

    Balas
    • Itu terhapusnya gimana mas? Apakah karena file corupt, virus atau kedelete sendiri?

      Balas
  4. Cara memperbaiki setelah foto dipindahkan ke memory card??
    ” Gagal memuat foto” setelah diklik gambar ada tulisan seperti itu
    Mohon bantuannya kak

    Balas
      • Saya juga begitu. pake kamera hp. beberapa foto bertuliskan “gagal memuat foto”. kamera hpnya oppo a92

        Balas
  5. Itu software nya berhubungan dengan laptop kah kak? Kalo di hp android bisa gak sih? Kalo cara memulihkan foto yang rusak karna memory tapi di benerin nya di hp gimana caranya kak? Terima kasih

    Balas
    • Iya mba. Untuk android, agak sulit sih. Bisa pakai aplikasi revocer foto. Soal ini akan saya bahas di artikel berikutnya ya 🙂

      Balas
  6. Mohon pencerahan. File dari internal remi 5 saya pindah ke sd card. Sebelumnya tidak masalah. Setelah internal memory sering penuh, file2 yg di sd card jadi banyak yg corrupt. Bagaimana cara memperbaiki file2 tsc (foto, mp4, doc, pdf). Terima kasih

    Balas
  7. Mas file saya corupt karena virus apa masih bisa kembali normal seperti semula

    Balas
    • Bisa dikembalikan, tapi sudah tidak normal seperti semula.

      Balas

Tinggalkan komentar