Pengalaman dan Cara Langganan Netflix 2021 Tanpa Credit Card

Untuk anda yang ingin langganan Netflix tapi ga tahu caranya gimana, simak artikel ini sampai habis. Karena disini akan saya kupas cara langganan Netflix 2021, tanpa harus punya credit card.

Oh iya, kemarin saya baru buat rekening Jenius BTPN. Salah satu alasannya supaya bisa langganan di Netflix, sekalian untuk review juga caranya gimana.

Untuk cara daftarnya sudah saya bahas di blog saya yang lain. Klik saja tautan ini untuk melihat step apa saja yang dilalui jika daftar di Jenius.

Jadi sudah bisa tebak ya, kalau di tutorial ini saya pakai Jenius. Jika pakai metode pembayaran lain, BCA misalnya, caranya mungkin agak berbeda.

Karena itu, jika anda sedang cari cara langganan Netflix 2021, cara bayar Netflix pakai eCard Jenius BTPN, atau mungkin pengen tahu metode pembayaran apa yang di dukung Netflix serta jenis paketnya, berikut artikelnya untuk anda.

Sebelum itu, baiknya saya bahas dulu apa itu Netflix dan alasan mengapa platform ini cukup digemari di Indonesia.

Apa itu Netflix?

Netflix adalah layanan streaming online yang memungkinkan anda menonton film, acara TV, dan film dokumentar populer.

Sampai hari ini, Netflix sudah digunakan lebih dari 100 juta orang dan tersebar di 190 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Platform ini sendiri di luncurkan di Indonesia pada januari 2016 dan tumbuh eksponesial sejak saat itu.

Sayangnya, metode pembayarannya yang terbatas membuat platform ini agak eksklusif.

Netflix juga bisa di akses di Smart TV merk apa saja entah itu Sony, Samsung, LG, dan Panasonic bahkan bisa diakses di menu utama.

Pilihan filmnya ada banyak dan tersedia dalam genre apa saja. Setelah langganan aktif, bisa di buka untuk perangkat yang berbeda.

Jadi ini seperti layanan streaming untuk keluarga. Menariknya, jika anggota keluarga itu pakai akun anda untuk nonton Netflix, di perangkat yang berbeda tentunya, bisa atur konten yang akan di tonton mereka.

Termasuk melihat riwayat tontonan mereka, membatasi durasi tontonan dan lain sebagainya.

Cara Langganan Netflix 2021 Tanpa Credit Card

Lantas bagaimana cara langganan Netflix 2021 tanpa credit card? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Buka aplikasi atau situs Netflix

Cara Langganan Netflix

Pertama, buka aplikasi atau situs Netflix terlebih dahulu. Agar mudah, bisa klik tautan ini atau disini.

Sebagai contoh, di postingan ini saya mau pakai versi situs. Untuk tutorial saja, karena yang versi aplikasi tidak mengizinkan pengguna untuk screenshoot.

Sesuaikan saja jika pakai yang versi aplikasi. Caranya sih kurang lebih sama, tampilannya saja yang berbeda.

2. Masuk ke akun atau buat akun baru

Cara Langganan Netflix

Di beranda situs Netflix, jika sudah punya akun, klik tombol masuk. Sementara, jika belum punya akun, masukkan saja alamat email di kolom kosong yang tersedia lalu klik Mulai.

3. Isi email dan password

Cara Langganan Netflix

Karena saya sudah punya akun, saya klik masuk. Di tahap ini, saya diminta untuk memasukkan nomor telepon aktif dan password.

Kalau sebelumnya anda masuk pakai Facebook, klik saja tombol Masuk dengan Facebook yang ada dibagian bawahnya.

4. Selesaikan pendaftaran

Cara Langganan Netflix

Berikutnya anda diarahkan ke laman baru untuk menyelesaikan pendaftaran, yang didalamnya termasuk pembayaran langganan. Klik saja tombol Selesaikan Pendaftaran.

5. Memilih jenis paket

Cara Langganan Netflix

Untuk menyelesaikan pendaftaran, ada dua tahap yang harus dilalui. Pertama, memilih jenis paket langganan dan yang kedua mengatur pembayaran.

Untuk daftar paketnya akan saya sertakan dibawah artikel, pada QnA. Jadi pastikan anda baca artikel ini sampai habis. Jika sudah ada di tahap ini, klik Lihat Paket.

6. Daftar paket Netflix

Cara Langganan Netflix

Kalau sudah memilih jenis paket, Ponsel atau Premium misalnya, klik tombol Lanjut yang ada dibagian bawahnya.

7. Konfigurasi pembayaran

Cara Langganan Netflix

Setelah klik Lanjut, anda akan dialihkan ke laman konfigurasi pembayaran. Untuk lanjut, klik saja pada tulisan Kartu Debit atau Kredit.

8. Masukkan data kartu kredit atau debit

Cara Langganan Netflix

Di tahap ini masukkan data-data tentang kartu kredit atau Debit yang akan digunakan untuk berlangganan di Netflix.

Mulai dari Nama Depan, Nama belakang, Nomor Kartu, Tanggal Berakhir, Kode keamanan [CVV] dan centang kolom persetujuan dibagian bawah.

Kalau semua data sudah diisi, klik Mulai Keanggotaaan. Perhatikan, jika nama di credit card atau debit card itu terdiri dari tiga karakter, isi semuanya.

9. Konfirmasi nomor telepon

Cara Langganan Netflix

Kalau sudah memasukkan data-data pembayaran dan valid, anda diminta untuk mengkonfirmasi nomor telepon aktif milik anda.

Jangan lupa juga untuk memasukkan kode OTP yang dikirim Netflix ke nomor telepon yang digunakan untuk daftar.

Kalau pembayaran sukses, anda diminta untuk memasukkan siapa saja yang akan menonton acara di Netflix termasuk status penonton, apakah anak atau yang lainnya. Ikuti saja instruksinya sampai berhasil.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan terkait dengan postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah. Berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara langganan Netflix pakai Jenius BTPN?

Sebelum langganan Netflix pakai Jenius, pastikan akun anda sudah aktif alias sudah di aktivasi. Jika sudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Saya pastikan anda sudah ada di tahap memasukkan data konfigurasi pembayaran Netflix. Jika sudah, buka aplikasi Jenius milik anda
  • Setelah itu masuk ke kolom e-Card dengan cara buka menu> klik Card Center. Atau bisa scroll di beranda aplikasi sampai ke kolom Card Center
Cara Langganan Netflix
  • Kalau sudah masuk di kolom e-Card, klik tombol lihat kode CVV. Sebelum itu, biasanya anda diminta untuk memasukkan password terlebih dahulu
Cara Langganan Netflix
  • Lalu input data-data seperti nomor e-card, tanggal berakhir dan nama lalu input di kolom konfigurasi pembayaran Netflix untuk memulai keanggotaan
Cara Langganan Netflix

Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan setelah memasukkan data pembayaran dan sudah masuk ke laman konfirmasi pembayaran, tetap tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Apabila pakai Jenius, ada denda sebesar 5.000 jika saldo e-Card anda kurang. Jadi pastikan anda isi sesuai dengan jenis paket yang dibeli.

Ada juga beban pajak pembelian sebesar 10% untuk jenis paket apa saja yang dibeli. Makanya, harus pastikan saldo eCard Jenius anda cukup.

Perhatikan, saat melakukan pembelian paket, harga yang tertera di paket langganan sudah termasuk pajak.

Misalnya nih, mau beli yang premium, harganya kan Rp186.000 nanti yang terpotong di akun Jenius sama dengan angka yang tertera.

2. Bagaimana cara berhenti langganan Netflix?

Cara Langganan Netflix

Untuk berhentin langanan di Netflix, buka akun Netflix milik anda lalu buka Akun. Jika pakai aplikasi Netflix, anda akan diarahkan ke browser.

Nah di browser itu tinggal klik akun> Batalkan Keanggotaan di bawah tulisan Keanggotaan & Tagihan seperti yang terlihat pada gambar diatas.

3. Paket apa saja yang tersedia di Netflix?

Ada empat paket yang tersedia di Netflix dengan harga, fitur dan keunggulan yang berbeda-beda.

Berikut daftar harga langganan Netflix Indonesia:

Jenis paketFitur yang didapatkanHarga
PonselKualitas video yang bagus dalam SD (480p). Tonton di ponsel atau tablet mana pun. Tidak termasuk komputer dan TV.Rp54.000/bulan
DasarKualitas video yang bagus dalam SD (480p). Tonton di ponsel, tablet, komputer, atau TV mana pun.Rp120.000/bulan
StandarKualitas video luar biasa dalam Full HD (1080p). Tonton di ponsel, tablet, komputer, atau TV mana pun.Rp153.000/bulan
PremiumKualitas video terbaik kami dalam Ultra HD (4K) dan HDR. Tonton di ponsel, tablet, komputer, atau TV mana pun.Rp186.000/bulan

4. Bagaimana cara langganan netflix tanpa kartu?

Agar bisa langganan Netflix, anda harus punya kartu kredit atau debit. Yang paling sering digunakan adalah Jenius BTPN dan BCA.

5. Apakah bisa bayar Netflix pakai Paypal, Skrill atau Payoneer?

Sebagai informasi, hanya tersedia beberapa metode pembayaran di Netflix yakni Visa, Mastercard dan American Express.

Dengan kata lain, pilihan pembayaran Netflix pakai Paypal, Skrill atau Payoneer belum tersedia untuk sekarang.

6. Bagaimana cara bayar netflix pakai Telkomsel?

Saat ini belum tersedia pilihan pembayaran Netflix pakai telkomsel, dalam hal ini, Pulsa. Jadi bisa pilih alternatif yang lain.

7. Apakah bisa bayar Netflix pakai Pulsa?

Seperti yang saya sebutkan diatas, yang mana, hanya tersedia tiga metode pembayaran Netflix baik itu Credit card atau debit card.

Dengan demikian, pilihan pembayaran Netflix pakai Pulsa entah itu Pulsa SmartFreen, Pulsa simpati, Pulsa XL belum tersedia.

8. Bagaimana cara langganan netflix pakai debit BCA?

Caranya sih sama seperti diatas. Hanya saja, di kolom integrasi pembayaran, masukkan nama, nomor akun, tanggal berlaku kartu dan kode CVV yang ada di debit BCA.

9. Apakah bisa bayar Netflix pakai Google Play?

Untuk saat ini, belum tersedia pilihan pembayaran Netflix pakai langganan di Google Play sekalipun aplikasinya bisa di unduh di Google Play Store.

10. Apakah bisa langganan Netflix dengan dompet digital?

Sayangnya tidak bisa. Dengan kata lain, anda tidak bisa langganan Netflix pakai OVO, GOPAY, DANA, LinkAja, ShopeePay, AstraPay atau dompet digital lainnya.

Penutup

Sebenarnya banyak orang yang mau langganan di Netflix, namun mereka terkendala pada metode pembayaran.

Karena harus bayar pakai Visa, Credit card dan American Express. Mana lagi tiga metode pembayaran diatas tidak terlalu populer di Indonesia.

Makanya banyak orang yang kemudian bertanya apakah bisa bayar Netflix pakai pulsa, pakai dompet digital dan lain sebagainya.

Jika punya pertanyaan, masukkan atau mungkin ada yang ingin disampaikan terkait postingan ini, bisa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara langganan Netflix 2021 tanpa Credit Card. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar