5+ Cara Download Youtube Jadi MP3 2021

Untuk anda yang pengen tahu cara download YouTube Jadi MP3, simak artikel ini sampai habis.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin convert video YouTube ke MP3. Kebanyakan sih karena ingin video itu didengar secara offline.

Saya pun demikian. Hanya saja, di YouTube, jika mau download satu video, tidak ada alternatif untuk download versi audionya.

Selain itu, video yang di download tadi tidak tersimpan di perangkat eksternal melainkan di dalam aplikasi saja.

Dengan kata lain, harus buka aplikasi YouTube untuk tonton atau didengarkan video yang di download tadi.

Sekalipun bisa didengar offline tapi tetap tak semenyangkan saat file itu tersimpan di perangkat untuk kemudian didengar tanpa harus buka apknya langsung.

Bisa sih pakai aplikasi YTmusic atau berlangganan versi premium, tapi cara kerjannya sama.

Itulah yang kemudian mendorong saya untuk buat satu artikel khusus tentang hal ini.

Artinya, jika ingin convert video YouTube ke MP3, yang filenya tersimpan di perangkat sehingga bisa didengar offline tanpa harus buka aplikasi YouTube, bisa manfaatkan beberapa tools dibawah ini.

5+ Cara Download Youtube Jadi MP3 2021

Lantas bagaimana Cara Download Youtube Jadi MP3 2021? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Pakai telegram

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Telegram. Caranya gimana? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

a. Buka aplikasi Telegram

Cara Convert Video YouTube ke MP3

Pertama, siapkan sumber daya. Sumber daya, dalam hal ini adalah aplikasi Telegram. Jika belum punya Telegram, bisa download dulu di Google Play Store atau iOS Store.

Jika pakai iPhone, jangan lupa download aplikasi YouTubenya dulu termasuk aplikasi Telegram.

b. Cari bot YouTube Audio Downloader

Cara Convert Video YouTube ke MP3

Untuk download atau convert video YouTube pakai Telegram, bisa manfaatkan beberapa bot.

Salah satu bot yang masih aktif sekarang ini adalah YouTube audio Download. Untuk cari bot tersebut, tinggal manfaatkan kolom pencarian lalu masukkan keyword yang sama.

Pastikan anda pilih bot yang saya tandai merah diatas karena memang resultnya ada banyak.

c. Cari video YouTube yang ingin di covert ke MP3

Cara Convert Video YouTube ke MP3

Setelah subscribe BOT YouTube Audio Download, langkah berikutnya adalah buka YouTube dan cari video yang ingin di konversi ke MP3 atau format audio lain.

Jika videonya sudah ditemukan, klik Tombol Bagikan. Akan muncul menu konteks untuk share, pilih Salin Link.

d. Buka bot YouTube Audio Download

Cara Convert Video YouTube ke MP3

Berikutnya, buka Telegram dan buka BOT YouTube Audio Download lalu masukkan perintah mulai atau /start.

Akan muncul respon berupa informasi kepada user mengenai bot ini. Bisa baca dulu informasi tersebut, apabila sudah, pastekan URL video YouTube yang tadi di salin lalu klik Kirim atau Send.

Nantinya, video tersebut akan melewati tiga tahap processing dimulai dari search in database, processing on the server dan ketiga penyiapan audio.

Jika proses convertnya berhasil, tinggal klik pada audio tadi dan otomatis audio akan terdownload di Telegram.

Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan Video YouTube tidak bisa di convert karena satu dan lain hal.

Jadi gak semua video yang ada di YouTube bisa di convert ke MP3 pakai Bot Telegram YouTube Audio Download.

2. Pakai situs flvto.biz

Selain Telegram, anda juga bisa manfaatkan salah satu situs converter YouTube to MP3 terbaik yakni flvto[dot]biz.

Yang unik dari platform ini adalah kemampuannya mengconvert video YouTube ke beberapa format audio sekaligus mulai dari MP3, MP4, MP4 HD, AVI dan AVI HD.

Lantas, cara convertnya gimana? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, buka video YouTube yang ingin di convert ke MP3 dan salin linknya. Jika sudah, kunjungi situs flvto di browser atau bisa klik saja tautan ini
  • Jika situsnya sudah terbuka, tempelkan URL YouTube yang ingin dibuat MP3nya di kolom kosong yang tersedia lalu klik Convert to MP3. Jika sudah, klik tombol Convert ToCara Convert Video YouTube ke MP3
  • Selanjutnya, tunggu proses convertnya sampai berhasil. Kalau sudah, klik Download dan otomatis video akan terdownloadCara Convert Video YouTube ke MP3

Anda juga bisa kirim file yang tadi di convert ke email untuk dapatkan link downloadnya di sana.

3. Go MP3

Go MP3 adalah salah satu tools converter Video ke MP3 online dengan metode konversi asinkronkan file agar kualitas audionya tetap bagus.

Proses covertnya cepat, tak butuh waktu lama. Dengan kata lain, anda bisa manfaatkan tools satu ini untuk ubah Video YouTube jadi MP3.

Lantas, bagaimana cara convert video ke MP3 pakai GO MP3? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, kunjungi situs Go MP3 terlebih dahulu. Agar lebih mudah, bisa klik disini. Setelah masuk ke situsnya, tempelkan url YouTube yang ingin diconvert. Jika sudah, klik tombol cari atau klik Enter jika pakai laptopCara Convert Video YouTube ke MP3
  • Nantinya anda akan diarahkan ke laman baru, berisi deskripsi singkat tentang video yang tadi ingin di convert. Tinggal klik tombol Download the MP3 FileCara Convert Video YouTube ke MP3

Saat tombol download the MP3 File, tunggu beberapa saat sampai proses loadingnya berhasil. Nantinya file otomatis terdownload.

4. Menggunakan Y2Mate

Y2Mate adalah salah satu converter YouTube terbaik yang bisa digunakan untuk mengubah video YouTube menjadi audio dengan berbagai format.

Mulai dari M4A, Mp3, WAV, AAC, OGG, WMA dan FLAC atau file video dengan format lain seperti AVI, MP4, MPG, MOV, WMV, KMV, M3V, WEBM, FLV dan 3gp.

Untuk versi aplikasinya kompatibel dengan berbagai perangkat seperti Windows, Mac OS, tablet dan seluler dan semua sistem operasi baik Windows, Mac, Linux, Android dan iOS.

Lantas, bagaimana cara convert video YouTube ke MP3 pakai Y2Mate? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, kunjungi Y2Mate versi situs. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini. Selain versi situs, anda juga bisa download versi aplikasi di Google Play Store dan iOS Store. Untuk contoh, disini saya mau pakai yang versi situs
  • Jika situsnya sudah terbuka, tempelkan URL video YouTube yang ingin di convert pada kolom kosong yang tersedia lalu StartCara Convert Video YouTube ke MP3
  • Biasanya, setelah url di input, tanpa perlu klik tombol Start, akan muncul format output video tadi yang didalamnya ada keterangan resolusi dan filesize. Jika ingin download versi MP3nya, klik tombol MP3 di menu bagian atas Cara Convert Video YouTube ke MP3
  • Nantinya akan muncul kolom output MP3 tersebut termasuk filesize. Untuk download, tinggal klik tombol Download disebelahnyaCara Convert Video YouTube ke MP3
  • Lalu akan muncul kolom POP berisikan detail file MP3 yang akan di convert. Klik tombol Download .MP3 sekali lagiCara Convert Video YouTube ke MP3

Setelah tombol itu di klik, file otomatis terunduh ke perangkat. Jika ukurannya kecil, proses unduhannya akan cepat.

5. Menggunakan YTMP3

YTMP3 adalah salah satu alat converter video YouTube menjadi MP3 atau MP4 yang cukup sederhana.

Tools ini juga kompatibel dengan sebagian besar perangkat. Hanya saja, ada satu kelemahan YTMP3 yakni pengguna hanya bisa mengconvert satu video dalam 1 jam.

Dengan kata lain, ada pembatasan kuota konversi. Jadi tools ini tidak cocok untuk convet video yang banyak.

Meski demikian, layanan ini tetap bisa digunakan dan sepenuhnya gratis. Anda juga tidak perlu registrasi atau gunakan software tambahan.

Lantas, bagaimana cara convert video YouTube ke MP3 pakai YTMP3? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Salin URL YouTube yang ingin di convert lalu kunjungi situs YTMP3. Agar lebih mudah, klik saja tautan ini
  • Setelah masuk ke dashboard situs, tempelkan URL video YouTube di kolom kosong yang tersedia lalu klik ConvertCara Convert Video YouTube ke MP3 
  • Tunggu proses initialize data sampai berhasil. Jika sudah, akan muncul tiga tombol dibagian bawah yakni Download, Dropbox dan Convert Next. Jika tujuan anda hanya convert video ke MP3 saja, langsung klik DownloadCara Convert Video YouTube ke MP3

Setelah itu file akan otomatis terdownload dan tersimpan di perangkat anda. Tutup jendela tools jika sudah selesai.

Penutup

Perhatikan, tidak semua video YouTube bisa di convert ke MP3 terlebih untuk video lagu yang ada hak ciptanya atau tidak bisa di download default di dalam aplikasi.

Saya sendiri pernah convert satu video namun setelah jadi MP3, audio hasil convertnya berbeda dengan yang asli.

Setelah di cek, ternyata video tersebut berhak cipta dan tidak ada pilihan download pada videonya.

Oh iya, kalau ada tools atau metode lain untuk ubah video YouTube ke MP3 dan cara tersebut lebih mudah, bisa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang Cara Download Youtube Jadi MP3 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Satu pemikiran pada “5+ Cara Download Youtube Jadi MP3 2021”

Tinggalkan komentar