STEP BY STEP: Cara Daftar PayPal 2020 Yang Baik dan Benar

7 Likes Comment
cara daftar paypal

Sebenarnya, artikel ini saya buat karena ada beberapa pengunjung yang bertanya-tanya tentang cara daftar PayPal.

Konotasi daftar enggak terlalu tepat sih menurut saya, karena yang mereka tanya adalah bagaimana cara buat akun paypal dan menghubungkannya rekening bank milik mereka.

Ini juga searah dengan artikel-artikel saya sebelumnya yang banyak membahas tentang aplikasi penghasil uang, cara menghasilkan uang dari internet atau mungkin daftar di situs microstock seperti Shutterstock untuk jualan foto.

Yang sebagian besar aplikasinya mengharuskan anda punya akun PayPal karena ini satu-satunya media pembayaran yang didukung.

Dengan kata lain, tanpa akun PayPal anda tidak bisa mencairkan pembayaran yang anda dapat dari aplikasi atau situs microstock diatas.

Sebelum lanjut pada pembahasan inti baiknya saya bahas dulu apa itu paypal, cara kerjanya dan fitur-fitur dasarnya. Berikut artikelnya untuk anda.

Apa itu PayPal?

Paypal adalah rekening online yang memungkinkan anda mengirim dan menerima pembayaran dengan mudah, instan dan sederhana.

Selain menerima pembayaran, anda juga bisa menggunakan rekening ini untuk mengirim uang ke negara mana saja, menghubungkan dengan kartu kredit atau debit serta mengatur tagihan pembayaran untuk bisnis.

Semua fitur diatas bisa digunakan oleh siapa saja dan kapan saja sepanjang mereka sudah punya rekening atau akun paypal.

Dan semua kegiatan yang dilakukan dengan paypal itu gratis. Kecuali mentransfer saldo ke rekening bank lokal atau ke sesama pengguna.

Untuk biaya transfer ke rekening bank, sepengalaman saya, biayanya 16.000 atau sekitar $1,20 USD. Biaya transfer juga berlaku jika anda transfer saldo ke sesama pengguna paypal namun ratenya lebih rendah.

Hanya saja, biaya transfer ke sesama pengguna PayPal berlaku satu kali untuk akun yang sama. Dengan kata lain, jika anda mentransfer ke akun berbeda atau email berbeda, tetap dikenai biaya.

Anda juga bisa melakukan pembayaran ke 1500 orang sekaligus dalam waktu sesingkat mungkin, menggunakan API code untuk transaksi, melihat faktur pajak dan mengkonversi mata uang yang terdapat dalam saldo paypal milik anda.

Kemudahan dan kesederhanaan inilah yang membuat PayPal menjadi salah satu rekening online paling populer di dunia.

Oh iya, PayPal sendiri didirikan pada 21 Desember 1999 oleh Direktur SpaceX saat ini, Elon Musk bersama kawan-kawannya.

Cara daftar PayPal 2020

Lantas, bagaimana cara daftar akun Paypal? Untuk anda yang ingin buat akun Paypal, berikut langkah-langkahnya:

1. Buat akun

Langkah paling pertama yang harus dilakukan oleh anda adalah membuat akun PayPal. Agar bisa buat akun, silahkan kunjungi situsnya dulu.

Cara daftar PayPal

Agar lebih mudah silahkan klik disini. Setelah situs paypal terbuka silahkan klik Sign Up yang terletak dibagian header atau pakai tombol Sign Up Now yang ada di beranda situs.

Anda juga bisa daftar pakai versi Apk PayPal yang bisa di download dengan gratis di Googel Play Store atau iOS Store.

2. Memilih personalisasi akun

Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih personalisasi akun yang hendak dibuat apakah anda ingin membuat akun personal atau akun bisnis.

Di sini, sebagai contoh, saya memilih akun personal yang bisa digunakan untuk kegiatan transaksi seperti:

  • Shop online from millions of global sellers
  • Send and receive payments globally
  • Or Shop with confidence with Buyer Protection.

Anda juga bisa memilih membuat akun Bisnis dengan fitur-fitur dasar seperti:

  • Send and receive payments under a business name
  • 24/7 online fraud monitoring and Seller protection
  • No setup, monthly or hidden fees

Setelah memilih personalisasi akun apakah personal atau bisnis, langkah berikutnya adalah klik Next.

3. Pilih jenis akun yang hendak dibuat

Karena saya memilih akun personal, maka saya diminta untuk memilih jenis akun personal lebih spesifik lagi.

Pilihannya kurang lebih mirip dengan tiga poin yang sudah saya sebutkan diatas. Jika sudah memilih jenis akun, silahkan klik Next.

4. Mengisi data pribadi

Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi data-data pribadi, sebagai berikut:

  • Email, nama, nomor telepon dan password. Silahkan isi saja dengan data yang sesuai. Jika sudah, silahkan klik NextCara daftar PayPal
  • Berikutnya anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan nomor telepon yang anda masukkan sebelumnyaCara daftar PayPal

Silahkan buka SMS dan cari 6 digit kode yang dikirim PayPal. Usahakan untuk mengisi kode ini sebelum 10 menit agar tidak expired.

Jika anda tidak mendapatkan SMS dari PayPal lebih dari 10 menit silahkan klik Resend code agar pihak PayPal mengirim kode OTP sekali lagi.

5. Mengisi data-data alamat

Setelah memverifikasi nomor telepon, anda akan diminta untuk mengisi data-data alamat anda saat ini. Silahkan isi saja yang dengan data yang sesuai.

Cara daftar PayPal

Jangan lupa centang kolom Activate One Touch™ dan persetujuan By clicking the button below, I agree to be bound by PayPal’s User Agreement and Privacy Statement.

Jika sudah selesai, silahkan klik Agree and create Account untuk menyelesaikan proses pendaftaran atau registrasi akun di Paypal.

Untuk masuk ke dashboard, silahkan pilih satu dari dua tombol yang ada entah itu Go shopping atau Send Payments.

Untuk tombol Go Shopping anda akan diminta menghubungkan kartu kredit dengan akun PayPal milik anda. Sementara, untuk tombol kedua, anda diminta menghubungkan rekening bank milik anda.

Cara daftar PayPal

Jika ingin lompati langkah ini silahkan pilih salah satu pilihan diatas lalu klik I’ll do it later yang terletak dibawah tombol Link Card.

Langkah-langkah diatas juga sama jika anda ingin buat akun paypal pakai ponsel entah itu Android dan iOS.

Question & Answer [QnA]

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan pengguna terkait dengan PayPal, diantaranya:

Q : Bagaimana cara menghubungkan Akun Bank dengan akun paypal milik saya?

A : Sebelum menghubungkan akun PayPal, pastikan terlebih dahulu apakah anda sudah memvalidasi atau memverifikasi pendaftaran via email.

Apabila sudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghubungkan akun bank milik anda dengan akun PayPal yang baru saja anda buat.

  • Silahkan login ke akun PayPal milik anda
  • Apabila sudah, di dashboard anda akan melihat tulisan Link Your Bank. Klik saja disituCara daftar PayPal
  • Disini anda akan dialihkan ke dashboard yang memungkinkan anda mengisi data-data tentang bank mulai dari Nama Bank, Kode Bank dan Nomor Akun. Apabila anda ingin menghubungkan dengan akun bank Luar Negeri, US misalnya, silahkan klik saja kolom Link a U.S. bank instead. Jika anda ingin mengisi bank di Indonesia berikut detailnya: Untuk bank nama silahkan isi dengan nama Bank Anda, BRI atau BCA misalnya, Bank Code silahkan isi dengan kode SWIFT Bank dan untuk Account number silahkan isi dengan nomor rekening andaCara daftar PayPal
  • Jika anda memilih Link a U.S. bank instead atau menggunakan Bank di USA pastikan anda memiliki nomor perutean atau routing numberCara daftar PayPal
  • Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, silahkan klik Link Your Bank
Q : Cara transfer saldo PayPal ke Rekening pribadi

A :  Sebelum mentransfer saldo paypal ke rekening bank milik anda, pastikan saldonya mencukupi. Untuk minimum pencairan saldo paypal ke rekening bank lokal sudah saya ulas dibawah.

Nah berikut langkah-langkah transfer saldo Paypal milik anda:

  • Di dashboard akun paypal anda, silahkan klik Transfer Funds untuk akun personal dan Transfer Money untuk akun bisnis yang terletak dibawah saldoCara daftar PayPal
  • Selanjutnya silahkan pilih ke mana uang itu akan ditransfer, apakah ke kartu Debit atau Bank Account. Jika hendak mentransfer ke bank lokal seperti BRI silahkan pilih Bank AccountCara daftar PayPal
  • Jika anda sudah menghubungkan akun paypal dengan akun Bank sebelumnya, anda tinggal mengisi nominal yang akan ditransfer. Jika belum, anda diminta untuk mengisi data-data rekening
  • Selanjutnya akan ada pemberitahuan tentang nilai konversinya atau jumlah dana yang akan ditransfer lalu ikuti langkah-langkah berikutnya sampai selesai

Patut diperhatikan, pastikan nama di akun PayPal dan akun Bank milik anda sama. Misalnya, nama akun Paypal anda adalah Tri Sutrisna maka nama bank anda juga harus Tri Sutrisna.

Jika tidak sama, maka dana akan dikembalikan dengan tetap mendapat potongan sebesar 16.000. Jadi pastikan anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mentransfer saldo ke bank.

Q : Bagaimana cara transfer saldo paypal ke sesama pengguna PayPal?

A:  Untuk transfer dana ke sesama pengguna PayPal, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Paypal Milik dan klik 3 titik yang terletak di atas PayPal Balance lalu klik Send or Request Money Cara daftar PayPal
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke kolom pengiriman uang ke sesama pengguna PayPal. Disini silahkan isi saja dengan alamat email pengguna Paypal yang hendak anda kirimi uangCara daftar PayPal
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi jumlah atau nominal saldo yang hendak dikirim. Pastikan sebelum mengirim saldo anda mencukupi. Jika sudah klik ContinueCara daftar PayPal
  • Jika langkah-langkah diatas sudah selesai, silahkan klik Send Payment Now dan tunggu proses pengirimannya sampai selesaiCara daftar PayPal

Untuk mengirim dana ke sesama pengguna PayPal, tidak terlalu lama. Biasanya langsung masuk saldo saat itu juga yang terpenting tidak ada kendala.

Q: Bagaimana cara mengisi saldo PayPal?

A : Sepanjang yang saya tahu, jika anda tinggal di Indonesia, tidak ada pilihan add funds di dashboard akun PayPal milik anda.

Dengan kata lain, anda tidak bisa isi saldo jika tinggal di Indonesia alias fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Yang berarti, saldo PayPal hanya bisa diisi di bank-bank Amerika atau Eropa. Jika anda kebelet pengen isi saldo paypal karena satu dan lain hal, ingin beli domain di GoDaddy misalnya, silahkan cari jasa tambah saldo Paypal yang banyak tersedia saat ini.

Sebelum beli jasa, pastikan anda memperhatikan beberapa detail-detail seperti kurs, biaya pembelian saldo dan pastikan jasa itu terpercaya.

Q: Berapa nominal saldo agar bisa dicairkan ke rekening bank lokal?

A : Untuk jumlah minimum penarikan saldo Paypal ke bank lokal itu rata-rata sama. Dengan demikian, jika saldo PayPal anda sudah lebih dari daftar dibawah, dalam kurs yang didukung, maka sudah bisa transfer ke rekening bank.

Nah berikut disajikan daftar paypal minimum transfer [through] amount [maksimal penarikan paypal] atau paypal minimum withdrawal di Indonesia.

Mata Uang NegaraSaldo Minimum Untuk Cairkan Ke Rekening Bank Lokal
Australian Dollar [AUD]$ 15,00
Dollar Kanada [CAD] $ 15,00
Czech Koruna [CZK]Kč 240,00
Euro [EUR]€ 10,00
Dollar Hongkong [HKD]$ 80,00
Hungarian Forint [HUF]Ft 2.100
Dollar New Zealand [NZD] $ 15,00
Norwegian Krone [NOK]kr 65,00
Polish Zloty [PLN]zł 30,00
British Poundsterling [GBP]£ 6,00
Dollar Singapura [SGD]$ 15,00
Swedish Krona [SEK]kr 80,00
Swiss Franc [CHF]Fr., CHf, SFr. 13,00
U.S Dollar [USD]$ 10,00
Yen Jepang [JPY]¥ 1.000,00
Mexican Peso [MXN]Mex$ 110,00
Israeli New Shekel [ILS]₪ 40,00
Brazilian Real [BRL]R$ 20,00
Malaysian Ringgit [MYR]RM 40,00
Peso Filipina [PHP]₱ 500,00
Dollar Taiwan [TWD]$ 330,00
Thai Baht [THB]฿ 360,00
Turkish Lira [TRY]₺ 15,00
Russian Rouble [RUB]₽ 0,20
Q: Berapa lama proses pengiriman Saldo?

Sepengalaman saya, saldo akan sampai ke rekening bank lokal kurang lebih 3-4 hari. Jika proses pengiriman saldo antar pengguna Paypal tidak berlangsung lama.

Q: Mengapa saldo paypal milik saya ditahan?

A : Ada beberapa alasan mengapa saldo PayPal milik anda ditahan, yakni:

  • Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan anda harus melakukan verifikasi pengiriman uang terlebih dahulu.
  • Anda belum memverifikasi pendaftaran yang dikirim oleh PayPal via email
  • Alasan teknis lain seperti pembayaran yang anda terima tidak biasa, akun anda tidak aktif untuk sementara atau dibekukan, harga jual transaksi, dan lain sebagainya.
Q: Apakah ada cara mencairkan saldo PayPal ke Dana, OVO atau GoPay?

A : Untuk Dana, saya belum tahu pasti apakah bisa. Karena harus menggunakan virtual account. Untuk OVO, silahkan pakai saja nomor rekening OVO milik anda yang dimulai dari angka 9 diikuti dengan nomor telepon.

Sementara untuk dompet virual lain, GoPay atau LinkAja juga sama. Saran saya sih, baiknya pakai rekening bank agar prosesnya lebih cepat dan tidak ribet.

Q: Kalau mau mencairkan dana ke bank lokal apakah harus verified dulu pakai kartu kredit/VCC?

A : Sepengalaman saya, tidak.

Q: Apakah conversion rate mengikuti Kurs Bank Lokal, BI atau BCA misalnya, atau ikut ratenya PayPal?

A : Rate konversinya, sepengalaman saya, mengikuti ratenya PayPal. Untuk rate ini bisa dilihat didalam dashboard PayPal milik anda.

Cara daftar PayPal

Hanya saja, rate PayPal ini belum tersedia untuk kurs Dollar ke Rupiah. Karena itu, jika saldo di PayPal milik anda adalah $10,00 sudah bisa ditransfer ke rekening bank lokal.

Selisih ratenya juga tidak terlalu jauh. Dalam beberapa kasus hanya beda 0,10% atau sekitar 100 Rupiah dengan rate yang dikeluarkan bank-bank Indonesia.

Q: Bank Lokal apa saja yang bisa melakukan transaksi pencairan menggunakan paypal?

A : Hampir semua bank Lokal entah itu BRI [Bank Republik Indonesia], BCA [Bank Central Asia], BNI [Bank Negara Indonesia], Bank Mandiri, Bank NOBU dan lain sebagainya.

Tapi pastikan dulu apakah Bank milik anda menerima pembayaran Internasional terlebih jika bank tersebut adalah Bank daerah seperti Bank SULUT atau Bank DKI.

Q: Jika saya withdraw sehari 2 kali dalam jeda waktu setengah jam, apakah uangnya masuk ke rekening bank secara bersamaan di hari yang sama?

A : Saya belum punya pengalaman mencairkan saldo PayPal milik saya 2 kali dalam sehari. Namun berdasarkan penuturan beberapa kawan, uangnya tidak masuk bersamaan alias terpisah.

Sebagai contoh, anda mengirim uang sebesar $20,00 pada jam 10.15. Kemudian anda transfer uang lagi sebesar $10,00 pada jam 10.45 ke rekening yang sama dari akun PayPal yang sama, maka uang tersebut akan masuk pada jam yang berbeda.

Meski ada kemungkinan di hari yang sama. Selain itu, anda juga bakal rugi jika mentransfer saldo ke rekening bank lokal milik anda beberapa kali dalam waktu sehari.

Karena setiap kali pengiriman akan ada potongan. Jika anda kirim dua kali, maka potongannya juga dua kali.

Dengan demikian, jika potongannya adalah 16k maka akan membengkak jadi 32 k. Terlebih jika saldo yang hendak ditransfer enggak sampai $100, bakal rugi.

Q: Apakah bisa beli PayPal di Indomaret?

A : Tidak. Karena Indomaret, Alfamart atau toko retail lain tidak mendukung add funds untuk PayPal. Artinya, anda tidak bisa beli saldo PayPal di Indomaret.

Untuk anda yang hendak cari cara isi saldo PayPal, baiknya gunakan saja jasa jual saldo Paypal yang banyak tersedia saat ini.

Q:  Bagaimana cara beli saldo PayPal via BCA?

A : Untuk beli Saldo Paypal via BCA anda harus punya kartu kredit terlebih dahulu. Jika anda hanya punya kartu debit, kemungkinan enggak bisa.

Selain itu, proses pembuatan kartu kredit lebih sulit ketimbang debit terlebih untuk sobat Missqueen macam saya.

Saran saya sih, mending cari jasa jual saldo PayPal yang terpercaya daripada harus pakai kartu kredit. Selain lebih mudah, prosesnya juga tidak memakan waktu lama.

Q: Bagaimana cara daftar paypal tanpa kartu kredit?

Tidak ada syarat mutlak untuk buat akun Paypal. Dengan kata lain, pertanyaan tentang cara daftar paypal tanpa kartu kredit tidak relevan.

Karena siapapun bisa membuat akun paypal dengan mudah dan gratis. Selain pertanyaan diatas, beberapa orang juga sering bertanya pertanyaan yang mirip, seperti:

  • Cara daftar paypal dengan rekening bank
  • Cara daftar paypal tanpa kartu kredit
  • Cara membuat paypal BRI
  • Cara daftar paypal android dan iOS
  • Cara membuat akun paypal untuk menerima pembayaran
  • Cara daftar paypal dengan rekening bank mandiri
  • Dan lain sebagainya

Intinya begini, tidak syarat khusus yang diminta saat anda membuat akun PayPal. Dan tidak ada biaya pendaftaran alias gratis.

Penutup

Ada banyak keuntungan menggunakan PayPal dibanding metode rekening virutal lain. Selain didukung oleh jutaan platform, pendaftaran dan penggunaannya cukup mudah.

Alasan-alasan inilah yang kemudian membuat PayPal jadi salah satu alat pembayaran digital yang populer di dunia.

Jika ada dari anda yang belum paham tentang cara buat akun PayPal atau punya pertanyaan lain yang belum saya bahas diatas, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara daftar paypal 2020 yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *