4+ Cara Kompres Foto Jadi 100kb di Hp dan PC dalam 1 Detik

8 Likes Comment
cara kompress foto jadi 100kb

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk kompres foto jadi 100kb di HP dan PC dalam 1 detik. 

Sebelum mengompres, pastikan anda tahu format foto atau gambar tersebut termasuk ukurannya.

Misalnya nih, anda hendak kompres foto yang ukurannya 10MB jadi 100kb dengan format JPG, tentu ini butuh proses berulang.

Karena kebanyakan alat-alat pengompres foto hanya meminimalkan ukuran dalam satu metode saja.

Artinya, ada tools yang meminimalisir ukuran gambar dengan mengurangi gradien warnanya, ada yang mengurangi ukuran pexelnya [ujung-ujungnya berkaitan dengan warna], ada juga yang menghilangkan metadata dibalik gambar.

Dalam beberapa kasus, proses kompresi memang harus dilakukan berulang terlebih jika ukuran asli foto lumayan besar.

Ada sih cara yang lebih cepat yakni dengan memanfaatkan fitur cropping. Tapi anda harus mengubah framenya terlebih dahulu.

Cara ini tentu saja punya kelemahan sebab anda harus rela memperkecil bingkai foto, yang mungkin akan menghilangkan objek penting didalamnya.

Jadi semua cara bergantung sama tujuan mengompress foto. Jika yang dikompres adalah foto yang lumayan lebar, bisa pakai cropping.

Jika ingin tetap mempertahankan skalanya, anda bisa pakai tools online atau alat pengeditan foto default.

Dan memang, artikel ini punya keterkaitan dengan postingan saya sebelumnya yang berjudul 7+ Cara Memperkecil Ukuran Foto Dan Gambar.

Hanya saja, di artikel tersebut, pendekatan yang saya gunakan agak berbeda. Namun topik utamanya kurang lebih sama.

Logikanya gini, anda mau kurangi ukuran suatu gambar namun tetap mempertahankan dimensi awalnya. Tentu anda harus menghilangkan beberapa bagian didalam gambar.

Analoginya seperti anda mau kurangi ukuran kayu, entah itu panjang atau lebarnya berarti anda harus menghilangkan sebagian kayunya.

Jadi ukuran aslinya tentu saja berubah. Tapi kasus ini tidak berlaku saat mengompres foto atau gambar digital karena skala masih bisa dipertahankan.

Dengan demikian, apabila anda sedang mencari cara kompres foto di hp dan PC atau cara kompres foto jadi 100kb dan 200kb simak artikel sampai habis.

4+ Cara Kompres Foto Jadi 100kb di Hp dan PC dalam 1 Detik

Lantas, bagaimana cara kompres foto jadi 100kb dalam 1 Detik? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Cara kompres pakai PC atau Laptop

Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan fitur pengeditan default yang ada di komputer atau laptop anda.

Karena saya pakai Windows 10, maka fitur pengeditan defaultnya adalah Paint dan Paint3D.

Dua-duanya menawarkan fitur resize yang bisa dimanfaatkan untuk mengompres foto atau gambar.

a. Cara compress foto di Paint

Jika pakai Paint, berikut langkah-langkah kompres foto di aplikasi tersebut:

  • Buka laptop atau komputer milik anda lalu cari aplikasi Paint. Agar lebih cepat, anda bisa gunakan gunakan fitur pencarian Cortana. Jika tak mau repot, klik kanan saja pada gambar yang mau di kompres lalu klik EditCara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Disini anda akan diarahkan ke laman pengeditan Paint. Di menu Home, klik Resize yang akan mengarahkan anda ke laman Resize and SkewCara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Ada dua menu yang memungkinkan anda mengubah skala foto yakni Percentage dan Pexels. Jika tujuannya adalah mengompress gambar, klik Pexels. Di kolom pexel ini anda akan melihat dua nilai rasio gambar yakni vertical dan horizontal. Tinggal ubah saja nilai tersebut untuk mengurangi ukuran gambar. Sebagai contoh, gambar yang saya gunakan ukuran awalnya adalah 360 KB. Untuk mengubahnya jadi 100kb, maka nilai horizontalnya jadi 250 sementara vertikalnya adalah 187. Oh iya, saat mengubah satu nilai, vertikal misalnya, nilai horizontalnya ikut berubah secara otomatisCara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Jika sudah, klik X untuk menutup jendela Paint. Jika ada perintah untuk menyimpan gambar, klik saja Save

Satu hal penting yang harus anda ketahui saat pakai metode ini, yakni, apabila anda sudah mengurangi nilai pexelnya, pastikan anda tidak menaikannya lagi.

Karena gambar akan jadi blur dan tidak lagi menarik. Karena itu, pastikan anda sudah memperkirakan terlebih dahulu ukuran foto awal dan ukuran ideal yang diinginkan.

b. Menggunakan Paint3D

Paint3D adalah aplikasi pengeditan default yang bakal menggantikan Paint. Enggak tahu kapan Paint akan dihilangkan sepenuhnya oleh Microsoft.

Yang jelas, versi paint3D ini lebih kaya fitur dibanding pendahulunya. Untuk mengompres gambar pakai Paint3D, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi paint3D di komputer atau laptop anda. Jika ingin lebih cepat, klik kanan saja pada gambar yang mau di kompres lalu pilih edit with Paint3DCara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Disini anda akan diarahkan ke laman pengeditan Paint 3D. Di bagian atas anda akan melihat beberapa fitur pengeditan dasar yang disediakan Paint. Di tahap ini, klik CanvasCara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Setelah masuk ke laman pengeditan Canvas ini, lihat kolom resize yang ada di sebelah kanan layar. Untuk mengompress ukuran gambar, cukup ubah nilai witdh dan heightnyaCara Kompres Foto Jadi 100kb

Jika pakai cara ini, pastikan anda lakukan secara berulang agar bisa menemukan ukuran file yang diinginkan.

Oh iya, pastikan anda centang kolom lock centang aspect ratio dan resize image with canvas agar ukurannya bisa berubah setelah di Save.

Untuk save, tinggal klik Close atau icon X. Jika ada perintah untuk menyimpan file, klik saja Save.

2. Cara kompres foto di Android pakai Lit Photos

Tergantung aplikasi mana yang mau dipakai karena di Google Play Store atau iOS Store ada banyak sekali aplikasi kompres foto di HP.

Di artikel ini, saya mau review salah satu aplikasi yang sering saya gunakan untuk kompres atau resize foto dan gambar.

Aplikasi tersebut adalah Lit Photo. Selain penggunaanya yang sederhana, fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini pun cukup lengkap.

Seperti Compress foto, Resize foto dan crop foto. Untuk foto yang sudah di kompres akan tersimpan di result folder, yang bisa didownload kapan saja.

Lantas bagaimana cara kompres dan resize foto di Android pakai lit photos? Berikut langkah-langkahnya:

  • Download dulu aplikasi Lit Foto di Google Play Store. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini
  • Setelah terdownload, langkah berikutnya adalah buka aplikasi Lit Foto. Tidak perlu registrasi sebab anda bisa langsung kompres foto saat itu juga. Untuk kompres foto, di beranda aplikasi silahkan klik COMPRESS PHOTOS. Biasanya, Lit akan meminta akses ke Penyimpanan telepon, jadi izinkan saja Cara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Selanjutnya, pilih foto mana yang mau di kompres. Jika sudah, klik Oke atau tanda centang yang terletak dibagian kiri atas layar. Sebagai contoh, saya mau kompres foto yang saya ambil pakai HP Xiaomi Note 9 Pro yang ukurannya sekitar 10,3 MBCara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Setelah klik Centang, anda akan diarahkan ke menu Compression options. Disini silahkan atur nilai compression mode, quality, maintain resolutions dan file optionsnya. Jika ingin mengubah ukuran dari 10 MB jadi 100KB secara instan, klik menu Size yang ada di kolom compression mode. Di tahap ini, silahkan atur skalanya sesuai keinginan. Untuk mengatur skala, tinggal tarik atau naikin nilai yang ada di Select SizeCara Kompres Foto Jadi 100kb

Jika sudah, klik Start Compressing dan secara otomatis foto atau gambar akan di kompres. Tunggu prosesnya sampai berhasil lalu simpan di galeri ponsel anda.

3. Cara Kompres foto online

Anda juga bisa manfaatkan beberapa situs kompres foto online yang bisa digunakan dengan gratis.

Berikut beberapa situs yang pernah saya pakai untuk kompres foto, diantaranya:

a. Menggunakan Compressjpeg.com

Teknik kompresi yang ditawarkan situs ini agak unik. Dimana, mereka akan menurunkan nilai efektif warna yang terdapat pada foto guna menurunkan ukurannya.

Dengan cara ini, tentu saja gambar bakalan tidak secerah yang diinginkan. Tapi masih tetap bisa dilihat kok alias tidak terlalu buram-buram amat hasilnya.

Lantas bagaimana cara kompres foto pakai comressjpeg.com? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser dan cari situs compressjpeg.com. Anda juga bisa ketikkan keyword kompres foto online, dimana situs ini ada di urutan pertama search results page
  • Setelah situsnya terbuka, di beranda aplikasi silahkan pilih format foto yang hendak di  kompres. Ada beberapa format yang didukung oleh situs ini mulai dari JPEG, PNG, PDF, SVG dan GIF. Oh iya, jika format gambar atau foto yang mau di kompres itu adalah PNG atau PDF, anda akan diarahkan ke situs lain, yang merupakan bagian dari comressjpeg.com. Tenang, proses kompresi semua situs itu sama Cara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Setelah memilih format, klik tombol unggah lalu pilih mana foto yang mau di kompres. Jika proses uploadingnya sudah selesai, klik pada gambar yang tadi di upload. Saat mengarahkan kursor ke gambar, akan muncul tulisan Setting. Klik saja disitu, yang akan mengarahkan anda ke laman pengaturan gambar. Di tahap ini, silahkan atur rentang warnanya sesuai keinginan. Perhatikan, saat mengatur rentang warna anda bisa lihat ukuran filenya di kolom preview gambar. Jadi anda bisa tahu kalau gambar yang di kompres itu sudah 100Kb atau belum. Anda juga bisa lihat persentase skala antara gambar original dan yang sudah dikompresCara Kompres Foto Jadi 100kb

Jika sudah 100Kb, klik Download All dan secara otomatis gambar atau foto tersebut akan terdownload di perangkat anda.

Oh iya, file itu akan tersimpan di dalam Winrar, jadi pastikan anda sudah instal Winrar terlebih dahulu.

Salah satu hal yang menarik dari situs ini adalah anda bisa mengompress beberapa gambar sekaligus dalam satu waktu.

b. Menggunakan img2go.com

Pada dasarnya, cara kerja situs ini sama dengan compressjpeg.com yang sudah saya ulas diatas.

Namun ada kelebihan mendasar dari situs ini, yakni hasil kompresnya bisa diatur dalam tiga kategori yakni: kualitas terbaik, file terkecil dan rentang kualitas.

Misalnya nih, anda mau kompres foto jadi 100kb, maka anda bisa pilih model kompresi apa yang diinginkan.

Karena itu, pastikan anda tahu berapa ukuran gambar yang mau di kompres. Jadi, anda bisa memperkirakan nilai kualitas yang diinginkan.

Lantas, bagaimana cara kompres foto jadi 100kb pakai img2go.com? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka dulu situs img2go.com di browser anda. Jika sudah masuk ke beranda situs, klik kompres fotoCara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke laman kompres foto. Di tahap ini, silahkan klik tombol Choose File dan pilih foto mana yang mau di kompresCara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Selanjutnya tunggu proses uploadingnya sampai selesai. Jika sudah, atur nilai kualitasnya apakah 100% [tetap] atau 10% [ukuran terkecil]Cara Kompres Foto Jadi 100kb
  • Jika sudah, klik tombol Start, yang secara otomatis memungkinkan anda mengunduh file tadi yang di kompres. Di halaman ini juga anda bisa melihat persentase kompres yang sudah dilakukan tools satu iniCara Kompres Foto Jadi 100kb

Selain kompres foto atau gambar, anda juga bisa manfaatkan situs ini untuk melakukan tugas-tugas lain.

Seperti edit foto online, crop image, improve image yang didalamnya termasuk compress photos, convert from image dan convert to image dari JPEG ke PNG misalnya.

4. Memanfaatkan aplikasi chat dan media sosial

Cara terakhir yang bisa anda coba tanpa perlu menggunakan aplikasi atau situs diatas adalah dengan menguploadnya ke internet atau mengirimkannya ke aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

Karena selain memungkinkan anda mengompress gambar secara otomatis dan instan, anda juga tidak perlu repot atur skalanya.

Cara ini sebenarnya baru saya sadari saat mau buat postingan ini. Dimana, foto yang saya gunakan sebagai sampel berubah ukurannya secara dratis setelah saya kirim ke WhatsApp.

Dari sinilah saya ambil kesimpulan kalau WhatsApp mengompres foto atau video yang dikirim secara otomatis.

Tujuannya tentu saja untuk mengurangi waktu kirim dari sisi pengirim dan waktu unduh dari sisi penerima.

Selain WhatsApp, anda juga bisa manfaatkan beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram.

Untuk Telegram belum saya coba. Apakah sama seperti WhatsApp atau tidak termasuk beberapa aplikasi chatting lain seperti Line atau Facebook Messenger.

Penutup

Perlu anda ketahui juga, tutorial diatas tidak efektif dilakukan oleh anda yang sedang cari cara kompres gambar tanpa mengurangi kualitas.

Artinya, ada risiko yang didapatkan saat anda mengurangi ukuran suatu file. Karena memang, jika mengompress gambar berarti anda file atau data tertentu yang dihapus.

Jika anda punya cara lain yang sering dilakukan untuk meminimalisir ukuran gambar, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara kompres foto atau gambar jadi 100kb dalam 1 Detik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *