STEP BY STEP: Cara Download Vektor Premium Gratis di Freepik

Di artikel kali ini saya mau ulas cara download vektor premium gratis di Freepik. Penasaran caranya gimana? Simak artikel ini sampai habis.

Sebagai informasi, ada dua jenis vektor yang bisa di download dengan gratis di Freepik, yakni: gambar vektor gratis default yang ada di laman Freepik dan vektor premium di Freebies Archives.

Vektor gratis default adalah gambar vektor yang memang ada di beranda platform yang dapat di download dengan gratis.

Hanya saja, ada ketentuan yang harus anda patuhi jika mau pakai gambar tersebut yakni pemberian atribusi atau kredit.

Namun yang jadi jadi pertanyaan besar banyak freelance dan desainer adalah, apakah bisa download gambar vektor premium di Freepik?

Jika bisa, caranya gimana? Apakah semua gambar vektor premium itu bisa download dengan gratis? Dan lain sebagainya.

Dari sudut pandang kontributor, terlebih yang ingin meraup pendapatan dari penjualan gambar vektor, tentu ini sangat merugikan.

Karena itu, saya ingin katakan satu hal bahwasanya, di artikel kali ini saya tidak bahas tools atau metode untuk dapat gambar vektor secara gratis padhaal itu berbayar.

Karena layanan ini sendiri disediakan dengan gratis oleh Freepik. Nama layanannya apa? Sudah saya sebutkan diatas.

Artinya, cara dibawah ini adalah 1000% legal, meski stock premium image yang bisa didownload terbatas termasuk formatnya.

Sebelumnya, jika belum tahu apa itu Freepik dan bagaimana cara upload gambar vektor di platform tersebut, bisa baca postingan saya sebelumnya tentang cara daftar jadi kontributor di Freepik.

Di artikel itu juga sudah saya jelaskan apa itu Freepik, bagaimana verifikasi akun Freepik, termasuk bagaimana cara menjadi kontributor ekslusif atau non-ekslusif.

Jadi freepik ini bisa dimanfaatkan untuk tambah-tambah penghasilan juga, terlebih untuk anda yang suka desain vektor dan gak tahu platform yang tepat untuk memajangnya.

Cara Download Vektor Premium Gratis di Freepik

Lantas, bagaimana cara download vektor premium gratis di Freepik? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda:

1. Kunjungi dulu freepik company blog

Cara Download Vektor Premium Gratis di Freepik

Paling pertama untuk bisa dapat gambar vektor premium gratis di Freepik adalah dengan mengunjungi laman Freebies Archives.

FYI, semua gambar yang ada di Freebies Archives ini tidak tersedia selamanya alias ada durasi waktunya.

Baca Juga: Cara Daftar Jadi Kontributor di Shutterstock 2021

Karena itu, selepas baca artikel ini, pastikan anda langsung kunjungi freepik company blog dan cari gambar vektor yang diinginkan.

Agar lebih mudah menavigasi anda ke laman tersebut, klik tautan ini saja untuk masuk ke Freebies Archives Freepik.

Jika sudah masuk ke laman Freebies, langsung cari gambar vektor yang diinginkan. Stocknya ada banyak dan semuanya bisa diunduh dengan gratis.

Apabila di laman pertama anda belum temukan gambar yang cocok, klik Next page yang ada dibawahnya untuk dialihkan ke laman arsip freebies lain.

2. Klik gambar premium yang mau di download

Cara Download Vektor Premium Gratis di Freepik

Setelah menemukan gambar yang cocok, klik pada gambar tersebut. Nantinya anda akan diarahkan ke laman baru.

Di laman ini, ada bisa lihat deskripsi singkat tentang gambar termasuk formatnya.

Jika mau download saat itu juga, klik tombol Get the Creative Kit yang ada dibawahnya.

Untuk beberapa jenis file, tombol diatas berubah jadi Free Download.

3. Login dulu agar bisa download gambar

Cara Download Vektor Premium Gratis di Freepik

Setelah klik tombol Get the creative Kit atau Free Download, jika anda belum pernah buat akun di Freepik, anda diminta login dulu.

Pilih saja salah satu metode login yang tersedia entah itu dengan menghubungkan akun Facebook atau akun Google milik anda.

4. Permintaan untuk subscribe

Cara Download Vektor Premium Gratis di Freepik

Setelah daftar, akan ada penawaran dari Freepik dimana anda bisa subscribe atau berlangganan agar dapat 20 premium vektor pack dari Freepik.

Jika setuju untuk berlangganan, klik tombol Yes I’am. Jika tidak, bisa klik tulisan No, continue without getting the pack yang ada dibawahnya.

5. Kembali ke laman Freebies

Cara Download Vektor Premium Gratis di Freepik

Setelah itu anda tidak diarahkan kembali ke laman Frebies melainkan ke beranda Freepik.

Untuk download file yang tadi, buka kembali laman Freebies. Lalu cari gambar yang mau didownload.

Setelah menemukan gambarnya, klik tombol Download sekali lagi dan gambar otomatis terunduh.

Oh iya, file yang di unduh otomatis terconvert ke Winrar. Jadi pastikan anda sudah instal WinRar di Laptop atau komputer anda.

Bagaimana cara download gambar vektor di Freepik?

Selain gambar vektor berbayar atau premium, anda juga bisa download gambar vektor gratis di Freepik.

Dengan kata lain, pertanyaan diatas mengacu pada cara download gambar yang ada di Freepik dan bukan yang ada di Freebies Archives.

Jika mau download stock vektor yang memang gratis di Freepik, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, buka dulu situs Freepik dengan cara klik tautan ini. Jika situsnya sudah terbuka, langsung cari gambar vektor yang mau di unduh. Bisa manfaatkan bilah pencarian untuk memperepat pencarian. Jangan lupa juga filter kategori gambar. Oh iya, kalau mau hasil pencarian menampilkan semua vektor gratis, pada filter all resource, centang kolom free
  • Jika hasil pencariannya sudah muncul, jangan lupa filter kategori gambar yang mau ditampilkan agar hasilnya lebih spesifik lagi entah itu gamabr vektor atau dengan Icons dan PSDCara Download Vektor Premium Gratis di Freepik
  • Berikutnya cari gambar vektor yang cocok. Jika tepi gambar terdapat ikon mahkota, berarti gambar tersebut tidak bisa di download dengan gratis. Dengan kata lain, cari gambar vektor yang tidak ada ikon mahkotanya lalu klik tombol download akan muncul sebelah kiri seperti yang terlihat pada gambar dibawahCara Download Vektor Premium Gratis di Freepik

Perhatikan, sebelum download, pastikan anda baca ketentuan penggunaan gambar. Ketentuan ini ini berkaitan dengan pemberian kredit gambar.

Misalnya nih, anda pilih salah satu gambar gratis di Freepik untuk digunakan sebagai featured images postingan blog, anda diminta berikan kredit gambar ke Freepik berupa backlink.

Termasuk juga gunakan gambar tersebut untuk konten web lain entah itu media sosial, ebook atau buletin online.

Bagaimana jika mau gunakan gambar tersebut untuk Print Element, Video atau di aplikasi? Tetap wajib berikan kredit.

Untuk elemen yang dicetak [print elemen] termasuk buku, pakaian, pamflet, poster, undangan, publisitas dan lain sebagainya.

Juga untuk video yang diposting di Youtube, Vimeo, Dailymotion serta aplikasi dan game ponsel atau desktop.

Melihat ketentuan diatas, tentu anda tidak bisa gunakan vektor gratis Freepik untuk desain komersial atau desain pesanan klien.

Penutup

Saran saya sih, kalau punya duit lebih, baiknya subscribe versi premiumnya. Karena selain bisa dapat stock vektor berkualitas, secara tidak langsung, anda juga sudah mendukung kontributor disana.

Dengan demikian, akan lebih banyak karya grafis, vektor atau foto menarik yang akan menambah stock gambar di Freepik.

Kalau tak punya duit atau mungkin sekedar untuk eksperimen saja, bisa ikuti langkah-langkah diatas.

Jika punya tambahan, masukkan atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini jangan lupa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara download vektor premium gratis di Freepik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar